bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  sunardi on Tue 15 Oct 2013, 01:02

Mohon di koreksi kang mas bru salah saya dimana.
Saya kalo membeli ayam yg saya utamakan trah darah dan pamor si pemilik
Dan yg lebih utama perawatan kandang yg saya nilai.
Kalo sudah srek langsung di bungkus dan bertanya cara perawatan
Langkah selanjutnya saya latih dan fisik selama 1 minggu baru di gebrak..
Cara perawatan
Senin kliter dan fisik istirshat lalu mandi jemur gula merah suprafit dan madu lalu umbar.dan istirahat
Selasa sama cuma madu di ganti pisang sore tambah kamplang
Rabu sama dengan senin madu di ganti tomat
Kamis madu di ganti kamplang sorenya kasih telur burung dara 2 biji di spet
Jumat latihan istirahat total siang di kasih daging 2 jempol
Sabtu istirahat total dan di krodong
Minggu biasanya di turunin..
Oh ya lupa kalo sore makannya beras merah dan gabah yg saya takar

Tapi kenapa apes bener sudah 2 x saya kena aratan tembolok ngak turun dan selalu almarhum yg aku dapat
selama 9 bulan saya sudah menghabiskan 25 ekor yg harganya tidak murah..hik.hik..hik...
Kalo saya itung2 bisa tuh buat beli kontrakan 1 pintu
Kandang umbaran selalu saya sterilkan sama rodalon dan supersol anti bakteri..
Kandang selalu bersih dan pasir selalu di ganti 1 bulan 1 x..salahku di mana kawan2 harapan tinggal 1 persen nih buat meliahara lagi
Oh ya rawatan di atas menurut saya bagus saya selama turun kekalangan ada 15 x cuma kalah 3 x itu pun saya paksain turun di hari sabtu jadi istirahat kurang 1 hari..ibarat orang puasa ngak tahan godaan hehehe

sunardi
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 01.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  Hendro on Tue 15 Oct 2013, 07:29

Lawan terberat kita sebagai penghobi ayam adalah aratan alias wabah penyakit yang rutin menyerang ayam tiap tahun terutama ketika musim pancaroba, tapi sebagai penghobi sejati seharusnya hal tersebut tidak akan menyurutkan semangat jika kita menyadari yang namanya benda hidup pasti suatu saat akan mati, soal kapan waktunya atau bagaimana caranya adalah sebuah misteri......................

Jika aratan sudah menyerang tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya, tapi kita bisa mencegah terjadinya aratan dengan manajemen kandang yang baik, contohnya : jaga selalu kebersihan kandang, berikan ransum yang cukup gizi dan vitamin, rutin sterilkan kandang, sediakan kandang karantina terpisah bagi ayam baru atau ayam yang terindikasi kurang sehat dll........................

Salam tetap semangat
Smile 

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  cimahpar 5 on Tue 15 Oct 2013, 09:08

ada gak kemungkinan suplemen/masukannya terlalu bagus ya Mas..?

kadang2 dengan asupan yang pas2an (dalam arti cukup) ayam bisa lebih struggle dan survive dalam menghadapi penyakit..

matur nuwun..

cimahpar 5
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 817
Join date : 16.06.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  Liem_Bsd on Tue 15 Oct 2013, 09:40

Coba nebak2 krn tidak lihat langsung

-Vitamin dan suplement sudah lengkap plus protein daging dan telor
-Kandang sudah rutin ganti pasir dan sudah periodik di semprot desinfektan

+ Ada kemungkinan apakah beli untulan dari pasar? kalau iya sebaiknya beli untulan dari peternak rumahan yang masih murah dan kita tahu kesehatan kandangnya

+ Treatment sepertinya terlalu panas efeknya terkadang membuat ayam merah dan semakin merah tua akhirnya panas dalam tidak turun telih kadang mejan celaka kalau makan full gabah, bisa diimbangi dengan tomat setiap hari dan pakan dicampur sedikit pur 594.

+ Karena memang cuaca tidak menentu angin kencang kesehatan ayam turun naik, ada baiknya saat abar lihat kesehatan ayam bila agak layu diistirahatkan saja atau bila tetap ingin di abar lihat keadaan bila lemas disudahi saja.

+ Vaksin ayam di kandang dan buat kandang karantina untuk ayam yang baru masuk minimal 5 hari jangan langsung dicampurkan dengan kandang utama.

+ Sedia obat suntik minimal oxytetracycline untuk ayam yang sakit agak parah dan pisahkan kandangnya

semoga membantu



Liem_Bsd
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1144
Join date : 12.12.11
Lokasi : Serpong Tangerang 08161952208 pinBB 7F8D59B1

http://www.ayamjagoperak.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  sandi_bento on Tue 15 Oct 2013, 11:37

Liem_Bsd wrote:Coba nebak2 krn tidak lihat langsung

-Vitamin dan suplement sudah lengkap plus protein daging dan telor
-Kandang sudah rutin ganti pasir dan sudah periodik di semprot desinfektan

+ Ada kemungkinan apakah beli untulan dari pasar? kalau iya sebaiknya beli untulan dari peternak rumahan yang masih murah dan kita tahu kesehatan kandangnya

+ Treatment sepertinya terlalu panas efeknya terkadang membuat ayam merah dan semakin merah tua akhirnya panas dalam tidak turun telih kadang mejan celaka kalau makan full gabah, bisa diimbangi dengan tomat setiap hari dan pakan dicampur sedikit pur 594.

+ Karena memang cuaca tidak menentu angin kencang kesehatan ayam turun naik, ada baiknya saat abar lihat kesehatan ayam bila agak layu diistirahatkan saja atau bila tetap ingin di abar lihat keadaan bila lemas disudahi saja.

+ Vaksin ayam di kandang dan buat kandang karantina untuk ayam yang baru masuk minimal 5 hari jangan langsung dicampurkan dengan kandang utama.

+ Sedia obat suntik minimal oxytetracycline untuk ayam yang sakit agak parah dan pisahkan kandangnya

semoga membantu


sip..markosip... ijin nyimak

sandi_bento
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 27.10.12
Age : 29
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  haris prasetyo on Tue 15 Oct 2013, 12:10

sunardi wrote:Mohon di koreksi kang mas bru salah saya dimana.
Saya kalo membeli ayam yg saya utamakan trah darah dan pamor si pemilik
Dan yg lebih utama perawatan kandang yg saya nilai.
Kalo sudah srek langsung di bungkus dan bertanya cara perawatan
Langkah selanjutnya saya latih dan fisik selama 1 minggu baru di gebrak..
Cara perawatan
Senin kliter dan fisik istirshat lalu mandi jemur gula merah suprafit dan madu lalu umbar.dan istirahat
Selasa sama cuma madu di ganti pisang sore tambah kamplang
Rabu sama dengan senin madu di ganti tomat
Kamis madu di ganti kamplang sorenya kasih telur burung dara 2 biji di spet
Jumat latihan istirahat total siang di kasih daging 2 jempol
Sabtu istirahat total dan di krodong
Minggu biasanya di turunin..
Oh ya lupa kalo sore makannya beras merah dan gabah yg saya takar

Tapi kenapa apes bener sudah 2 x saya kena aratan tembolok ngak turun dan selalu almarhum yg aku dapat
selama 9 bulan saya sudah menghabiskan 25 ekor yg harganya tidak murah..hik.hik..hik...
Kalo saya itung2 bisa tuh buat beli kontrakan 1 pintu
Kandang umbaran selalu saya sterilkan sama rodalon dan supersol anti bakteri..
Kandang selalu bersih dan pasir selalu di ganti 1 bulan 1 x..salahku di mana kawan2 harapan tinggal 1 persen nih buat meliahara lagi
Oh ya rawatan di atas menurut saya bagus saya selama turun kekalangan ada 15 x cuma kalah 3 x itu pun saya paksain turun di hari sabtu jadi istirahat kurang 1 hari..ibarat orang puasa ngak tahan godaan hehehe
nah tuh dah da dedengkot ayam yang kasih masukan.dah ada kesimpulan yang bikin fress  pa belum?.jangan stress mulu.boleh jadi suhu dikandang lembab.usahan lantai kandang kering.agak berdebu gak masalah .yang penting tiap hari dibersihkan/disapu.mudah-mudahan bisa jadi masukan.

haris prasetyo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 16.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  aylos on Tue 15 Oct 2013, 15:57

kalo lihat rawatan jelas sudah sudah cukup baik , jaga kebersihan kandang juga cukup baik , yang mungkin jadi penyebab biasanya untul dari luar atau ayam teman dari luar yg kurang sehat , ada baiknya punya kandang karantina buat untul , beli ayam untul yg sehat lalu karantina dahulu bbrp hari, sampai yakin ayam sehat baru dipakai , dimasa cuaca ga bersahabat ada baiknya ayam dari luar jng masuk dulu.., terakhir jng lupa vaksin mas......mudah2an membantu jadi ga stress

aylos
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 607
Join date : 27.06.10
Lokasi : semeru 108 bogor /08121110301

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  Pak Ade Biasa Aja on Tue 15 Oct 2013, 16:32

aylos wrote:kalo lihat rawatan jelas sudah sudah cukup baik , jaga kebersihan kandang juga cukup baik , yang mungkin jadi penyebab biasanya untul dari luar atau ayam teman dari luar yg kurang sehat , ada baiknya punya kandang karantina buat untul , beli ayam untul yg sehat lalu karantina dahulu bbrp hari, sampai yakin ayam sehat baru dipakai , dimasa cuaca ga bersahabat ada baiknya ayam dari luar jng masuk dulu.., terakhir jng lupa vaksin mas......mudah2an membantu jadi ga stress
kalau sy pak spy ga stress anggep enteng aja (wong ini kesenangan koq)
jangan dihitung pak rugi materiil nya (krn pasti banyak)

ini kan hoby. pertama Hoby pelihara ayam, kedua Hoby MERAWAT ayam

jadi kalo sampe ada musibah aratan, yah bersih2 lalu...... beli lagiiii Very Happy

(semangat om) Laughing

Pak Ade Biasa Aja
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 560
Join date : 04.12.11
Lokasi : diruang proses VERBAL !

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  Hendro on Tue 15 Oct 2013, 16:35

Kalo membaca ulasan diatas ada kemungkinan :
1. Pemberian rasum tambahan dan vitamin mungkin sedikit over.
Pemberian ransum tambahan berlebihan terkadang membuat tembolok nggak turun dan akibat dari tembolok yang tidak turun adalah infeksi saluran pencernaan dan memicu timbulnya penyakit lain.............................
2. Tidak ada kandang karantina terpisah bagi ayam yang terindikasi sakit/ayam baru.
Diwajibkan bagi tiap penghobi untuk menyediakan kandang karantina terpisah dari kandang utama tujuannya untuk mengisolasi ayam yang baru datang dan ayam yang terindikasi kurang sehat.................................
3. Beli ayamnya kemahalan.
Jika 25 ekor ayam setara dengan 1 unit rumah kontrakan maka minimal harga beli ayamnya adalah 2,5 juta/ekor, karena belinya agak kemahalan maka ketika mati rasa kehilangan dan stres menjadi lebih berasa................................
4. Terlalu memanjakan ayam.
Kadang perlakuan kita terhadap ayam sungguh berlebihan bahkan melebihi kebutuhan bagi diri/keluarga kita, contoh : kita seringkali lebih bingung ketika ayam sakit pilek daripada ketika anak kita yang sakit pilek, maka mulai sekarang perlakukanlah seekor ayam seperti juga seekor ayam jangan dimanusiakan.................................


Cool Smile Very Happy I love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Tururt Berduka

Post  boomers on Tue 15 Oct 2013, 19:02

Wah turut sedih membaca tulisan diatas...

Memang musuh utama dan paling membahayakan bagi kita2 penghobi ayam laga adalah wabah penyakit yg sering bikin isi kandang ludes Crying or Very sad Crying or Very sad Crying or Very sad ...kita nggak bisa ngelawan...yang bisa kita lakukan cuman mencegah aja seperti yang telah diutarakan senior2 kita diatas.

Menyesakkan memang kalo ayam2 yang kita beli dengan harga yang cukup mahal harus berakhir ditangan wabah penyakit...tapi itulah harga yg harus dibayar untuk sebuah kesenangan /hobi hehehe.

Numpang saran aja mas...jangan terlalu dipikirkan karna bisa mengganggu kinerja kita...kalo segala sesuatu yg perhubungan dengan pencegahan penyakit telah kita lakukan dan belom berhasil juga melawan wabah penyakit yg datang namanya apes...hehehehe

boomers
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 134
Join date : 19.10.11
Lokasi : Jakarta Rock City

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  lancuran kencur on Tue 15 Oct 2013, 19:29

maaf anak ayam ikut bagi pengalaman. kemungkoinan paling besar emng ayam dari luar yg bwa penyakit. bberapa bln yg lalu 1kndang ayam milik bapak jg abis gr2 ayam tetangga yg lg ngantuk masuk pekarangan akhirny besokny ayam pd mati dah. ni bru mulai lg bru punya 1 lancuran hehehe.
oia da pengalaman klo tembolok g turun (pagi2 tembolok msih besar g kempes pdhl blm sarapan) tp ayam masih hidup. kasih aja 2sendok makan minyak goreng diminumkn. ni ilmu dr bapak saya krn dulu tiap kali ganti dedak si jago tembolokny pasti g turun.

lancuran kencur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 327
Join date : 18.07.13
Lokasi : kota kudus jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  dhekoko on Wed 16 Oct 2013, 12:00

Hendro wrote:Kalo membaca ulasan diatas ada kemungkinan :
1. Pemberian rasum tambahan dan vitamin mungkin sedikit over.
Pemberian ransum tambahan berlebihan terkadang membuat tembolok nggak turun dan akibat dari tembolok yang tidak turun adalah infeksi saluran pencernaan dan memicu timbulnya penyakit lain.............................
2. Tidak ada kandang karantina terpisah bagi ayam yang terindikasi sakit/ayam baru.
Diwajibkan bagi tiap penghobi untuk menyediakan kandang karantina terpisah dari kandang utama tujuannya untuk mengisolasi ayam yang baru datang dan ayam yang terindikasi kurang sehat.................................
3. Beli ayamnya kemahalan.
Jika 25 ekor ayam setara dengan 1 unit rumah kontrakan maka minimal harga beli ayamnya adalah 2,5 juta/ekor, karena belinya agak kemahalan maka ketika mati rasa kehilangan dan stres menjadi lebih berasa................................
4. Terlalu memanjakan ayam.
Kadang perlakuan kita terhadap ayam sungguh berlebihan bahkan melebihi kebutuhan bagi diri/keluarga kita, contoh : kita seringkali lebih bingung ketika ayam sakit pilek daripada ketika anak kita yang sakit pilek, maka mulai sekarang perlakukanlah seekor ayam seperti juga seekor ayam jangan dimanusiakan.................................


Cool Smile Very Happy I love you
saya malah cenderung ayam kemahalan dan terlalu dimanja. sama seperti manusia, disaat semua terpenuhi secara mudah cenderung kurang fight. tetap semangat mas...
CMIIW

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  aliem on Wed 16 Oct 2013, 12:16

sunardi wrote:Mohon di koreksi kang mas bru salah saya dimana.
Saya kalo membeli ayam yg saya utamakan trah darah dan pamor si pemilik
Dan yg lebih utama perawatan kandang yg saya nilai.
Kalo sudah srek langsung di bungkus dan bertanya cara perawatan
Langkah selanjutnya saya latih dan fisik selama 1 minggu baru di gebrak..
Cara perawatan
Senin kliter dan fisik istirshat lalu mandi jemur gula merah suprafit dan madu lalu umbar.dan istirahat
Selasa sama cuma madu di ganti pisang sore tambah kamplang
Rabu sama dengan senin madu di ganti tomat
Kamis madu di ganti kamplang sorenya kasih telur burung dara 2 biji di spet
Jumat latihan istirahat total siang di kasih daging 2 jempol
Sabtu istirahat total dan di krodong
Minggu biasanya di turunin..
Oh ya lupa kalo sore makannya beras merah dan gabah yg saya takar

Tapi kenapa apes bener sudah 2 x saya kena aratan tembolok ngak turun dan selalu almarhum yg aku dapat
selama 9 bulan saya sudah menghabiskan 25 ekor yg harganya tidak murah..hik.hik..hik...
Kalo saya itung2 bisa tuh buat beli kontrakan 1 pintu
Kandang umbaran selalu saya sterilkan sama rodalon dan supersol anti bakteri..
Kandang selalu bersih dan pasir selalu di ganti 1 bulan 1 x..salahku di mana kawan2 harapan tinggal 1 persen nih buat meliahara lagi
Oh ya rawatan di atas menurut saya bagus saya selama turun kekalangan ada 15 x cuma kalah 3 x itu pun saya paksain turun di hari sabtu jadi istirahat kurang 1 hari..ibarat orang puasa ngak tahan godaan hehehe
Perawatan ayam udah oke, perawatan kandang juga bagus... faktor eksternal mungkin yang harus dikaji. bagaimana pilihan lawan gebrak/adu, kondisi ayam waktu digebrak dll. Bisa jadi musuhnya ato lokasi tarung, habis kena penyakit, sehingga masih ada virus2 penyakit. Sebaiknya memang lawan tarung/abar harus ayam yang sehat, lokasi juga tempat yang aman dari penyakit dan yang tidak kalah penting, ada kandang karantina, sebelum masuk kandang utama, ayam baru masuk ato habis tarung, masukin kandang karantina, untuk jaga2 andai saja ada bibit penyakit yang terbawa..

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  sunardi on Wed 16 Oct 2013, 12:26

lancuran kencur wrote:maaf anak ayam ikut bagi pengalaman. kemungkoinan paling besar emng ayam dari luar yg bwa penyakit. bberapa bln yg lalu 1kndang ayam milik bapak jg abis gr2 ayam tetangga yg lg ngantuk masuk pekarangan akhirny besokny ayam pd mati dah. ni bru mulai lg bru punya 1 lancuran hehehe.
oia da pengalaman klo tembolok g turun (pagi2 tembolok msih besar g kempes pdhl blm sarapan) tp ayam masih hidup. kasih aja 2sendok makan minyak goreng diminumkn. ni ilmu dr bapak saya krn dulu tiap kali ganti dedak si jago tembolokny pasti g turun.
Kang mas Bru..jangankan ayam lain masuk tikus got saja ngak bisa wak..wak..wak...
Rumah saya tertutup mas..karna ada pager dan di kasih pengaman dari bahan fiber.ayam ngak bisa lihat keluar..halaman buat ayam 175 meter saya rasa cukup .lokasi aya ada di belakang rumah..dan fentilasi cukup baik ..
Saya ngabar juga di rumah karan saya beli kalangan sendiri..memang agak repot sih karna saya mandikan kedua2nya ..

sunardi
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 01.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  sunardi on Wed 16 Oct 2013, 12:47

Hendro wrote:Kalo membaca ulasan diatas ada kemungkinan :
1. Pemberian rasum tambahan dan vitamin mungkin sedikit over.
Pemberian ransum tambahan berlebihan terkadang membuat tembolok nggak turun dan akibat dari tembolok yang tidak turun adalah infeksi saluran pencernaan dan memicu timbulnya penyakit lain.............................
2. Tidak ada kandang karantina terpisah bagi ayam yang terindikasi sakit/ayam baru.
Diwajibkan bagi tiap penghobi untuk menyediakan kandang karantina terpisah dari kandang utama tujuannya untuk mengisolasi ayam yang baru datang dan ayam yang terindikasi kurang sehat.................................
3. Beli ayamnya kemahalan.
Jika 25 ekor ayam setara dengan 1 unit rumah kontrakan maka minimal harga beli ayamnya adalah 2,5 juta/ekor, karena belinya agak kemahalan maka ketika mati rasa kehilangan dan stres menjadi lebih berasa................................
4. Terlalu memanjakan ayam.
Kadang perlakuan kita terhadap ayam sungguh berlebihan bahkan melebihi kebutuhan bagi diri/keluarga kita, contoh : kita seringkali lebih bingung ketika ayam sakit pilek daripada ketika anak kita yang sakit pilek, maka mulai sekarang perlakukanlah seekor ayam seperti juga seekor ayam jangan dimanusiakan.................................


Cool Smile Very Happy I love you
Pak'Dhe Hendro.kaol saya beli ayam pasti saya karantina dulu seminggu di lantai atas.jaraknya berseberangan sama jagoan kandang yg di bawah kok sekirar 30 meter dari kadang bawah
untuk harga ayam memang sih.selama saya beli ayam paling murah hanya curi2 pandang yg super murah..rencana memang buat.....maaf ya pak hendro.

bisa jadi sih terlalu over fitaminnya

saya pikir sudah saya seling2 untuk fitamminnya.ternyata bagi senior2 over ya..
untuk untul saya pakai biasanya yg bekas jagoan saya yg matanya pencong dan buat pejantan..di gilir abar biasanya..
untuk kalangan saya sudah beli sendiri..semenjak kena aratan ke 1 4 bulan lalu ..semenjak itu saya keluarin ayam hanya pas tanding saja.

sunardi
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 01.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  sunardi on Wed 16 Oct 2013, 13:13

Hendro wrote:Lawan terberat kita sebagai penghobi ayam adalah aratan alias wabah penyakit yang rutin menyerang ayam tiap tahun terutama ketika musim pancaroba, tapi sebagai penghobi sejati seharusnya hal tersebut tidak akan menyurutkan semangat jika kita menyadari yang namanya benda hidup pasti suatu saat akan mati, soal kapan waktunya atau  bagaimana caranya adalah sebuah misteri......................

Jika aratan sudah menyerang tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya, tapi kita bisa mencegah terjadinya aratan dengan manajemen kandang yang baik, contohnya : jaga selalu kebersihan kandang, berikan ransum yang cukup gizi dan vitamin, rutin sterilkan kandang, sediakan kandang karantina terpisah bagi ayam baru atau ayam yang terindikasi kurang sehat dll........................

Salam tetap semangat
Smile   
untuk mengantisipasi biasanya saya selalu kasih tetra coler 2 kapsul..sehabis hujan dan angin besar.
obat2an yg saya pakai tetra.baitril amoksilin.madu.pembritin .yunnan baiyo.tetawan.VCO .propolis

sunardi
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 01.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  andrioke on Wed 16 Oct 2013, 15:55


4. Terlalu memanjakan ayam.
Kadang perlakuan kita terhadap ayam sungguh berlebihan bahkan melebihi kebutuhan bagi diri/keluarga kita, contoh : kita seringkali lebih bingung ketika ayam sakit pilek daripada ketika anak kita yang sakit pilek, maka mulai sekarang perlakukanlah seekor ayam seperti juga seekor ayam jangan dimanusiakan................................. [/color]
[/i]
Cool Smile Very Happy I love you[/quote]


emang ini yang bikin ati dongkol karena terlalu disayang kita manjaain... ehhhh malah ini yang tidak berumur panjang......Mad Mad Mad Mad 

andrioke
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 290
Join date : 09.09.11
Lokasi : Pamulang. Tangsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  ipul on Wed 16 Oct 2013, 16:00

ayam kena aratan dah tradisi mas tinggal kita menyikapi dan siap siaga dan memperkecil peluang aratan datang lagi,.... ( Lah yang rutin faksin ajah tidak menjamin tidak kena aratan ^_^ )




ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  litato on Wed 16 Oct 2013, 16:15

sunardi wrote:Mohon di koreksi kang mas bru salah saya dimana.
Saya kalo membeli ayam yg saya utamakan trah darah dan pamor si pemilik
Dan yg lebih utama perawatan kandang yg saya nilai.
Kalo sudah srek langsung di bungkus dan bertanya cara perawatan
Langkah selanjutnya saya latih dan fisik selama 1 minggu baru di gebrak..
Cara perawatan
Senin kliter dan fisik istirshat lalu mandi jemur gula merah suprafit dan madu lalu umbar.dan istirahat
Selasa sama cuma madu di ganti pisang sore tambah kamplang
Rabu sama dengan senin madu di ganti tomat
Kamis madu di ganti kamplang sorenya kasih telur burung dara 2 biji di spet
Jumat latihan istirahat total siang di kasih daging 2 jempol
Sabtu istirahat total dan di krodong
Minggu biasanya di turunin..
Oh ya lupa kalo sore makannya beras merah dan gabah yg saya takar

Tapi kenapa apes bener sudah 2 x saya kena aratan tembolok ngak turun dan selalu almarhum yg aku dapat
selama 9 bulan saya sudah menghabiskan 25 ekor yg harganya tidak murah..hik.hik..hik...
Kalo saya itung2 bisa tuh buat beli kontrakan 1 pintu
Kandang umbaran selalu saya sterilkan sama rodalon dan supersol anti bakteri..
Kandang selalu bersih dan pasir selalu di ganti 1 bulan 1 x..salahku di mana kawan2 harapan tinggal 1 persen nih buat meliahara lagi
Oh ya rawatan di atas menurut saya bagus saya selama turun kekalangan ada 15 x cuma kalah 3 x itu pun saya paksain turun di hari sabtu jadi istirahat kurang 1 hari..ibarat orang puasa ngak tahan godaan hehehe
selain SNOT sejauh ini ayam saya yang sakit bisa saya sembuhin dengan obat warung sederhana
- berak putih/mencret: pagi hari tetrachlor 2 butir, DIAPET NR (nyerap racun) 1 butir, MINUM AIR MATENG. kalau sore saya kasih 1 butir DIAPET NR atau NEW DIATAB
- pilek biasa: kandang kepanasan, pindah kandang yang lebih besar, hindari panas langsung matahari siang/sore, kasih inza 1/2 sehari sama tetrachlor 1 dan amox 1/2

maap nulisnya not in oder ya ...

tanda-tanda ayam ga sehat terlihat seperti kukuryuk males, kurang pecicilan (kalem), badan panas, gak doyan makan ...

kalau ayam tidak doyan makan selama sakit sambil dikasih obat ya ... saya kasih telur puyuh rebus pagi 2 butir, sore 2 butir ... atau pisang yang mateng ... atau energen cair ... disuapin ... manja pokoknya

biasanya langsung saya kasih tetrachlor 1 butir (tutup dibuang) dan tolak angin anak 1 sachet atau tolak angin dewasa dikasih air dikit buat 4 ayam jago disuapin.

tanda-tanda kandang kurang nyaman/sehat: bau, panas (ayam kepanasan, mangap-mangap dan sayap terbuka kebawah). bersihkan kandang tiap hari kalau sempet ... coba bayangkan kalau di bawah tempat tidur kita ada tumpukan kotoran kita ... hhhh

hindari terkena angin malam langsung atau suhu malam yang dingin baik ada hujan maupun tidak ada hujan

ini baru belajar suntik menyuntik .... ayam muka pucat saya suntik ... sembuh dalam semingguan ... dikasih daging kambing juga (baca tips cara suntik ayam dari bang ary admin dan rekan laen-laen di papaji ini). nanti belajar vaksin ... saya pikir vaksin itu mahal .... gak tahunya ...
he-he-he belum tahu sih mahal apa enggak ... kemarin beli B12 murah ya sebotol kecil cuma 12 ribuan

ayam itu makhluk yang rentan ... menurut saya ... lebih mudah mencegah penyakit dari mengobati nya ....

kalau sakit sebaiknya di kandang isolasi yang jauhnya 100 km dari kandang utama ... hhh ... ya sejauh-jauhnya lah .... kalau beli ayam baru juga jangan langsung masuk ke kandang utama ...  kalau kandang nya luas ....  setiap beli ayam baru langsung saya kasih tetrachlor 1 butir dan tolak angin ... biar fit

penyakit bakteri dan virus bisa dari air minum yang mentah, udara, sayuran mentah dan ayam lain ...

karena polusi dan kolusi yang sudah parah di lingkungan sekitar saya kasih minumnya AIR MATENG ... malah AQUA kalau lagi males / lupa masak air ...

ada artikel bagus yang saya puja-puja ....

http://info.medion.co.id/index.php/artikel/broiler/penyakit/mengapa-ayam-sakit-

semoga ayam kita sehat semua deh mulai sekarang ....

litato
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1836
Join date : 28.11.11
Age : 43
Lokasi : Brebe$$$

http://ayambangkok.info

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  lancuran kencur on Wed 16 Oct 2013, 17:12

tips dari pak litato kumplit special pake karet 2 hehehe mg2 j bisa nerapin drmh.
oia klo dari baca2 di papaji n dnger dr crita orang2. kbanyakn ayam kesayangan ato yg terlalu dsayang emng lbih cpet matinya. tp dirumah kena aratan satu kandang abis malah ktika ayam q dah g tk urusin lg cm kasih makan j g di apa2in lg hehehe
salam kebalikan

lancuran kencur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 327
Join date : 18.07.13
Lokasi : kota kudus jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  sany_temanggung on Tue 23 Dec 2014, 08:46

sunardi wrote:
Hendro wrote:Kalo membaca ulasan diatas ada kemungkinan :
1. Pemberian rasum tambahan dan vitamin mungkin sedikit over.
Pemberian ransum tambahan berlebihan terkadang membuat tembolok nggak turun dan akibat dari tembolok yang tidak turun adalah infeksi saluran pencernaan dan memicu timbulnya penyakit lain.............................
2. Tidak ada kandang karantina terpisah bagi ayam yang terindikasi sakit/ayam baru.
Diwajibkan bagi tiap penghobi untuk menyediakan kandang karantina terpisah dari kandang utama tujuannya untuk mengisolasi ayam yang baru datang dan ayam yang terindikasi kurang sehat.................................
3. Beli ayamnya kemahalan.
Jika 25 ekor ayam setara dengan 1 unit rumah kontrakan maka minimal harga beli ayamnya adalah 2,5 juta/ekor, karena belinya agak kemahalan maka ketika mati rasa kehilangan dan stres menjadi lebih berasa................................
4. Terlalu memanjakan ayam.
Kadang perlakuan kita terhadap ayam sungguh berlebihan bahkan melebihi kebutuhan bagi diri/keluarga kita, contoh : kita seringkali lebih bingung ketika ayam sakit pilek daripada ketika anak kita yang sakit pilek, maka mulai sekarang perlakukanlah seekor ayam seperti juga seekor ayam jangan dimanusiakan.................................


Cool Smile Very Happy I love you
Pak'Dhe Hendro.kaol saya beli ayam pasti saya karantina dulu seminggu di lantai atas.jaraknya berseberangan sama jagoan kandang yg di bawah kok sekirar 30 meter dari kadang bawah
untuk harga ayam memang sih.selama saya beli ayam paling murah hanya curi2 pandang yg super murah..rencana memang buat.....maaf ya pak hendro.

bisa jadi sih terlalu over fitaminnya

saya pikir sudah saya seling2 untuk fitamminnya.ternyata bagi senior2 over ya..
untuk untul saya pakai biasanya yg bekas jagoan saya yg matanya pencong dan buat pejantan..di gilir abar biasanya..
untuk kalangan saya sudah beli sendiri..semenjak kena aratan ke 1 4 bulan lalu ..semenjak itu saya keluarin ayam hanya pas tanding saja.

Woww sekali ,
25 ekor = 1 unit rumah kontrakan Very Happy ,
perawatan yang wowwww super sekali
Rawatan saya
senin = Kalau panas mandi jemur. teduhkan trus umbar . istirahat
selasa = umbar kliter / umbar saja . istirahat
rabu = sama point senin boleh selasa juga boleh
kamis = sama point rabu ( prioritas kalu cuaca pagi panas point satu )
jum-at = umbar2 saja secukupnya. istirahat
sabtu = Full istirahat ( krodong juga boleh biar ayam tenang )
minggu = Kalau ayam siap ( mempeng ) yo diadu .
makanan untuk makanan tambahan paling gula jawa / tomat saja cukup. pemberian juga secukupnya
untuk dikasih daging dan berbagai macam buah menurut saya kodrat ayam adalah makan biji-bijian bukan seperti dimanusiakan malah melebihi makanan manusia sendiri lol! lol! ,

NB : menurut saya ada beberapa kalimat yang seharusnya tidak anda publikasikan disini , karena pasti Pihak yang dikaitkan merasa sakit hati anda bicara seperti itu.

sany_temanggung
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 144
Join date : 31.12.12
Age : 24
Lokasi : tembarak

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  hadi_nv on Tue 23 Dec 2014, 09:43

sunardi wrote:Mohon di koreksi kang mas bru salah saya dimana.
Saya kalo membeli ayam yg saya utamakan trah darah dan pamor si pemilik
Dan yg lebih utama perawatan kandang yg saya nilai.
Kalo sudah srek langsung di bungkus dan bertanya cara perawatan
Langkah selanjutnya saya latih dan fisik selama 1 minggu baru di gebrak..
Cara perawatan
Senin kliter dan fisik istirshat lalu mandi jemur gula merah suprafit dan madu lalu umbar.dan istirahat
Selasa sama cuma madu di ganti pisang sore tambah kamplang
Rabu sama dengan senin madu di ganti tomat
Kamis madu di ganti kamplang sorenya kasih telur burung dara 2 biji di spet
Jumat latihan istirahat total siang di kasih daging 2 jempol
Sabtu istirahat total dan di krodong
Minggu biasanya di turunin..
Oh ya lupa kalo sore makannya beras merah dan gabah yg saya takar

Tapi kenapa apes bener sudah 2 x saya kena aratan tembolok ngak turun dan selalu almarhum yg aku dapat
selama 9 bulan saya sudah menghabiskan 25 ekor yg harganya tidak murah..hik.hik..hik...
Kalo saya itung2 bisa tuh buat beli kontrakan 1 pintu
Kandang umbaran selalu saya sterilkan sama rodalon dan supersol anti bakteri..
Kandang selalu bersih dan pasir selalu di ganti 1 bulan 1 x..salahku di mana kawan2 harapan tinggal 1 persen nih buat meliahara lagi
Oh ya rawatan di atas menurut saya bagus saya selama turun kekalangan ada 15 x cuma kalah 3 x itu pun saya paksain turun di hari sabtu jadi istirahat kurang 1 hari..ibarat orang puasa ngak tahan godaan hehehe


saran dari pemula yang masih belajar. Pelihara ayam tidak disatu tempat atau dititipkan di beberapa tempat. kalau disatu tempat terserang wabah kemungkinan ditempat yg lain tidak terkena wabah.

hadi_nv
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 13.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  Jack Sparow on Tue 23 Dec 2014, 22:51

sunardi wrote:Mohon di koreksi kang mas bru salah saya dimana.
Saya kalo membeli ayam yg saya utamakan trah darah dan pamor si pemilik
Dan yg lebih utama perawatan kandang yg saya nilai.
Kalo sudah srek langsung di bungkus dan bertanya cara perawatan
Langkah selanjutnya saya latih dan fisik selama 1 minggu baru di gebrak..
Cara perawatan
Senin kliter dan fisik istirshat lalu mandi jemur gula merah suprafit dan madu lalu umbar.dan istirahat
Selasa sama cuma madu di ganti pisang sore tambah kamplang
Rabu sama dengan senin madu di ganti tomat
Kamis madu di ganti kamplang sorenya kasih telur burung dara 2 biji di spet
Jumat latihan istirahat total siang di kasih daging 2 jempol
Sabtu istirahat total dan di krodong
Minggu biasanya di turunin..
Oh ya lupa kalo sore makannya beras merah dan gabah yg saya takar

Tapi kenapa apes bener sudah 2 x saya kena aratan tembolok ngak turun dan selalu almarhum yg aku dapat
selama 9 bulan saya sudah menghabiskan 25 ekor yg harganya tidak murah..hik.hik..hik...
Kalo saya itung2 bisa tuh buat beli kontrakan 1 pintu
Kandang umbaran selalu saya sterilkan sama rodalon dan supersol anti bakteri..
Kandang selalu bersih dan pasir selalu di ganti 1 bulan 1 x..salahku di mana kawan2 harapan tinggal 1 persen nih buat meliahara lagi
Oh ya rawatan di atas menurut saya bagus saya selama turun kekalangan ada 15 x cuma kalah 3 x itu pun saya paksain turun di hari sabtu jadi istirahat kurang 1 hari..ibarat orang puasa ngak tahan godaan hehehe

Kasih pendapat ya...
1. Perawatan yang super(bbrp hal mnrt saya over, saya jelaskan pendapat saya kemudian)
2. Jika aratan yg dimaksud adl sebuah penyakit maka penanganan/pengobatan sesuai dg penyakitnya(tepat obat)
3. Penularan penyakit dari ayam luar yg minimal krn management kandang yg baik(ada ruang transitnya)
--->1. Pemberian vitamin terutama yg mengandung vitamin A secukupnya sj..apalagi menu harian sptnya sdh 4sehat5sempurna. Asupan gula mungkin bs dikurangi dan jika perlu saja..misal pas mau kliter dan abar. Antara gula merah dan madu, menurut saya pilih salah1 sj.
--->2. Virus ga mempan dg antibiotik. Penggunaan AB mnrt saya harus diminimalkan sesuai dg kebutuhan. Contoh..cuaca berangin dan hujan deras..mnrt saya ayam ga butuh tetrachlor dan amoxilin atau AB lainnya. Ayam habis dikliter/fisik kmd kelelahan..mnrt saya juga ga perlu disuntik AB. Karena cara kerja AB yang akan menghabisi bakteri maka hampir semua bakteri yg sensitif thd AB tsb akan mati..termasuk bakteri baik dlm tubuh ayam(sbg flora normal yg menjaga kondisi tubuh agar berjalan baik/normal). Bayangkan jika bakteri2 baik yg membantu pencernaan kita terbasmi oleh AB yg sering kita minum krn kebiasaan kita/keisengan kita Very Happy /karena doyan AB jadi kita minum sj tiap hari bukan sesuai indikasi tp sesuai selera kita...maka pencernaan kita akan terganggu dan efeksamping obat lainnya sgr menyusul. Begitupun pada ayam...mungkin pencernaannya jd gasehat karena konsumsi AB shg gabisa mencerna menu2 yg super tadi.

Salam super

Jack Sparow
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 18.06.14
Lokasi : Jl. Wadaslintang arah wonosobo

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  harat on Thu 08 Jan 2015, 12:02

Ikut nyimak ah tambah ilmu

harat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 191
Join date : 12.08.12
Age : 36
Lokasi : limpung batang jawa tengah,hp 081348010208

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  mushafir on Thu 08 Jan 2015, 22:40

Penyakit bisa terbawa melalui pakaian yang kita pakai. 
Udara bebas
kadang kita terlena oleh pemikiran sendiri saat membersihkan kandang sudah total, padahal belum.
kotoran burung liar juga sangat memungkinkan membawa penyakit.

seperti yang mas sampaikan ayam terisolasi, justru hal tersebut sebagai salah satu pemicu bakteri atau virus selalu hadir setiap tahun.
perawatan ayam adu sudah super.
hanya saja ayam jadi cengeng karena selalu dirawat oleh manusia.

jika ingin sistem isolasi penuh tentu gunakan sistem perusahaan ayam pedaging mas. Setiap masuk kandang gunakan desinfektan bisa dari alas kaki rendam disinfektan saat masuk kandang.
kandang harus steril dari siapapun kecuali perawat ayam yang sudah steril.
jika ingin rumit. Sekalian saja mas gunakan sistem tersebut.

jika ingin solusi total.
ganti cat rumahnya agar bekas ayam yg sakit bersih.
bakar semua kandang lama.
mulai dengan yg baru.
alas kandang ganti total.

mushafir
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 371
Join date : 10.10.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: bukannya ngilangin setres malah tambah stresss

Post  Sponsored content Today at 21:01


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik