Keturunan pertama jelek?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Keturunan pertama jelek?

Post  Syndrome GG on Tue 11 Feb 2014, 00:40

salam lestari

banyak temen saya bilang kalo babon yang baru pertama kali nelur anakannya masih jelek atau kurang bagus walau pacek dan babonnya bagus..
apakah itu benar??
mohon pencerahan

Syndrome GG
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 67
Join date : 10.02.14
Age : 23
Lokasi : Lahat Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  losi on Tue 11 Feb 2014, 21:46

ijin nyimak mas,,,,

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Walang Sangit on Tue 11 Feb 2014, 22:05

Syndrome GG wrote:salam lestari

banyak temen saya bilang kalo babon yang baru pertama kali nelur anakannya masih jelek atau kurang bagus walau pacek dan babonnya bagus..
apakah itu benar??
mohon pencerahan
berbagi pengalaman,

saya juga belajar ternak mas, kebetulan nelor pertama ada 4 jantan
umur 4 bulan diborong teman yang satu katanya mati yg 3 sudah menang semua
ada yang sdh menang 2 kali.

kalau ada yg bilang anakan pertama yg jelek
ya itu bisa saja mungkin dasarnya memang ayam jelek.
mohon maaf kalau salah...

Walang Sangit
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 26.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  rayhanfz on Tue 11 Feb 2014, 23:59

setiap ayam yang di miliki seseorang beda rawatan beda kualitas ..

mungkin punya masnya kualitasnya bagus , g ada salahnya di coba untuk ditetaskan, dirawat dan dibesarkan dengan kasih sayang, sapa tau anaknya nanti kualitasnya istimewa..

rayhanfz
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1570
Join date : 06.07.12
Age : 30
Lokasi : (sidoarjo-jawa timur) BBM D05492AD / 081252592555

http://karang-ayam.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Syndrome GG on Wed 12 Feb 2014, 00:20

Walang Sangit wrote:
saya juga belajar ternak mas, kebetulan nelor pertama ada 4 jantan
umur 4 bulan diborong teman yang satu katanya mati yg 3 sudah menang semua
ada yang sdh menang 2 kali.

kalau ada yg bilang anakan pertama yg jelek
ya itu bisa saja mungkin dasarnya memang ayam jelek.
mohon maaf kalau salah...

makasih mas sharing pengalamannya,nih bisa jadi acuan saya sebb pengalaman adalah guru terbaik makasih sekali lagi mas

Syndrome GG
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 67
Join date : 10.02.14
Age : 23
Lokasi : Lahat Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Syndrome GG on Wed 12 Feb 2014, 00:22

rayhanfz wrote:setiap ayam yang di miliki seseorang beda rawatan beda kualitas ..

mungkin punya masnya kualitasnya bagus , g ada salahnya di coba untuk ditetaskan, dirawat dan dibesarkan dengan kasih sayang, sapa tau anaknya nanti kualitasnya istimewa..

makasih mas sarannya nih udah ada 3 babon yang mo siap nelur mudah mudahan hasilnya bagus

Syndrome GG
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 67
Join date : 10.02.14
Age : 23
Lokasi : Lahat Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  squallj on Wed 12 Feb 2014, 00:31

Syndrome GG wrote:
rayhanfz wrote:setiap ayam yang di miliki seseorang beda rawatan beda kualitas ..

mungkin punya masnya kualitasnya bagus , g ada salahnya di coba untuk ditetaskan, dirawat dan dibesarkan dengan kasih sayang, sapa tau anaknya nanti kualitasnya istimewa..

makasih mas sarannya nih udah ada 3 babon yang mo siap nelur mudah mudahan hasilnya bagus
Kl saya seh g pernah ada masalah tuh.... Asal pakan pake full pur

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  squallj on Wed 12 Feb 2014, 00:31

Syndrome GG wrote:
rayhanfz wrote:setiap ayam yang di miliki seseorang beda rawatan beda kualitas ..

mungkin punya masnya kualitasnya bagus , g ada salahnya di coba untuk ditetaskan, dirawat dan dibesarkan dengan kasih sayang, sapa tau anaknya nanti kualitasnya istimewa..

makasih mas sarannya nih udah ada 3 babon yang mo siap nelur mudah mudahan hasilnya bagus
Kl saya seh g pernah ada masalah tuh.... Asal pakan pake full pur

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Administrator on Wed 12 Feb 2014, 00:33

Banyak yg berpendapat seperti itu.
Tapi faktanya, itu didapat dari hasil 'kata orang'.
Jarang yg praktek langsung.
Padahal, ini cuma mitos aja.

Telur pertama menghasilkan anakan yg jelek hanya bila telurnya dibawah kualitas standart.
Entah kecil, tipis, kuning telur sedikit, dll, dsb.
Biasanya ini memang terjadi pada ayam betina yg baru pertama kali bertelur.
Jadi masalahnya bukan soal telur pertama atau ke 15. Tapi krn kualitas telurnya itu sendiri.
Ayam betina yg sudah cukup umur dan berkali2 nelur juga akan jelek2 anaknya bila telurnya tidak berkualitas.

Apa salahnya ditetaskan? Biar si betina belajar bertelur, mengeram dan mengasuh anaknya.
Toh nanti teluran ke 3, 4, 5, ditetaskan lagi.
Kecuali kita punya banyak sekali stok betina. Dari yg dere sampai yg berumur.
Barulah kita prioritaskan yg sudah berumur dulu.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Syndrome GG on Wed 12 Feb 2014, 00:39

squallj wrote:
Kl saya seh g pernah ada masalah tuh.... Asal pakan pake full pur

makasih mas sarannya

Syndrome GG
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 67
Join date : 10.02.14
Age : 23
Lokasi : Lahat Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Syndrome GG on Wed 12 Feb 2014, 00:41

Administrator wrote:Banyak yg berpendapat seperti itu.
Tapi faktanya, itu didapat dari hasil 'kata orang'.
Jarang yg praktek langsung.
Padahal, ini cuma mitos aja.

Telur pertama menghasilkan anakan yg jelek hanya bila telurnya dibawah kualitas standart.
Entah kecil, tipis, kuning telur sedikit, dll, dsb.
Biasanya ini memang terjadi pada ayam betina yg baru pertama kali bertelur.
Jadi masalahnya bukan soal telur pertama atau ke 15. Tapi krn kualitas telurnya itu sendiri.
Ayam betina yg sudah cukup umur dan berkali2 nelur juga akan jelek2 anaknya bila telurnya tidak berkualitas.

Apa salahnya ditetaskan? Biar si betina belajar bertelur, mengeram dan mengasuh anaknya.
Toh nanti teluran ke 3, 4, 5, ditetaskan lagi.
Kecuali kita punya banyak sekali stok betina. Dari yg dere sampai yg berumur.
Barulah kita prioritaskan yg sudah berumur dulu.

waw makasih nih pak admin jadi nambah wawasan,apalagi kalo pak admin bisa kasih resep gimana cara untuk menghasilkan kualitas telur yang bagus,entah dari pakan atau rawatannya Smile

Syndrome GG
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 67
Join date : 10.02.14
Age : 23
Lokasi : Lahat Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Administrator on Wed 12 Feb 2014, 01:14

Syndrome GG wrote:waw makasih nih pak admin jadi nambah wawasan,apalagi kalo pak admin bisa kasih resep gimana cara untuk menghasilkan kualitas telur yang bagus,entah dari pakan atau rawatannya Smile
Kalau sudah mau bertelur, kasih pakan yg berprotein. Vitamin dan mineral yg cukup.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Syndrome GG on Wed 12 Feb 2014, 02:13

Administrator wrote:Kalau sudah mau bertelur, kasih pakan yg berprotein. Vitamin dan mineral yg cukup.

contohnya donk pak admin,maklum saya belum pernah nernak sebelumnya nih baru nyoba

Syndrome GG
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 67
Join date : 10.02.14
Age : 23
Lokasi : Lahat Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  f3ndyka on Thu 18 Dec 2014, 01:29

om, kalo ayam mau nelur dikasih jagung ama nasi aja terus sampe nelur, bagus gak ya?mohon pencerahan...

f3ndyka
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 70
Join date : 22.05.12
Lokasi : KODIM 0310 Kab.Sijunjung. Sumatera Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  ekotepong on Thu 18 Dec 2014, 05:03

Syndrome GG wrote:salam lestari

banyak temen saya bilang kalo babon yang baru pertama kali nelur anakannya masih jelek atau kurang bagus walau pacek dan babonnya bagus..
apakah itu benar??
mohon pencerahan

Kalo dibilang bagus atau jelek secara kualitas tarung...nggak kasih komen bang. Itukan tergantung kualitas tarung jago+babonnya babonnya dan kualitas jago+babonnya dlm hal kekuatan gennya menurunkan sifat2 baik yg dipunyainya.

Tapi kalo dibilang babon pertama kali nelur, bisalah kita anggap itu ayam muda. Dlm hal ini dilihat secara umum kualitas hasil anakan bila dibandingkan dgn umur, grafiknya seperti parabola. Dgn titik yg rendah di umur muda dan akan kembali ke titik terendah lagi di umur tua.
Secara umum yg dimaksud disini kualitas anakan bisa dilihat dari masalah ketahanan, masalah keragaman dlm ukuran, kecepatan tumbuh dll. Bisa juga dilihat dari kwantitas telur atau kwalitas telur yg dihasilkan (yg tentu bisa berpengaruh ke kwalitas anakannya juga). Itu sepanjang yg saya tau lo. Paling gak itu yg diyakini utk ayam2 konsumsi.

Jadi ada benarnya juga kalo dibilang, anakan pertama hasilnya kurang begitu bagus.

CMIIW

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: Keturunan pertama jelek?

Post  Sponsored content Today at 23:09


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik