Vaksin untuk kekebalan

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Vaksin untuk kekebalan

Post  jaghana on Thu 12 Aug 2010, 15:55

Mohon pencerahan, uraian : jenis, nama dan cara pemakaian VAKSIN yang baik dan benar untuk kekebalan. trims...

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  ari delta on Thu 12 Aug 2010, 19:43

jaghana wrote:Mohon pencerahan, uraian : jenis, nama dan cara pemakaian VAKSIN yang baik dan benar untuk kekebalan. trims...
Kebal terhadap apa Mas? Pukulan ayam lawan atau taji ayam lawan.. He..He..He..(canda abis) peace...

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  arif on Thu 12 Aug 2010, 22:27

Kalau yang Mas maksud vaksin untuk preventif dari beberapa jenis penyakit, yang lengkap ikuti tata cara vaksinasi untuk ayam petelur (mungkin mas punya rekan atau sauadara atau kenalan yang punya peternakan ayam petelur, Mas bisa tanya dia).

kalau untuk yang sederhana, mungkin ini banyak juga yang coba, setidaknya vaksin untuk ND rutin dalam jangka waktu tertentu. karena ND adalah penyakit yang sangat sering berjangkit dan berbahaya.

jika memungkinkan juga bisa divaksin untuk flu burung.

silahkan ditambahkan lagi. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  jaghana on Fri 13 Aug 2010, 10:45

mohon diulas yg selengkap lengkapnya mengenai vaksin kekebalan terhdap penyakit...
maaf,mungkin sebelumnya sudah dibahas..tapi untuk menghemat waktu daripada cari2 postingan lama,saya angkat lagi....lagi pula yang lama juga harus di update kan..!!

permasalahannya adalah...belum lama ini wabah menyerang ternak saya (bukan yg dirumah)...
padahal vaksin sudah dilakukan secara rutin. dan penanganan terhadap yg sakit juga terasa sudah maksimal menurut sang 'perawat'. tetapi pada akhirnya kita cuma bisa 'pasrah'...satu persatu ayam tumbang juga. senbenarnya penyakit yang menyerang tidak terlalu berbahaya,cuma pilek/snot.dan belakangan babon2 tidak menunjukkan gejala sakit,tidak ngorok,tetapi tiba2 lemas dan kotorannyaberwrna kuning.

ditunggu sarannya...trims.


jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Vaksinasi

Post  Administrator on Sat 14 Aug 2010, 00:46

Rumus melakukan vaksin : 444
Artinya : dilakukan ketika umur ayam 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan. Selanjutnya diulang tiap 4 bulan sekali.
Vaksin ada bermacam2 tergantung penyakit apa yg ingin kita imunisasi.
Ada H5N1, Gumboro, Marek, ND, dll, dsb.
Malah utk ND ada bermacam strain lagi.

Tapi bagi saya, yg paling penting adlh ND (newcastle desease/tetelo). Ini adlh penyakit yg paling umum, mematikan dan paling sering menjangkit ayam2 peliharaan.
Vaksin yg digunakan adlh produk dalam negri (medivac) dgn pertimbangan, strain yg dikembangkan oleh produsen dalam negri sesuai dgn strain virus yg berkembang disini.
Vaksin buatan luar negri biasanya dikembangkan berdasar strain virus yg ada disana.

Utk H5N1, sy pernah baca, lebih baik tidak usah di vaksin krn kecenderungan peternak Indonesia (khususnya ayam aduan) tidak disiplin dalam vaksinasi. Kalau tidak disiplin, virus H5N1 bisa bermutasi dan dikhawatirkan bertambah kebal akhirnya bisa menyerang manusia.

CMIIW



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  pak_tri on Sat 14 Aug 2010, 04:59

mas Admin....kalau vaksin ND pakai rumus 333 bisa nggak....!!!
vaksin berikutnya 3 bln sekali......
trimakasih....

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  edismaba on Sat 14 Aug 2010, 08:15

klo sya rutin 3 bulan sekali wajib vaksin ND
Ya Alhamdulillah aman2 ja ayam dari penyakit

edismaba
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 20.01.10
Age : 35
Lokasi : Situbondo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  Administrator on Sat 14 Aug 2010, 08:50

pak_tri wrote: mas Admin....kalau vaksin ND pakai rumus 333 bisa nggak....!!!
vaksin berikutnya 3 bln sekali......

Boleh aja pak...
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  fahrudin m.efendi on Sat 14 Aug 2010, 09:09

Apa yg disampaikan bang Admin betul....untuk rumus Vaksinasi ND pakai 4 hri,4minggu &4 bulan... Sedikit saya tambahkan...bahwa untuk jarak vaksinasi antara 4 minggu ke 4 bulan cukup jauh, sehingga cukup rawan untuk diterapkan saat ini. Apalagi cuaca yg ga menentu/musim pancaroba. Teorinya: setelah vaksin dimasukkan ke dalam tubuh,akan bereaksi dan membentuk kekebalan yang mencapai puncaknya pada h+14. Kemudian turun perlahan dan memcapai titik nol pada h+60. Inipun tergantung ketahanan tubuh ayam terhadap challenge "Virus lapangan". Kalo ingin mendapatkan kekebalan yang berkelanjutan,disarankan Vaksinasi dengan jenis Kill/inActive dengan injectie Intra Musculair pada umur 3-4 bulan. PT Medion/Medivac sdh memproduksi dalam kemasan 100 ekor.
Untuk itu,Biosecurity wajib dijlankan dengan tegas.... Bio Security yg dimaksud adalah:
1.Sanitasi/kebersihan kandang dan lingkungan
2. Desinfeksi/penyemprotan secara rutin kdg dan lingkungan
3. Isolasi/tidak gampang memasukan ayam bangkok lain ke kdg kita.

Sementara untuk vaksinasi H5N1/AI/Flu Burung, sebaiknya tdk perlu dijalankan....mengingat varian virus ini sangat melebar( Varian H ada 9;varian N ada 13). Sehingga pengebalanya sangat sulit dilakukan. Kalo ga2l,kita bisa mencetak virus dengan varian baru.

Sedikit yg saya sampaikan,semoga bermanfaat


Very Happy

fahrudin m.efendi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 545
Join date : 24.06.10
Age : 42
Lokasi : Griya Permata Asri C8/7 Serang.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  one-dhi on Mon 16 Aug 2010, 00:00

ikut nimbrung bertanya mas,
metode vaksinasi 333/444 apakah dilakukan dengan vaksin yang sama?
misal saya hanya punya 1ekor anak ayam kemudian saya kasih lasota 50mg sisanya saya simpan untuk diberikan pada tahapan berikutnya.
bagaimanakah penyimpanan vaksin yang baik dan benar?
terimakasih.

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  fahrudin m.efendi on Mon 16 Aug 2010, 09:07

onedhi wrote:ikut nimbrung bertanya mas,
metode vaksinasi 333/444 apakah dilakukan dengan vaksin yang sama?
misal saya hanya punya 1ekor anak ayam kemudian saya kasih lasota 50mg sisanya saya simpan untuk diberikan pada tahapan berikutnya.
bagaimanakah penyimpanan vaksin yang baik dan benar?
terimakasih.
Methode vaksinasi berbeda di umur 3 hari saja. Umur 3 hari dengan tetes mata. untuk selanjutnya dengan diminumkan/dicekok.
Vaksin yang sudah dibuka dan dicampur dengan pelarut(dilluent,air minum) harus habis dalam waktu 2 jam. Krn setelah 2 jam,potensi vaksin akan turun. Jadi tidak disarankan untuk disimpan lagi. istilahnya habis/ga habis harus dibuang.
Penyimpanan vaksin yang baik dan benar adalah dikulkas dengan suhu 4 - 8 derajat C. Sedikit yg dapat saya berikan semoga bermanfaat. Tks

fahrudin m.efendi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 545
Join date : 24.06.10
Age : 42
Lokasi : Griya Permata Asri C8/7 Serang.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  jaghana on Mon 16 Aug 2010, 09:40

Luar Biasa....penjelasan yang sangat bagus....trims...
mungkin ada teman2 yang mau nambahin...silahkan... pirat pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  one-dhi on Mon 16 Aug 2010, 11:17

terimakasih atas pencerahanya mas fahrudin m.efendi,cuma saya msh kurang jelas hehehe Embarassed

untuk selanjutnya dengan diminumkan/dicekok.
apa ditahap selanjutnya ini masih boleh dengan vaksin yang sama?

Vaksin yang sudah dibuka dan dicampur dengan pelarut(dilluent,air minum) harus habis dalam waktu 2 jam. Krn setelah 2 jam,potensi vaksin akan turun. Jadi tidak disarankan untuk disimpan lagi.
bagaimana yang belum dicampur pelarut apa masih boleh disimpan dan dipakai lagi?
misal saya hanya melarutkan setengahnya saja.
terimakasih.



one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  jaghana on Mon 16 Aug 2010, 11:35

lanjutkan......!! pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  Administrator on Mon 16 Aug 2010, 12:12

Sy coba jawab mas...

onedhi wrote:
apa ditahap selanjutnya ini masih boleh dengan vaksin yang sama?

Rumus 444 itu utk vaksin yg sama.

onedhi wrote:
bagaimana yang belum dicampur pelarut apa masih boleh disimpan dan dipakai lagi?
misal saya hanya melarutkan setengahnya saja.
terimakasih.

Vaksin aktif hanya sekali pakai. Setelah dibuka, terkena udara, harus segera dipakai dan sisanya harus dibuang. Jadi tidak mungkin kita menggunakan hanya setengahnya saja.

Lain hal kalau vaksin inaktif, bisa disimpan kembali.





Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  one-dhi on Mon 16 Aug 2010, 15:25

Administrator wrote:Sy coba jawab mas...

onedhi wrote:
apa ditahap selanjutnya ini masih boleh dengan vaksin yang sama?

Rumus 444 itu utk vaksin yg sama.

onedhi wrote:
bagaimana yang belum dicampur pelarut apa masih boleh disimpan dan dipakai lagi?
misal saya hanya melarutkan setengahnya saja.
terimakasih.

Vaksin aktif hanya sekali pakai. Setelah dibuka, terkena udara, harus segera dipakai dan sisanya harus dibuang. Jadi tidak mungkin kita menggunakan hanya setengahnya saja.

Lain hal kalau vaksin inaktif, bisa disimpan kembali.





terimakasih banyak mas ary sangat jelas sekali pencerahanya . Very Happy

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  fronter on Mon 11 Apr 2011, 07:04

salam kenal semua,
mas mau nanya, apa ayam saya udah telat untuk diberikan vaksin? sekarang umur ayam bangkok ada yang 1 bulan n umur 2 bulan, apa sebaiknya saya langsung berikan aja? atau nunggu umur 4 bulan? saya sudah beli vaksinnya yang medivac ND la sota.. tolong pencerahannya!

fronter
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 29.03.11
Age : 28
Lokasi : tanjungsari, sumedang/ celak gununghalu 085694734940

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  rickycinere on Mon 11 Apr 2011, 12:44

[quote="Administrator"]Sy coba jawab mas...

Vaksin aktif hanya sekali pakai. Setelah dibuka, terkena udara, harus segera dipakai dan sisanya harus dibuang. Jadi tidak mungkin kita menggunakan hanya setengahnya saja.

Lain hal kalau vaksin inaktif, bisa disimpan kembali.

Mas Ari,
kalau 4 hari kita pakai vaksin tetes mata, kalau 4 minggu kita suntik ke dada dengan dosis berapa cc? dan untuk umur 4 bulan kita suntik dengan dosis berapa cc?
Terima kasih.

rickycinere
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 4034
Join date : 19.08.08
Lokasi : 0852 1878 0215

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  sabri on Mon 11 Apr 2011, 20:37

kandang say pernah ludhes dlm 1 hri......
Dinas kesehatan lngsung survei,saya dikasih Dextan untuk di semprotkn ke kandang.....
trus rutin 2 kandang di siram dgn air bekas sabu (cucian).......sbagai pencegahan.
kata mreka sich.......mohon koreksi master2 klo ad yg salah.... Very Happy Very Happy Very Happy

sabri
kopral
kopral

Jumlah posting : 12
Join date : 09.04.11
Lokasi : plandi_jombang_jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  topanbadai on Wed 13 Apr 2011, 08:54

fronter wrote:salam kenal semua,
mas mau nanya, apa ayam saya udah telat untuk diberikan vaksin? sekarang umur ayam bangkok ada yang 1 bulan n umur 2 bulan, apa sebaiknya saya langsung berikan aja? atau nunggu umur 4 bulan? saya sudah beli vaksinnya yang medivac ND la sota.. tolong pencerahannya!

Saya juga punya pertanyaan yang sama, soalnya ada teman bilang kalau umur 4 hari tidak divaksin, lebih baik seterusnya tidak usah divaksin. Gimana yah?? scratch study

topanbadai
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 654
Join date : 07.09.10
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  Administrator on Wed 13 Apr 2011, 13:35

topanbadai wrote:
fronter wrote:salam kenal semua,
mas mau nanya, apa ayam saya udah telat untuk diberikan vaksin? sekarang umur ayam bangkok ada yang 1 bulan n umur 2 bulan, apa sebaiknya saya langsung berikan aja? atau nunggu umur 4 bulan? saya sudah beli vaksinnya yang medivac ND la sota.. tolong pencerahannya!

Saya juga punya pertanyaan yang sama, soalnya ada teman bilang kalau umur 4 hari tidak divaksin, lebih baik seterusnya tidak usah divaksin. Gimana yah?? scratch study

Lebih baik terlambat daripada tidak. Yang penting rutin 4 bulan sekali di vaksin.
Tapi sebelum vaksin harus perhatikan juga kondisi cuaca. Kalau cuaca lagi jelek, hujan terus, hawa dingin, lebih baik ditunda dulu.
Juga perhatikan kondisi ayam yg mau divaksin, harus benar2 sehat.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  saptopurwodadi on Sat 16 Apr 2011, 19:22

Administrator wrote:Rumus melakukan vaksin : 444
Artinya : dilakukan ketika umur ayam 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan. Selanjutnya diulang tiap 4 bulan sekali.
ma'af Bapak2 yang terhormat, sy mohon penjelasan tentang cara pemberian vaksin. Apakah beda usia ayam juga beda cara memberikan vaksin? Misal : ayam usia 4 hari divaksin lewat mata,atau hidung. mungkin ayam usia 4 bulan beda lagi caranya ( suntik,mulut ). Terimakasih.

saptopurwodadi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 770
Join date : 27.03.11
Lokasi : Purwodadi Jateng. 081326211577

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  Makto Purwana on Sun 17 Apr 2011, 22:10

merk vaksin yang paling bagus apa ya..?
lebih baik vaksin sendiri atau ke dokter hewan?
thanks for u reply.. Very Happy Very Happy

Makto Purwana
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 567
Join date : 18.03.11
Age : 65
Lokasi : ngisorringin............

http://www.indonesianroosterfarm.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  Tamu on Sat 28 May 2011, 12:45

turoq makto wrote:merk vaksin yang paling bagus apa ya..?
lebih baik vaksin sendiri atau ke dokter hewan?
thanks for u reply.. Very Happy Very Happy

beli vaksin ND dimana ya? harga brapa? makenya gimana ? kalo bisa dicontohin pake video aja..

maklum, ane peternak amatiran.. blon pernah pake vaksin, Very Happy

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  rickycinere on Tue 31 May 2011, 06:46

goes babe wrote:
turoq makto wrote:merk vaksin yang paling bagus apa ya..?
lebih baik vaksin sendiri atau ke dokter hewan?
thanks for u reply.. Very Happy Very Happy

beli vaksin ND dimana ya? harga brapa? makenya gimana ? kalo bisa dicontohin pake video aja..

maklum, ane peternak amatiran.. blon pernah pake vaksin, Very Happy

Bang,
main ke kandang bang, nanti tolong bantu saya vaksin ayam kecil dan sedang (sekalian praktek).
Nanti saya kasih vaksin ND buat abang. Smile Smile

rickycinere
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 4034
Join date : 19.08.08
Lokasi : 0852 1878 0215

Kembali Ke Atas Go down

Re: Vaksin untuk kekebalan

Post  Sponsored content Today at 09:54


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik