makan serat ( lamat ) pelepah pisang ( gedebog )

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

makan serat ( lamat ) pelepah pisang ( gedebog )

Post  anang dedi k on Fri 25 Jul 2014, 10:27

salam papajiers,,apakah kalau ayam makan serat/ lamat pelepah pisang/ gedebog (;bhs jawa) akan menggangu pencernaan ayam dan susah banget tuk dicerna,,dan kl iy bgamana cara menanggulanginya,,
kata ortu q n tetangga ku yang dah pd pengalaman mngtakan demikian,,jdi ayam lama2 akan kurus n sakit,,tp waktu di tanya cara menanggulangi nya gak twu,,,ada yang bisa kasih info at masukan pa gak yah,,,

anang dedi k
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 87
Join date : 10.01.12
Age : 30
Lokasi : Cilacap_Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: makan serat ( lamat ) pelepah pisang ( gedebog )

Post  AlfaFarm Baturraden on Fri 25 Jul 2014, 11:23

Di tempat saya, ada pohon pisang yang sampai roboh karena tiap hari dimakanin gerombolan ayam, dan setelah roboh pun masih suka dimakanin, tidak tau apa yang dicari, mungkin mencari kesegaran yang ada digedebog itu, untuk efek dari makan gedebog belum keliatan... masih seperti biasa... tidak kurus dan alhamdulillah sehat... [senyum]

AlfaFarm Baturraden
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 82
Join date : 26.06.14
Age : 28
Lokasi : Baturraden Purwokerto Banyumas Jawa Tengah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: makan serat ( lamat ) pelepah pisang ( gedebog )

Post  dhekoko on Sat 26 Jul 2014, 19:16

kalo saya pernah ngalamin waktu dapat kiriman ayam dari teman papaji, ayam dikirim via kereta pake kiso, dasar kiso dikasih pelepah pisang. nyampe kandang, setelah 2hari tembolok ayam nggak mau turun. akhirnya tembolok saya bedah. dalamnya ada pelepah pisang yg nggak bisa dicerna tembolok.Very HappyVery Happy

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: makan serat ( lamat ) pelepah pisang ( gedebog )

Post  anang dedi k on Sat 26 Jul 2014, 19:35

dhekoko wrote:kalo saya pernah ngalamin waktu dapat kiriman ayam dari teman papaji, ayam dikirim via kereta pake kiso, dasar kiso dikasih pelepah pisang. nyampe kandang, setelah 2hari tembolok ayam nggak mau turun. akhirnya tembolok saya bedah. dalamnya ada pelepah pisang yg nggak bisa dicerna tembolok.Very HappyVery Happy

nah ada cara nurunin tuh tembolok krna serat pelepah pisang gak,,kt ortu n teman sy tuh agk susah lama bnget tuk bs dicerna..

anang dedi k
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 87
Join date : 10.01.12
Age : 30
Lokasi : Cilacap_Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: makan serat ( lamat ) pelepah pisang ( gedebog )

Post  Cecep Karawang on Sun 27 Jul 2014, 07:59

Tembolok tidak turun kasih lidah buaya aja (daging dan lendirnya) pagi sore selama 2 hari, biasanya satu kali kasih sudah turun, namun spy pencernaannya bagus dilanjutkan saja selama 2 hari.
Selamat mencoba, semoga berhasil. Salam Guyub

Cecep Karawang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 324
Join date : 19.11.13
Age : 46
Lokasi : Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: makan serat ( lamat ) pelepah pisang ( gedebog )

Post  Akbar BTM on Sun 27 Jul 2014, 08:33

Untuk tembolok tidak turun saya sudah mencoba menggunakan kerupuk yang dibasahi sampe lembek lalu dilolohkan pada ayam(saya baca dari salah satu thread di sini) alhamdulillah temboloknya turun,jangan dulu di bedah bang kasian ayamnya,hehehehe...kebetulan di sebelah kandang ada kebun tempat ngumbar bebas ayam,beberapa ayam suka makanin dun pisang dan pelepah pisang yang sudah ditebang dan tidak apa2, semuanya sehat2...saya rasa selama ayam sehat dan pencernaannya tidak terganggu tidak akan apa2 bang...mohon maaf bila salah maklum pemula,,,
Salam Guyub

Akbar BTM
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 344
Join date : 19.06.14
Age : 27
Lokasi : Cicadas, Bandung 0857-2227-3210

Kembali Ke Atas Go down

Re: makan serat ( lamat ) pelepah pisang ( gedebog )

Post  Sponsored content Today at 07:05


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik