kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Toli on Fri 12 Dec 2014, 00:02

ayam yang selesai tarung 4 ronde "jalu lapek/bungkus jalu" biasanya dalam waktu seminggu seluruh memar maupun luka" di wajah akibat patok sudah sembuh alias wajah sudah mulus dgn catatan apabila perwatannya telaten...yang jadi pertanyaan
1.apakah ayam tersebut dapat dilatih kembali untuk ditarungkan dalam jangka waktu seminggu kemudian?...
2.berarti waktu yang diperlukan si ayam tersebut hanya 2minggu untuk pemulihan dan persiapan pasca tarung,apakah tidak berpengaruh pada kemampuan mental menerima pukulan lawan?...
3.bagaiman stamina dan power ayam tersebut apakah dapat dikatakan sudah pulih 90%?...
4.apakah ada yg pernah mencobanya?.. Smile

Toli
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 73
Join date : 20.08.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Jack Sparow on Fri 12 Dec 2014, 11:40

Toli wrote:ayam yang selesai tarung 4 ronde "jalu lapek/bungkus jalu" biasanya dalam waktu seminggu seluruh memar maupun luka" di wajah akibat patok sudah sembuh alias wajah sudah mulus dgn catatan apabila perwatannya telaten...yang jadi pertanyaan
1.apakah ayam tersebut dapat dilatih kembali untuk ditarungkan dalam jangka waktu seminggu kemudian?...
2.berarti waktu yang diperlukan si ayam tersebut hanya 2minggu untuk pemulihan dan persiapan pasca tarung,apakah tidak berpengaruh pada kemampuan mental menerima pukulan lawan?...
3.bagaiman stamina dan power ayam tersebut apakah dapat dikatakan sudah pulih 90%?...
4.apakah ada yg pernah mencobanya?.. Smile

Maaf krn gangguan sinyal jd yg terkirim hy pertanyaan.
1. Bisa.
2. Berpengaruh. Kemungkinan rasa sakit bekas pertarungan sebelumnya msh trasa sakit dan mempengaruhi stamina maupun mental ayam.
3. Jika terlihat luka2 lebam sdh mengering sempurna kemungkinan sdh 90%pulih.
4. Pernah tp gakan diulangi lagi, mnrt saya wkt terbaik adl 3minggu untuk istirahat_pemulihan_latihan dan pertempuran selanjutnya.

Jack Sparow
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 18.06.14
Lokasi : Jl. Wadaslintang arah wonosobo

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Langgeng NC on Fri 12 Dec 2014, 17:56

saya pernah nurunin ayam 2mgg sekali, krna tarung g pernah nyampe 3air, jd sebulan menang 3x. hasilnya? lumpuh dan berakhir diujung pisau...hehe
bijaklah merawat ayam, jgn nurutin nafsu

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1217
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Joe_jago on Sat 13 Dec 2014, 02:22

Langgeng NC wrote:saya pernah nurunin ayam 2mgg sekali, krna tarung g pernah nyampe 3air, jd sebulan menang 3x. hasilnya? lumpuh dan berakhir diujung pisau...hehe
bijaklah merawat ayam, jgn nurutin nafsu

Saya setuju mas, menyiapkan ayam untuk terjun ke arena mamang tidak boleh terlalu bernafsu, atau terburu-buru. Mentang2 ayam kita menang di bawah 3 air, minggu depannya sudah mau di adu lagi. Memang jika luka ayam hanya terkena pukulan saja, dalam waktu 1 minggu luka sudah terlihat kering dan sembuh. Lain halnya jika luka terkena jalu, mungkin butuh waktu yang lebih lama untuk proses penyembuhannya. Hanya saja ayam tidak bisa berbicara, mungkin luka diluar sudah terlihat membaik tapi kita tidak tahu ada luka di dalam yang tidak terlihat masih belum pulih. Jika kita adu lagi dengan luka dalam yang masih tersisa di khawatirkan luka dalam tersebut terpukul kembali oleh lawan dan berakibat lebih fatal. Oleh kerena itu kita harus teliti melihat kondisi ayam pasca di adu. Jika yakin sudah tidak ada luka luar maupun dalam, baru lah kita mulai kembali melatih ayam untuk disiapkan kembali turun ke arena.

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1444
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  dewa danka on Thu 26 Mar 2015, 21:25

Toli wrote:ayam yang selesai tarung 4 ronde "jalu lapek/bungkus jalu" biasanya dalam waktu seminggu seluruh memar maupun luka" di wajah akibat patok sudah sembuh alias wajah sudah mulus dgn catatan apabila perwatannya telaten...yang jadi pertanyaan
1.apakah ayam tersebut dapat dilatih kembali untuk ditarungkan dalam jangka waktu seminggu kemudian?...
2.berarti waktu yang diperlukan si ayam tersebut hanya 2minggu untuk pemulihan dan persiapan pasca tarung,apakah tidak berpengaruh pada kemampuan mental menerima pukulan lawan?...
3.bagaiman stamina dan power ayam tersebut apakah dapat dikatakan sudah pulih 90%?...
4.apakah ada yg pernah mencobanya?.. Smile
Izin saran...
Kalo saya pake rumus kebiasaan ayam saja..
Telur ayam menetas setelah 21 hari,pada umumnya.
Jadi saya ngambil inisiatif,bahwasanya ayam juga memerlukan waktu 21 hari untuk nyembuhin luka dalam maupun luka luar..Itu hanya inisiatif pribadi saya saja ya mas.
Setelah 21 hari masa penyembuhan,baru masuk rawatan persiapan turun kekalangan.
hari 1-5 =Latihan senam,mandi jemur,kliter.
hari 6-7=istirahat
hari 8-10=Latihan senam,mandi jemur,kipu,kliter,-> ringan ringan saja.
hari 11=mandi jemur 1 jam,sore gebrak bungkus paruh dan jalu 5 menit.
hari 12-13=istirahat total di box tidur,hanya makan dikeluarin dari box.
Hari ke 14 baru di turunin.
Jadi totalnya ada 35 hari...

dewa danka
kopral
kopral

Jumlah posting : 31
Join date : 16.11.14
Age : 31
Lokasi : Tanah Karo,Sumatra Utara.

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  kombat on Fri 27 Mar 2015, 10:38

untuk luka luar mungkin bisa terlihat apakah sudah sembuh atau belum..

cuma untuk luka dalam, gimana cara mengetahuinya apakah ada luka dalam atau tidak, apa sudah sembuh atau belum..? jangan2 kita lihat fisik luar ayam sudah bagus ternyata masih ada luka dalam yang belum sembuh yang mungkin bisa berakibat sangat fatal kalo kita tarungkan..

mohon pencerahannya.. Rolling Eyes

kombat
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 24.03.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Boyka 19 on Fri 27 Mar 2015, 22:47

usia ayam sudah mabung blum om?
kalo yang pernah saya baca.
untuk ayam 10bulan-mabung adu 3minggu satu kali.
untuk ayam yang sudah mabung adunya 2minggu satukali.
tapi smua trgantung ksiapan fisik dan mental ayam, karna jika ada cidera atau penyakit lain yang blum smbuh lbih baik ayam istirahat.

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  dewa danka on Sat 28 Mar 2015, 00:08

kombat wrote:untuk luka luar mungkin bisa terlihat apakah sudah sembuh atau belum..

cuma untuk luka dalam, gimana cara mengetahuinya apakah ada luka dalam atau tidak, apa sudah sembuh atau belum..? jangan2 kita lihat fisik luar ayam sudah bagus ternyata masih ada luka dalam yang belum sembuh yang mungkin bisa berakibat sangat fatal kalo kita tarungkan..

mohon pencerahannya.. Rolling Eyes
Kalo untuk luka dalam,kayaknya harus dibawa ke dr spesialis penyakit dalam trus di lab..
peace,just kidding...
Kalo saya menilai kesehatan ayam dari tampilan dan kebiasaan ayam tsb.
contoh,kalo mukanya udah merah merona,Kulit daging yg tidak di tumbuhi bulu juga udah merah,Kulit daerah anus juga udah merah,kaki terutama celah antar jari juga dah merah,kotoran kering,Udah rajin berkokok..Dan terlihat aktif..
Saya rasa tuh ayam sudah dalam kondisi prima deh..
Buat nguji lebih dalam lagi,coba aja gebrak bungkus paruh ama jalu,+/- 5 menit.
Dari situ kita tau kok kondsi ayam kita.
Oh iya om,Kulit yg merah ntu tadi,kalo kondisi belum sehat akan langsung berubah warna ke biru kehitam hitaman pas di gebrak,dan nafas ngos ngosan,paling lama 2-3 menit udah nampak.
Jika hal itu terjadi,berarti ayam kita sehat diluar,sementara di dalam belum..
Hanya berbagi pengalaman,tanpa maksud menggurui lho om.
Jika salah,monggo di koreksi.

dewa danka
kopral
kopral

Jumlah posting : 31
Join date : 16.11.14
Age : 31
Lokasi : Tanah Karo,Sumatra Utara.

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  kombat on Sat 28 Mar 2015, 00:37

dewa danka wrote:
kombat wrote:untuk luka luar mungkin bisa terlihat apakah sudah sembuh atau belum..

cuma untuk luka dalam, gimana cara mengetahuinya apakah ada luka dalam atau tidak, apa sudah sembuh atau belum..? jangan2 kita lihat fisik luar ayam sudah bagus ternyata masih ada luka dalam yang belum sembuh yang mungkin bisa berakibat sangat fatal kalo kita tarungkan..

mohon pencerahannya.. Rolling Eyes
Kalo untuk luka dalam,kayaknya harus dibawa ke dr spesialis penyakit dalam trus di lab..
peace,just kidding...
Kalo saya menilai kesehatan ayam dari tampilan dan kebiasaan ayam tsb.
contoh,kalo mukanya udah merah merona,Kulit daging yg tidak di tumbuhi bulu juga udah merah,Kulit daerah anus juga udah merah,kaki terutama celah antar jari juga dah merah,kotoran kering,Udah rajin berkokok..Dan terlihat aktif..
Saya rasa tuh ayam sudah dalam kondisi prima deh..
Buat nguji lebih dalam lagi,coba aja gebrak bungkus paruh ama jalu,+/- 5 menit.
Dari situ kita tau kok kondsi ayam kita.
Oh iya om,Kulit yg merah ntu tadi,kalo kondisi belum sehat akan langsung berubah warna ke biru kehitam hitaman pas di gebrak,dan nafas ngos ngosan,paling lama 2-3 menit udah nampak.
Jika hal itu terjadi,berarti ayam kita sehat diluar,sementara di dalam belum..
Hanya berbagi pengalaman,tanpa maksud menggurui lho om.
Jika salah,monggo di koreksi.

mantap nih si om penjelasannya.... sunny
makasih om... cheers

btw spesialis penyakit dalam ayam dmn ya om? scratch
kidding om hehe Very Happy

salam kenal Very Happy

kombat
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 24.03.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  jawara on Mon 30 Mar 2015, 18:31

kombat wrote:
dewa danka wrote:
kombat wrote:untuk luka luar mungkin bisa terlihat apakah sudah sembuh atau belum..

cuma untuk luka dalam, gimana cara mengetahuinya apakah ada luka dalam atau tidak, apa sudah sembuh atau belum..? jangan2 kita lihat fisik luar ayam sudah bagus ternyata masih ada luka dalam yang belum sembuh yang mungkin bisa berakibat sangat fatal kalo kita tarungkan..

mohon pencerahannya.. Rolling Eyes
Kalo untuk luka dalam,kayaknya harus dibawa ke dr spesialis penyakit dalam trus di lab..
peace,just kidding...
Kalo saya menilai kesehatan ayam dari tampilan dan kebiasaan ayam tsb.
contoh,kalo mukanya udah merah merona,Kulit daging yg tidak di tumbuhi bulu juga udah merah,Kulit daerah anus juga udah merah,kaki terutama celah antar jari juga dah merah,kotoran kering,Udah rajin berkokok..Dan terlihat aktif..
Saya rasa tuh ayam sudah dalam kondisi prima deh..
Buat nguji lebih dalam lagi,coba aja gebrak bungkus paruh ama jalu,+/- 5 menit.
Dari situ kita tau kok kondsi ayam kita.
Oh iya om,Kulit yg merah ntu tadi,kalo kondisi belum sehat akan langsung berubah warna ke biru kehitam hitaman pas di gebrak,dan nafas ngos ngosan,paling lama 2-3 menit udah nampak.
Jika hal itu terjadi,berarti ayam kita sehat diluar,sementara di dalam belum..
Hanya berbagi pengalaman,tanpa maksud menggurui lho om.
Jika salah,monggo di koreksi.

mantap nih si om penjelasannya.... sunny
makasih om... cheers

btw spesialis penyakit dalam ayam dmn ya om? scratch
kidding om hehe Very Happy

salam kenal Very Happy
bounce bounce bounce

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Jack Sparow on Tue 31 Mar 2015, 12:25

dewa danka wrote:
kombat wrote:untuk luka luar mungkin bisa terlihat apakah sudah sembuh atau belum..

cuma untuk luka dalam, gimana cara mengetahuinya apakah ada luka dalam atau tidak, apa sudah sembuh atau belum..? jangan2 kita lihat fisik luar ayam sudah bagus ternyata masih ada luka dalam yang belum sembuh yang mungkin bisa berakibat sangat fatal kalo kita tarungkan..

mohon pencerahannya.. Rolling Eyes
Kalo untuk luka dalam,kayaknya harus dibawa ke dr spesialis penyakit dalam trus di lab..
peace,just kidding...
Kalo saya menilai kesehatan ayam dari tampilan dan kebiasaan ayam tsb.
contoh,kalo mukanya udah merah merona,Kulit daging yg tidak di tumbuhi bulu juga udah merah,Kulit daerah anus juga udah merah,kaki terutama celah antar jari juga dah merah,kotoran kering,Udah rajin berkokok..Dan terlihat aktif..
Saya rasa tuh ayam sudah dalam kondisi prima deh..
Buat nguji lebih dalam lagi,coba aja gebrak bungkus paruh ama jalu,+/- 5 menit.
Dari situ kita tau kok kondsi ayam kita.
Oh iya om,Kulit yg merah ntu tadi,kalo kondisi belum sehat akan langsung berubah warna ke biru kehitam hitaman pas di gebrak,dan nafas ngos ngosan,paling lama 2-3 menit udah nampak.
Jika hal itu terjadi,berarti ayam kita sehat diluar,sementara di dalam belum..
Hanya berbagi pengalaman,tanpa maksud menggurui lho om.
Jika salah,monggo di koreksi.

wow..setuju banget...sabar, jangan buru2 menerjunkan ayam sblm tahapan tersebut diatas.
Salam Dewa

Jack Sparow
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 18.06.14
Lokasi : Jl. Wadaslintang arah wonosobo

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Administrator on Tue 31 Mar 2015, 15:16

Jangankan yg sudah terluka akibat ngadu.
Yg tidak terluka sekalipun (ayam siap tarung tapi belum diadu sebelumnya), belum tentu bisa dipastikan siap turun 2 minggu kemudian.

Merawat ayam itu adlh perkara mudah.
Yg susah adlh menentukan apakah ayam kita sudah siap adu atau belum.

Utk itu harus ada ciri2 khusus yg menunjukan ayam siap diadu :
- Terlihat sehat, kulit muka dan kaki merah, makan bagus, pencernaan bagus.
- Tidak ada gangguan fisik maupun mentalnya.
- Agresif melihat ayam lain. Berkokok lantang.
- Bobot tubuh stabil. Tidak bertambah kurus atau bertambah gemuk.
- Pada abaran terakhir terlihat jelas performa yg bagus baik pukulan, stamina maupun agresifitasnya.

Jadi, baik ayam sudah diadu maupun belum diadu, alat ukur kesiapannya adalah seperti yg tertulis diatas. Bukan berdasar lamanya istirahat berapa hari setelah diadu.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Cecep Karawang on Tue 31 Mar 2015, 19:41

Administrator wrote:Jangankan yg sudah terluka akibat ngadu.
Yg tidak terluka sekalipun (ayam siap tarung tapi belum diadu sebelumnya), belum tentu bisa dipastikan siap turun 2 minggu kemudian.

Merawat ayam itu adlh perkara mudah.
Yg susah adlh menentukan apakah ayam kita sudah siap adu atau belum.

Utk itu harus ada ciri2 khusus yg menunjukan ayam siap diadu :
- Terlihat sehat, kulit muka dan kaki merah, makan bagus, pencernaan bagus.
- Tidak ada gangguan fisik maupun mentalnya.
- Agresif melihat ayam lain. Berkokok lantang.
- Bobot tubuh stabil. Tidak bertambah kurus atau bertambah gemuk.
- Pada abaran terakhir terlihat jelas performa yg bagus baik pukulan, stamina maupun agresifitasnya.


Mantap...akur Mas Admin, tidak ada patokan waktu tp ciri2 fisik diatas yg pas
Salam Guyub
Jadi, baik ayam sudah diadu maupun belum diadu, alat ukur kesiapannya adalah seperti yg tertulis diatas. Bukan berdasar lamanya istirahat berapa hari setelah diadu.
Smile

Cecep Karawang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 324
Join date : 19.11.13
Age : 46
Lokasi : Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  mzulfikar on Wed 20 May 2015, 11:51

se7 om

mzulfikar
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 13.03.14
Age : 38
Lokasi : benjeng,Gresik,Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: kontroversi jangka waktu yg tepat menarungkan ayam

Post  Sponsored content Today at 09:54


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik