ayam banyak yang mati

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ayam banyak yang mati

Post  Supri on Tue 06 Jul 2010, 19:25

mohon pencerahan para senior sekalian....
ayam saya banyak yang mati tiba2....seharian sehat bahkan pas saya mandiin sore harinya sehat...eee...bsk sudah pada tewas....
kata tetangga saya wajar di bulan2 kek gini musim "geringan"...saya sudah semprot kandang pakai ANTISEP..terpaksa sisa ayam saya ungsikan ke t4 lain.
yang mau saya tanyakan : gimana kita nentuin klo TKP sudah terbebas dari penyakit...trus gmn caranya biar ayam saya gak ada yang mati seperti kasus di atas?
maturnuwun sebelumnya..

Supri
kopral
kopral

Jumlah posting : 20
Join date : 19.05.10
Lokasi : pedan klaten

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  one-dhi on Tue 06 Jul 2010, 23:51

Supri wrote:mohon pencerahan para senior sekalian....
ayam saya banyak yang mati tiba2....seharian sehat bahkan pas saya mandiin sore harinya sehat...eee...bsk sudah pada tewas....
kata tetangga saya wajar di bulan2 kek gini musim "geringan"...saya sudah semprot kandang pakai ANTISEP..terpaksa sisa ayam saya ungsikan ke t4 lain.
yang mau saya tanyakan : gimana kita nentuin klo TKP sudah terbebas dari penyakit...trus gmn caranya biar ayam saya gak ada yang mati seperti kasus di atas?
maturnuwun sebelumnya..

sama mas....,panas dingin yang membuat 2 pacek saya tewas + 2 anakan umur 4bulan.
sekarang 2 dara tembolok kiri,1 dara kelabu,1 lancuran umur 7,5 bln sudah agak "mabok",

Sad Sad Sad

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  Rendro on Wed 07 Jul 2010, 10:43

Musim seperti ini memang rawan bagi ayam. Untuk menjaga kondisi ayam usahakan kebersihan kandang dan tambahan pakan yang menunjang daya tahan tubuh ayam. Kalau saya biasanya pakan ditambah daun pepaya seminggu 1 atau 2 kali serta ditambah air jahe seminggu sekali. Sampai saat ini ayam saya sehat semua. Ini berdasarkan pengalaman saya memelihara ayam kampung sejak dulu. Kebetulan dulu ayah saya juga senang pelihara ayam, resep turun temurun. Semoga bisa membantu.

Rendro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 27.05.10
Age : 43
Lokasi : Berbah Sleman DIY

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  ojieg on Wed 07 Jul 2010, 14:31

1. cermati gejala alam, siklus dan perubahannya
2.bersih lingkungan terutama kandang
3.isolasi dari ayam yang sakit
4.jaga menu makan dan minum
5.benar kata cak rendro, secara periodik dikasih rempah/empon2 (jahe, kencur, kunir,laos dll)
6.jangan lupa berdoa ya
7.jangan durhaka pada orang tua ya terutama ibu

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  jaghana on Wed 07 Jul 2010, 15:38

Supri wrote:mohon pencerahan para senior sekalian....
ayam saya banyak yang mati tiba2....seharian sehat bahkan pas saya mandiin sore harinya sehat...eee...bsk sudah pada tewas....
kata tetangga saya wajar di bulan2 kek gini musim "geringan"...saya sudah semprot kandang pakai ANTISEP..terpaksa sisa ayam saya ungsikan ke t4 lain.
yang mau saya tanyakan : gimana kita nentuin klo TKP sudah terbebas dari penyakit...trus gmn caranya biar ayam saya gak ada yang mati seperti kasus di atas?
maturnuwun sebelumnya..

alhamdulilah...seumur umur saya plihara ayam belum pernah ada yang mati karena penyakit...
sebetulnya ga ada resep khusus...cuma kebetulan posisi kandang ayam ada di halaman belakang dikelilingi pagar tembok tinggi...tidak ada pengaruh dari luar.ada rumput2an & pohon2an...
ayam saya umbar begitu saja sejak umur +/- 2 bulan,ga pernah dikandangi...bebas terserah dia mau milih tidur dimana...di pohon juga boleh...campur sama kakak2nya atau babon lain...kehujanan kepanasan sudah biasa...menurut saya, disini sistem imun (daya tahan tubuh) sudah terbentuk sejak kecil....jadi ga mudah sakit...malah sehat banget karena badan bergerak terus,terbang,loncat,lari2 ksana kemari...setelah 5-6 bulan baru di taruh kandang individu,karena sudah mulai 'berani ayam',sering berkelahi dgn lainnya.....
kalau untuk kebersihan kandang, seperti biasa & saya rasa sama dengan teman2 lain. cuma kadang2 saya semprot dengan RODALON...terus saya sering buat asap dari bakaran ranting/daun2 kering...

demikian dari saya...mungkin ada cara lain yg lebih baik atau tambahan dari teman2.
trims....

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  arif on Wed 07 Jul 2010, 16:40

Supri wrote:mohon pencerahan para senior sekalian....
ayam saya banyak yang mati tiba2....seharian sehat bahkan pas saya mandiin sore harinya sehat...eee...bsk sudah pada tewas....
kata tetangga saya wajar di bulan2 kek gini musim "geringan"...saya sudah semprot kandang pakai ANTISEP..terpaksa sisa ayam saya ungsikan ke t4 lain.
yang mau saya tanyakan : gimana kita nentuin klo TKP sudah terbebas dari penyakit...trus gmn caranya biar ayam saya gak ada yang mati seperti kasus di atas?
maturnuwun sebelumnya..

kalau ayam tahu2 sudah tewas tanpa ada gejala sakit. dikhawatirkan itu adalah serangan virus flu burung. mengungsikan ayam yang sehat, membersihkan kandang dengan antiseptic kandang, adalah langkah yang sudah tepat, kalau memungkinkan segera vaksinasi dengan jenis vaksin yang tepat.

untuk memastikan kandang bebas penyakit, sebenarnya bukan hal yang mudah, karena kita juga tidak tahu bukan seperti apa rupa penyakitnya, kecuali kalau sudah ada korban atau gejala pada korban..Smile. tetapi mengosongkan kandang untuk beberapa minggu/bulan dan membersihkan kandang serta menyemprot dengan merata bagian kandang secara rutin dirasa sudah cukup memadai untuk menghentikan siklus penyakit di kandang tersebut.

lebih baik lagi kalau ayam divaksin rutin dalam periode waktu tertentu. Smile dan tentunya menjaga daya tahan tubuh ayam dengan pemberian nutri yang baik juga akan sangat membantu.

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  siQun on Wed 07 Jul 2010, 19:05

Betul sekali tu mas kata senior kita yg atu ini(mas arif)dan temen yg laenya.dl sy jg sering kena pnyakit musiman (aratan) uda langganan bahkan perna abis smua ayam sy satu kandang,terus ada org tua bilang nyuru sy nyari bekas tapal kuda (sepatu kuda) yg ada dijalan lalu suru naro di atas pintu kandang ato pendam di tengah2 kandang.kebetulan sy dapet tapal tersebut dan sy selipkan diatas pintu kandang,sukur smpe skrg uda 5 tahun sy uda gak jd langganan aratan lagi,ini pengalaman sy aja dan mungkin kebetulan aja kali ya...he he he...Yg jelas jaga kebersihan dan yg lainya yg sprt mas arif dan rekan2 lainya bilang.salam siQun

siQun
kopral
kopral

Jumlah posting : 20
Join date : 23.06.10
Age : 36
Lokasi : Kendal jateng

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  lex... on Wed 07 Jul 2010, 21:08

Rendro wrote:Musim seperti ini memang rawan bagi ayam. Untuk menjaga kondisi ayam usahakan kebersihan kandang dan tambahan pakan yang menunjang daya tahan tubuh ayam. Kalau saya biasanya pakan ditambah daun pepaya seminggu 1 atau 2 kali serta ditambah air jahe seminggu sekali. Sampai saat ini ayam saya sehat semua. Ini berdasarkan pengalaman saya memelihara ayam kampung sejak dulu. Kebetulan dulu ayah saya juga senang pelihara ayam, resep turun temurun. Semoga bisa membantu.
salam kukuruyuk,,,,,,,,,,,
daun pepeya digimanain mas,soalnya kl langsung dikasih ama ayam,pada gak mau makan dia:::::

lex...
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.05.10
Lokasi : medannnnnnn

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  jaghana on Thu 08 Jul 2010, 09:43

lex... wrote:
Rendro wrote:Musim seperti ini memang rawan bagi ayam. Untuk menjaga kondisi ayam usahakan kebersihan kandang dan tambahan pakan yang menunjang daya tahan tubuh ayam. Kalau saya biasanya pakan ditambah daun pepaya seminggu 1 atau 2 kali serta ditambah air jahe seminggu sekali. Sampai saat ini ayam saya sehat semua. Ini berdasarkan pengalaman saya memelihara ayam kampung sejak dulu. Kebetulan dulu ayah saya juga senang pelihara ayam, resep turun temurun. Semoga bisa membantu.
salam kukuruyuk,,,,,,,,,,,
daun pepeya digimanain mas,soalnya kl langsung dikasih ama ayam,pada gak mau makan dia:::::

daun pepaya dirajang halus..lalu dicampur ke pakannya...(katul,voor pdaging,diaduk dengan air panas)..
daun pepaya fungsinya untuk membrantas cacing2 yg ada didalam perut ayam (cacingan)...otomatis ayam jadi sehat n doyan makan...
kandungan didalam daun ppaya adalah 'paparin'... zat pembunuh cacing...


jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  Rendro on Thu 08 Jul 2010, 10:41


daun pepaya dirajang halus..lalu dicampur ke pakannya...(katul,voor pdaging,diaduk dengan air panas)..
daun pepaya fungsinya untuk membrantas cacing2 yg ada didalam perut ayam (cacingan)...otomatis ayam jadi sehat n doyan makan...
kandungan didalam daun ppaya adalah 'paparin'... zat pembunuh cacing...

[/quote]

Betul, saya juga seperti itu. Daun pepaya dirajang halus kemudian dicampur pakan. Pakan diaduk dengan air panas atau direbus, biasanya katul banyak cacing jadi harus dengan air panas.

Rendro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 27.05.10
Age : 43
Lokasi : Berbah Sleman DIY

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  gugi on Thu 08 Jul 2010, 10:55

stuju obat manjur nafsu makan tuh..
tp blh jg buat saran ke istri, biar tambah legit klo sring makan daun pepaya.. Razz Razz Razz Razz

gugi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 523
Join date : 09.02.10
Lokasi : Serang-Bandung 0878 21211 432

http://gie_472@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  jaghana on Thu 08 Jul 2010, 12:03

gugi wrote:stuju obat manjur nafsu makan tuh..
tp blh jg buat saran ke istri, biar tambah legit klo sring makan daun pepaya.. Razz Razz Razz Razz

wawawaw...klo buat istri,daun paya brguna untuk membuat wangi miss 'V'-nya...n mencegah keputihan boss....kekekekekeke....

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  lex... on Thu 08 Jul 2010, 23:56

Rendro wrote:
daun pepaya dirajang halus..lalu dicampur ke pakannya...(katul,voor pdaging,diaduk dengan air panas)..
daun pepaya fungsinya untuk membrantas cacing2 yg ada didalam perut ayam (cacingan)...otomatis ayam jadi sehat n doyan makan...
kandungan didalam daun ppaya adalah 'paparin'... zat pembunuh cacing...


Betul, saya juga seperti itu. Daun pepaya dirajang halus kemudian dicampur pakan. Pakan diaduk dengan air panas atau direbus, biasanya katul banyak cacing jadi harus dengan air panas.
mas daun pepeyanya yg muada ato yg dah tua,sory mas bantyak tanya????? Smile

lex...
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.05.10
Lokasi : medannnnnnn

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  arif on Fri 09 Jul 2010, 05:37

lex... wrote:
Rendro wrote:
daun pepaya dirajang halus..lalu dicampur ke pakannya...(katul,voor pdaging,diaduk dengan air panas)..
daun pepaya fungsinya untuk membrantas cacing2 yg ada didalam perut ayam (cacingan)...otomatis ayam jadi sehat n doyan makan...
kandungan didalam daun ppaya adalah 'paparin'... zat pembunuh cacing...


Betul, saya juga seperti itu. Daun pepaya dirajang halus kemudian dicampur pakan. Pakan diaduk dengan air panas atau direbus, biasanya katul banyak cacing jadi harus dengan air panas.
mas daun pepeyanya yg muada ato yg dah tua,sory mas bantyak tanya????? Smile

daun tua atau muda semuanya bagus. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  Hendro on Sat 11 Sep 2010, 06:38

jaghana wrote:
Supri wrote:mohon pencerahan para senior sekalian....
ayam saya banyak yang mati tiba2....seharian sehat bahkan pas saya mandiin sore harinya sehat...eee...bsk sudah pada tewas....
kata tetangga saya wajar di bulan2 kek gini musim "geringan"...saya sudah semprot kandang pakai ANTISEP..terpaksa sisa ayam saya ungsikan ke t4 lain.
yang mau saya tanyakan : gimana kita nentuin klo TKP sudah terbebas dari penyakit...trus gmn caranya biar ayam saya gak ada yang mati seperti kasus di atas?
maturnuwun sebelumnya..

alhamdulilah...seumur umur saya plihara ayam belum pernah ada yang mati karena penyakit...
sebetulnya ga ada resep khusus...cuma kebetulan posisi kandang ayam ada di halaman belakang dikelilingi pagar tembok tinggi...tidak ada pengaruh dari luar.ada rumput2an & pohon2an...
ayam saya umbar begitu saja sejak umur +/- 2 bulan,ga pernah dikandangi...bebas terserah dia mau milih tidur dimana...di pohon juga boleh...campur sama kakak2nya atau babon lain...kehujanan kepanasan sudah biasa...menurut saya, disini sistem imun (daya tahan tubuh) sudah terbentuk sejak kecil....jadi ga mudah sakit...malah sehat banget karena badan bergerak terus,terbang,loncat,lari2 ksana kemari...setelah 5-6 bulan baru di taruh kandang individu,karena sudah mulai 'berani ayam',sering berkelahi dgn lainnya.....
kalau untuk kebersihan kandang, seperti biasa & saya rasa sama dengan teman2 lain. cuma kadang2 saya semprot dengan RODALON...terus saya sering buat asap dari bakaran ranting/daun2 kering...

demikian dari saya...mungkin ada cara lain yg lebih baik atau tambahan dari teman2.
trims....

Kalo sisitem kandang seperti punya mas Eko yaitu kayak tarzan dilepas bebas begitu memang ayam cenderung lebih tahan terhadap penyakit cuma ayam jadi lebih liar dan perlu waktu untuk membuat jinak.....kandang saya yang berada di lantai 3 dengan pagar tertutup juga tidak aman dari wabah penyakit...hari ini 3 ekor ayam jadi korban setelah melalui proses sakit dan diobatin ternyata tetap tidak tertolong.....si ATM junior, Bomber junior ( milik mas Def Makasar ) dan untulan tewas....sementara ada 2 ekor lagi yang masih ngorok dan sedang diobatin,,,memang musim yang tidak menentu ini membuat kondisi ayam jadi kurang prima sekalipun pemberian multivitamin dan menjaga kebersihan kandang sudah optimal dilakukan tetapi masih bisa juga kecolongan......yach memang dasar lagi apes padahal untuk ATM junior sudah ada penawaran yang signifikan dan tinggal kesepakatan aja..... Sad scratch

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  Modesto on Sat 11 Sep 2010, 14:02

Populasi kandang yang terlalu padat dan sirkulasi udara yang buruk.....juga berpengaruh terhadap terhadap kesehatan ayam. Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  arif on Sun 12 Sep 2010, 03:05

Modesto wrote:Populasi kandang yang terlalu padat dan sirkulasi udara yang buruk.....juga berpengaruh terhadap terhadap kesehatan ayam. Smile

Setuju mas.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  pak_tri on Sun 12 Sep 2010, 05:54

kalau sy ayam sy vaksin rutin 3 bln sekali dan sy beri vit B complek-
3 hari sekali.....aym aman2 aja.....

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam banyak yang mati

Post  Sponsored content Today at 05:13


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik