I Have a dream

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: I Have a dream

Post  mamat on Mon 09 Dec 2013, 12:08

Boleh tahu koh Liem, di atas ada yg nanya BEP per pasang, saya nanya BEP peternakan setelah berapa lama?
Soale jangka waktu 2 tahun masih tahap pencarian jodoh nih...he..he..
wajar nggak ya?

mamat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 27.03.12
Lokasi : Kotagede, Jogjakarta - 081328731176

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Liem_Bsd on Mon 09 Dec 2013, 17:33

@thumper225             : terimakasih

@Manu B@ule             : terimakasih

@masbambanggadil        : terimakasih

@mus                    : terimakasih, avatarnya ayam JPF  Smile 

@jamsen                 : terimakasih, melihat semangat pak Jamsen hanya tinggal menunggu waktu untuk berhasil.

@Bayu kelana            : terimakasih, boleh pak

Bisnis beternak ayam bangkok adalah bisnis untuk hobis yang mengacu pada kwalitas sebagai
tolak ukurnya, dimana kwalitas menentukan harga yang signifikan,

Sedangkan variabel utama biaya pakan ternak sama saja antara yang jelek dan yang bagus.

Bisa di analogikan mempunyai 10 ekor biang dan 3 ekor pacek tapi kualifikasi tidak memadai
menurunkan anakan yang kurang baik bukannya BEP tetapi kerugian yang didapat sebaliknya 4
ekor biang dan 1 pacek yang bisa menghasilkan anakan yang baik sudah cukup untuk mencapai
BEP bila yang digunakan pekarangan rumah.

@Ganis                   : terimakasih

Liem_Bsd
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1144
Join date : 12.12.11
Lokasi : Serpong Tangerang 08161952208 pinBB 7F8D59B1

http://www.ayamjagoperak.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Bang_Jalil on Mon 09 Dec 2013, 19:01

Wah...selamat ko Liem, semoga tetap sukses dengan JPFnya.
Kapan kira2 mau ekspansi ke Tangerang Utara ya...?  Smile 

Bang_Jalil
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1320
Join date : 27.02.12
Lokasi : Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  bayukelana on Mon 09 Dec 2013, 20:32

Liem_Bsd wrote:
@Bayu kelana            : terimakasih, boleh pak

Bisnis beternak ayam bangkok adalah bisnis untuk hobis yang mengacu pada kwalitas sebagai
tolak ukurnya, dimana kwalitas menentukan harga yang signifikan,

Bagaimana caranya menentukan tingkat kualitas (juga harga jual) hasil ternakan yang biasanya tidak merata walaupun satu sarang?

Bisa di analogikan mempunyai 10 ekor biang dan 3 ekor pacek tapi kualifikasi tidak memadai
menurunkan anakan yang kurang baik bukannya BEP tetapi kerugian yang didapat sebaliknya 4
ekor biang dan 1 pacek yang bisa menghasilkan anakan yang baik sudah cukup untuk mencapai
BEP bila yang digunakan pekarangan rumah.

Berdasarkan pengalaman koh Liem, mulai harga pacek dan biang berapa yang dapat diharapkan menghasilkan anakan yang baik?

Maaf pertanyaannya mungkin sedikit nyerempet rahasia perusahaan karena koh Liem termasuk segelintir peternak ayam petarung yang telah berhasil dan saya yakin banyak rekan-rekan yang tertarik untuk mengikuti jejak koh Liem. Terima kasih...............................
 Very Happy 


bayukelana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 441
Join date : 13.11.12
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  ayam betatto on Tue 10 Dec 2013, 10:15

Ikut nyimak...
Selama ini ayam saya, selalu di tawar paling poll 400 rebu..hiks,


ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  hadi_ on Tue 10 Dec 2013, 10:40

Sukses selalu koh Liem..
semoga JPF semakin berkembang.. cheers  cheers  cheers 

Pakhoy Brumbun Jr 6 bln dari JPF rencananya nanti akan diproyeksikan untuk jadi Pemacek dikandang,mudah-mudahan ayam tetap sehat dan nantinya menghasilkan anakan berkualitas.. Very Happy 
salam

hadi_
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 497
Join date : 02.11.12
Lokasi : Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Ali Nadwan on Tue 10 Dec 2013, 14:54

Klau melihat hasil yg telah dicapai, berarti usaha yg telah dilakukan selama
ini tentunya dilakukan dgn niat, usaha d tekad yg sungguh" ya Om...
Selamat ya Om atas hasil yg telah dicapai...d semoga ini akan menjadi
contoh bagi kami" semua.. Very Happy 

Ali Nadwan
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 27.07.13
Lokasi : Depok Beji 0812 9720 0504

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  andrioke on Tue 10 Dec 2013, 15:13

selamat koh ... BTW S25 sudah punya momongan ?

andrioke
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 290
Join date : 09.09.11
Lokasi : Pamulang. Tangsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  shinobi_jago on Wed 11 Dec 2013, 12:20

Selamat koh Liem ... semoga ke depan JPF tambah sukses Smile

shinobi_jago
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 62
Join date : 28.07.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  indrabayu on Wed 11 Dec 2013, 16:42

biasanya cerita harus berat dulu baru happy ending dan ini ceritanya langsung happy ending
tapi good luck koh for inpirasi. nguatin motivasi.
kalo saya masih sekedar hobies aza masih beli beli ayam kena penyakit hobby. maklum pemula Sad Sad Sad Sad Sad Sad .

Mudah mudahan bisa dapet dari ternakan koh liem. Biar materinya lebih keren Very Happy Very Happy 

Selamat JPF sukses selalu

indrabayu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 319
Join date : 05.08.13
Age : 36
Lokasi : cibubur jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Liem_Bsd on Wed 11 Dec 2013, 17:51

@mamat                 : berbeda dari bisnis lain umumnya beternak ayam bangkok banyak yang didasari dari hobis, jadi saat awal2 memelihara dan beternak biasanya tidak menghitung untung ruginya tetapi kesenangan yang didapat, anggaplah tahun2 pertama sebagai modal pembelajaran bagaimana memelihara ayam yang baik dan sehat, bagaimana menetaskan dan merawat pitikan hingga besar, bila bergaul dengan komunitas yang tepat dan baik(jujur tidak banyak trik2 nakal)  2 tahun sudah bisa BEP dengan asumsi 1 tahun pertama pemilihan indukan materi bila tepat anakan bagus 1 tahun selanjutnya sudah bisa punya langganan setia.

@bang_Jalil             : terimakasih, masih bidik2 lokasi yang tepat  Smile .

@ayam bettato        : kembali kepada kelas si ayam dan komunitas tempat kita bergaul.

@hadi                     : terimakasih semoga bisa terwujud pak

@Ali Nadwan            : terimakasih, memang benar dibutuhkan niat dan tekad yang kuat tetapi peran si Ayam sebagai partner dalam beternak tidak tergantikan menurut kacamata peternak seperti saya.

@andrioke               : sudah pak

@shinobi_jago         : terimakasih.


Terakhir diubah oleh Liem_Bsd tanggal Fri 13 Dec 2013, 04:36, total 2 kali diubah

Liem_Bsd
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1144
Join date : 12.12.11
Lokasi : Serpong Tangerang 08161952208 pinBB 7F8D59B1

http://www.ayamjagoperak.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Liem_Bsd on Wed 11 Dec 2013, 21:12


@bayu kelana   : Bagaimana caranya menentukan tingkat kualitas (juga harga jual) hasil ternakan yang biasanya tidak merata walaupun satu sarang?


Umumnya dengan 2 cara.

1. Di tes, hasil ternak dihargai berdasarkan hasil tes nya
untuk sisi pembeli
Kelebihannya ayam sudah bisa dinilai kwalitasnya berdasar kinerja

Kekurangannya untuk ayam yang sudah terseleksi bagus harganya akan tinggi ini sangat wajar.

2. Tanpa tes
Bila ternak kita disukai oleh pembeli berdasar pengalaman membeli pitik atau lancur tanpa tes sebelumnya atau pengalaman teman2nya akan banyak pembeli yang mau membeli walau masih pitik dan belum di tes,

mengenai harga akan tercipta harga yang bisa diterima pembeli dan penjual berdasar resiko dan keuntungannya seperti harga terendah dan termahal yang pernah diraih.

Di JPF sendiri berjalan sistem pesanan mulai dari yang 2-20ekor dan sudah berjalan bertahun2.


Berdasarkan pengalaman koh Liem, mulai harga pacek dan biang berapa yang dapat diharapkan menghasilkan anakan yang baik?


Pacek dan biang mahal tidak selalu menghasilkan anakan yang baik tetapi anakan yang baik dihasilkan dari kecocokan antara Pacek dan biang yang mempunyai bloodline baik(bila kita berbicara prosentase), jadi bisa berharga sedang atau mahal.

Maaf pertanyaannya mungkin sedikit nyerempet rahasia perusahaan karena koh Liem termasuk segelintir peternak ayam petarung yang telah berhasil dan saya yakin banyak rekan-rekan yang tertarik untuk mengikuti jejak koh Liem. Terima kasih...............................
Very Happy

@indrabayu        : cara enteng saja pak ceritanya tidak didramatisir.

Liem_Bsd
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1144
Join date : 12.12.11
Lokasi : Serpong Tangerang 08161952208 pinBB 7F8D59B1

http://www.ayamjagoperak.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Liem_Bsd on Sun 15 Dec 2013, 12:51

rickycinere wrote:senangnya melihat usaha keras kita yang sekalian menjadi hobby kita ada hasilnya....
gak percuma dari pagi sampe malam hanya mengawasi ayam2 apa sudah makan, ada yang kurang sehat, aman dari predator dan maling, dan juga yang kecil2 sudah mulai ABG... ha...ha...ha...
mungkin ini beda antara peternak dan tukang adu...
peternak akan melepas ayam terbaiknya untuk dijual ...
tukang ngadu akan mencari ayam terbaik untuk dirinya ... (dan melepas yang kurang baik untuk dijual)
peternak akan senang kalau mendengar ayamnya diadu dan menang ...
tukang ngadu akan senang kalau ayamnya diadu dan menang ...
peternak akan mencari nafkah dari menghasilkan ayam2 yang bagus ...
tukang ngadu mencari ayam2 yang bagus untuk menambah nafkahnya....
peternak akan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar ...
tukang ngadu akan ke pasar untuk cari inovasi2 baru... (kalau bisa beli basah dikalangan)

yang jelas, kalau ayamnya bagus:
peternak akan disenangi banyak orang
tukang ngadu akan dimusuhin banyak orang yang ayam2 nya kalah.... ha...ha...ha...

tentunya keberhasilan koh Liem bukan datang dengan tiba2.  Ini perlu pengorbanan pikiran, tenaga dan biaya dan bekerja dengan hati.  Yang penting kita punya kemauan yang keras untuk mencapainya.  Kata2 nasehat orang tua "Dimana ada kemauan, disitu ada jalan".
Untuk teman2 yang hobby ayam dan mau beternak, lihatlah contoh koh Liem dan boleh minta tips2 untuk beternak dari beliau...
"Bukan yang mahal harganya tinggi nilainya, tapi yang tinggi nilainya mahal harganya.
Sukses selalu buat bang Liem dan keluarga... cheers cheers cheers 

Liem_Bsd
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1144
Join date : 12.12.11
Lokasi : Serpong Tangerang 08161952208 pinBB 7F8D59B1

http://www.ayamjagoperak.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  cak nur on Sun 15 Dec 2013, 19:54

Liem_Bsd wrote:"Sarjana kok ternak ayam" awal serius beternak ayam bangkok mendapat cibiran tapi semua saya terima dengan lapang dada, karena saya punya mimpi dan keyakinan untuk mencapainya.


Ini buktinya




Adapun kisah ini saya tuliskan untuk memberi harapan dan motivasi bagi para penghobis dan peternak baru, pekerjaan apapun bila di tekuni dan fokus akan menghasilkan.

.... tidak lupa ucap syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa atas perlindungannya.

Saya suka dengan kata-kata ini...... !! selamat,. dan semoga rekan-rekan yang lain DAPAT PULA MENCAPAINYA.... AMIN.... Very Happy

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Liem_Bsd on Mon 16 Dec 2013, 21:13

cak nur wrote:
Liem_Bsd wrote:"Sarjana kok ternak ayam" awal serius beternak ayam bangkok mendapat cibiran tapi semua saya terima dengan lapang dada, karena saya punya mimpi dan keyakinan untuk mencapainya.


Ini buktinya




Adapun kisah ini saya tuliskan untuk memberi harapan dan motivasi bagi para penghobis dan peternak baru, pekerjaan apapun bila di tekuni dan fokus akan menghasilkan.

.... tidak lupa ucap syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa atas perlindungannya.

Saya suka dengan kata-kata ini...... !! selamat,. dan semoga rekan-rekan yang lain DAPAT PULA MENCAPAINYA.... AMIN.... Very Happy

@cak nur                    : untuk kalimat yang berwarna biru, itu memang sangat saya rasakan sekali, karena bidang ternak yang saya pilih ini dikenal sulit dan banyak lika likunya, keadaan dulu tanpa promosi di majalah, surat kabar, tanpa tampil di keramaian, tidak show di kalangan aduan, tidak show membeli ayam puluh2an juta tapi jalan saya banyak diberi kemudahan.
Disaat keadaan sulit seperti isu flu burung, perlindungan Nya sangat terasa, kandang JPF  kebanjiran order karena ayam dari bangkok susah masuknya.

Liem_Bsd
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1144
Join date : 12.12.11
Lokasi : Serpong Tangerang 08161952208 pinBB 7F8D59B1

http://www.ayamjagoperak.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  indrabayu on Sat 21 Dec 2013, 05:11

lol! lol! lol! 
bener koh liem yg penting bersyukur kepada TUHAN YANG MAHA ESA

indrabayu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 319
Join date : 05.08.13
Age : 36
Lokasi : cibubur jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  DONALKAR on Sat 21 Dec 2013, 14:43

MAN JADA WA JADA ... maaf klo slah nulis

DONALKAR
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 293
Join date : 17.05.12
Lokasi : CIPARAGE - KARAWANG 085811792000

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  cak nur on Sat 21 Dec 2013, 20:20

DONALKAR wrote:MAN JADA WA JADA ... maaf klo slah nulis

 " />  " />

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  litato on Sat 21 Dec 2013, 21:07

selamat buat KOH LIEM ...
dan rekan lainnya ...

SUKSES adalah ketika PERSIAPAN MATANG bertemu dengan KESEMPATAN

litato
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1836
Join date : 28.11.11
Age : 43
Lokasi : Brebe$$$

http://ayambangkok.info

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  wangkas on Sat 28 Dec 2013, 20:10

Nah Sekarang Cerita Dukanya Om Biar kita para peternak kecil gak patah semangat....ntar diliat jadinya aja tanpa melihat sisi yg lain khawatiernya malah putus asa....

wangkas
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 02.07.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  lancur_madura on Sat 28 Dec 2013, 21:42

Cerita dukanya om?Sekalian cara untuk mengantisipasinya.Sehingga para pemula mempunyai kesiapan yg lebih baik.Salam hangat

lancur_madura
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 486
Join date : 28.12.13
Age : 24
Lokasi : sumenep 085331850626

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Liem_Bsd on Thu 02 Jan 2014, 20:12

@litato : terimakasih

@wangkas, @lancur madura :

Kalau cerita duka kayanya ga ada pak, cuma harga pakan saja yang sudah 10x lipat dibanding harga dari dulu awal2 pelihara tapi kalau masih bisa nutup biaya peternakan jalan terus.

Kendala peternak baru maupun yang sudah lama
- penyakit
- harga jual hasil ternak tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan

Untuk penyakit saran saya harus bisa menakar kemampuan diri sendiri, antara biaya yang dikeluarkan untuk membeli materi ternak, jumlah populasi yang diternak dengan kemampuan untuk menjaganya dan mengatasi penyakit seringkali saya lihat banyak yang bablas modalnya karena faktor ini, bisa dipelajari pelan2 atau singkat tergantung pribadi masing2.

Untuk harga jual ternak, usahakanlah memilih materi ternak yang bisa menghasilkan atau anaknya mempunyai nilai jual.

Liem_Bsd
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1144
Join date : 12.12.11
Lokasi : Serpong Tangerang 08161952208 pinBB 7F8D59B1

http://www.ayamjagoperak.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Robbin_Jogja on Fri 03 Jan 2014, 03:36

Liem_Bsd wrote:@litato                : terimakasih

@wangkas, @lancur madura      :

Kalau cerita duka kayanya ga ada pak, cuma harga pakan saja yang sudah 10x lipat dibanding harga dari dulu awal2 pelihara tapi kalau masih bisa nutup biaya peternakan jalan terus.

Kendala peternak baru maupun yang sudah lama
- penyakit
- harga jual hasil ternak tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan

Untuk penyakit saran saya harus bisa menakar kemampuan diri sendiri, antara biaya yang dikeluarkan untuk membeli materi ternak, jumlah populasi yang diternak dengan kemampuan untuk menjaganya dan mengatasi penyakit seringkali saya lihat banyak yang bablas modalnya karena faktor ini, bisa dipelajari pelan2 atau singkat tergantung pribadi masing2.

Untuk harga jual ternak, usahakanlah memilih materi ternak yang bisa menghasilkan atau anaknya mempunyai nilai jual.


nah memilih materi ternak yg anakanya mempunyai nilai jual inilah yg sedikit rumit dikantong untuk para pemula menengah ke bawah. Hehehehehe

Robbin_Jogja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 142
Join date : 19.08.12
Age : 27
Lokasi : Pademangan Pandak, Bantul, Jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Liem_Bsd on Tue 07 Jan 2014, 19:57

Hehehe kan ada PAPAJI pak, dengan adanya forum seperti ini memilih materi ternak tidak sesulit peternak jaman dulu, banyak sekali dokumentasi yang bisa dipakai untuk memilah dan memilih materi ternak yang disukai, harga juga banyak yang terjangkau  Smile .

Liem_Bsd
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1144
Join date : 12.12.11
Lokasi : Serpong Tangerang 08161952208 pinBB 7F8D59B1

http://www.ayamjagoperak.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  kritikus_ayam on Sat 16 May 2015, 15:28

Liem_Bsd wrote:"Sarjana kok ternak ayam" awal serius beternak ayam bangkok mendapat cibiran tapi semua saya terima dengan lapang dada, karena saya punya mimpi dan keyakinan untuk mencapainya.

Saat itu belum ada internet jadi informasi saya dapat dari membeli buku yang isinya minim sekali soal breeding hanya terdapat foto2 cara memelihara ayam dan ciri2 katuragan ayam yang baik, karena sering mampir baca2 di gramedia akhirnya dapat buku yang membahas genetika ternak ada bagan2nya dan prosentase perhitungannya itupun yang dicontohkan ayam leghorn, lumayan ada pencerahan cheers , jadi berbahagialah  member PAPAJI sekarang dengan mengetik keyword saja sudah dapat apa yang mau dicari Smile.

Seiring waktu berjalan yang awalnya hobby menjadi bisnis juga, hingga sekarang menjadi Jago Perak Farm.

Ada beberapa pertanyaan dari topik yang lain apakah beternak bisa menghasilkan?
Jawabannya bisa bila dikelola dengan benar dan pemilihan bibit yang baik gen nya, tentu harus dengan bukti baru percaya buat yang kritis Very Happy 

Ini buktinya



Dengan segala kekurangan dan suka duka beternak selama ini JPF  bisa membeli kendaraan roda 4,  rumah seluas 120m2 di komplek real estate secara tunai.
Ini di dapat saat JPF masih promosi dari mulut ke mulut dan teman membawa teman saja, dan pemasukan hanya dari ayam jantan saja karena belum menjual betina.

Sekarang JPF merambah ke forum, facebook dan blog dan juga mulai menjual materi betina semoga hasilnya akan lebih baik.

Adapun kisah ini saya tuliskan untuk memberi harapan dan motivasi bagi para penghobis dan peternak baru, pekerjaan apapun bila di tekuni dan fokus akan menghasilkan.

Mengenai serangan aratan yang menghantui penghobis dan peternak menurut JPF tergantung pada biosecurity yang dijalankan karena dengan populasi 200-300 ekor an selama ini JPF bisa aman bukan takabur tapi mindset beternak rugi dan identik dengan serangan aratan adalah tidak selalu benar Smile , tidak lupa ucap syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa atas perlindungannya.

Kisah yang sangat inspiratif Smile

* Ayam ternakan JPF, kebanyakkan ayam bagus yang sudah terbukti. Salah satu ciri khas ayam ternakan JPF, tulangan bagus dan ayam enak dipandang seperti penampakkan ayam import Cool bagi yang mengeluh ayam di JPF mahal, aku mau beritahu kalian, pakan dll tidak murah dan ayam bangkok hobi untuk yg berduit, bagi yang tidak berduit silakan duduk manis, nonton dipojokkan dan jangan terlalu memaksakan diri Cool Untuk pak liem, bila ada keluhan dari pembeli, tolong pak liem layani dengan baik dan ramah Wink


kritikus_ayam
BANNED
BANNED

Jumlah posting : 172
Join date : 19.04.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: I Have a dream

Post  Sponsored content Today at 07:26


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik