[info] Pemuliaan Ternak

Halaman 5 dari 24 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 14 ... 24  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Administrator on Thu 20 May 2010, 20:54

Mariadi wrote:Mas Admin,
Saya baru dapat babon pitik hasil inbreed (kawin saudara) dari trah bagus, ceritanya sang pacek adalah jagoan (asli BK) sudah disilang dgn banyak babon hasilnya jelek semua, pemiliknya jengkel dikawinkan dgn saudaranya (gak sengaja inbreed karena kesal aja). Penampilan sang pitik sangat tidak sehat, gak doyan makan, badan kurus, tapi kalo ketemu ayam lain yg seumuran maunya berantem, dan gaya pukul dan mainnya bagus.

Mas Mariadi,
Sebetulnya yg bagus utk inbreed adlh orang tua vs anak.

Sebagai ilustrasi :
Pacek (gen : AA) vs babon (gen BB)
Hasil anaknya : AABB
Bila : AABB vs pacek (AA) --> hasilnya AAAAAABB = 75% sifat pacek berkumpul.
Bila : AABB vs babon (BB) --> hasilnya AABBBBBB = 75% sifat babon berkumpul.
Kita bisa memilih, mau melestarikan/menguatkan sifat pacek atau babon.

Tapi bila anak vs anak :
AABB vs AABB --> hasilnya AAAABBBB = tidak mengalami perubahan yg signifikan.

Namun demikian, ini masih lebih baik krn bisa jadi gen A dan B menjadi dominan meski jadi lebih beragam.

Mariadi wrote:Saya mau coba cross breed, cuma pertanyaannya apakah turunannya akan bagus karena kawin saudara, bukan anak kawin pacek atau babon kawin anak. Mohon pencerahannya.

Bagus ini maksudnya gimana mas...?? Apakah bagus secara fisik? Atau bagus secara kualitas?
Bila di cross dgn ayam lain yg tidak sedarah, sy yakin secara fisik akan bagus (dalam arti : pertumbuhannya normal).
Tapi kalau secara kualitas, banyak yg harus dianalisa lagi. Bagaimana kualitas pasangannya. Apakah sama2 bagus, apakah satu type, dll, dsb.
Tapi minimal, menurut sy si anak inbreed ini akan lebih dominan sifatnya.

CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Mariadi on Thu 20 May 2010, 21:18

Terima kasih mas Ary, saya faham maksudnya. akan saya coba praktekkan, meski perlu waktu. thanks a lot.

Mariadi
kopral
kopral

Jumlah posting : 29
Join date : 01.11.08
Lokasi : Pamulang, Ciputat

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  elnino.saigon on Tue 22 Jun 2010, 08:58

oohhh....baru nyadar ternyata aku sdh pernah melakukannya beberapa tahun yg lalu tanpa sengaja, sayang bahan/materi ternak itu sdh menyebar kemana-mana termasuk pacek, induk, parental stock n hasil anakannya....
tp masih ada bisa dimulai lansung dg inbreeder (anak vs induk)......

elnino.saigon
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 143
Join date : 23.06.09
Age : 44
Lokasi : surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  joi68 on Sat 03 Jul 2010, 13:56

Memang terasa lama mas... Tapi kita ternak dan hobi ayam bukan hanya utk 2,5thn khan..??
Mudah2an bisa utk 10-20 tahun lagi.
Smile[/quote]

Pak Ary,kalo saya perhatikan dari tulisan2 sebelumnya bahwa sesudah inbreed harus di teruskan dgn linebreed. Sekarang saya sudah punya beberapa ekor hasil inbreed (tanpa sengaja teman saya mengawinkan pacek ( AA )ama anak babonnya ( AABB ) ada 2 ekor jantan dan 3 betina ( AAAABB) dan ada yg udah berumur 9 blnan,tapi masalahnya utk linebreed kelihatan udah gak bisa soalnya saudara2 dari induk( jantan - betina ) udah di tangan orang lain dan sulit buat dapat kembali.
Pertanyaan saya apakah anakan hasil inbreed ini udah layak buat indukan dan di silang dgn ayam lain ? atau apakah bisa anakan ini saya kawinkan lagi dgn jantan/ betina yg satu pacek dgn AABB ,ya saya sebut dgn nama AACC ?
mohon bantuannya ya

joi68
kopral
kopral

Jumlah posting : 46
Join date : 21.09.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  ferry bun on Sat 03 Jul 2010, 22:49

stenly wrote:Memang terasa lama mas... Tapi kita ternak dan hobi ayam bukan hanya utk 2,5thn khan..??
Mudah2an bisa utk 10-20 tahun lagi.
Smile

Pak Ary,kalo saya perhatikan dari tulisan2 sebelumnya bahwa sesudah inbreed harus di teruskan dgn linebreed. Sekarang saya sudah punya beberapa ekor hasil inbreed (tanpa sengaja teman saya mengawinkan pacek ( AA )ama anak babonnya ( AABB ) ada 2 ekor jantan dan 3 betina ( AAAABB) dan ada yg udah berumur 9 blnan,tapi masalahnya utk linebreed kelihatan udah gak bisa soalnya saudara2 dari induk( jantan - betina ) udah di tangan orang lain dan sulit buat dapat kembali.
Pertanyaan saya apakah anakan hasil inbreed ini udah layak buat indukan dan di silang dgn ayam lain ? atau apakah bisa anakan ini saya kawinkan lagi dgn jantan/ betina yg satu pacek dgn AABB ,ya saya sebut dgn nama AACC ?
mohon bantuannya ya [/quote]

Pak Stenly ..saya coba menjawab sesuai dengan yang pernah saya alami Inbreed ( parental Stock ) ,
pada saat itu saya punya biang 2 ekor
1, Inbreed A ...saya kawinkan pejantan lain -----> hasilnya anakanya kuda lari ( lewer ) sama sekali tidak ada persamaan dengan kedua orang tuanya ( serta pukulan yg abal abal ),,,,
2. Inbreed B ...saya kawinkan pamanya yg pukul bagus main atas ------> hasil anaknya ...pukul super bagus akan tetapi mainya ngoyor semua .....( pengukuran pada sesi ini parameternya Pukul super saja ).

pada tahap diatas
perkawinan Indukan inbreed A ...anakanya saya abaikan ( tidak dilanjutkan lagi )
Perkawinan indukan inbreed B ...tetap saya teruskan ( pernilaianyan walupun ngoyor ..pukulan bagus dan anakanya banyak menang ).

tahap berikut nya anak dari indukan B inbreed ( line breed ) ,yang betina saya kawinkan dengan pacek import BK ...anakanya dapat 6 jantan ...diantar bisa dikatakan pola main bagus dan pukul dan 1 ngoyor pukul bagus .

kesimpulan saya bila masih Inbreed adalah tahap selanjutnya ..line breed ...parameter bisa diukur dari super main atau super pukul ....

untuk kasus yang pak stenly alami sampai inbreed dilanjut ---->( AABB ) X (AACC)=AABC (Ini secara tiori tidak mungkin karena persilangan 2 sifat beda tidak mungkin menghasil 3 sifat beda yang masing -masing Dominan ,,,kecuali antara B atau C ada yang Resesif ( bila A= parameternya pukulan super . B teknik pola atas , C cerdas cari peluang Pukul ),..
mungkin ada tambahan dari teman2 yang lain .
salam Ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Goengz on Mon 05 Jul 2010, 11:32

terimakasih tuk bang admin atas artikelnya, ini pengetahuan dasar yang sangat penting bagi saya utk coba beternak ayam. tapi spintas mempelajarinya, aku malah jadi puyeng je.., bagaimana ntar prakteknya ..., yang jelas butuh kesabaran n keuletan ya..
sebagai gambaran, mungkin bang admin atau para senior bisa memberitahu paling cepat berapa lama / berapa tahun sampai pada tahap cross breed 2

Goengz

Jumlah posting : 6
Join date : 04.07.10
Lokasi : Purworejo, Jateng

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  samsul on Tue 06 Jul 2010, 18:51

sy sangat tertarik sekali dg artikel pemuliaan ternak ini,untuk tdk salah mengartikan,istilah pepatah lebih baik bertanya daripada sesat dijalan,jadi saya mau bertanya lagi.
ini adalah kesimpulan saya tentang pemuliaan ternak sbb :
Pondasi Utama type pacek + babon Type Pukul :

1.Pacek ( A ) x Babon ( B ) = Anak ( C/betina )>50 %
2 Betina ( C ) x Jantan ( A )= Anak ( D/betina )>75%
3.Betina ( D ) x Jantan ( A )= Anak ( E/betina )>100% Pukul
4.Betina ( E ) x Jantan ( A1)= Anak ( F/Betina )>Teknik Bagus,tapi pukul lumayan
5.Betina ( F ) x Jantan ( A/kakeknya )= ( G/betina )Teknik bagus + Pukul Keras

ket. A1=Jantan Teknik
x=dikawinkan
jadi ( G/betina tsb walau dikawinkan dg pacek teknik = anakanya akan merata dari segi teknik dan pukul.
bagaimana pendapat mas ary dan teman semua,mohon pendapatnya,terima kasih banyak bimbingannya.

samsul
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 434
Join date : 10.02.10
Age : 40
Lokasi : Pontianak-kalbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  arif on Tue 06 Jul 2010, 21:24

jelita wrote:sy sangat tertarik sekali dg artikel pemuliaan ternak ini,untuk tdk salah mengartikan,istilah pepatah lebih baik bertanya daripada sesat dijalan,jadi saya mau bertanya lagi.
ini adalah kesimpulan saya tentang pemuliaan ternak sbb :
Pondasi Utama type pacek + babon Type Pukul :

1.Pacek ( A ) x Babon ( B ) = Anak ( C/betina )>50 %
2 Betina ( C ) x Jantan ( A )= Anak ( D/betina )>75%
3.Betina ( D ) x Jantan ( A )= Anak ( E/betina )>100% Pukul
4.Betina ( E ) x Jantan ( A1)= Anak ( F/Betina )>Teknik Bagus,tapi pukul lumayan
5.Betina ( F ) x Jantan ( A/kakeknya )= ( G/betina )Teknik bagus + Pukul Keras

ket. A1=Jantan Teknik
x=dikawinkan
jadi ( G/betina tsb walau dikawinkan dg pacek teknik = anakanya akan merata dari segi teknik dan pukul.
bagaimana pendapat mas ary dan teman semua,mohon pendapatnya,terima kasih banyak bimbingannya.

iyah mas mudah2an sih memang begitu. ini hitung2an yang paling sederhana, banyak faktor disini yang diabaikan, yang penting sederhana dan mudah dilaksanakan. untuk 1-3 kemungkinan lebih besar untuk seperti yang diinginkan. kalau 4 dan 5, mudah2an bisa, mengenai kemungkinan, belum bisa diprediksi

mudah2an bisa menghasilkan ayam yang sesuai selera. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  joi68 on Thu 15 Jul 2010, 21:09

ferry bun wrote:
stenly wrote:Memang terasa lama mas... Tapi kita ternak dan hobi ayam bukan hanya utk 2,5thn khan..??
Mudah2an bisa utk 10-20 tahun lagi.
Smile

Pak Ary,kalo saya perhatikan dari tulisan2 sebelumnya bahwa sesudah inbreed harus di teruskan dgn linebreed. Sekarang saya sudah punya beberapa ekor hasil inbreed (tanpa sengaja teman saya mengawinkan pacek ( AA )ama anak babonnya ( AABB ) ada 2 ekor jantan dan 3 betina ( AAAABB) dan ada yg udah berumur 9 blnan,tapi masalahnya utk linebreed kelihatan udah gak bisa soalnya saudara2 dari induk( jantan - betina ) udah di tangan orang lain dan sulit buat dapat kembali.
Pertanyaan saya apakah anakan hasil inbreed ini udah layak buat indukan dan di silang dgn ayam lain ? atau apakah bisa anakan ini saya kawinkan lagi dgn jantan/ betina yg satu pacek dgn AABB ,ya saya sebut dgn nama AACC ?
mohon bantuannya ya

Pak Stenly ..saya coba menjawab sesuai dengan yang pernah saya alami Inbreed ( parental Stock ) ,
pada saat itu saya punya biang 2 ekor
1, Inbreed A ...saya kawinkan pejantan lain -----> hasilnya anakanya kuda lari ( lewer ) sama sekali tidak ada persamaan dengan kedua orang tuanya ( serta pukulan yg abal abal ),,,,
2. Inbreed B ...saya kawinkan pamanya yg pukul bagus main atas ------> hasil anaknya ...pukul super bagus akan tetapi mainya ngoyor semua .....( pengukuran pada sesi ini parameternya Pukul super saja ).

pada tahap diatas
perkawinan Indukan inbreed A ...anakanya saya abaikan ( tidak dilanjutkan lagi )
Perkawinan indukan inbreed B ...tetap saya teruskan ( pernilaianyan walupun ngoyor ..pukulan bagus dan anakanya banyak menang ).

tahap berikut nya anak dari indukan B inbreed ( line breed ) ,yang betina saya kawinkan dengan pacek import BK ...anakanya dapat 6 jantan ...diantar bisa dikatakan pola main bagus dan pukul dan 1 ngoyor pukul bagus .

kesimpulan saya bila masih Inbreed adalah tahap selanjutnya ..line breed ...parameter bisa diukur dari super main atau super pukul ....

untuk kasus yang pak stenly alami sampai inbreed dilanjut ---->( AABB ) X (AACC)=AABC (Ini secara tiori tidak mungkin karena persilangan 2 sifat beda tidak mungkin menghasil 3 sifat beda yang masing -masing Dominan ,,,kecuali antara B atau C ada yang Resesif ( bila A= parameternya pukulan super . B teknik pola atas , C cerdas cari peluang Pukul ),..
mungkin ada tambahan dari teman2 yang lain .
salam Ferry Bun[/quote]

Jadi bagaimana penilaiannya jika saya ingin meyilangkan 2 calon indukan dari kakek yg sama tapi induknya berbeda? saya coba istilahkan dgn perkawinan dari cucu Pacek ( AA) dgn babon yg berbeda, misalnya :
1. AA X BB = AABB ; AA X AABB = AAAABB
2. AA X CC = AACC ; AA X AACC = AAAACC
3. AAAABB X AAAACC = AAAAAAAABBCC ?

joi68
kopral
kopral

Jumlah posting : 46
Join date : 21.09.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Bonimanuk on Tue 14 Sep 2010, 10:26

Maaf mas ary mohon pencerahan...

Saya punya anakan hasil dari perkawinan dari pacek kawin dengan 2 biang berbeda nah anak dari masing2 biang berbeda ini dikawinkan dan keluarlah anakannya apakah ini masih disebut inbreed atau line breed ??

apakah bagus untuk fighter atau untuk indukan saja ??

terima kasih..
salam...

Bonimanuk
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 671
Join date : 03.03.10
Age : 42
Lokasi : Ciparay Bandung

http://bonimanuk@yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Administrator on Tue 14 Sep 2010, 13:08

Bonimanuk wrote:Maaf mas ary mohon pencerahan...

Saya punya anakan hasil dari perkawinan dari pacek kawin dengan 2 biang berbeda nah anak dari masing2 biang berbeda ini dikawinkan dan keluarlah anakannya apakah ini masih disebut inbreed atau line breed ??

apakah bagus untuk fighter atau untuk indukan saja ??

Ini masih termasuk inbreed mas... Tapi sudah ada 3 darah yg bercampur. Inbreed seperti ini sudah nyaris menjadi line breed.

Pada banyak kasus, inbreed seperti ini jarang sekali membuat vitalitasnya berkurang.
Jadi, bisa utk fighter. Tapi utk amannya, silakan diobservasi dulu.
Biasanya ayam yg mengalami penurunan vitalitas agak sulit dirawat. Grafik peningkatan kinerjanya sangat lambat. Tapi bukan berarti mentalnya jelek lho yaa...

Kalau secara kualitas teknik dan pukulannya memenuhi syarat, sangat potensial utk dijadikan pacek. Sifat2nya akan dominan.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

re: pemuliaan ternak

Post  masapip on Tue 14 Sep 2010, 14:08

maaf mas admin mohon pencerahan, saya punya 1 pacek sebut aja P dan 3 babon sebut aja A,B,C. Contoh kasus, tiap saya akan ganti P yg saya siapkn dr anak A maka A saya afkir dan menyiapkn pengganti A dr anak B/C, begitu jg sama perlakuanya kalo mau ganti P dr anak B/C. Model yg saya jalankn ini trmasuk inbreed, linebreed ato crossbreed dan medel ini bagus apa tidak untuk tujuan fighter, sblm saya mlangkah lebih jauh... terima kasih.

masapip
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 235
Join date : 25.04.10
Age : 38
Lokasi : Udanawu Blitar

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Administrator on Tue 14 Sep 2010, 15:26

masapip wrote:maaf mas admin mohon pencerahan, saya punya 1 pacek sebut aja P dan 3 babon sebut aja A,B,C. Contoh kasus, tiap saya akan ganti P yg saya siapkn dr anak A maka A saya afkir dan menyiapkn pengganti A dr anak B/C, begitu jg sama perlakuanya kalo mau ganti P dr anak B/C. Model yg saya jalankn ini trmasuk inbreed, linebreed ato crossbreed dan medel ini bagus apa tidak untuk tujuan fighter, sblm saya mlangkah lebih jauh... terima kasih.

Sepertinya ini mirip dgn kasus mas Boni Manuk. Masih termasuk inbreed juga.
Tapi lambat laun krn ada banyak biang, mungkin bisa menjadi line breed.

Sy kira masih bisa utk fighter. Tapi utk lebih yakin, sebaiknya diobservasi lebih lanjut.
Metode ternak seperti ini lama kelamaan memungkinkan masapip memiliki fenotip ternak yg seragam. Tapi ada baiknya suatu hari nanti di masukan pacek baru yg tidak ada hubungan darahnya (cross breed).

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Bonimanuk on Thu 16 Sep 2010, 07:32

Administrator wrote:
Bonimanuk wrote:Maaf mas ary mohon pencerahan...

Saya punya anakan hasil dari perkawinan dari pacek kawin dengan 2 biang berbeda nah anak dari masing2 biang berbeda ini dikawinkan dan keluarlah anakannya apakah ini masih disebut inbreed atau line breed ??

apakah bagus untuk fighter atau untuk indukan saja ??

Ini masih termasuk inbreed mas... Tapi sudah ada 3 darah yg bercampur. Inbreed seperti ini sudah nyaris menjadi line breed.

Pada banyak kasus, inbreed seperti ini jarang sekali membuat vitalitasnya berkurang.
Jadi, bisa utk fighter. Tapi utk amannya, silakan diobservasi dulu.
Biasanya ayam yg mengalami penurunan vitalitas agak sulit dirawat. Grafik peningkatan kinerjanya sangat lambat. Tapi bukan berarti mentalnya jelek lho yaa...

Kalau secara kualitas teknik dan pukulannya memenuhi syarat, sangat potensial utk dijadikan pacek. Sifat2nya akan dominan.


Terima kasih mas ary atas pencerahannya... ni ayam kualitas pukulnya diatas rata2 (peluang bikin KO seperti kakak2nya) dan akan pindah ke kandang kang teddy Riung Bandung semoga cocok buat pacek atau fighter

Bonimanuk
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 671
Join date : 03.03.10
Age : 42
Lokasi : Ciparay Bandung

http://bonimanuk@yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Modesto on Sun 19 Sep 2010, 06:14

Terima kasih untuk Mas Bonimanuk karena mengajukan pertanyaan yg terpendam dikepala saya selama beberapa bulan kepada Mas Ary...

Kasus saya juga sama dengan Mas Boni, yakni inbreed anakan satu pacek dua babon.
dari 12 telur yang dieram, menetas 7 ekor, 1 ekor kondisi lemas ga bisa jalan [saya singkirkan] 1 ekor di makan tikus....jadi tinggal 5 ekor yang kondisinya sehat dan lincah.

Kayaknya inbreed model begini yang paling praktis dari segi waktu. cuma ya betul kata Mas Ary tetap harus di lihat kondisi anakannya....karena ada peluang untuk terkena inbreed depression seperti yang saya alami....

seharusnya dari 12 telur menetas 9 ekor, cuma 2 telur yg mau menetas kayaknya anaknya terlalu lemas untuk memecahkan telurnya sehingga ga bisa keluar. Itu 1 ekor yang lemas aja saya pecahin cangkangya agar bisa keluar...tapi tetep aja lemas.

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  jackone on Sun 19 Sep 2010, 06:58

Modesto wrote:
seharusnya dari 12 telur menetas 9 ekor, cuma 2 telur yg mau menetas kayaknya anaknya terlalu lemas untuk memecahkan telurnya sehingga ga bisa keluar. Itu 1 ekor yang lemas aja saya pecahin cangkangya agar bisa keluar...tapi tetep aja lemas.

Mungkin Babonnya terlalu sering di beri calcium lactat (obat tulang).. ini menyebabkan canggkang terlur menjadi lebih keras sehingga pada saat menetas anak di dalam telur kesulitan memecah canggkang. Dan karena kelamaan di dalam telur sehingga cadangan oksigennya berkurang akhirnya pada saat menetas anaknya terlihat lemas.
Pemberian calact pada biang/babon yang bertelur cukup 3 hari sekali jika terlalu rapat kemungkinan besar akan mengalami situasi seperti di atas.

... ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan...
... ini hanya dugaan terhadap kasus yang di hadapi...

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Modesto on Sun 19 Sep 2010, 08:09

jackone wrote:
Modesto wrote:
seharusnya dari 12 telur menetas 9 ekor, cuma 2 telur yg mau menetas kayaknya anaknya terlalu lemas untuk memecahkan telurnya sehingga ga bisa keluar. Itu 1 ekor yang lemas aja saya pecahin cangkangya agar bisa keluar...tapi tetep aja lemas.

Mungkin Babonnya terlalu sering di beri calcium lactat (obat tulang).. ini menyebabkan canggkang terlur menjadi lebih keras sehingga pada saat menetas anak di dalam telur kesulitan memecah canggkang. Dan karena kelamaan di dalam telur sehingga cadangan oksigennya berkurang akhirnya pada saat menetas anaknya terlihat lemas.
Pemberian calact pada biang/babon yang bertelur cukup 3 hari sekali jika terlalu rapat kemungkinan besar akan mengalami situasi seperti di atas.

... ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan...
... ini hanya dugaan terhadap kasus yang di hadapi...

Kalo obat tulang, saya ga pernah pake Bang Jack, tapi babon saya kasih jagung terus menu pokoknya......mungkin itu sebabnya cangkangnya jadi keras... Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Aptanto WSS on Sun 19 Sep 2010, 09:25

seharusnya dari 12 telur menetas 9 ekor, cuma 2 telur yg mau menetas kayaknya anaknya terlalu lemas untuk memecahkan telurnya sehingga ga bisa keluar. Itu 1 ekor yang lemas aja saya pecahin cangkangya agar bisa keluar...tapi tetep aja lemas.[/quote]

Saya juga ada pengalaman seperti itu setelah saya mengamati dari 5 x siklus bertelur saya tarik kesimpulan anakan ayam yang tidak bisa memecahkan cangkang adalah telur yang paling terakhir jadi dalam setiap tetasan mungkin ada 1 atau 2 butur telur yang anak ayam tdk bs memecahkan telur bukan karena cangkang terlalu keras (Induk terlalu sering diberi calsium) tapi memang karena kondisi anak ayam yg kurang sehat kalau kita kupas telur anak ayam cenderung lemas beda ama saudaranya yg bisa memecahkan cangkang telur . Very Happy Laughing Question

Aptanto WSS
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 31
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Arifin on Tue 05 Oct 2010, 21:01

Mas, saya punya pacek A, kawin dgn babon B...anakan AB, saya ambil yang betina dan saya kawinkan dgn pacek A... Apa itu masuk inbreed?, tapi anakannya kok sehat2 dan jauh dari penyakit, kalau itu inbreed?

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Administrator on Tue 05 Oct 2010, 22:26

Arifin wrote:Mas, saya punya pacek A, kawin dgn babon B...anakan AB, saya ambil yang betina dan saya kawinkan dgn pacek A... Apa itu masuk inbreed?, tapi anakannya kok sehat2 dan jauh dari penyakit, kalau itu inbreed?

Betul. Itu adlh inbreed.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  opik_98 on Wed 06 Oct 2010, 09:35

Administrator wrote:
Arifin wrote:Mas, saya punya pacek A, kawin dgn babon B...anakan AB, saya ambil yang betina dan saya kawinkan dgn pacek A... Apa itu masuk inbreed?, tapi anakannya kok sehat2 dan jauh dari penyakit, kalau itu inbreed?

Betul. Itu adlh inbreed.
mas klo jantan A (burma) betina (bk) anaknya sy ambil dan sy kawinkan lagi dengan paceknya ....ini kah yang namanya 2trah bukan mas? atau malah dominan ke burmanya walau ga murni burma...?tapi anaknya tarungnya banyak kombinasinya selain jalunya seperti paceknya yang manjur, pukul dan daya tahannya seperti bk

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Administrator on Wed 06 Oct 2010, 12:15

opik_98 wrote:mas klo jantan A (burma) betina (bk) anaknya sy ambil dan sy kawinkan lagi dengan paceknya ....ini kah yang namanya 2trah bukan mas? atau malah dominan ke burmanya walau ga murni burma...?tapi anaknya tarungnya banyak kombinasinya selain jalunya seperti paceknya yang manjur, pukul dan daya tahannya seperti bk

Anak hasil perkawinan A dan B (AB) bisa disebut 2 trah. Dgn asumsi perbandingan A (50%) dan B (50%).

Kalau di inbreed AB vs A, maka sifat B akan tinggal 25% saja. Sementara sifat A akan bertambah 'kental'.
Perbandingannya (secara teoritis) menjadi A = 75%, B = 25%.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  jaghana on Wed 06 Oct 2010, 15:40

Administrator wrote:
opik_98 wrote:mas klo jantan A (burma) betina (bk) anaknya sy ambil dan sy kawinkan lagi dengan paceknya ....ini kah yang namanya 2trah bukan mas? atau malah dominan ke burmanya walau ga murni burma...?tapi anaknya tarungnya banyak kombinasinya selain jalunya seperti paceknya yang manjur, pukul dan daya tahannya seperti bk

Anak hasil perkawinan A dan B (AB) bisa disebut 2 trah. Dgn asumsi perbandingan A (50%) dan B (50%).

Kalau di inbreed AB vs A, maka sifat B akan tinggal 25% saja. Sementara sifat A akan bertambah 'kental'.
Perbandingannya (secara teoritis) menjadi A = 75%, B = 25%.



maksud saya juga bgitu mas ary...kekeke....nah klo AB dikawinkan lagi dengan C (vietnam) maka ABC= A25%+B25%+C50%....gitu ya kira2...??!! kekeke...

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Administrator on Wed 06 Oct 2010, 16:41

jaghana wrote:
maksud saya juga bgitu mas ary...kekeke....nah klo AB dikawinkan lagi dengan C (vietnam) maka ABC= A25%+B25%+C50%....gitu ya kira2...??!! kekeke...

betul... betul...
Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  opik_98 on Thu 07 Oct 2010, 08:16

Administrator wrote:
jaghana wrote:
maksud saya juga bgitu mas ary...kekeke....nah klo AB dikawinkan lagi dengan C (vietnam) maka ABC= A25%+B25%+C50%....gitu ya kira2...??!! kekeke...

betul... betul...
Very Happy
terima kasih mas ary dan mas jaghana... Very Happy Very Happy Very Happy jadi lega sy sekarang lg berusaha untuk mencoba 3trah seperti mas fery burn..tp benar tidak ya soale paceknya yang 2trah betinanya vietnam bagaimana tentang hal ini atau ada masukan lain...

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Sponsored content Today at 15:47


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 24 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 14 ... 24  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik