Threatment terhadap Bulu Sayap

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Threatment terhadap Bulu Sayap

Post  mamsung01 on Mon 25 Aug 2008, 14:43

Wan Kawan & Mas Admin, saya punya ayam muda (umur 8 bln) yang karena sering digebrak, mengakibatkan bulu sayapnya pada patah. Kita semua maklum yang namanya bulu sayap penting untuk mengepak saat melancarkan serangan. Bulunya tidak kecabut tapi rata2 tinggal separo baik kanan maupun kiri. Pertanyaannya, berdasarkan pengalaman,lebih baik dicabuti agar cepat tumbuh bulu sayap yg baru, atau dibiarkan saja sampe mabung (masih lama kan...?). Saat ini yg bisa saya lakukan hanya memberi suplement minyak ikan,membantukah ini. Trims sebelumnya.

mamsung01
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 52
Join date : 19.08.08
Lokasi : Serpong-Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Threatment terhadap Bulu Sayap

Post  bhozo on Mon 25 Aug 2008, 16:48

Salam Kenal mas...
Maaf saya baru di dunia ayam, tp saya pernah mengalami apa yg mas alami pada ayam mas n waktu itu saya cuba kasuh minyak bekas gorengan (kalo ditempat saya namanya minyak jelantah).
minyak bekas menggoreng tersebut di usap/oleskan pada bulu ayam yg mau tumbuh/tanggal setiap ayam mau masuk kandang (sore hari menjelang tidur) mudah2an bulu ayam mas cepat tumbuh karena pada waktu saya praktekkan kepada ayam saya alhamdullia bulunya tumbuh dengan cepat ( kira2 1 bulan).

bhozo


mamsung01 wrote:Wan Kawan & Mas Admin, saya punya ayam muda (umur 8 bln) yang karena sering digebrak, mengakibatkan bulu sayapnya pada patah. Kita semua maklum yang namanya bulu sayap penting untuk mengepak saat melancarkan serangan. Bulunya tidak kecabut tapi rata2 tinggal separo baik kanan maupun kiri. Pertanyaannya, berdasarkan pengalaman,lebih baik dicabuti agar cepat tumbuh bulu sayap yg baru, atau dibiarkan saja sampe mabung (masih lama kan...?). Saat ini yg bisa saya lakukan hanya memberi suplement minyak ikan,membantukah ini. Trims sebelumnya.

bhozo
kopral
kopral

Jumlah posting : 37
Join date : 16.08.08
Age : 43
Lokasi : Jl. Belimbing Kel.Wonorejo Kec.Marpoyan Damai Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Threatment terhadap Bulu Sayap

Post  Kumbang on Mon 25 Aug 2008, 18:11

Umur segitu msh lama mabung nya mas apalagi ngasih minyak ikannya rajin.
Sy pernah jg cabutin bulu sayap ayam seumuran gitu dan hasil nya fine2 aja tuh, tapi klo nyabut berdua, satu pegangin yg kokoh satu orang lagi nyabut yg rata & skali cabut.
Kejelekannya di cabut slain cukup lama jg nunggu tumbuh nya >2bln ampe sempurna, jg beresiko cupat tumbuhnya klo nyabutnya gak tepat.
Saran sy sih mending di 'sulam', jenis sulamnya tempel spertinya tepat krn ktnya msh ada separoh kan potongannya...? lagian klo sulam tusuk... ih... ngeri, sy blom pernah coba sih tapi ngeliat caranya aja sy dah gak tertarik tu coba.

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Threatment terhadap Bulu Sayap

Post  arnanda sulistyo on Fri 05 Dec 2008, 14:19

pengalaman saya klo main cabut aja, bulu yang tumbuh baru jadinya keriting gak bisa bagus, tapi saya pernah liat di tempat botoh ayam ternama di semarang jaman dulu ( koh akang) dia klo mau bodolin/ bikin ayam ngurak , bulunya di cabutin semua sampe gundul pokoknya sampai 100 % bugil, tp tumbuhnya kok bagus banget ya, mungkin harus di bantu sama pola makanan dan vitamin yang bagus, tp kesimpulannya saya tetap pake cara alami ( kalo memang sudah waktunya ngurak pasti akan lepas sendiri bulunya) soalnya gak tega liat ayam bugil paksa

arnanda sulistyo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 95
Join date : 02.12.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Threatment terhadap Bulu Sayap

Post  Administrator on Fri 05 Dec 2008, 20:25

Mas Imam,
Kalau umur masih 8 bulan, ayam masih tumbuh besar. Masih mungkin utk dicabut. Tapi lihat dulu seberapa parah patahnya. Dicabut ini bisa dilakukan kalau yg patah hanya 1-2 helai saja. Kalau banyak, ya bisa2 bondol dicabutin donk mas...
Very Happy

Resiko nyabut bulu adalah : Bulu tumbuh melintir, keriting, atau akarnya membusuk. Ini disebabkan karena bulu tidak segera tumbuh dgn cepat. Akibatnya, lubang bulu menjadi rapat/menempel. Akibat selanjutnya ya itu tadi, bulu melintir atau keriting krn lubang yg sudah mengecil. Bahkan bisa tidak keluar krn lubangnya sudah tertutup (tumbuh di dalam).
Solusi : Kasih mentega seminggu 2X kedalam lubang bekas bulu yg tercabut. Tujuannya supaya lubang tidak menyatu/mengecil/menutup. Kalau bulu sudah nongol, pemberian bisa dihentikan.

Setelah lewat 9 bulan, saran saya jangan dicabut. Krn tumbuhnya akan lama sekali. Mendingan disambung saja.
Berbeda bila kita cabut ketika ayam masih muda/lancur. Secara alami sistem tubuhnya masih memprioritaskan pertumbuhan badan termasuk pertumbuhan bulu2nya. Maka bulu bisa segera muncul, tumbuh dgn cepat.

Kalau sudah lewat 9 bulan, prioritas sistem tubuh sudah pada pembentukan otot dan penggantian sel2 yg rusak akibat latihan/gebrak. Pertumbuhan bulu bukan prioritas lagi. Akibatnya bulu akan tumbuh lebih lama.
Nanti sewaktu tiba masa mabung, penggantian bulu kembali menjadi prioritas sistem tubuhnya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Orang Madura berkata...

Post  Aliem Pirata on Thu 09 Dec 2010, 02:47

Abang abang... mas mas... para senior... para master.... sekilas info
Ga usah tegang dong... Sersan aja, Serius tp santai...
Kasi Obat firdaus aja trus di shampo pake neril stiap minggu ayamnya
Bulu jadi lebat dan mengkilat... jangan lupa di kasi minyak zaitun setiap 2 minggu sekali
Insya Allah Ayamnya cakep...

Aliem Pirata
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 08.12.10
Age : 34
Lokasi : Mexhazand city

Kembali Ke Atas Go down

Re: Threatment terhadap Bulu Sayap

Post  Sponsored content Today at 12:57


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik