peningkatan kuantitas ternakan??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

peningkatan kuantitas ternakan??

Post  buayakarang on Thu 10 Oct 2013, 22:26

mohon sharing dong yang pernah punya babon bertelur lebih dari normal, misal biasa bertelur 9 butir kok suatu saat bertelur lebih dari 17 butir?? kira2 apa tuh faktor penyebabnya?? bisa gak kita merekayasa agar babon bisa bertelur dalam jumlah banyak??? n kira2 berpengaruh gak dengan kualitas anakan yang dihasilkan??

buayakarang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 275
Join date : 28.10.11
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: peningkatan kuantitas ternakan??

Post  Sad Rizal on Fri 11 Oct 2013, 18:41

kasus nya sama dengan yg pernah saya alami, biasanya babon ku bertelur paling banyak 8. pernah sekali bertelur sampe 15 butir tetapi yg menetas cm 7 ekor. setelah itu seperti biasa lg brrtelur nya cm 8 butir. Telur yg banyak dipengaruhi oleh faktor makanan sehingga membuat si babon merangsang utk bertelur lebih banyak. Biasanya telur yg banyak jarang yg menetas semua lebih baik diambil aja telur 1 sampe 5 utk dikonsumsi dr pd mubazir, ini menurut saya lho hehehe....

Sad Rizal
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 322
Join date : 09.01.13
Lokasi : Padang, West Sumatera

Kembali Ke Atas Go down

Re: peningkatan kuantitas ternakan??

Post  Bersemi on Fri 11 Oct 2013, 20:15

Sad Rizal wrote:kasus nya sama dengan yg pernah saya alami, biasanya babon ku bertelur paling banyak 8. pernah sekali bertelur sampe 15 butir tetapi yg menetas cm 7 ekor. setelah itu seperti biasa lg brrtelur nya cm 8 butir. Telur yg banyak dipengaruhi oleh faktor makanan sehingga membuat si babon merangsang utk bertelur lebih banyak.  Biasanya telur yg banyak jarang yg menetas semua lebih baik diambil aja telur 1 sampe 5  utk dikonsumsi dr pd mubazir, ini menurut  saya lho hehehe....
setuju aq juga pernah ngalamin mksimal netesnya 8 biji

Bersemi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 263
Join date : 18.09.13
Lokasi : NGANJUK BB : 295c4d68

Kembali Ke Atas Go down

Re: peningkatan kuantitas ternakan??

Post  siwi_rachman on Sat 12 Oct 2013, 19:25

ikut jawab berdasarkan pengalaman sih karena pakannya. biasanya kalau sy kasih pakan voor lebih banyak telornya.

siwi_rachman
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 22.07.12
Age : 34
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: peningkatan kuantitas ternakan??

Post  buayakarang on Sat 12 Oct 2013, 20:02

ttus keturunannya gmana yuh om?? kualitasnya menurun gak(fisik, tulangan, ukuran,dsb)??? soalnya sya bru bisa dapat satu pacek n 2babon yang cocok, mnurut sya sih anakannya lumayan. jdi pngennya sih sekali netasin anakannya banyak n sya bru aj buat mesin tetas jdi walaupun telurnya banyak mudah2an bisa ditetaskan.

buayakarang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 275
Join date : 28.10.11
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: peningkatan kuantitas ternakan??

Post  chochoholic on Sat 12 Oct 2013, 20:05

siwi_rachman wrote:ikut jawab berdasarkan pengalaman sih karena pakannya. biasanya kalau sy kasih pakan voor lebih banyak telornya.
Betul, pengaruh pakan, jika ntrisi terpenuhi, makan produksi telur bisa ditingkatkan,
Minimal menggunakan pakan ayam ras petelur yg mengandung 17% protein dan 3,5% Kalsium, dan menghindarkan proses pengeraman. Jadi telur tiap hari diambil, tpi g menjamin slalu berhasil karena sudah mnjadi proses alami ayam mengeram, min ada 1-3 hari ayam macet bertelur.

chochoholic
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 215
Join date : 07.01.13
Age : 28
Lokasi : Jember

Kembali Ke Atas Go down

Re: peningkatan kuantitas ternakan??

Post  siwi_rachman on Sun 13 Oct 2013, 20:39

Pakan konsentrat lebih bagus. kalau pake mesin tetas harus lebih rajin awasin suhu dan muter telor (mesin manual) kecuali punya yg otomatis (mahal) atau dititip (di daerah sy ada penitipan telor sampe netes).
Kalau alami liat kondisi babonnya, kalau body ok terus rajin ngereminnya sih ok. 
ex. kemaren ayam pelung saya ngeremin 17 yang netes 15 (body besar an rajin).

siwi_rachman
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 22.07.12
Age : 34
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: peningkatan kuantitas ternakan??

Post  NUR WAKHID on Fri 18 Oct 2013, 13:33

buayakarang wrote:ttus keturunannya gmana yuh om?? kualitasnya menurun gak(fisik, tulangan, ukuran,dsb)??? soalnya sya bru bisa dapat satu pacek n 2babon yang cocok, mnurut sya sih anakannya lumayan. jdi pngennya sih sekali netasin anakannya banyak n sya bru aj buat mesin tetas jdi walaupun telurnya banyak mudah2an bisa ditetaskan.


perbandingan nutrisi pakan petelur n sayuran mendukung kualitas telur, harus kawin lho, setelah berhasil netes sehat, slebihnya sama saja dengan eram induk, hati2 perlakuan baru netes kadang2 jarinya kriting kalo ga diasuh induk beberapa hari, saya sudah mencermati dan bandingkan yang langsung pisah sama yang ga.

NUR WAKHID
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 676
Join date : 06.04.11
Age : 43
Lokasi : Bantul Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: peningkatan kuantitas ternakan??

Post  Sponsored content Today at 23:23


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik