Meruncingkan jalu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Meruncingkan jalu

Post  IJAL GATSMYR on Fri 24 Jan 2014, 08:19

Senior numpang tanya
teman saya meraut jalu pakai pisau rajut , kok jalunya berdarah dan keesok hariannya ayam tidak mau berjalan , ini kebenaran saja atau memang karena ada kesalahan waktu peruncingan jalu ya?

tolong di bantu

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 340
Join date : 07.06.11
Age : 28
Lokasi : PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  aditp on Fri 24 Jan 2014, 09:22

Ijin Nyimak dulu ya Bang..
Karena belum pernah mengalami kejadian, yg Bang Ijal alami..
Sambil menunggu Pencerahan, dari yg lebih Berpengalaman, ttg Meraut Jalu..
study sunny

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  capten on Fri 24 Jan 2014, 19:53

aditp wrote:Ijin Nyimak dulu ya Bang..
Karena belum pernah mengalami kejadian, yg Bang Ijal alami..
Sambil menunggu Pencerahan, dari yg lebih Berpengalaman, ttg Meraut Jalu..
study sunny

....geseran dikit duduknya bang....Very HappyVery Happy
ane ikut nyimak juga......pisau rajut yang kaya gimana ya ??.....QuestionQuestionscratchscratch

capten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 867
Join date : 02.09.13
Lokasi : di kandang ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  Walang Sangit on Fri 24 Jan 2014, 23:39

yg ngeraut jalu. belum pengalaman tuh
aku dulu pertama juga begitu Laughing

Walang Sangit
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 26.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  endagendot on Sat 25 Jan 2014, 00:08

Kalo menurut saya ,waktu lagi runcingin jalu ayamnya ga mo diem jadinya tulangnya keseleo,untuk pengobatannya bawa ketukang pijit ayam+,maapin kalo salah.

endagendot
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 851
Join date : 23.09.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  Administrator on Sat 25 Jan 2014, 01:11

IJAL GATSMYR wrote:Senior numpang tanya
teman saya meraut jalu pakai pisau rajut , kok jalunya berdarah dan keesok hariannya ayam tidak mau berjalan , ini kebenaran saja atau memang karena ada kesalahan waktu peruncingan jalu ya?

tolong di bantu
Keluar darahnya seberapa banyak??

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  IJAL GATSMYR on Sat 25 Jan 2014, 07:53

Administrator wrote:
IJAL GATSMYR wrote:Senior numpang tanya
teman saya meraut jalu pakai pisau rajut , kok jalunya berdarah dan keesok hariannya ayam tidak mau berjalan , ini kebenaran saja atau memang karena ada kesalahan waktu peruncingan jalu ya?

tolong di bantu
Keluar darahnya seberapa banyak??
cuma di jalunya saja mas , memang ada y jalu yg tidak bisa runcing? itu kl di sayat pakai pisau carter akan bedarah..itu jalu tipis atau gimana ya mas?
tolong bantu menjelaskan proses peruncingan jalu dan apa beda jika meruncingkan jalu model kapak/tumpul/tebel? terimakasih sebelumnya Smile

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 340
Join date : 07.06.11
Age : 28
Lokasi : PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  jawara on Tue 18 Feb 2014, 20:08

beda orang, biasaya jg beda caranya.
teori sy pribadi, sblm jalu dibentuk/diruncingkan biasanya sy bungkus plaster slama 3 hari,setiap hari plaster sy kucuri air (ampe basah). hari ke 3 plaster sy lepas n jalu siap disayat.
7an pembungkusan adalah biar jalu mudah n gampang kita bentuk.
silahkan mencoba.

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  Gan Samed on Sun 29 Jun 2014, 01:09

ane sih biasanya pake pecahan beling klo mw ngeruncingin jalu ayam..

Gan Samed
kopral
kopral

Jumlah posting : 30
Join date : 04.06.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  Hendro on Sun 29 Jun 2014, 17:23

IJAL GATSMYR wrote:Senior numpang tanya
teman saya meraut jalu pakai pisau rajut , kok jalunya berdarah dan keesok hariannya ayam tidak mau berjalan , ini kebenaran saja atau memang karena ada kesalahan waktu peruncingan jalu ya?

tolong di bantu

Kalo cuma berdarah tidak terlalu banyak biasanya tidak masalah pada ayamnya tapi kalo sampai ayam tidak bisa jalan berarti ada kesalahan dalam memegang ayam ketika sedang meruncingkan sehingga terjadi salah urat, jadi maslah bukan pada baga jalunya melainkan pada bagian telapak kaki/lutut/paha ayamnya............................


Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  Ranowibowo on Sun 29 Jun 2014, 18:39

Gan Samed wrote:ane sih biasanya pake pecahan beling klo mw ngeruncingin jalu ayam..
saya biasanya jg pakai pecahan kaca, untuk meruncingkan jalu,jalu dikerik sedikit demi sdikit shingga lebih aman,... :-)

Ranowibowo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 931
Join date : 11.08.12
Age : 30
Lokasi : SOBA, Hp: 085252564940 / BB : 55291D93

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  slammy on Sun 29 Jun 2014, 21:12

sy juga kurang ngerti kalo raut jalu, krn di jalu/taji itu ada lapisan luar dan lapisan dalamnya, kalo ngeraut tidak boleh sampai ke lapisan dalam krn akan berdarah, kl diperhatiin botoh sy pakai pisau kecil untuk meraut dan stel jalu itu, dan sepertinya hati2 sekali merautnya

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  Cecep Karawang on Mon 30 Jun 2014, 19:52

Ngeraut jalu sampai saiki belum berani, pernah sekali bentuk jalu ga karu2an...akhirnya untuk kerjaan satu ini minta tolong teman sajah, ayo dong yg lain dishare cara yang baik, benar dan aman untuk sijago.
Terima kasih.
Salam Guyub

Cecep Karawang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 324
Join date : 19.11.13
Age : 46
Lokasi : Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  NUR WAKHID on Tue 01 Jul 2014, 13:19

IJAL GATSMYR wrote:Senior numpang tanya
teman saya meraut jalu pakai pisau rajut , kok jalunya berdarah dan keesok hariannya ayam tidak mau berjalan , ini kebenaran saja atau memang karena ada kesalahan waktu peruncingan jalu ya?

tolong di bantu

kalo berdarah segera plaster agar tidak banyak pendarahan, kalo meronta lepaskan pegangan, ayam bagus karena jeli.sebaiknya runcingkan selagi pendek.

NUR WAKHID
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 676
Join date : 06.04.11
Age : 43
Lokasi : Bantul Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  thumper225 on Mon 21 Jul 2014, 13:28

mungkin ada bagian tubuh ayam yg deket jalu terkena juga, jd nya bleeding...

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Meruncingkan jalu

Post  Sponsored content Today at 10:48


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik