Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  kocu on Fri 03 Apr 2009, 16:15

Salam PAPAJI...

Mohon pencerahannya, saya punya anak ayam umur 3 hr, apa yg harus saya lakukan terhadap anak ayam tersebut agar tumbuh dengan sempurna dan tidak mudah kena penyakit?
Pakan apa yg harus sy berikan ( skrg dah berumur 3 hari ) sampai ayam tersebut siap untuk dilatih ( 7 bulan)?
Atas pencerahannya saya ucapkan banyak2 terima kasih... Laughing Laughing Laughing



Salam,


Kocu

kocu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 92
Join date : 05.02.09
Lokasi : Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  kocu on Tue 14 Apr 2009, 13:34

kocu wrote:Salam PAPAJI...

Mohon pencerahannya, saya punya anak ayam umur 3 hr, apa yg harus saya lakukan terhadap anak ayam tersebut agar tumbuh dengan sempurna dan tidak mudah kena penyakit?
Pakan apa yg harus sy berikan ( skrg dah berumur 3 hari ) sampai ayam tersebut siap untuk dilatih ( 7 bulan)?
Atas pencerahannya saya ucapkan banyak2 terima kasih... Laughing Laughing Laughing



Salam,


Kocu

Halloooo......
Rolling Eyes Rolling Eyes bounce bounce Question Question Exclamation Exclamation Arrow Sad Sad Sad

kocu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 92
Join date : 05.02.09
Lokasi : Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

pakan anak ayam

Post  Jagonantang on Tue 14 Apr 2009, 16:56

bang kocu,
secara umum,pakan ayam,juga anak ayam,semua kita sudah mengetahuinya,..
dari saya spt yang sudah sering saya lakukan,0 sampai 3 hari pertama,anak ayam belum mutlak perlu asupan makanan,maksud saya,tidak diberi makanpun itu ayam tidak akan berpengaruh,namun kita secara otomatis,begitu kita angkat,pasti kita sibuk mempersiapkan segala sesuatunya,termasuk makan dan minumnya,..
Yang paling sederhana saya biasa berikan pur halus yg banyak dijual di poultry shop,itu sampai dua bulan pertama,setelah itu,kita berikan pur kasar 512,dicampur dengan dedek,dengan perbandingan 50/50.
Setelah 4 bulan,'kenalkan' dengan makanan kasar,..itu bisa berupa jagung giling,beras merah,ataupun gabah yang sudah diolah,sebagai menu tambahannya.
Nah itu makanan utamanya,....
Makanan lainnya, yang mungkin setiap orang akan punya resep masing masing,yang konon bisa mempercepat pertumbuhan,menguatkan tulang,mencerdaskan otak,mengkilapkan bulu,menjauhkan penyakit,dll,......diantaranya yang sering saya dengar;..ada pur babi,pur anjing,susu,kalsium,mineral B,minyak ikan,ikan,bekicot,telor,dll.tentunya dengan takaran tertentu.
Begitu saja dari saya,barangkali ada yang bisa memberikan masukan yang lebih detil dan ilmiah,..
Silahkan,..

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  Jhon Gultom on Wed 15 Apr 2009, 09:05

setuju om,

untuk saran menu makanannya, itu semua tergantung kebiasaan dan keuangannya juga untuk suplemen tambahan seperti yang yg sudah di sebutkan diatas. yang normal sih pake pur campur dedak. trus klo dah 6 bulanan ya pake beras merah dan gabah aja.

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 33
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  kocu on Wed 15 Apr 2009, 09:43

Jagonantang wrote:bang kocu,
secara umum,pakan ayam,juga anak ayam,semua kita sudah mengetahuinya,..
dari saya spt yang sudah sering saya lakukan,0 sampai 3 hari pertama,anak ayam belum mutlak perlu asupan makanan,maksud saya,tidak diberi makanpun itu ayam tidak akan berpengaruh,namun kita secara otomatis,begitu kita angkat,pasti kita sibuk mempersiapkan segala sesuatunya,termasuk makan dan minumnya,..
Yang paling sederhana saya biasa berikan pur halus yg banyak dijual di poultry shop,itu sampai dua bulan pertama,setelah itu,kita berikan pur kasar 512,dicampur dengan dedek,dengan perbandingan 50/50.
Setelah 4 bulan,'kenalkan' dengan makanan kasar,..itu bisa berupa jagung giling,beras merah,ataupun gabah yang sudah diolah,sebagai menu tambahannya.
Nah itu makanan utamanya,....
Makanan lainnya, yang mungkin setiap orang akan punya resep masing masing,yang konon bisa mempercepat pertumbuhan,menguatkan tulang,mencerdaskan otak,mengkilapkan bulu,menjauhkan penyakit,dll,......diantaranya yang sering saya dengar;..ada pur babi,pur anjing,susu,kalsium,mineral B,minyak ikan,ikan,bekicot,telor,dll.tentunya dengan takaran tertentu.
Begitu saja dari saya,barangkali ada yang bisa memberikan masukan yang lebih detil dan ilmiah,..
Silahkan,..

Salam PAPAJI...

Terima kasih atas masukan dan saran2nya mas jagonantang dan mas john, tp utk yangmakanan lainnya itu diberikan pada ayam umur berapa (apa waktu masih kecil) dan takarannya dr makanan bormalnya berapa?
maaf banyak nanya, sy baru belajar beternak ayam mas....
atas masukan dan sarannya saya ucapkan terima kasih banyak....


Salam,


Kocu

kocu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 92
Join date : 05.02.09
Lokasi : Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  Jhon Gultom on Wed 15 Apr 2009, 12:52

kalo saya sih palingan purnya di campur pur babi aja 1:3 yg 3 pur 512nya dan di campur sama nasi juga. setelah umur 3 bulan 2hr sekali di kasih kalk setengah butir untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang. tp harus sering2 di umbar juga biar bisa berjemur dan ngipu(mandi pasir/tanah). klo ga ada kalk ya di air minumnya di campur CDR aja yg sering kita minum itu 3hr sekali aja pemberiannya.
mudah2an sih ukuran, tulangan sesuai dengan harapan.

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 33
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  kocu on Wed 15 Apr 2009, 13:24

john wrote:kalo saya sih palingan purnya di campur pur babi aja 1:3 yg 3 pur 512nya dan di campur sama nasi juga. setelah umur 3 bulan 2hr sekali di kasih kalk setengah butir untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang. tp harus sering2 di umbar juga biar bisa berjemur dan ngipu(mandi pasir/tanah). klo ga ada kalk ya di air minumnya di campur CDR aja yg sering kita minum itu 3hr sekali aja pemberiannya.
mudah2an sih ukuran, tulangan sesuai dengan harapan.

Salam PAPAJI..........

Jadi mas john sebelum umur 3 bln dikasih 311 aja ya....
ok dech kl gt, terima kasih banyak atas bimbingannya mas john...

Salam,


Kocu

kocu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 92
Join date : 05.02.09
Lokasi : Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  anakurik on Thu 07 May 2009, 09:13

pur dengan dedak 2 ape bezanye ek..saya xberape faham la..

anakurik

Jumlah posting : 8
Join date : 07.05.09
Age : 29
Lokasi : terngganu, malaysia

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  kesawan on Mon 29 Jun 2009, 15:47

anakurik wrote:pur dengan dedak 2 ape bezanye ek..saya xberape faham la..

Pur adalah makanan yang telah jadi dibuat di pabrik. Dedak atau bekatul adala sisa penggilingan dari padi menjadi beras...

demikian.. CMIIW

kesawan
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 23.06.09
Age : 39
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

ngirit duit

Post  mas anto klaten on Sun 13 Dec 2009, 15:45

kalau saya ya karna dana terbatas ayam umur 1-1,5 bln 591, setelah dua bulan dikasih voor sesuai tingkat umur 0,5kg dicampur bekatul 1, meneral sedikit, vitamin secukupnya, dan jagung giling (AB)0,5kg. dengan campuran tersebut biaya bisa ditekan dan ayam tetep bagus ketika dah besar. mohon bila ada yang kurang harap ditambah atau dikoreksi lagi. maturnuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  cobain on Sun 13 Dec 2009, 19:04

kasih tambahan nasi yg belum terlalu matang katanya bisa nggedin badan,,,,,,,,,,,,,badan jadi cepet mekar

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  sandri on Sun 13 Dec 2009, 22:14

kalo sya sih biasany umr 0-2bln tk kasih por BR 1 yg dpt dri peternak ayam potong..untuk penggemukan..
umur 2-3bln tk ksh BR 2..
umr 3-4,5 bln tk kasih por tulang ato Por 91 buat tulangannya..
umr 4,5-6bln tak kasih por 94 buat dagingannya..
perlu catatan bahwa Pakan Por itu baik untuk pertumbuhan badan,bulu,.dgn catatan bahwa ayam itu akan terpenuhi asupan gizinya..
setelah itu tak kasih pakan beras merah campur jagung dgn prbandingan 1kg beras merah dicampur 3kg jagung..hal itu dimaksudkan agar ayam itu bisa lbh bsar bahunya diberi beras merah sedangkan untuk jagung dgn anggapan bahwa akan ad proses diet n pnguatan tulang serta pengerasan daging sehingga ayam itu mempunyai tulangan,dagingan serta struktur tbuh yg baik..
NB: kalo umur 0-4,5 bln sebaiknya por itu dcampur dgn susu bubuk perbandingannya 1:3..

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  BoNcUe on Mon 14 Dec 2009, 09:42

DOC smpai umur 1bln kbiasaan saya bri poor b511 yg d'cmpur susu bubuk skim atau susu bubuk lain,ckup yg murah2 aj mas susux..D'beri minum vitachik..
Umur 1bln s/d 2bln ckup d'beri poor 511 d'cmpur 521..
2 bln s/d 7bln bru saya beri ransum bsah cmpuran,,cmpuranx b511,meniran,jagung,n dedak halus,,prbndinganx 1:1:1:2 atw 2,5.
Stiap pmberianx saya basahi dlu dgn air pnas,,n d'tnggu smpai agak dingin.
Kalk,minyak ikan,atw vit n suplemen lain berikan sesuai dgn selera mas aj.

BoNcUe
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 15.08.09
Lokasi : FAK PETERNAKAN UNIVESITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh. NAD

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  ipul on Tue 09 Feb 2010, 18:13

kalo toge gemana,... soalnya saya nyoba kasih toge dari ayam 2 minggu sampe paceknya doyan toge sehari bisa 1 plastik kresek abis ^^,..
makanya sekarang setiap pagi beli toge yang second ajah murahan ^^,.. cuma ngga tau bagus ngga buat ayam ,..
tolong bagus ngga kasih toge ^^

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  arif on Tue 09 Feb 2010, 18:33

ipul wrote:kalo toge gemana,... soalnya saya nyoba kasih toge dari ayam 2 minggu sampe paceknya doyan toge sehari bisa 1 plastik kresek abis ^^,..
makanya sekarang setiap pagi beli toge yang second ajah murahan ^^,.. cuma ngga tau bagus ngga buat ayam ,..
tolong bagus ngga kasih toge ^^

Toge bagus Mas, banyak mengandung Vitamin dan serat. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  ipul on Tue 09 Feb 2010, 19:21

iya mas pas saya taya ke mbah google ternyata banyak kegunaan toge tersebut

1.Protein taoge lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya
2.mengandung banyak serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran
3.estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.
4.Saponin taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh
5.taoge kaya akan zat antioksidan
6.Manfaat LainnyaKarena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan
7.mengandung Vitamin E

kalo buat manusia bisa mngilangkan lemak jahat dan mencegah kanker

kalo buat ayam mantap buat tulang tuh

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  arif on Wed 10 Feb 2010, 08:03

ipul wrote:iya mas pas saya taya ke mbah google ternyata banyak kegunaan toge tersebut

1.Protein taoge lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya
2.mengandung banyak serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran
3.estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.
4.Saponin taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh
5.taoge kaya akan zat antioksidan
6.Manfaat LainnyaKarena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan
7.mengandung Vitamin E

kalo buat manusia bisa mngilangkan lemak jahat dan mencegah kanker

kalo buat ayam mantap buat tulang tuh

Benar Mas, tapi estrogen buat wanita lo ya.. Bukan buat pria.. Kalau kebanyakan estrogen bisa sedikit berubah sifat pria.. lembut gemulai.. hehe.. Very Happy

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  Tamu on Thu 11 Feb 2010, 21:18

kalo toge mendingan buat dara2 apa betina
biar cepet nelor
he.he.he..

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

pakan ayam

Post  udinaja on Tue 02 Mar 2010, 21:16

untuk pakan ayam saya pernah membca pd blog seseorang(lupa namanya-maaf).di blognya dia menyebutkan utk aym umr 0-2 bln ckp di beri pkn 511..stlh umr 2 bln dia memberi pkn yg disbtnya sbgai frmula 280 yakni 20% premix(konsntrat) aym petelur +80% dedak(katul) tp rawatan umr 2 bln ke atas dgn sstm umbaran,jd aym di biarkan bbs mencri mkn pendkg lainy.selain itu sy jg prnh mmbc pakan altrntf lainy yakni dedak di frmentsikan dgn 2% ragi tempe.salam.

udinaja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 128
Join date : 02.02.10
Age : 36
Lokasi : bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  bengkulu on Fri 16 Apr 2010, 09:35

kocu wrote:
Jagonantang wrote:bang kocu,
secara umum,pakan ayam,juga anak ayam,semua kita sudah mengetahuinya,..
dari saya spt yang sudah sering saya lakukan,0 sampai 3 hari pertama,anak ayam belum mutlak perlu asupan makanan,maksud saya,tidak diberi makanpun itu ayam tidak akan berpengaruh,namun kita secara otomatis,begitu kita angkat,pasti kita sibuk mempersiapkan segala sesuatunya,termasuk makan dan minumnya,..
Yang paling sederhana saya biasa berikan pur halus yg banyak dijual di poultry shop,itu sampai dua bulan pertama,setelah itu,kita berikan pur kasar 512,dicampur dengan dedek,dengan perbandingan 50/50.
Setelah 4 bulan,'kenalkan' dengan makanan kasar,..itu bisa berupa jagung giling,beras merah,ataupun gabah yang sudah diolah,sebagai menu tambahannya.
Nah itu makanan utamanya,....
Makanan lainnya, yang mungkin setiap orang akan punya resep masing masing,yang konon bisa mempercepat pertumbuhan,menguatkan tulang,mencerdaskan otak,mengkilapkan bulu,menjauhkan penyakit,dll,......diantaranya yang sering saya dengar;..ada pur babi,pur anjing,susu,kalsium,mineral B,minyak ikan,ikan,bekicot,telor,dll.tentunya dengan takaran tertentu.
Begitu saja dari saya,barangkali ada yang bisa memberikan masukan yang lebih detil dan ilmiah,..
Silahkan,..

Salam PAPAJI...

Terima kasih atas masukan dan saran2nya mas jagonantang dan mas john, tp utk yangmakanan lainnya itu diberikan pada ayam umur berapa (apa waktu masih kecil) dan takarannya dr makanan bormalnya berapa?
maaf banyak nanya, sy baru belajar beternak ayam mas....
atas masukan dan sarannya saya ucapkan terima kasih banyak....


Salam,


Kocu

jangan lupa kasih sayur2an yg dicincang kedalam adonan dedak n foor untuk seminggu 2 atau 3 kali. lbh sering lbh bagus

bengkulu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 93
Join date : 13.12.09
Age : 43
Lokasi : bengkulu

Kembali Ke Atas Go down

mencetak ayam mejadi besar /ukuran maksimal

Post  januh on Mon 31 May 2010, 13:33

kalo d daerah sy,ayam2 yg suka d abar itu ukuran nya 7.maks 8,jd k kalo size 10 tuh kya nya plng gede utk ukuran ayam adu,sy pernah 1 kali liat ayam se gede itu,selain jengger nya kecil,bdn tinggi bsr,tegak,kluruk nya pendek n kenceng bgt,keren poko nya,tpi syng ayam nya ga d jual/ga bsa d pnjm buat pacek,mulai saat tu sy pnya cita2 pgn pnya ayam segede itu tp sy rawat dr DOC smpe gede!cuma ya itu,dah 5thn tpi blm ada hasil,mohon nasehat nya


Terakhir diubah oleh januh tanggal Wed 02 Jun 2010, 08:28, total 1 kali diubah (Reason for editing : putus asa)

januh

Jumlah posting : 1
Join date : 31.05.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  Administrator on Mon 31 May 2010, 17:45

januh wrote:Assalamualaikum,mohon bantuan nasehat nya pd para sesepuh papaji,,sudah 5athn sy memelihara jago,keinginan saya utk memiliki ayam jago dgn ukuran 10 dr hasil ternakan sendiri sampai saat ini blm trcapai,pdhl D0C yg saya dpt dr prtma sy pelihara,berasal dr biang & pacek yg besar.sktr ukuran 11kya nya!saat ini sy memiliki 15ekor jantan usia 2bln,dr 3biang,sedangkan ayam2 yg lain sudah sy lego semua.krna ukuran nya paling mentok 7-8.buat sy yg penting ayam tinggi besar gagah,soal tarung mah biarin keok jga.mhn pencerahan nya para sesepuh...terima ksh pale

Ukuran 10 itu berat berapa mas...??
Terkadang, lain daerah, lain standart ukuran. Bahkan dari satu daerahpun, masing2 orang belum tentu sama standart ukurannya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6432
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  cece on Mon 31 May 2010, 22:06

Betul mas admin,kalo tempat saya ukuran pake tinggi.kalo berat terserah,yg penting yg puny sepakat,jd deh

cece
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 57
Join date : 13.04.10
Age : 33
Lokasi : Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  opik_98 on Tue 01 Jun 2010, 20:10

cece wrote:Betul mas admin,kalo tempat saya ukuran pake tinggi.kalo berat terserah,yg penting yg puny sepakat,jd deh
sama mas dtmpt saya juga klo berat ga diitung yang penting tinggi ma pinggangan trus yang punya brani ya jadi

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  Administrator on Tue 01 Jun 2010, 21:11

Kita memang belum terbiasa pakai timbangan.
Kalau di kalangan, ya tidak masalah. Yg penting sama2 cocok, jadi deh...

Masalah timbul kalau di forum ada yg cerita punya ayam ukuran 8 (misalnya). Standart ukuran 8 bagi saya dan orang lain khan beda...

Lain hal kalau sebut ukuran berat. Misalnya, berat saya 60kg. Atau ayam sy berat 3,2kg.
Bisa dikira2 seperti apa ukuran posturnya.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6432
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam Umur 0 s/d siap tarung

Post  Sponsored content Today at 15:30


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik