ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  musthofa bisri on Sat 19 Oct 2013, 22:30

Ternyata, empu ayam aduan di kampung saya mayoritas awalnya adalah penggemar merpati balap. Kata mereka, jika kita pandai menilai mana merpati bagus buat balap, maka akan mudah memahami ayam aduan yg bagus seperti apa. Kata mereka lagi, katuranggang merpati balap sama dengan katuranggang ayam, seperti kerapatan brutu, ketebalan supit, bentuk kepala DLL persis sama. Apa benar y?

musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  nagageni212 on Sat 19 Oct 2013, 22:46

menurut saya benar ,saya penggemar merpati tinggi
rabaan ayam dan merpati tidak jauh beda

nagageni212
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 12.11.12
Lokasi : pengiriman alat berat dan mobil

http://www.arthatrans lintasbuana.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  cay on Sat 19 Oct 2013, 23:06

Om Ary admin juga penggemar merpati kalau Ǧ̩̥ɑ̤̥̈̊ĸ salah sih soalnya saya intip kandangnya ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Sy sendiri setuju, karakter merpati sepertinya hampir sama dengan ayam
Baik mulai paruh, mata, kepala, tulang dan pegangan, tulang supit, brutu, kaki dan jari, bulu dan postur....sayang dulu lom sempet katam belajar merpati
╋╋ị̣̥̲k ╋╋ị̣̥̲k ╋╋ị̣̥̲k ╋╋ị̣̥̲k ╋╋ị̣̥̲ッ
˚˚ː:'( ː̖˚˚
,/ ^^

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  Modesto on Sat 19 Oct 2013, 23:27

Kayaknya iya juga, beberapa penghobi ayam laga yg sy kenal juga piara merpati balap

king

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  lancuran kencur on Sun 20 Oct 2013, 04:43

kebanyakan pngemar merpati emang pngemar ayam jg pak. soalny minggu lalu saya liat lomba merpati balap slah satu pesertanya yg saya tau itu botoh yg sering nongkrong dpasar hehehe. saya hafal orangny n tau namany krn sering kepasar liat2 ayam di untulin buat nimba ilmu.
tp saya kpasar cm liat2 aja lom brani bawa ayam sendiri buat nyewa untul. maklum ilmuny masih cetek

lancuran kencur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 327
Join date : 18.07.13
Lokasi : kota kudus jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  polpot on Sun 20 Oct 2013, 15:04

musthofa bisri wrote:Ternyata, empu ayam aduan di kampung saya mayoritas awalnya adalah penggemar merpati balap. Kata mereka, jika kita pandai menilai mana merpati bagus buat balap, maka akan mudah memahami ayam aduan yg bagus seperti apa. Kata mereka lagi, katuranggang merpati balap sama dengan katuranggang ayam, seperti kerapatan brutu, ketebalan supit, bentuk kepala DLL persis sama. Apa benar y?
pendapat siMbah (perawat dirumah yg kebetulan dulu beliau hobby di merpati balap juga) kalo dinilai dari karakteristik semuanya hampir sama antara merpati balap n ayam (terutama jenis BK, jenis lainnya belum tentu) jadi kalo bicara tahun 2000 kebawah hanya dengan meraba tanpa ditest ato diabar penghobby merpati balap disuruh cari ayam bagus rata2 pasti bisa tapi kalo sekarang belum tentu (mungkin karena banyaknya trah kali yee om)

agak sedikit menyimpang dari bahasan tapi tetep kata siMbah (berhubungan dgn ternak) => bicara karakteristik di merpati balap lebih mudah menjodohkan hewan tsb (pejantan bagus dicross betina bagus = 70% sd 90% hasilnya bagus ato jarang afkir) lain hal kalo di ayam (pejantan bagus dicross betina bagus = belum tentu bagus kecuali ayam yg dikonteskan ato dishowkan karena keindahan bentuk juga bulunya) iye kali yee om... Smile

polpot
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1049
Join date : 25.03.09
Lokasi : Jatijajar I Natherman Depok, HP:0812 1988 9911 (pin:542AEEEC) youtube : Siberian Group

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  ediedy on Mon 21 Oct 2013, 13:02

nyimak dulu gan ya

ediedy
kopral
kopral

Jumlah posting : 29
Join date : 22.09.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  Administrator on Mon 21 Oct 2013, 14:28

Utk binatang hoby, entah itu perkutut, merpati balap, kuda balap, anjing dan ayam laga, sepertinya sama. Yaitu silsilah keturunan memegang peranan penting.
Juara2 Perkutut, merpati balap, kuda balap dan anjing kontes ketangkasan hamir semua didominasi oleh hewan dari keturunan yg 'jelas' hasil ternakan yg 'serius'.

Tidak hanya ciri fisik yg bagus. Hewan2 yg juara juga harus didukung oleh sifat/karakter dan bakat yg bagus pula.
Kita bisa saja beli di pasar dgn 'meraba' fisik yg bagus. Tapi utk sifat/karakter sangat sulit diterka.
Sebagian penggemar mengaitkan ciri fisik berhubungan dgn sifat/karakter tertentu. Tapi tetap saja ini tidak bisa menjamin 100%.

Jadi kalau kita mau beli ayam atau merpati balap, yg ideal adlh :
Datang ke peternak yg 'serius' dgn materi pacek dan betina berkualitas, lalu pilih yg secara fisik bagus, dan terakhir di tes utk meyakinkan pilihan kita tidak salah.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  Administrator on Mon 21 Oct 2013, 14:32

polpot wrote:agak sedikit menyimpang dari bahasan tapi tetep kata siMbah (berhubungan dgn ternak) => bicara karakteristik di merpati balap lebih mudah menjodohkan hewan tsb (pejantan bagus dicross betina bagus = 70% sd 90% hasilnya bagus ato jarang afkir) lain hal kalo di ayam (pejantan bagus dicross betina bagus = belum tentu bagus kecuali ayam yg dikonteskan ato dishowkan karena keindahan bentuk juga bulunya) iye kali yee om... Smile
Dlm ternak merpati balap atau ayam aduan, masalah terbesarnya tetaplah sama. Yaitu bagaimana mencari sepasang pacek dan babon yg cocok dan harmonis.

Kalau kita sudah bisa mengira2 bahwa pacek A cocok dgn babon Y, Pacek B cocok dgn babon Z, dst, sepertinya kemungkinan mendapatkan hasil anakan yg bagus akan lebih besar.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  Aang_aza on Mon 21 Oct 2013, 16:06

Administrator wrote:Utk binatang hoby, entah itu perkutut, merpati balap, kuda balap, anjing dan ayam laga, sepertinya sama. Yaitu silsilah keturunan memegang peranan penting.
Juara2 Perkutut, merpati balap, kuda balap dan anjing kontes ketangkasan hamir semua didominasi oleh hewan dari keturunan yg 'jelas' hasil ternakan yg 'serius'.

Tidak hanya ciri fisik yg bagus. Hewan2 yg juara juga harus didukung oleh sifat/karakter dan bakat yg bagus pula.
Kita bisa saja beli di pasar dgn 'meraba' fisik yg bagus. Tapi utk sifat/karakter sangat sulit diterka.
Sebagian penggemar mengaitkan ciri fisik berhubungan dgn sifat/karakter tertentu. Tapi tetap saja ini tidak bisa menjamin 100%.

Jadi kalau kita mau beli ayam atau merpati balap, yg ideal adlh :
Datang ke peternak yg 'serius' dgn materi pacek dan betina berkualitas, lalu pilih yg secara fisik bagus, dan terakhir di tes utk meyakinkan pilihan kita tidak salah.
Boleh atuh saya beli anakan nya mas Bos (yg sdh msk rawatan ngak kuat duitnya), mohon maaf bila dianggap lancang.

salam persahabatan

Aang_aza
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.05.12
Age : 35
Lokasi : jl.jatihandap ds.cikadut bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  yadi on Mon 21 Oct 2013, 21:05

sedikit tambahan pake ilmu kanuragan......:LaughingLaughingLaughingLaughingLaughingLaughingLaughingLaughingLaughing

yadi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 402
Join date : 27.04.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  a6 on Mon 21 Oct 2013, 23:10

izin nyimak..

a6
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 285
Join date : 27.05.12
Lokasi : Pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  ayam betatto on Mon 02 Dec 2013, 14:52

Aang_aza wrote:
Administrator wrote:Utk binatang hoby, entah itu perkutut, merpati balap, kuda balap, anjing dan ayam laga, sepertinya sama. Yaitu silsilah keturunan memegang peranan penting.
Juara2 Perkutut, merpati balap, kuda balap dan anjing kontes ketangkasan hamir semua didominasi oleh hewan dari keturunan yg 'jelas' hasil ternakan yg 'serius'.

Tidak hanya ciri fisik yg bagus. Hewan2 yg juara juga harus didukung oleh sifat/karakter dan bakat yg bagus pula.
Kita bisa saja beli di pasar dgn 'meraba' fisik yg bagus. Tapi utk sifat/karakter sangat sulit diterka.
Sebagian penggemar mengaitkan ciri fisik berhubungan dgn sifat/karakter tertentu. Tapi tetap saja ini tidak bisa menjamin 100%.

Jadi kalau kita mau beli ayam atau merpati balap, yg ideal adlh :
Datang ke peternak yg 'serius' dgn materi pacek dan betina berkualitas, lalu pilih yg secara fisik bagus, dan terakhir di tes utk meyakinkan pilihan kita tidak salah.
Boleh atuh saya beli anakan nya mas Bos (yg sdh msk rawatan ngak kuat duitnya), mohon maaf bila dianggap lancang.

salam persahabatan
Miluan ah...

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  Manu B@ule on Tue 03 Dec 2013, 09:31

Beberapa waktu yang lalu saya dapat hibaan ayam dari teman...
anehnya ayam tersebut mampu berbunyi seperti burung merpati...
mungkin saja ayam tersebut pernah lama tinggal berdekatan dengan burung merpati...
sayangnya ayam tersebut berbunyi semaunya...SadSadSad
tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba saja berbunyi seperti burung merpati...
jadi sakit hati sendiri kalau pingin dengar bunyi tersebut n bertepatan dengan ayamnya sementra bad mood MadMadMadscratchscratchscratch

Manu B@ule
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 64
Join date : 29.11.13
Age : 30
Lokasi : MORUT

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  nagageni212 on Sat 07 Dec 2013, 15:20

Manu B@ule wrote:Beberapa waktu yang lalu saya dapat hibaan ayam dari teman...
anehnya ayam tersebut mampu berbunyi seperti burung merpati...
mungkin saja ayam tersebut pernah lama tinggal berdekatan dengan burung merpati...
sayangnya ayam tersebut berbunyi semaunya...SadSadSad
tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba saja berbunyi seperti burung merpati...
jadi sakit hati sendiri kalau pingin dengar bunyi tersebut n bertepatan dengan ayamnya sementra bad mood MadMadMadscratchscratchscratch
kasih video nya dong ...ayam bersuara merpati...

nagageni212
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 12.11.12
Lokasi : pengiriman alat berat dan mobil

http://www.arthatrans lintasbuana.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  Burhan on Sat 07 Dec 2013, 16:53

Ijin nyimak,kbetulan selain hobi ayam saya jg seneng merpati tpi cma kualitas sayur hehe...

Burhan

Jumlah posting : 6
Join date : 06.12.13
Age : 35

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  Manu B@ule on Sat 07 Dec 2013, 19:49

nagageni212 wrote:
Manu B@ule wrote:Beberapa waktu yang lalu saya dapat hibaan ayam dari teman...
anehnya ayam tersebut mampu berbunyi seperti burung merpati...
mungkin saja ayam tersebut pernah lama tinggal berdekatan dengan burung merpati...
sayangnya ayam tersebut berbunyi semaunya...SadSadSad
tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba saja berbunyi seperti burung merpati...
jadi sakit hati sendiri kalau pingin dengar bunyi tersebut n bertepatan dengan ayamnya sementra bad mood MadMadMadscratchscratchscratch
kasih video nya dong ...ayam bersuara merpati...
Waduh ....
sepertinya permintaan bang naga tdak bisa saya penuhi..
ayam ini tdak tau diri soalnya...
tiba-tiba saja berbunyi seperti burung merpati...scratchscratchscratch
boro-boro sempat di videokan...
lihat langsung ayam ini berbunyi masih bisa di hitung dengan jari...
apa musti di ancam dengan golok kali ye...piratpiratpirat
wkwkwkwk....








Manu B@ule
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 64
Join date : 29.11.13
Age : 30
Lokasi : MORUT

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  rudy lepek on Fri 20 Dec 2013, 12:09

Memang, tulangan kasar rapet, supitnya rapet keras di jamin tu burung gk mikir2 kl udh di klepek,. Jatoh2 nyakl di tanah debu nya mubal. Kl nubruk joki siap2 joki nya ketempuhan krna bs koit di t4. Hmmmm pengalam pribadi sih.....

rudy lepek
kopral
kopral

Jumlah posting : 49
Join date : 17.12.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  endagendot on Fri 20 Dec 2013, 13:57

Ilmu yg bermanpaat.

endagendot
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 851
Join date : 23.09.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  aditp on Fri 27 Dec 2013, 23:08

Ijin nyimak ye..
Perlu belajar lg nih..scratch
study study

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  squallj on Wed 29 Jan 2014, 10:21

Wah kl saya langsung terjun ke ayam berarti perlu belajar banyak neh..... studyscratch

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  losi on Wed 29 Jan 2014, 11:21

Administrator wrote:

Jadi kalau kita mau beli ayam atau merpati balap, yg ideal adlh :
Datang ke peternak yg 'serius' dgn materi pacek dan betina berkualitas, lalu pilih yg secara fisik bagus, dan terakhir di tes utk meyakinkan pilihan kita tidak salah.


sangat bermanfaat sekali infonya,..makasih pak admin

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: ilmu ayam vs ilmu merpati balap

Post  Sponsored content Today at 03:11


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik