ayam bertelur dibuahi siapa?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ayam bertelur dibuahi siapa?

Post  amrogen on Wed Mar 11, 2009 4:30 pm

halo temans papaji...
dimanapun berada,

selamat sore!

kebetulan saya ada babon baru hadiah dari temen,sedang getol2nya saya kawinkan dengan pacek saya
pas sampe rumah selang 1 minggu tuh babon bertelur , anak siapakah itu ? apa anak pacek saya atau pacek temen?
saya bingung juga tuh...

Masa pembuahan telur si babon itu kapan ya?

apakah pada masa : BEGER atau masa bertelur atau sebagian udah dibuahi pada masa periode bertelur sebelumnya?

sok lah yg punya pengalaman di sharing atuh...
terima kasih sebelumnya,

salam

agun

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bertelur dibuahi siapa?

Post  khairul_rizqi on Wed Mar 11, 2009 7:57 pm

Kang Agun yang layak jawab pertenyaan ini diantaranya adalah Kang Azis atau Mas Rino.
Beberapa hari yang lalu saya diskusi sama Mas Rino, kebetulan temanya tentang "kawin silang", kesimpulan yang saya tangkap adalah: 1. Sel telur yang telah dibuahi akan melepaskan diri dan membentuk kerabang telur dan kemudian dikeluarkan, jadilah telur 2. Sperma ayam jago bisa bertahan di rahim ayam selama satu minggu. Kalo kejadiannya seperti itu ada kemungkinan: sebagian dibuahi jago lama, sebagian lagi dibuahi jago baru atau semuanya murni dibuahi jago baru. Kalo salah mohon diluruskan dan dilengkapi

khairul_rizqi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 54
Join date : 10.11.08
Age : 48
Lokasi : Warujaya Parung Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bertelur dibuahi siapa?

Post  Administrator on Wed Mar 11, 2009 10:28 pm

Mas, coba ditanyakan dulu sama temannya, waktu itu babonnya sempat dikawinkan ga??
Kalo ngga dikawinkan, berarti itu anaknya pacek sendiri.

Sy setuju sama pak Khairul... Sperma jago bisa bertahan +/- 1 minggu di dalam rahim babon. Maka, pembuahan bisa berlangsung paling tdk 1 minggu sebelum bertelur. Selama masa bertelur-pun pembuahan masih bisa terus berlangsung (asalkan kawin).
Yang perlu diingat, babon bertelur bukan karena dikawinkan. Tapi memang sudah masanya bertelur. Tanpa dikawinkan-pun, babon akan bertelur juga. Hanya saja, krn tdk kawin, maka telur tdk menetas.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

ayam bertelur di buahi siapa..

Post  amrogen on Thu Mar 12, 2009 9:45 am

Administrator wrote:Mas, coba ditanyakan dulu sama temannya, waktu itu babonnya sempat dikawinkan ga??
Kalo ngga dikawinkan, berarti itu anaknya pacek sendiri.

Sy setuju sama pak Khairul... Sperma jago bisa bertahan +/- 1 minggu di dalam rahim babon. Maka, pembuahan bisa berlangsung paling tdk 1 minggu sebelum bertelur. Selama masa bertelur-pun pembuahan masih bisa terus berlangsung (asalkan kawin).
Yang perlu diingat, babon bertelur bukan karena dikawinkan. Tapi memang sudah masanya bertelur. Tanpa dikawinkan-pun, babon akan bertelur juga. Hanya saja, krn tdk kawin, maka telur tdk menetas.


Trims nih..
buat mas Rizqi and Mas Ary...


Betul mas oleh temen memang sedang dikawinkan....sama pacek dia-nya (warna Klawu)
trus pindah kandang.

akhir bulan ini menetas mas, mudah2an anaknya mirip pacek saya ( warna Gesin) , kalau mirip pacek temen berarti..memang sudah di buahi duluan .
menurut temen saya sih...babonnya 'CETAK' ...
sekalian bisa buat ngeliat cetak apa nggak juga nih....

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bertelur dibuahi siapa?

Post  Gento on Mon May 04, 2009 7:53 pm

Salam kenal mas...dari sukabumi. Gini mas kasus sdr amrogen sama dgn kasus saya, saya baru dapat ayam babon yg sudah siap telor kemungkinan besar dari ayam jago yg pemilik lama. Rencananya saya mau kawinkan dgn jago milik saya tapi anehnya bukanya di kawinin eh malah di patokin mas...! Gimana mas minta solusinya ? Thanks

Gento
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 27.04.09
Lokasi : KP.PAJAGAN RT05/03 DESA PARAKANSALAK KAB.SUKABUMI JAWA BARAT

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bertelur dibuahi siapa?

Post  Administrator on Mon May 04, 2009 11:45 pm

Gento wrote:...Rencananya saya mau kawinkan dgn jago milik saya tapi anehnya bukanya di kawinin eh malah di patokin mas...! Gimana mas minta solusinya ? Thanks

Betinanya jangan dicampur dgn jagonya. Kawin dgn dipegang saja pada sore hari setelah makan.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Salome...

Post  Rudd on Thu Apr 08, 2010 10:58 am

Pak admin...jadi intinya betina bisa dikawinkan dengan 2 pacek skaligus dlm waktu bersamaan ya?
Jadi walaupun kita ambil betina yg sudah nelur 1-2 butir dari pacek orang lain,masih bisa dikawinkan dengan pacek kita dan akan menghasilkan anakan keturunan dari kedua pacek tersebut.Begitu ya pak admin?

Soalnya saya baru ambil 2 babon baru.Yg ke 1 sdh nelur 1 butir ditempatnya dan yg ke 2 baru 2 hari dirmh saya langsung nelur.Tapi tiap sore saya terus kawinkan dgn pacek saya.Tapi kok babon ke 2 kulit telurnya tipis bgt ya dan kecil...apa itu telur gagal?

Trimakasih sebelumnya.
Rudy,Depok.

Rudd
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 136
Join date : 03.04.10
Age : 35
Lokasi : Depok,Jabar.

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bertelur dibuahi siapa?

Post  Administrator on Thu Apr 08, 2010 2:18 pm

Rudd wrote:Pak admin...jadi intinya betina bisa dikawinkan dengan 2 pacek skaligus dlm waktu bersamaan ya?
Jadi walaupun kita ambil betina yg sudah nelur 1-2 butir dari pacek orang lain,masih bisa dikawinkan dengan pacek kita dan akan menghasilkan anakan keturunan dari kedua pacek tersebut.Begitu ya pak admin?

Soal bisa sih, ya bisa aja mas...
Tapi nanti kita bingung itu anak dari pacek yg mana...??
scratch
Jangan2 semuanya hasil anak pacek yg pertama. Sy pernah kawinkan ayam hanya sekali saja setelah telur pertama. Tapi ternyata telurnya bisa 85% menetas. Itu artinya, meskipun hanya sekali kawin, tapi tetap memiliki kemungkinan telurnya bisa terbuahi semua.

Rudd wrote: Soalnya saya baru ambil 2 babon baru.Yg ke 1 sdh nelur 1 butir ditempatnya dan yg ke 2 baru 2 hari dirmh saya langsung nelur.Tapi tiap sore saya terus kawinkan dgn pacek saya.Tapi kok babon ke 2 kulit telurnya tipis bgt ya dan kecil...apa itu telur gagal?

Kalau kasusnya seperti ini, dari pada penasaran, silakan dikawinkan saja mas...

Utk babon ke dua, sepertinya masih muda atau terlalu tua, atau kurang asupan mineral (grit/kalsium).

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bertelur dibuahi siapa?

Post  Rudd on Sun Apr 11, 2010 1:13 pm

Trimakasih banyak pak atas masukan nya.
Saya baru saya mulai beternak 1 bulan.Jd msh bnyk tanya Smile

Rudd
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 136
Join date : 03.04.10
Age : 35
Lokasi : Depok,Jabar.

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bertelur dibuahi siapa?

Post  Sponsored content Today at 3:13 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik