tempat engram telor?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

tempat engram telor?

Post  klatenbersinar on Sun 04 Jul 2010, 20:43

dah 1 bulan ini 2 tetasan tidak berhasil,satu indukan..mencucukin telornya dimakan...sendiri.apakah si babon kurang kalsium atau yang lainnya? mohon pencerahan? cara pengatasinya.posisi tempat engram di atas kandang.saya pernah liat tempat engram temen saya..posisi cuma di tanah..beralaskan bagor(bungkus tepung pati)...mohon percerahan tentang tempat engram yang baik.suwun

knowlegde is sharing......!!!

terimakasih


klatenbersinar
kopral
kopral

Jumlah posting : 40
Join date : 11.05.10
Lokasi : Klatenbersinar

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  irfan_dui on Sun 04 Jul 2010, 21:27

klo saya se biasanya tak potong paruhnya biar ga bisa matuk telor lagi, habis di potong terbukti telor utuh ga da yg di makan lagi

irfan_dui
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 08.06.10
Age : 35
Lokasi : yogyakarta 083840244401

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  klatenbersinar on Sun 04 Jul 2010, 21:38

klo terapi cara ini apa gak kasihan toh mas?

klatenbersinar
kopral
kopral

Jumlah posting : 40
Join date : 11.05.10
Lokasi : Klatenbersinar

Kembali Ke Atas Go down

RE:tempat ngeram telur

Post  lex... on Sun 04 Jul 2010, 22:09

salam kenal mas......itu indukan mencucukin telurnya pada saat ngram ato pas wktu bertelur mas????kl wktu bertelur dirombak aza tempt telurnya mas,kykk tempat/kandangan ayam petelur agak miring jd telurnya merosot,so telurnya dititip eram aza ama baqbon lain,,,,sory mas kl ada yg salah Smile

lex...
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.05.10
Lokasi : medannnnnnn

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  Jow on Mon 05 Jul 2010, 01:15

mas mending ganti aja t4 eram nya. lebih baik pertama ada kandang nya trus mas bisa cari keranjang dari kayu yg biasanya untuk wadah sayur ato apa pokoknya keranjang dari anyaman bambu. Lalu cari injuk (kaya rambut sapu warna nya item) atau boleh juga jerami (batang padi). saia sarankan ijuk karena ijuk warna nya item lebih cepet menyerap panas tapi kedua2 nya tetap bagus. ijuk tadi d susun d dalam keranjang tsb (bentuknya agak seperti mangkuk) tapi jgn terlalu condong ke bawah usahakan saja melengkung ke bawah supaya si betina bisa mengerami dengan baik karna pada waktu ngeram telor biasanya telur akan d bolak balik tujuan nya supaya panas tadi merata jadi smua telur rata d erami. nah kalo keranjang dan ijuk tadi sudah jadi barulah taruh keranjang tsb ke dalam kandang. Dengan cara ini rata2 dari 10 ekor telor bisa netas 9 biasanya anak ayam bangkok pertama gak akan jadi kuthuk waktu penetasan.

bgitu saran saia smoga berguna Laughing mungkin ada saran yg lebih bagus bisa d share d sini

Jow
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 04.07.10
Age : 29
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  win on Wed 18 Aug 2010, 00:47

"dah 1 bulan ini 2 tetasan tidak berhasil,satu indukan..mencucukin telornya dimakan...sendiri.apakah si babon kurang kalsium atau yang lainnya? mohon pencerahan? cara pengatasinya.posisi tempat engram di atas kandang.saya pernah liat tempat engram temen saya..posisi cuma di tanah..beralaskan bagor(bungkus tepung pati)...mohon percerahan tentang tempat engram yang baik.suwun

knowlegde is sharing......!!!

terimakasih[b]"


[/quote]

salam kenal bro,

kalo menurut pengalaman saya, babon anda itu kekurangan mineral n vitamin, sehingga babonnya mematuki telor sendiri....
saat mematuk telurnya, babon menjadi ke enakan n ketagihan..
pada akhirnya babon jd kebiasaan..

jadi, sebaiknya babon yg lg mengerami di beri pakan, minum, n vitamin secara teratur n gizi yg cukup..
jgn lupa di beri obat berupa mineral B-12..
sory kalo ada yg salah...


thanks, salam kenal bro... Smile

win
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 14.08.10
Lokasi : BLORA, jateng..

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  arif on Wed 18 Aug 2010, 12:34

bisa jadi mas karena kekurangan nutrisi dan mineral.. sehingga 'korbannya' adalah telur sendiri.. ada pengalaman.. telur ayam mempunyai tingkat penetasan yang relatif baik.. ketika dierami induk di permukaan tanah dengan sedikit alas jerami (tidak tebal). kondisinya teduh, terhalang dari sinar matahari langsung, dan tidak kena percikan air hujan.

Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  jaghana on Wed 18 Aug 2010, 13:14

kebanyakan 'babon' memang suka 'makan' telur mas...kekekeke.... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  bobsobandi on Wed 18 Aug 2010, 14:01

Trima kasih semuanya!!

bobsobandi
kopral
kopral

Jumlah posting : 27
Join date : 16.08.10
Lokasi : karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  pak_tri on Sat 21 Aug 2010, 22:57

kalau tempat ngeram saya kira nggak ada masalah mas....
tu...babon lagi stress , untuk sementara babon di lepas / di liarkan .
kalau saat mau nelor , coba buatkan tempat nelor dua tempat ....
jadi babon biar pilih tempat mana yang ia sukai.....
mudah2an berhasil ...

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  boy on Sun 22 Aug 2010, 06:30

Kasus disini betina suka makan telurnya ,telur yg pecah membasahi telur yg lain sehingga tdk jadi,

untk tdk suka makan telur coba lolorin daun terong hutan yg berwarna kuning dan berduri,

beberapa rekan telah melakukanya dan ayam tdk makan telornya lagi. salam

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  Arifin on Sun 22 Aug 2010, 12:33

Telurnya diamankan dgn cara pindah indukan untuk mengerami...baru kemudian ayam diterapi supaya tdk makan telur lagi.

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  cherty on Sun 22 Aug 2010, 13:42

oh kalo gitu mah gampang, ga usah ada terapi segala...
pegang paruh ayam, lalu goreskan ujungnya ke lantai yang kasar hingga keluar sedikit darah, nah kalo dah gitu dijamin 100% ayam ga bakalan makan telornya lg, karna paruh terasa ngilu buat matuk telur...

cherty

Jumlah posting : 2
Join date : 18.04.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  pak_tri on Sun 22 Aug 2010, 15:45

paruh nya di pangkur ya mas.......???

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  gebok ambrok on Mon 23 Aug 2010, 23:09

irfan_dui wrote:klo saya se biasanya tak potong paruhnya biar ga bisa matuk telor lagi, habis di potong terbukti telor utuh ga da yg di makan lagi
Mau lebih terbukti lagi potong aja di sebalah bawah paruh kira kira 10 cm ! di jamin TIDAK AKAN MAKAN TELOR LAGI .HE HE HE soryy canda boss

gebok ambrok
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 247
Join date : 31.05.10
Age : 39
Lokasi : Sepatan Tangerang. Tlp. 087808780622

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  jaghana on Tue 24 Aug 2010, 08:00

gebok ambrok wrote:
irfan_dui wrote:klo saya se biasanya tak potong paruhnya biar ga bisa matuk telor lagi, habis di potong terbukti telor utuh ga da yg di makan lagi
Mau lebih terbukti lagi potong aja di sebalah bawah paruh kira kira 10 cm ! di jamin TIDAK AKAN MAKAN TELOR LAGI .HE HE HE soryy canda boss

gendeng kabeh....kekeke... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  Wiring on Tue 24 Aug 2010, 10:52

boy wrote:Kasus disini betina suka makan telurnya ,telur yg pecah membasahi telur yg lain sehingga tdk jadi,

untk tdk suka makan telur coba lolorin daun terong hutan yg berwarna kuning dan berduri,

beberapa rekan telah melakukanya dan ayam tdk makan telornya lagi. salam
betul banget...di jamin

Wiring
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 78
Join date : 26.06.10
Lokasi : Kebumen

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  wancha on Tue 24 Aug 2010, 11:36

sepakat sama teman2 yang diatas...

amannya gini aja bang...telurnya dikasih erami sama babon lain

tuh babon biar dikasih mineral n vitamin super kompleks tetap aja sifatnya kayak begitu...
jangan kan ayam..manusia aja yang punya pikiran mas kadang ada yang punya sifat kaniballnya

biasanya babon kayak gitu punya keturunan super ganas (Predator)...he2xxx

Marikidi


wancha
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 57
Join date : 21.08.10
Age : 30
Lokasi : Makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  paul on Wed 25 Aug 2010, 09:15

ayam saya sedang mengeram 1 minggu, karena 2 hari ini hujan terus, ternyata kandangnya bocor dan alasmya juga ikut basah... dulu ia bertelur di alas kandang (bambu). lalu telurnya saya kasih alas kain, dengan alasan supaya empuk dan lebih hangat (karena tidak musim panen jadi ga ada jerami). Ternyata alas kain itu agak basah (lembab sekali). Mau saya ganti alasnya, takutnya ayamnya ngambek dan ga mau ngelajutkan ngeram. gimana caranya? apa telur tersebut tetap aman?


terima kasih...

paul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 13.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: tempat engram telor?

Post  Sponsored content Today at 17:39


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik