memilih anakan ayam

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

memilih anakan ayam

Post  JERRYJELEK on Wed 28 Jul 2010, 22:06

om numpang tanya ya....

dr pengalaman om semua.....
apakah bisa memilih anakan ayam sedini mungkin...
jika bisa, apakah yg menjadi kriteria dasar untuk dpt memilih anakan ayam yg berumur 1 atau 2 bln....
tanpa melihat dr pacek atau biangnya <silsilah>....
kira2x berapa persen penilaian itu bisa benar...
jika tidak, umur berapa bulan anak ayam bsa diseleksi......

maaf jika ada salah kata

salam

JERRYJELEK
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 160
Join date : 20.06.10
Age : 32
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  jaghana on Thu 29 Jul 2010, 08:08

JERRYJELEK wrote:om numpang tanya ya....

dr pengalaman om semua.....
apakah bisa memilih anakan ayam sedini mungkin...
jika bisa, apakah yg menjadi kriteria dasar untuk dpt memilih anakan ayam yg berumur 1 atau 2 bln....
tanpa melihat dr pacek atau biangnya <silsilah>....
kira2x berapa persen penilaian itu bisa benar...
jika tidak, umur berapa bulan anak ayam bsa diseleksi......

maaf jika ada salah kata

salam

milih apanya nih..?? kalau jantan atau betinanya sih bisa aja....tapi kalau untuk kwalitas, ya mesti nunggu sampai bisa di gebrak..hehehe....
mungkin yg lain ada yg bisa.....!!

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  Administrator on Thu 29 Jul 2010, 09:33

Kayanya sulit deh....
Yg udah bisa digebrak aja bisa salah pilih. Apalagi umur 2 bulan...???

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  JERRYJELEK on Thu 29 Jul 2010, 15:12

jd kemungkinan utk mendpt ayam bagus dr umur sekitar 2 bln an kemungkinannya kecil banget ya......

JERRYJELEK
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 160
Join date : 20.06.10
Age : 32
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  irfan_dui on Thu 29 Jul 2010, 15:52

coba dikonsultasikan sama dedy corbuser dl mas, biasanya prediksinya jarang meleset
hehehhehe Very Happy

irfan_dui
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 08.06.10
Age : 35
Lokasi : yogyakarta 083840244401

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  JERRYJELEK on Thu 29 Jul 2010, 15:59

irfan_dui wrote:coba dikonsultasikan sama dedy corbuser dl mas, biasanya prediksinya jarang meleset
hehehhehe Very Happy

Laughing Shocked Laughing

JERRYJELEK
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 160
Join date : 20.06.10
Age : 32
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  Tamu on Thu 29 Jul 2010, 16:12

ayam adalah panggilan jiwa (gombal juga)..heheheheheheee

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  pak_tri on Thu 29 Jul 2010, 19:49

kita hanya bisa berharap.....klu udah besar bisa jadi jawara.....he he....

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  agus jitu on Fri 27 Aug 2010, 16:23

pakai indra ke-6 pak sesuai panggilan jiwa. biasanya yg kepala sisiknya persis pejantannya biasanya bagus

agus jitu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 20.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  Modesto on Tue 21 Sep 2010, 20:54

Kalo terpaksa menyortir karena anak ayamnya kebanyakan.....atau tempatnya ga cukup, dipilih yang kakinya besar besar aja mas jerry, atau bisa juga di singkirkan yang betina nya, jadi tinggal piara yang jantan aja... Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  flury_B_goat on Sat 25 Sep 2010, 10:12

JERRYJELEK wrote:om numpang tanya ya....

dr pengalaman om semua.....
apakah bisa memilih anakan ayam sedini mungkin...
jika bisa, apakah yg menjadi kriteria dasar untuk dpt memilih anakan ayam yg berumur 1 atau 2 bln....
tanpa melihat dr pacek atau biangnya <silsilah>....
kira2x berapa persen penilaian itu bisa benar...
jika tidak, umur berapa bulan anak ayam bsa diseleksi......

maaf jika ada salah kata

salam
menurut saya ketika harus memilih ayam anakan umur 2 bulanan, biasanya saya liat dari bentuk paruh dan kepala, pilihlah yang besar. biasanya anakan dengan kepala besar dan paruh besar akan cepat dalam pertumbuhan.
tetapi untuk melihat kwalitas ayam tetap harus nunggu sampai di gebrak dulu,
maka dari pada itu trah dari kedua indukan sangat peting perannya untuk mengetahui kwalitas anakan.

flury_B_goat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 63
Join date : 09.01.10
Lokasi : sEntOlO_wEst X-prOgO_DIY

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  Obey on Sat 23 Oct 2010, 22:16

Cara membedakan antara anakan jantan dan betina bagaimana ?

Obey

Jumlah posting : 3
Join date : 23.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  Marlone on Thu 28 Oct 2010, 21:28

kalo masalah milih pitik ....coba tanyakan sama om Bagyo..dia jagonya tuh
saya juga bingung pilihan dia dari kecil gak pnh meleset

Marlone
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 67
Join date : 27.11.08
Age : 28
Lokasi : Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  ardimashud on Sun 31 Oct 2010, 18:07

nimbrung mas, bagaimana cara cara sexing anakan baru menetas dilihat dari duburnya, kalo bisa beserta gambar. Trimakasih sebelumnya.

ardimashud
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 118
Join date : 07.10.10
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  den02 on Sun 31 Oct 2010, 21:39

ardimashud wrote:nimbrung mas, bagaimana cara cara sexing anakan baru menetas dilihat dari duburnya, kalo bisa beserta gambar. Trimakasih sebelumnya.

Ikutan ngantri juga..sekalian kalo ada videonya..heheh Laughing

den02
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 26.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  zin494 on Sun 31 Oct 2010, 23:38

Kalo secara teori sih mas diinternet ada kok. Ada dengan metode lihat duburnya, kalo ada tonjolan kecil katanya jantan (tapi saya belum tau prkteknya, krn setelah dicoba liat duburnya kedut2 terus hehe).trs ada yg liat dari bulu saya pertama atau kedua saya lupa(waktu umurnya msh bbrp hari)
Tapi kalo saya pribadi biasanya liat warnanya, secara umum jantan warnanya lebih terang (hitam kekuningan/putih) buat ayam dengan dasar hitam. Sedangkan betina cenderung lebih gelap bulu maupun kakinya.
Trs kalo jantan pertumbuhannya lebih cepat biasanya, sorot mata lebih tajam dan jengger serta kepala lebih merah (pd umur satu bulanan)
Tapi itu cuma kira2 aja mas, bisa benar bisa nggak. Kalo yg pasti pake metode yg diatas, lihat duburnya. Nanti coba liat videonya deh di youtube, kalo ada di share disini

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  hlukybp on Mon 01 Nov 2010, 09:38

Kalo saya, selain lihat jenggernya, liat ekornya mas. Selama pertumbuhan 0-2 bulan yg cepet tumbuh ekornya itu yg jantan. Dengan catatan anak ayam itu seumuran loh ya...

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  jokogledex on Mon 01 Nov 2010, 09:55

hlukybp wrote:Kalo saya, selain lihat jenggernya, liat ekornya mas. Selama pertumbuhan 0-2 bulan yg cepet tumbuh ekornya itu yg jantan. Dengan catatan anak ayam itu seumuran loh ya...
Punya saya malah yang cepet panjang ekornya seringnya yang betina.....

jokogledex
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 21.10.10
Age : 30
Lokasi : cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  hlukybp on Mon 01 Nov 2010, 10:20

Efektifnya menilai panjang ekor untuk memilih jantan/betina memang ada waktunya mas.
0-2 bulan(max) jantan lebih cepat panjang bulu ekor. Lewat waktu itu, betina yg cepat tumbuh ekor dan bulu lainnya. Kemudian pertumbuhan bulu betina seperti berhenti sedangkan jantan mulai berganti bulu rawis. Ini saya perhatikan dr usaha pembibitan ayam kampung saya. Masa beda sih ayam kampung ama ayam bangkok??? Mohon pencerahan...

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  jaghana on Mon 01 Nov 2010, 10:25

prhatikan mukanya mas mas skalian....klo warna jenggernya merah,pasti jantan....klo lihat dari bulu atau yg lain ..saya gak jamin...keeekeeeekeee... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  hlukybp on Mon 01 Nov 2010, 10:45

Jaghana bener tuh mas...
Tapi kalo blum keliatan jenggernya gimana dong?

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  jaghana on Mon 01 Nov 2010, 11:36

hlukybp wrote:Jaghana bener tuh mas...
Tapi kalo blum keliatan jenggernya gimana dong?

jengger memang blm kliatan pak haji lucky....tapi warnanya itu lhoo....klo btina,warnanya pucat...
tapi kalau jantan pink tua atau merah..... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  zin494 on Mon 01 Nov 2010, 21:46


ini metodenya dengan melihat bulu primer kutuk, tp ga tau bs untuk ayam bangkok apa nggak

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  ardimashud on Tue 16 Nov 2010, 00:30

makasih boss, bisa buat referensi. maksudnya kalo tau jantan betina sedini mungkin, mungkin langsung bisa kita kelompokkan yg jantan dan betina, ato yg betina kita sendirikan, selain lbih intensif dalam perawatan yang jantan, juga bisa hemat pakan. krn selama ini saya bs liat jantan betina setelah umur sebulan.

ardimashud
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 118
Join date : 07.10.10
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  ronggo on Thu 02 Dec 2010, 15:52

nah om saya juga mau tanya tentang ini bagaimana nih om solusinya

ronggo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 119
Join date : 01.12.10
Age : 21
Lokasi : komplek TNI AU asrama AURI jl.cesna no 20 rembiga mataram NTB

Kembali Ke Atas Go down

Re: memilih anakan ayam

Post  Sponsored content Today at 16:59


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik