A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Halaman 2 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  djinggo lampung on Fri 06 Sep 2013, 18:54

saya pgn ternak ayam lg,tp blm nemu pawang penyakit ayam. Kalo pak hendro gmn mencegah penyakit ayam?

djinggo lampung
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 208
Join date : 27.12.11
Age : 27
Lokasi : lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Fri 06 Sep 2013, 21:34

djinggo lampung wrote:saya pgn ternak ayam lg,tp blm nemu pawang penyakit ayam. Kalo pak hendro gmn mencegah penyakit ayam?
Langkah terbaik menghindari penyakit adalah dengan pencegahan sekalipun hal tersebut tidak dapat menjamin keamanan 100 % tetapi minimal dapat mengurangi resiko, bentuk pencegahan bermacam macam antara lain :
1. Selalu menjaga kebersihan kandang (rutin di cuci sikat dan jemur + semprot desinfektan)
2. Pemberian ransum dan tambahan suplemen vitamin
3. Vaksinasi berkala
4. Kandang karantina terpisah khusus untuk ayam baru atau ayam yang terkena gejala sakit
5. Sediakan berbagai macam obat terutama antibiotik
6. Kerodong atau penutup kandang sehingga kandang tidak diterpa angin secara langsung
7. Mampu cepat mendeteksi gejala ayam sakit sehingga cepat mengambil tindakan preventif
8. dll


SmileVery HappyI love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Langgeng NC on Sat 07 Sep 2013, 08:29

Mumpung ada threadnya, kl babon kualitas menegah keatas punya om hendro di kisaran berapa buat nebus nya. (yg ga kebanyakan teknik cuman mukul mukul dan mukul) Very Happy

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Sat 07 Sep 2013, 19:27

Langgeng NC wrote:Mumpung ada threadnya, kl babon kualitas menegah keatas punya om hendro di kisaran berapa buat nebus nya. (yg ga kebanyakan teknik cuman mukul mukul dan mukul) Very Happy
Betina yang sedikit kerja banyak mukul ada dan biasa saya jual 700 ribuan saja...........Wink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  ayam betatto on Sat 07 Sep 2013, 23:08

Hendro wrote:
Langgeng NC wrote:Mumpung ada threadnya, kl babon kualitas menegah keatas punya om hendro di kisaran berapa buat nebus nya. (yg ga kebanyakan teknik cuman mukul mukul dan mukul) Very Happy
Betina yang sedikit kerja banyak mukul ada dan biasa saya jual 700 ribuan saja...........Wink
Klo lancurannya pak?

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Sun 08 Sep 2013, 09:21

ayam betatto wrote:
Hendro wrote:
Langgeng NC wrote:Mumpung ada threadnya, kl babon kualitas menegah keatas punya om hendro di kisaran berapa buat nebus nya. (yg ga kebanyakan teknik cuman mukul mukul dan mukul) Very Happy
Betina yang sedikit kerja banyak mukul ada dan biasa saya jual 700 ribuan saja...........Wink
Klo lancurannya pak?
Kalo lancuran kan sudah ada daftar harganya kang, tinggal cari yang kualifikasi seperti apa nanti disesuaikan dengan prize list nya..............CoolWink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Langgeng NC on Sun 08 Sep 2013, 10:01

mantab om, tggl bbrp penyesuain di kandang dulu

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Thu 12 Sep 2013, 06:24

Langgeng NC wrote:mantab om, tggl bbrp penyesuain di kandang dulu
Siip oke mas lanjutkan penyesuaian materi ternaknya dan penataan kandangnya terlebih dulu......................SmileI love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  tetep.teges on Fri 27 Sep 2013, 18:02

sore pak...tadi saya Nguntulkan ayam...lha kok ketemu Satrio Gagah Ganteng Pidekso..Koyo Arjuno...katanya ayam saya patuknya malas...Hancur hati saya pak...Pertanyaannya bagaimana memaksimalkan Ayam patuk kurang efektif...apakah ada latihan khusus...nunggu sampai ngurak atau ada cara yang khusus... (diluar bakat dan bawaan)....dan sayang..ayam saya gak punya jalu..mohon pencerahan...nuwun

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  ayam betatto on Fri 27 Sep 2013, 22:35

Sya py ayam ganteng, pukul ok, taaaaaapi di tengah2 pertarungan, kok ni ayam suka bengek, nah mulai deh, ngos2an, pukul ngawur, kuda2 letoy, dah 3x abar, msh aja kumat bengeknya! Nah menurut terawangan pak hendro, apa layak di jadikan pacek? Apa dijadikan menu sarapan?? Nuhun

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  tetep.teges on Sat 28 Sep 2013, 07:53

tetep.teges wrote:sore pak...tadi saya Nguntulkan ayam...lha kok ketemu Satrio Gagah Ganteng Pidekso..Koyo Arjuno...katanya ayam saya patuknya malas...Hancur hati saya pak...Pertanyaannya bagaimana memaksimalkan Ayam patuk kurang efektif...apakah ada latihan khusus...nunggu sampai ngurak atau ada cara yang khusus... (diluar bakat dan bawaan)....dan sayang..ayam saya gak punya jalu..mohon pencerahan...nuwun
sundul sampe dapat pencerahan

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Ada lipatan di kaki belakang

Post  Zouldic on Sat 28 Sep 2013, 07:57

mau bertanya.
Di kaki ayam saya bagian belakang antara jalu sam jari ada lipatan seperti terbelah.
Itu kenapa ya??
Klo saya lihat jalan ayamnya, kayak tidak terjadi apa2.
Terjadi di kedua kaki.

Zouldic
kopral
kopral

Jumlah posting : 36
Join date : 08.08.13
Age : 30
Lokasi : Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Sat 28 Sep 2013, 08:11

tetep.teges wrote:
tetep.teges wrote:sore pak...tadi saya Nguntulkan ayam...lha kok ketemu Satrio Gagah Ganteng Pidekso..Koyo Arjuno...katanya ayam saya patuknya malas...Hancur hati saya pak...Pertanyaannya bagaimana memaksimalkan Ayam patuk kurang efektif...apakah ada latihan khusus...nunggu sampai ngurak atau ada cara yang khusus... (diluar bakat dan bawaan)....dan sayang..ayam saya gak punya jalu..mohon pencerahan...nuwun
sundul sampe dapat pencerahan
Salah satu cara membuat patuk aktif adalah dengan menaburkan pakan (beras merah/jagung) setiap pagi untuk sarapan ayamnya, tetapi hal ini juga tidak menjamin 100 % patuk ayam yang tadinya lambat menjadi aktif tapi minimal akan memancing nafsu atau naluri ayam dalam keaktifan mematukknya.....................Wink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Sat 28 Sep 2013, 08:16

ayam betatto wrote:Sya py ayam ganteng, pukul ok, taaaaaapi di tengah2 pertarungan, kok ni ayam suka bengek, nah mulai deh, ngos2an, pukul ngawur, kuda2 letoy, dah 3x abar, msh aja kumat bengeknya! Nah menurut terawangan pak hendro, apa layak di jadikan pacek? Apa dijadikan menu sarapan?? Nuhun
Kalo sebelumnya ayam normal2 aja dan baru kena bengek belakangan ini maka ayam layak untuk jadi pejantan/pemacek selama kinerjanya memenuhi harapan, karena kondisi ayam bukan karena faktor genetik melainkan akibat penyakit, tetapi jika kondisi ini sudah terjadi sejak ayam muda maka kemungkinan karena faktor bawaan alias genetik maka sebaiknya jangan dipakai sebagai pejantan karena berpotensi menurunkan sifat yang sama kepada anakannya.............:)Wink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Sat 28 Sep 2013, 08:18

Zouldic wrote:mau bertanya.
Di kaki ayam saya bagian belakang antara jalu sam jari ada lipatan seperti terbelah.
Itu kenapa ya??
Klo saya lihat jalan ayamnya, kayak tidak terjadi apa2.
Terjadi di kedua kaki.
Itu hanya lipatan kulit saja nggak masalah bang, kecuali jika ayam pernah beradu kandang sehingga bagian belakang kaki pecah karena mukul jeruji kandang..........................Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Zouldic on Sat 28 Sep 2013, 08:34

Hendro wrote:
Zouldic wrote:mau bertanya.
Di kaki ayam saya bagian belakang antara jalu sam jari ada lipatan seperti terbelah.
Itu kenapa ya??
Klo saya lihat jalan ayamnya, kayak tidak terjadi apa2.
Terjadi di kedua kaki.
Itu hanya lipatan kulit saja nggak masalah bang, kecuali jika ayam pernah beradu kandang sehingga bagian belakang kaki pecah karena mukul jeruji kandang..........................Smile
Terima kasih Pak Hendro atas jawabannya.

Zouldic
kopral
kopral

Jumlah posting : 36
Join date : 08.08.13
Age : 30
Lokasi : Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  tetep.teges on Sat 28 Sep 2013, 09:13

Hendro wrote:
tetep.teges wrote:
tetep.teges wrote:sore pak...tadi saya Nguntulkan ayam...lha kok ketemu Satrio Gagah Ganteng Pidekso..Koyo Arjuno...katanya ayam saya patuknya malas...Hancur hati saya pak...Pertanyaannya bagaimana memaksimalkan Ayam patuk kurang efektif...apakah ada latihan khusus...nunggu sampai ngurak atau ada cara yang khusus... (diluar bakat dan bawaan)....dan sayang..ayam saya gak punya jalu..mohon pencerahan...nuwun
sundul sampe dapat pencerahan
Salah satu cara membuat patuk aktif adalah dengan menaburkan pakan (beras merah/jagung) setiap pagi untuk sarapan ayamnya, tetapi hal ini juga tidak menjamin 100 % patuk ayam yang tadinya lambat menjadi aktif tapi minimal akan memancing nafsu atau naluri ayam dalam keaktifan mematukknya.....................Wink
tengkiu ndan...

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  ayam betatto on Sat 28 Sep 2013, 14:07

Hendro wrote:
ayam betatto wrote:Sya py ayam ganteng, pukul ok, taaaaaapi di tengah2 pertarungan, kok ni ayam suka bengek, nah mulai deh, ngos2an, pukul ngawur, kuda2 letoy, dah 3x abar, msh aja kumat bengeknya! Nah menurut terawangan pak hendro, apa layak di jadikan pacek? Apa dijadikan menu sarapan?? Nuhun
Kalo sebelumnya ayam normal2 aja dan baru kena bengek belakangan ini maka ayam layak untuk jadi pejantan/pemacek selama kinerjanya memenuhi harapan, karena kondisi ayam bukan karena faktor genetik melainkan akibat penyakit, tetapi jika kondisi ini sudah terjadi sejak ayam muda maka kemungkinan karena faktor bawaan alias genetik maka sebaiknya jangan dipakai sebagai pejantan karena berpotensi menurunkan sifat yang sama kepada anakannya.............:)Wink
O gt ya, pak, nuhun
Pak hendro kan arsitek, sy mau konsul gretongan boleh?
Sy mau bikin kandang lancuran, ukuran lahannya 15x3M, sy mau bikin kandang dr kayu n bambu,rencananya sy mau bikin sekat2 1 lancur, 1 kandang, di kandang itu suda termasuk tempat lari,tempat istirahat, tempat nangkring/tidur diatas(biar terbiasa lompat).
Rencananya sy mau isi 5-7 lancuran. Pertanyaannya: kira2 bujet yg mesti di siapkan brp ya pak? Pak hendro py stok sketsa kandang ayam yg sy inginkan gak? N py stok lancuran istimewa, buat di simpan di kandang tersebut? Bujetnya brp kira2?
Sayang jauh uy, klo deket mah enak nih, hehehe, matur nuwun

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Sun 29 Sep 2013, 05:40

ayam betatto wrote:
Hendro wrote:
ayam betatto wrote:Sya py ayam ganteng, pukul ok, taaaaaapi di tengah2 pertarungan, kok ni ayam suka bengek, nah mulai deh, ngos2an, pukul ngawur, kuda2 letoy, dah 3x abar, msh aja kumat bengeknya! Nah menurut terawangan pak hendro, apa layak di jadikan pacek? Apa dijadikan menu sarapan?? Nuhun
Kalo sebelumnya ayam normal2 aja dan baru kena bengek belakangan ini maka ayam layak untuk jadi pejantan/pemacek selama kinerjanya memenuhi harapan, karena kondisi ayam bukan karena faktor genetik melainkan akibat penyakit, tetapi jika kondisi ini sudah terjadi sejak ayam muda maka kemungkinan karena faktor bawaan alias genetik maka sebaiknya jangan dipakai sebagai pejantan karena berpotensi menurunkan sifat yang sama kepada anakannya.............:)Wink
O gt ya, pak, nuhun
Pak hendro kan arsitek, sy mau konsul gretongan boleh?
Sy mau bikin kandang lancuran, ukuran lahannya 15x3M, sy mau bikin kandang dr kayu n bambu,rencananya sy mau bikin sekat2 1 lancur, 1 kandang, di kandang itu suda termasuk tempat lari,tempat istirahat, tempat nangkring/tidur diatas(biar terbiasa lompat).
Rencananya sy mau isi 5-7 lancuran. Pertanyaannya: kira2 bujet yg mesti di siapkan brp ya pak? Pak hendro py stok sketsa kandang ayam yg sy inginkan gak? N py stok lancuran istimewa, buat di simpan di kandang tersebut? Bujetnya brp kira2?
Sayang jauh uy, klo deket mah enak nih, hehehe, matur nuwun
Ayam saya ka cuma ayam2 kampung kang tidak layak untuk dipajang di kandang yang baru..ke..ke..ke..ke...LaughingLaughingLaughingLaughing

Soal bajet untuk kandang kayaknya tidaklah besar jika kita bisa memanfaatkan materi lokal yang tersedia disana, seperti bambu dll.......................

Untuk sketsa kandang nanti coba saya corat coret dulu maklum saya sudah pensiun dari profesi arsitek kadang kalo gambar bangunan yang muncul malah gambar ayam lagi beradu ke..ke.ke.ke..ke..
RazzRazzRazzRazz

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  ayam betatto on Sun 29 Sep 2013, 06:53

Heheheh, pak hendro bisa aja...
Iya deh, ayam kampung layak rawat deh, kapan launching?

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  lo_grek on Fri 04 Oct 2013, 00:05

Numpang tanya pak hendro.
Kalau anak2 dr k3 jago yg dr pak hendro di jodohkan,apa bisa disebut linebreed pak.misal anak wiku x baret/anak baret x blorok.suwun pak.

lo_grek
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 224
Join date : 11.07.13
Lokasi : boyolali jawatengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Fri 04 Oct 2013, 05:31

lo_grek wrote:Numpang tanya pak hendro.
Kalau anak2 dr k3 jago yg dr pak hendro di jodohkan,apa bisa disebut linebreed pak.misal anak wiku x baret/anak baret x blorok.suwun pak.
Linebreed adalah perkawinan sedarah, kalo hasil silangan seperti yang dijabarkan diatas bukan termasuk linebreed sekalipun diantara hasil persilangan tersebut masih ada pertalian darah meski hanya sebagian kecil................................
yang dimaksud linebreed biasanya adalah perkawinan antara anakan dengan indukan atau pejantannya atau antara anakan dengan materi indukan dan pejantan yang sama.....................................
Tujuan linebreed lebih untuk mencetak betina unggul, saya pribadi memakai sistem perkawinan linebreed antara pejantan dengan anakan betinanya secara bertingkat sampai 3 - 4 tahap untuk mendapatkan anakan betina unggul yang diharapkan mewarisi gen dominan pejantannya....................................

Salam ternak
SmileVery HappyI love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  ayam betatto on Fri 04 Oct 2013, 14:10

Klo di ayam pelung gmn pak? Apa bagus anak jantan kawin ma induknya?
Saya punya pelung, suara mirip pacek, bulu mirip biang..
Biangnya jalak, paceknya merah, semua anaknya jalak
Klo sy kawinin anak vs biang, apakah akan tercapai tujuan sy mencetak suara mirip pacek??

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  ayam betatto on Tue 12 Nov 2013, 21:00

Pak, sy punya pacek, umur kira2 3 tahunan... Beberapa bulan ini gak mau macek, malah klo dideketin babon, pasti di tabokin! Kira2 knp ya? Solusinya gmn?
Sekedar gambaran, ayam tiap hari di umbar, pakan nasi+dedak sekenyangnya!

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Hendro on Wed 13 Nov 2013, 08:24

ayam betatto wrote:Klo di ayam pelung gmn pak? Apa bagus anak jantan kawin ma induknya?
Saya punya pelung, suara mirip pacek, bulu mirip biang..
Biangnya jalak, paceknya merah, semua anaknya jalak
Klo sy kawinin anak vs biang, apakah akan tercapai tujuan sy mencetak suara mirip pacek??
Ayam pelung saya tidak mempunyai pengalaman ternak, tapi karena masih identik dengan unggas mungkin sistem linebreed juga akan mendapatkan hasil serupa dengan ayam aduan..............Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: A--Z TERNAK AYAM dan PEMASARANNYA, PAK HENDRO MENJAWAB!

Post  Sponsored content Today at 17:40


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik