Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Post  kocu on Sat Mar 07, 2009 9:36 am

Salam PAPAJI....

Mas2 Seiior dan rekan2 sekalian, Saya minta bantuannya donk. Ayam sy kemarin di adu dan dikepalanya ada luka sobek (ga tau kena jalu, kuku jari or patok lawan) luka tersebut ga dalam, dan sudah sy bersihkan dgn alkohol70% dan saya kaih betadin. sekarang luka tsbt sudah sembuh, tp ada benjolan dikepala ayam sy tsbt dan kalau dipegang benjolan itu kayak kelereng/gundu. Pertanyaan saya :
1. Apakah benjolan tersebut?
2. Bagaimana cara menghilangkan/mengobati benjolan tersebut?
3. Apa kalo ayam tersebut saya adu/abar akan berpengaruh (mudah luka kl kena pukul lawan)?

Terima kasih sebelumnnya atas bantuan mas2 senior dan rekan2 sekalian.

Salam,


Kocu

kocu
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 92
Join date: 05.02.09
Lokasi: Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Post  Administrator on Sat Mar 07, 2009 10:06 am

Benjolan itu biasanya disebut DUGAL... Disebabkan krn darah mati yg membeku atau nanah yg menggumpal akibat luka kena jalu.

Penangannannya harus dioperasi, tapi ada prosedur yg harus dilalui agar tdk infeksi dan menjalar.

1. Pastikan dugal sudah 'kering', mengeras, mengecil dan benar2 menggumpal dibawah kulit.
Cirinya bila diraba dan digerakkan dgn jari, dugal sudah bisa berpindah2 posisinya dgn mudah, itu artinya sudah pisah dgn daging/otot. Ilustrasinya dugal tsb seperti kacang atau jagung dibawah kulit yg bisa digerak2an.

2. Untuk membuatnya 'kering', sy biasanya mengoleskan balsam tiap hari. Mungkin butuh waktu 2 mingguan utk membuatnya menggumpal. Harus sabar.

3. Kalau dirasa dugal sudah benar2 pisah dgn daging, barulah bisa di operasi. Caranya dgn membuat sayatan kecil dgn pisau tajam/silet di ujung dugal tsb. Pencet perlahan, dugal akan keluar. Luka sayatan diobati dgn salep antiseptik dan dijahit kembali.

4. Jangan pernah mengoperasi dugal/bengkak yg belum pisah dgn daging. Justru akan menimbulkan infeksi dan memperparah luka.

5. Bila masih terlihat bengkak, sebaiknya jangan digebrak dulu. Nanti kepukul lagi.


mudah2an bermanfaat.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6137
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Post  kocu on Sat Mar 07, 2009 10:15 am

Salam PAPAJI...

Terima kasih Mas ADM/Ari atas penjelasannya, apa yg mas ari bilang sama persis dengan kondisi ayam saya sekarang, dan menurut keterangan mas ari, berarti ayam saha sudah harus saya operasi karena benjolan tersebut sudah bisa jalan2. Oh ya mas, kl sesudah dioperasi apa bekas operasi tersebut (kl sudah sembuh) mudah luka kembali? kira2 sembuhnysa luka operasi sampai ayam bisa di abar berapa lama ya mas?
Maaf yua mas saya banyak nanya, saya baru belajar memelihara ayam aduan sih.... Shocked Shocked Shocked
Terima kasih sebelunnya ....



Salam,


Kocu

kocu
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 92
Join date: 05.02.09
Lokasi: Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Post  Administrator on Sat Mar 07, 2009 10:26 am

Kalau sudah yakin dugalnya pisah dgn daging, boleh dioperasi mas...
Luka sayatan bekas operasi harus dijahit supaya cepat rapat dan tdk infeksi. Kira2 butuh waktu 2 minggu utk benar2 sembuh.
Kalau tdk dijahit, akan butuh waktu lebih lama dan kemungkinan luka akan terbuka kembali.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6137
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Post  dodi_ls on Sat Mar 07, 2009 6:11 pm

Administrator wrote:Kalau sudah yakin dugalnya pisah dgn daging, boleh dioperasi mas...
Luka sayatan bekas operasi harus dijahit supaya cepat rapat dan tdk infeksi. Kira2 butuh waktu 2 minggu utk benar2 sembuh.
Kalau tdk dijahit, akan butuh waktu lebih lama dan kemungkinan luka akan terbuka kembali.
setuju mas ary...kebetulan saya juga baru ambil ayam dr bandung kongsi sm kawan,ayam tersebut baru di adu 2 minggu,jd kondisinya masih belum fit (masih ada bekas luka),yg parahnya,ayam tersebut di kepalanya ada dugal yg sebelumnya tdk di operasi sehingga pecah kembali akibat terkena jalu,menurut yg punya sejak menang yg ke 3x,ayam tersebut tumbuh dugal di kepalanya dan tdk di operasi.malah terus diadu sampe yg terakhir ke 7x..
sekarang sy masih bimbang,mau di operasi atau tidak...sebab kata yg punya,dugal tersebut tdk masalah..apabila sdh kering akan keras kembali.cukup keringkan saja bekas lukanya..
sebelumnya setiap ayam sy yg terkena dugal pasti saya operasi...metodenya kira2 sama dgn yg diterangkan mas ary..tp sejak kawan tersebut bilang begitu...saya jd ragu..menurut saya dugal akan terasa sakit apabila terkena pukulan meskipun sdh kering..
atau memang yg punya ayam sdh terlalu candu dan gila ngadu sehingga tidak ber "prikeayaman"...
bagaimana menurut mas ary..

dodi_ls
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 80
Join date: 29.12.08
Age: 32
Lokasi: palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Post  Administrator on Sat Mar 07, 2009 6:35 pm

Mas Dodi, kalo mau jujur, sebenarnya kita ga pernah tau, apakah dugal itu mengganggu apa tidak, terasa sakit apa tidak... lha, ayamnya ga ngomong koq... hehehe... Keliatannya si ayam enjoy2 aja tuh...
Very Happy

Tapi prinsip saya, ayam yg mau diadu harus siap secara mental dan fisik. Bekas luka yg belum sembuh merupakan 'cacat' fisik. Bisa saja mengganggu. Kita tdk pernah tau....
Maka selalu sy upayakan, agar semua luka pulih dahulu sebelum diadu. Menurut logika saya, luka yg belum sembuh akan terasa lebih sakit bila kena pukul.

salam

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6137
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Post  dodi_ls on Sat Mar 07, 2009 7:10 pm

Administrator wrote:Mas Dodi, kalo mau jujur, sebenarnya kita ga pernah tau, apakah dugal itu mengganggu apa tidak, terasa sakit apa tidak... lha, ayamnya ga ngomong koq... hehehe... Keliatannya si ayam enjoy2 aja tuh...
Very Happy

Tapi prinsip saya, ayam yg mau diadu harus siap secara mental dan fisik. Bekas luka yg belum sembuh merupakan 'cacat' fisik. Bisa saja mengganggu. Kita tdk pernah tau....
Maka selalu sy upayakan, agar semua luka pulih dahulu sebelum diadu. Menurut logika saya, luka yg belum sembuh akan terasa lebih sakit bila kena pukul.

salam
Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing bener jg ya mas....ayamnya gak ngomong...hehehe

dodi_ls
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 80
Join date: 29.12.08
Age: 32
Lokasi: palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengobati Luka Bengkak Dikepala Ayam

Post  ronggo on Wed Feb 23, 2011 7:40 am

ayam juga mahluk hidup bang Very Happy Very Happy Very Happy

ronggo
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 119
Join date: 01.12.10
Age: 19
Lokasi: komplek TNI AU asrama AURI jl.cesna no 20 rembiga mataram NTB

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik