nelor tanpa kawin

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

nelor tanpa kawin

Post  Sinyo Rahman on Mon 22 Dec 2014, 02:39

mohon bantuan dan sarannya..Sad
saya punya 2 babon yg umur nya 12 bulan, kedua nya sudah 2x bertelor. dan sekarang babon saya sedang nelor yg k-3x ny (sdh 3 minggu lebih).

yg jd pertanyaan saya, bagaimana solusinya supaya babon saya ini utk sementara berhenti bertelor? karena telor yg di hasilkan bukan dari pembuahan pacek tp dari kesalahan pakan yg d berikan..

untuk bantuan dan sarannya saya ucapkan terima kasih... Smile

Sinyo Rahman
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 58
Join date : 07.12.14
Lokasi : Kota Jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  aw budiman on Mon 22 Dec 2014, 08:36

Sinyo Rahman wrote:mohon bantuan dan sarannya..Sad
saya punya 2 babon yg umur nya 12 bulan, kedua nya sudah 2x bertelor. dan sekarang babon saya sedang nelor yg k-3x ny (sdh 3 minggu lebih).

yg jd pertanyaan saya, bagaimana solusinya supaya babon saya ini utk sementara berhenti bertelor?  karena telor yg di hasilkan bukan dari pembuahan pacek tp dari kesalahan pakan yg d berikan..

untuk bantuan dan sarannya saya ucapkan terima kasih... Smile

Biarkan aja kang sampai habis telornya nanti juga berhenti sendiri, setelah berhenti mandikan ayam itu supaya cepat bertelur lagi dan umbar dengan pacek supaya dibuahi. Sementara ini telur yang tidak dibuahi jadikan konsumsi aja.

aw budiman
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 380
Join date : 22.04.14
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Sinyo Rahman on Tue 23 Dec 2014, 00:33

terima kasih saran nya Kang Aw Budiman,,
akan saya coba praktekan saran dari kang Aw. kalo telor yg tdk d buahi tadi emang enak ny d konsumsi sendiri skalian jd jamu buat Pacek d kandang biar tambah Joss slama mendapingi selir2 nya. he he he.. Very Happy

Sinyo Rahman
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 58
Join date : 07.12.14
Lokasi : Kota Jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  harat on Fri 09 Jan 2015, 06:10

Manteb itu mas..malah saya pengen punya babon yang bertelur terus

harat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 191
Join date : 12.08.12
Age : 36
Lokasi : limpung batang jawa tengah,hp 081348010208

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Jack Sparow on Fri 09 Jan 2015, 15:00

harat wrote:Manteb itu mas..malah saya pengen punya babon yang bertelur terus

Saya punya babon yg tiap siang nelor terus...per hari ini sdh 20an telor..blm putus, periode pertama kali nelor. Telornya khas ayam BK, kecoklatan bkn putih. Babon ini ga murni darah BK tp sdh campuran...hybrid Very Happy ..kalo minat bs saya kirim..garansi asal pakan proteinnya cukup akan nelor terus Very Happy

Jack Sparow
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 18.06.14
Lokasi : Jl. Wadaslintang arah wonosobo

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Sinyo Rahman on Sat 10 Jan 2015, 01:21

harat wrote:Manteb itu mas..malah saya pengen punya babon yang bertelur terus

telor nya emang mantap mas, tp takut nya tu babon gak mau ngangkremin tlor yg di buahin Pacek nanti nya,, sampe skarang gak berhenti nelor tu babon.. Sad

Sinyo Rahman
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 58
Join date : 07.12.14
Lokasi : Kota Jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  juragan_rabay on Sun 11 Jan 2015, 22:24

pakannya di ganti saja bos pakai nasi atau beras, ini memerlukan waktu untuk menetralisir efek salah pakan tersebut.

juragan_rabay
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 360
Join date : 26.09.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Sinyo Rahman on Sun 11 Jan 2015, 23:39

juragan_rabay wrote:pakannya di ganti saja bos pakai nasi atau beras, ini memerlukan waktu untuk menetralisir efek salah pakan tersebut.
OK makasih saran nya Boss..

Sinyo Rahman
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 58
Join date : 07.12.14
Lokasi : Kota Jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Langgeng NC on Mon 12 Jan 2015, 07:15

idem, sambil nyimak

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1217
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  tokocendolism.com on Tue 24 Mar 2015, 20:57

bwt sementara di biarin saja mas sampe berhenti nelor,,,telurnya bwt jamu ayam lain atau di goreng hehehe

nah kalo sudah mandikan pake sabun juga

biar cepat nelor lagi cihuuyyy Very Happy Very Happy

tokocendolism.com
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 53
Join date : 22.11.13
Age : 59
Lokasi : turi rt/rw 01/27 donokerto turi sleman yogyakarta

http://www.tokocendolism.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Administrator on Wed 25 Mar 2015, 10:35

Masih banyak terjadi kesalahpahaman bahwa ayam yg dikawinkan pasti akan bertelur.
Ayam bukan mamalia atau manusia yg ketika dikawinkan akan hamil.

Ayam betina akan bertelur sesuai dgn siklusnya.
Dikawinkan atau tanpa dikawinkan, ia akan tetap bertelur bila siklusnya sudah tiba.
Sebaliknya, dikawinkan sesering apapun tidak akan bertelur selama siklus bertelurnya belum tiba.

Jadi tidak ada istilah bertelur karena kawin atau bertelur karena makanan.

Ketika ayam betina mendekati bertelur, segera kawinkan supaya telurnya bisa menetas.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  kombat on Wed 25 Mar 2015, 10:57

Administrator wrote:Masih banyak terjadi kesalahpahaman bahwa ayam yg dikawinkan pasti akan bertelur.
Ayam bukan mamalia atau manusia yg ketika dikawinkan akan hamil.

Ayam betina akan bertelur sesuai dgn siklusnya.
Dikawinkan atau tanpa dikawinkan, ia akan tetap bertelur bila siklusnya sudah tiba.
Sebaliknya, dikawinkan sesering apapun tidak akan bertelur selama siklus bertelurnya belum tiba.

Jadi tidak ada istilah bertelur karena kawin atau bertelur karena makanan.

Ketika ayam betina mendekati bertelur, segera kawinkan supaya telurnya bisa menetas.


telur yang bukan hasil kawin gak bakal menetas ya pak admin?

kombat
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 24.03.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Administrator on Wed 25 Mar 2015, 11:03

kombat wrote:telur yang bukan hasil kawin gak bakal menetas ya pak admin?
Tadi sudah sy jelaskan bahwa tidak ada istilah "Telur hasil kawin" atau 'telur hasil makanan".
Telur ya telur. Bila tiba siklusnya, betina pasti bertelur.

Bedanya,
Bila dikawinkan, telurnya bisa menetas.
Bila tidak dikawinkan, tentu tidak bisa menetas krn telurnya tidak ada yg membuahi.

Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Ranowibowo on Wed 25 Mar 2015, 13:08

Sinyo Rahman wrote:
harat wrote:Manteb itu mas..malah saya pengen punya babon yang bertelur terus

telor nya emang mantap mas, tp takut nya tu babon gak mau ngangkremin tlor yg di buahin Pacek nanti nya,, sampe skarang gak berhenti nelor tu babon.. Sad

Klu nd mau ngeram, ditetaskan pake biang yg lain / pakai mesin tetas aj bang.,
malah mempercepat proses produksi dlm ternak,,, Very Happy Very Happy

Ranowibowo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 931
Join date : 11.08.12
Age : 30
Lokasi : SOBA, Hp: 085252564940 / BB : 55291D93

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  BangFaruq on Wed 25 Mar 2015, 13:30

Ayam betina akan bertelur sesuai dgn siklusnya. Dikawinkan atau tanpa dikawinkan, ia akan tetap bertelur bila siklusnya sudah tiba. Sebaliknya, dikawinkan sesering apapun tidak akan bertelur selama siklus bertelurnya belum tiba. wrote:

Mohon maaf, nih, bang Admin. Saya mau tanya juga terkait persoalan yang sama.
Teman saya cerita kalau dia punya betina yang kalau bertelur hanya -biasanya- empat butir. Setelah itu betina tersebut tidak bertelur lagi. Selang dua hari, betina tersebut dikawinkan lagi dengan pacek yang berbeda. Setelah dua atau tiga hari kemudian, betina tersebut bertelur lagi.

Apakah kondisi ini merupakan kelainan, atau naluri unggas memang demikian adanya? mengingat hampir semua betina di kandangnya mempunyai kebiasaan seperti itu, dan betina-betina tersebut tidak ada hubungan darah.

Terima kasih Smile

BangFaruq
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 232
Join date : 22.03.13
Age : 26
Lokasi : Desa Reuloh, Lambaro, Aceh Besar, Aceh.

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Administrator on Wed 25 Mar 2015, 13:58

BangFaruq wrote:

Mohon maaf, nih, bang Admin. Saya mau tanya juga terkait persoalan yang sama.
Teman saya cerita kalau dia punya betina yang kalau bertelur hanya -biasanya- empat butir. Setelah itu betina tersebut tidak bertelur lagi. Selang dua hari, betina tersebut dikawinkan lagi dengan pacek yang berbeda. Setelah dua atau tiga hari kemudian, betina tersebut bertelur lagi.

Apakah kondisi ini merupakan kelainan, atau naluri unggas memang demikian adanya? mengingat hampir semua betina di kandangnya mempunyai kebiasaan seperti itu, dan betina-betina tersebut tidak ada hubungan darah.

Terima kasih Smile
Berarti siklusnya tidak teratur karena mungkin ada gangguan hormon atau bisa juga pengaruh makanan yg mempengaruhi kondisi tubuhnya.
Dikawinkan lantas bertelur kembali mungkin hanya kebetulan.
Coba saja tidak dikawinkan, dia akan tetap bertelur juga.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  BangFaruq on Wed 25 Mar 2015, 22:39

Berarti siklusnya tidak teratur karena mungkin ada gangguan hormon atau bisa juga pengaruh makanan yg mempengaruhi kondisi tubuhnya. Dikawinkan lantas bertelur kembali mungkin hanya kebetulan. Coba saja tidak dikawinkan, dia akan tetap bertelur juga. wrote:

Bisa jadi dipengaruhi oleh pakan yang diberikan, sebab semua biang di kandangnya begitu.

BangFaruq
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 232
Join date : 22.03.13
Age : 26
Lokasi : Desa Reuloh, Lambaro, Aceh Besar, Aceh.

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Administrator on Thu 26 Mar 2015, 09:27

BangFaruq wrote:
Bisa jadi dipengaruhi oleh pakan yang diberikan, sebab semua biang di kandangnya begitu.
Pakan sangat berpengaruh thdp produktifitas telur.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  ekotepong on Thu 26 Mar 2015, 10:49

Tanya bang admin... berapa hari proses yg terjadi sperma yg dikeluarkan oleh pejantan sampai akhirnya sperma itu keluar bersama telur dari sang induk betina. Trus apakah telur yg keluar itu berisi bibit dari sperma yg dimasukkan berdasarkan hari atau belum tentu. Misal telur yg pertama berisi sperma perkawinan hari pertama, telur kedua berisi sperma hari kedua dst. Ataukah belum tentu misal telur 1 dan 2 berisi sperma perkawinan hari pertama, telur ke 3,4,5 berisi sperma perkawinan hari ke 2 dst.

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  mushafir on Thu 26 Mar 2015, 11:16

48 jam pembuahan sempurna
semisal baru kawin pagi sore nelur berarti tidak dibuahi telur itu
tapi bila setelah kawin kemudian selang 2-3 hari nelur maka pembuahan sukses

Menyimak pendapat senior lainnya

mushafir
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 371
Join date : 10.10.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Boyka 19 on Thu 26 Mar 2015, 19:30

apa pakannya mas?
bisikan dong.

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Langgeng NC on Thu 26 Mar 2015, 19:34

ekotepong wrote:Tanya bang admin... berapa hari proses yg terjadi sperma yg dikeluarkan oleh pejantan sampai akhirnya sperma itu keluar bersama telur dari sang induk betina. Trus apakah telur yg keluar itu berisi bibit dari sperma yg dimasukkan berdasarkan hari atau belum tentu. Misal telur yg pertama berisi sperma perkawinan hari pertama, telur kedua berisi sperma hari kedua dst. Ataukah belum tentu misal telur 1 dan 2 berisi sperma perkawinan hari pertama, telur ke 3,4,5 berisi sperma perkawinan hari ke 2 dst.
kalau ngga lupa, ayam punya kemampuan menyimpan sperma, jadi sebenernya cukup dikawinkan bbrp kali saat siap nelur, setelah mulai bertelur sampai ngeram itu sudah ngga perlu dikawinkan.

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1217
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  ekotepong on Thu 26 Mar 2015, 19:52

Pernah baca kalau sperma dapat bertahan selama 4 hari di dlm betina. Tapi belum dapat penjelasan selama 4 hari si sperma tu ngapain aja. Masuk ruang tunggu, masuk ruang antrian ataukah langsung membuahi tinggal nunggu proses jadi telurnya aja

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Administrator on Thu 26 Mar 2015, 20:00

ekotepong wrote:Tanya bang admin... berapa hari proses yg terjadi sperma yg dikeluarkan oleh pejantan sampai akhirnya sperma itu keluar bersama telur dari sang induk betina. Trus apakah telur yg keluar itu berisi bibit dari sperma yg dimasukkan berdasarkan hari atau belum tentu. Misal telur yg pertama berisi sperma perkawinan hari pertama, telur kedua berisi sperma hari kedua dst. Ataukah belum tentu misal telur 1 dan 2 berisi sperma perkawinan hari pertama, telur ke 3,4,5 berisi sperma perkawinan hari ke 2 dst.
Kalau kita bedah ayam yg sedang dalam siklus bertelur, maka di 'rahimnya' terdapat banyak telur2 'muda' yg menunggu 'matang' dan siap dikeluarkan.
Nah... ketika sperma si jago masuk, bisa saja sel2 sperma itu membuahi seluruh telur yg ada.
Kalau sudah dibuahi, sperma tsb bertahan hidup di dalam telur dan tertutup kemungkinan sperma lain bisa masuk kedalam telur yg sudah dibuahi. Sampai akhirnya satu persatu telur itu mengantri utk keluar.

Ada kemungkinan dalam sekali kawin semua telur sudah terbuahi. Namun kita tidak pernah tau pasti. Untuk itu butuh paling tidak 2-3x kawin utk meyakinkan bahwa telur2 itu terbuahi semua.
Jadi yg diperlukan sebetulnya adlh kualitas sperma. Bukan banyaknya perkawinan.
Kalau spermanya bagus, jumlahnya cukup dan sehat, 2-3x kawin sudah memadai.
Sebaliknya, kalau spermanya jelek, jumlahnya kurang, banyak kawin-pun tidak efektif.

CMIIW



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Administrator on Thu 26 Mar 2015, 20:02

ekotepong wrote:Pernah baca kalau sperma dapat bertahan selama 4 hari di dlm betina. Tapi belum dapat penjelasan selama 4 hari si sperma tu ngapain aja. Masuk ruang tunggu, masuk ruang antrian ataukah langsung membuahi tinggal nunggu proses jadi telurnya aja
Saya lupa bisa bertahan 2 hari atau 4 hari?
Yg dimaksud disini, sperma yg belum membuahi telur tidak langsung mati. Dia bisa bertahan hidup di dalam sana selama 2 atau 4 hari (lupa).

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nelor tanpa kawin

Post  Sponsored content Today at 23:35


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik