ayam indonesia

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ayam indonesia

Post  Jagonantang on Sun 16 Mar 2014, 11:52

papaji sebagai paguyuban penggemar ayam di indonesia sudah selayaknya ikut mempopulerkan nama ayam lokal ataupun sebutan "ayam indonesia"
Diakui ayam bangkok adalah trah ayam aduan yg sudah terlanjur menyatu dengan telinga orang indonesia dan jawa khususnya.
Seolah menyebut "ayam bangkok" sebagai satu kebanggaan. Sampai sampai semua merek dagang produk lokal apapun untuk ayam aduan tertera tulisan "ayam bangkok"
Tidak mengapa, ......pertanyaannya adalah tidak bisakah kita berusaha dan bangga menyebut "ayam aduan" atau "ayam petarung" lebih lagi "ayam indonesia" ?
Pada kenyataannya sekarang banyak trah ayam aduan bermunculan, tak ubahnya bagai trend mode saja..

Maklum juga saya sebagai orang jawa. Dulu, semua angkot disebut 'colt' walaupun itu mobil merek lain.
Motorpun disebut honda walaupun merknya suzuki, semua orang bule dibilang londo. (belanda)

Sebagai orang ngerti dan sadar untuk kemandirian dan gengsi bangsa, apa gak sebaiknya kita berusaha membanggakan nama lokal?

Bagaimana bila penulisan judul yang tidak spesifik membahas ayam bangkok bisa ditulis dengan ayam aduan ataupun ayam petarung juga bisa ayam laga,....sukur sukur bisa ada embel embel 'indonesia'

Salam papaji

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Kembangsawit on Sun 16 Mar 2014, 13:12

Sulit juga om.karena menyangkut asal ayam itu sendiri dari satu titik negara thailand.

Ayam indonesia terkesan maksa.

Pakde hendro sudah menawarkan ayam kampung, ayam pasarnya yg otentik dengan ayam jawa alus.

Ayam indonesia banyak macamnya pelung,ciparage, dll

Ayam aduan indonesia. Kalau ditanya asal usulnya atau trah dari ayam apa? Ayam jaea, sumatera,kalimantan,bali,sulawesi,irian bali dan lain2

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  norick on Sun 16 Mar 2014, 17:40

betul sekali mas jago, padahal banyak sekali ayam endemik yg sangat berpotensi untuk di tarungkan
cuman sayang nya ayam ayam endemik indonesia relatif di adu dengan alat bantu pisau / taji bandik
sehingga takaran dalam tarung ayam mati,
padahal kalau di tolak ukur dari segi pukulan juga sangat akurat tak ubahnya ayam bangkok,tinggal
berat atau bobot pukulan bisa kita latih sebagaimana mestinya kita melatih pukulan ayam bangkok
dan untuk nyali juga bisa kita dongkrak dengan jejamuan tradisional atau pun obat"an produk dari luar
kalu sudah demikian kiranya ayam endemik juga akan topjroooottttt




bravo ayam endemik indonesia Basketball  Basketball  Basketball  Basketball  Basketball

norick
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 22.12.11
Age : 42
Lokasi : pontianak kal-bar

http://tanjungkarangframblog.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  kabayan on Sun 16 Mar 2014, 19:44

setuju, apalagi jika para peternak senior papaji dengan ilmu dan pengalamannya sudah mulai menyilangkan ayam asli indonesia,jadi produknya tidak akan di beri label ayam bk/birma ,dll. Sehingga kami sbg pemula akan mengikuti langkah positif yg dicontohkan para senior

kabayan
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 19.12.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Win Kastubi on Sun 16 Mar 2014, 21:06

Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?

Win Kastubi
Panglima
Panglima

Jumlah posting : 3555
Join date : 27.04.12
Lokasi : Jakarta Timur.. 0812-8867.8067 ; 0817-25.29.25...

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  jawara on Sun 16 Mar 2014, 21:27

Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?

Iya bang...
dtmpt sy jg gt.

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  black tunder on Sun 16 Mar 2014, 21:50

kfc ya pak kug bngt ayam ny yg dijemur, hehehehe

black tunder
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1205
Join date : 16.05.12
Lokasi : Sidoarjo - Nganjuk pin bb:75EC2611

http://www.facebook.com/dico.improve

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Modesto on Sun 16 Mar 2014, 22:32

Kalo cuma masalah ego sebagai orang Indonesia menurut saya sebaiknya tidak usah mengganti nama ayam. Kalo asalnya memang dari Thailand atau negara lain ya sebut aja ayam bangkok, ayam saigon, ayam birma, ayam brazil...dsb.

Nanti malah jadi bahan tertawaan di dunia internasional atau dituduh mengklaim asal usul hewan ayam aduan kalau ada orang luar negeri yg berusaha menelusuri asal usul "ayam Indonesia" yg ternyata ujung-ujungnya berasal dari Thailand, dsb.

Negara kita, masih punya banyak sekali hewan asli yg bisa dijadikan kebanggaan di seluruh dunia.

cmiiw.

 king

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Jagonantang on Sun 16 Mar 2014, 23:07

Kembangsawit wrote:Sulit juga om.karena menyangkut asal ayam itu sendiri dari satu titik negara thailand.

Ayam indonesia terkesan maksa.

Pakde hendro sudah menawarkan ayam kampung, ayam pasarnya yg otentik dengan ayam jawa alus.

Ayam indonesia banyak macamnya pelung,ciparage, dll

Ayam aduan indonesia. Kalau ditanya asal usulnya atau trah dari ayam apa? Ayam jaea, sumatera,kalimantan,bali,sulawesi,irian bali dan lain2
Siap! Sesulit apapun, pada dasarnya ada pada niatan. Ayam kampung juga oke.

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Jagonantang on Sun 16 Mar 2014, 23:11

Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?
Tidak harus, jawab saja bukan, ini ayam lokal (lahir dan gede disini, mungkin saja moyangnya dari sono)

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Jagonantang on Sun 16 Mar 2014, 23:14

black tunder wrote:kfc ya pak kug bngt ayam ny yg dijemur, hehehehe
 Very Happy   Very Happy 

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Jagonantang on Sun 16 Mar 2014, 23:24

Modesto wrote:Kalo cuma masalah ego sebagai orang Indonesia menurut saya sebaiknya tidak usah mengganti nama ayam. Kalo asalnya memang dari Thailand atau negara lain ya sebut aja ayam bangkok, ayam saigon, ayam birma, ayam brazil...dsb.

Nanti malah jadi bahan tertawaan di dunia internasional atau dituduh mengklaim asal usul hewan ayam aduan kalau ada orang luar negeri yg berusaha menelusuri asal usul "ayam Indonesia" yg ternyata ujung-ujungnya berasal dari Thailand, dsb.

Negara kita, masih punya banyak sekali hewan asli yg bisa dijadikan kebanggaan di seluruh dunia.

cmiiw.

 king
Ayam bangkok untuk diadu, ayam birma masuk indonesia juga untuk diadu, begitupun jenis dari mana ayam berasal. Akan lebih mengena bila kita sebut ayam aduan, ayam laga ataupun ayam petarung.

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Modesto on Sun 16 Mar 2014, 23:46

Jagonantang wrote:
Ayam bangkok untuk diadu, ayam birma masuk indonesia juga untuk diadu, begitupun jenis dari mana ayam berasal. Akan  lebih mengena bila kita sebut ayam aduan, ayam laga ataupun ayam petarung.
Logikanya emang begitu om.
Tapi yg namanya lidah agak sulit diajak kompromi, bukan hanya soal ayam, hal-hal lain pun banyak yg sebenernya kurang tepat istilahnya.

Pekerjaan berat om meluruskan istilah yg sudah kadung membudaya di masyarakat.

 king 

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  candisingo on Mon 17 Mar 2014, 00:08

alhamdulillah kebetulan sesuai ama tread e mas jagonantang

kebetulan juga ayam indonesia paling tidak udah terdengar namanya di daerah timur tengah tepatnya uni emirat arab dan daerah sekitar gulf sana serta pakistan mas

kebetulan pula komunitas fb,udah kirim ke sana via cargo pesawat dengan diperkenalkan namanya sebagai ayam jago

kenapa kita perkenalkan sebagai ayam jago,karna dari dulu ayam aduan di nusantara ini di sebut ayam jago hanya sesederhana itu aja alasannya kemaren

keuntungan ketika mereka tanya apa itu arti ayam jago
ayam mean chicken or rosster, jago mean fighter atau petarung dan setelah dengar penjelasan sederhana ini mereka langsung manggut manggut je

salam ayam jago nusantara " from indonesia to the world"

candisingo
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 305
Join date : 12.08.13
Age : 39
Lokasi : yogyakarta

http://candisingo.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  kilefarm on Mon 17 Mar 2014, 00:32

candisingo wrote:alhamdulillah kebetulan sesuai ama tread e mas jagonantang

kebetulan juga ayam indonesia paling tidak udah terdengar namanya di daerah timur tengah tepatnya uni emirat arab dan daerah sekitar gulf sana serta pakistan mas

kebetulan pula komunitas fb,udah kirim ke sana via cargo pesawat dengan diperkenalkan namanya sebagai ayam jago

kenapa kita perkenalkan sebagai ayam jago,karna dari dulu ayam aduan di nusantara ini di sebut ayam jago hanya sesederhana itu aja alasannya kemaren

keuntungan ketika mereka tanya apa itu arti ayam jago
ayam mean chicken or rosster, jago mean fighter atau petarung dan setelah dengar penjelasan sederhana ini mereka langsung manggut manggut je

salam ayam jago nusantara " from indonesia to the world"

mantap!!! mhn maaf pemula ijin nyimak...

kilefarm

Jumlah posting : 7
Join date : 29.04.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  candisingo on Mon 17 Mar 2014, 00:46

norick wrote:betul sekali mas jago, padahal banyak sekali ayam endemik yg sangat berpotensi untuk di tarungkan
cuman sayang nya ayam ayam endemik indonesia relatif di adu dengan alat bantu pisau / taji bandik
sehingga takaran dalam tarung ayam mati,
padahal kalau di tolak ukur dari segi pukulan juga sangat akurat tak ubahnya ayam bangkok,tinggal
berat atau bobot pukulan bisa kita latih sebagaimana mestinya kita melatih pukulan ayam bangkok
dan untuk nyali juga bisa kita dongkrak dengan jejamuan tradisional atau pun obat"an produk dari luar
kalu sudah demikian kiranya ayam endemik juga akan topjroooottttt




bravo ayam endemik indonesia Basketball  Basketball  Basketball  Basketball  Basketball
mas norick bisa minta tolong jamu-jamuan apa aja dari indo yang udah di kemas dengan baik mas?
soalnya mereka juga minta jamu-jamuan herbal dari indo sebagai pelengkap untuk perawatan ayam-ayam jago yg sudah di kirim kesana

candisingo
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 305
Join date : 12.08.13
Age : 39
Lokasi : yogyakarta

http://candisingo.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  losi on Mon 17 Mar 2014, 02:41

Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?


 lol! lol! lol! lol! 

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  candisingo on Mon 17 Mar 2014, 08:58

Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?

tetep jawab ayam bangkok aja mas sesuai omongan di dierah masing-masing
di thailand kalo di tanya seperti sampean mereka jawabnya gaichon...bukan jawab ayam thailand

di philipine mereka jawabnya texas chicken... bukan jawab ayam philipine

candisingo
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 305
Join date : 12.08.13
Age : 39
Lokasi : yogyakarta

http://candisingo.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  dedhe on Mon 17 Mar 2014, 09:01

Jagonantang wrote:
Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?
Tidak harus, jawab saja bukan, ini ayam lokal (lahir dan gede disini, mungkin saja moyangnya dari sono)

Orang Lewat : "Ayam Bangkok ya Pak??"
Saya : "Bukan Pak...... Ini ayam saya...  Very Happy  Very Happy "

dedhe
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1503
Join date : 16.01.13
Age : 34
Lokasi : Klender - Jakarta Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  jaghana on Mon 17 Mar 2014, 09:21

dedhe wrote:
Jagonantang wrote:
Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?
Tidak harus, jawab saja bukan, ini ayam lokal (lahir dan gede disini, mungkin saja moyangnya dari sono)

Orang Lewat : "Ayam Bangkok ya Pak??"
Saya            : "Bukan Pak...... Ini ayam saya...  Very Happy  Very Happy "
 Razz Razz Razz Razz Razz Razz 
ini niihh...

orang lewat : 'ayam bangkok ya pak?'
saya : 'ayam sini....ayam bangkok asalnya dari sini..trus dibawa n disilang di bangkok..trus balik lagi kesini...' ekekekkeke..tuh yg brumbun merah tempo hari abis matiin ayam dari bangkok (sambil menunjuk ke salah satu ayam)..eekekkekekkeke...
'yg item itu ayam muntilan, kata org sebrang disebut ayam pakoy..yg sana ayam gombong kata org bule superlock, sebelahnya ayam bantul yg pukul KO, yg ujung itu ayam sukabumi-sukanya nampar2 n nimpuk.'
 Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz 
 pirat 

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  aylos on Mon 17 Mar 2014, 14:56

jaghana wrote:
dedhe wrote:
Jagonantang wrote:
Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?
Tidak harus, jawab saja bukan, ini ayam lokal (lahir dan gede disini, mungkin saja moyangnya dari sono)

Orang Lewat : "Ayam Bangkok ya Pak??"
Saya            : "Bukan Pak...... Ini ayam saya...  Very Happy  Very Happy "
 Razz Razz Razz Razz Razz Razz 
ini niihh...

orang lewat : 'ayam bangkok ya pak?'
saya : 'ayam sini....ayam bangkok asalnya dari sini..trus dibawa n disilang di bangkok..trus balik   lagi kesini...' ekekekkeke..tuh yg brumbun merah tempo hari abis matiin ayam dari bangkok (sambil menunjuk ke salah satu ayam)..eekekkekekkeke...
'yg item itu ayam muntilan, kata org sebrang disebut ayam pakoy..yg sana ayam gombong kata org bule superlock, sebelahnya ayam bantul yg pukul KO, yg ujung itu ayam sukabumi-sukanya nampar2 n nimpuk.'
 Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz  Razz 
 pirat 


eduuuuunnnn

aylos
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 607
Join date : 27.06.10
Lokasi : semeru 108 bogor /08121110301

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  norick on Mon 17 Mar 2014, 20:36

ramuan jamu herbal diantaranya :
           

           daun binahong
           jahe merah
           temu ireng
           temu kuning
           kunir
           telur bebek
           madu murni
           cabe puyang

dari bahan tersebut di atas di blander tanpa di campur air,dan setelah dari ramuan tersebut
di aduk menjadi satu,di buat bulat" agak kecil dari ukuran kelereng,kemdian di jemur / di oven
sehingga butiran" jamu jadi mengering.7an nya biar ramuan tersebut tidak berjamur.
ramuan jamu herbal siap di kosumsi untuk sang jagoan.

norick
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 22.12.11
Age : 42
Lokasi : pontianak kal-bar

http://tanjungkarangframblog.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Hendro on Mon 17 Mar 2014, 21:21

Jagonantang wrote:papaji sebagai paguyuban penggemar ayam di indonesia sudah selayaknya ikut mempopulerkan nama ayam lokal ataupun sebutan "ayam indonesia"
Diakui ayam bangkok adalah trah ayam aduan yg sudah terlanjur menyatu dengan telinga orang indonesia dan jawa khususnya.
Seolah menyebut "ayam bangkok" sebagai satu kebanggaan. Sampai sampai semua merek dagang produk lokal apapun untuk ayam aduan tertera tulisan "ayam bangkok"
Tidak mengapa, ......pertanyaannya adalah tidak bisakah kita berusaha dan bangga menyebut "ayam aduan" atau "ayam petarung" lebih lagi "ayam indonesia" ?
Pada kenyataannya sekarang banyak trah ayam aduan bermunculan, tak ubahnya bagai trend mode saja..

Maklum juga saya sebagai orang jawa. Dulu, semua angkot disebut 'colt' walaupun itu mobil merek lain.
Motorpun disebut honda walaupun merknya suzuki, semua orang bule dibilang londo. (belanda)

Sebagai orang ngerti dan sadar untuk kemandirian dan gengsi bangsa, apa gak sebaiknya kita berusaha membanggakan nama lokal?

Bagaimana bila penulisan judul yang tidak spesifik membahas ayam bangkok bisa ditulis dengan ayam aduan ataupun ayam petarung juga bisa ayam laga,....sukur sukur bisa ada embel embel 'indonesia'

Salam papaji

Kalo pakai nama Indonesia takut nggak laku boss..ke..ke..ke..ke... Razz  Razz  Razz  Razz maklum aja masih banyak penghobi terutama pemula yang lebih suka dikibulin karena mereka silau dengan istilah2 yang berbau asing, makanya ayam kampung saya juga pakai istilah Rattapong, Pak Hoik, Tladung Tong, Mak Coy, Pek tay, Koyo Tai dll..ke...ke...ke...ke...ke... Razz  Razz  Razz  Razz 

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  yudi kristanto on Tue 18 Mar 2014, 19:07

Londo= orang bule
honda = motor
ayam birma=timpuk2
bk = ayam pinter
saigon = ayam bodoh tahan pukul
pakoy= Cangkul2
dll
salah kaprah yang terus di pelihara.....

yudi kristanto
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 11.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  nagageni212 on Wed 19 Mar 2014, 00:54

mirip klaim  dengan batik dan keris... Very Happy 

nagageni212
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 12.11.12
Lokasi : pengiriman alat berat dan mobil

http://www.arthatrans lintasbuana.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Sponsored content Today at 19:26


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik