Dalam satu tetasan

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Dalam satu tetasan

Post  husein on Sat 21 Aug 2010, 05:32

Mohon pencerahannya dari rekan-rekan disini,
Apabila ada 6 ekor ayam misalkan saya beri nama A,B,C,D,E,F dalam satu tetasan semuanya jantan
dimana :
ayam A paling berani diantara yang lainnya
ayam F paling takut di antara ayam lainnya
ayam B memiliki katuranggan mendekati sempurna
ayam C paling kecil diantara semua ayam
ayam D mempunyai ciri fisik kurang sempurna(katuranggannya kurang baik)
ayam E memiliki warna bulu tidak sama dengan yang lain padahal yang lain wiring kuning semua
1.berdasarkan data di atas ayam mana yang termasuk afkiran?
2.berdasarkan pengalaman anda, ayam mana yang seharusnya di handalkan?
3.jika kondisi ayam sudah besar dan sudah siap tarung semua, misalkan ayam A saya tarungkan dengan ayam tetangga ternyata kalah pada ronde ke4, apakah saudaranya juga kemungkinan kalah akan besar juga dengan ayam tetangga?
4.jika generasi pertama kalah, apakah generasi ke2 dari pacek dan babon yang sama punya saya trahnya tidak akan bisa menandingi ayam tetangga dari pacek dan babon yang sama punya tetangga?

Trimakasih, untuk sebelumnya karena telah berbagi pengalaman.


Terakhir diubah oleh husein tanggal Sat 21 Aug 2010, 23:47, total 1 kali diubah

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Administrator on Sat 21 Aug 2010, 09:20

Ayamnya umur berapa mas...???
Apa sudah bisa diabar semua...??

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  mas anto klaten on Sat 21 Aug 2010, 11:27

belum tentu kalah semua, kan tiap ayam punya teknik dan pukul berbeda beda. nuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  husein on Sun 22 Aug 2010, 00:13

Administrator wrote:Ayamnya umur berapa mas...???
Apa sudah bisa diabar semua...??
Ayam saya baru umur 3 minggu berasal dari 3 indukan yang berbeda pak Admin, saya benar-benar terobsesi dengan topic pemuliaan ternak.

pertanyaan saya di atas hanyalah gambaran jika hasil tetasan ayam saya nantinya 7-9 bulan kedepan setelah saya kawin silangkan kelak.

saya benar2 kesulitan untuk menyortir jika tetasan pertama dari ayam yang saya pelihara nantinya jika terjadi seperti pertanyaan saya di atas.

jadi kejadian di atas mungkin terjadi 1,5-1,8tahun kemudian setelah tetasan pertama saya sudah siap tarung.

hal ini untuk memfokuskan proses inbred agar hasil yang di dapat benar-benar punya kualitas.

Thank's

salam

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Administrator on Sun 22 Aug 2010, 00:22

Waduh mas.... Kalo baru umur 3 minggu, sy nyerah deh.
Tidak ada yg bisa dinilai dari ayam umur 3 minggu. Masih banyak yg akan berubah, mulai dari bentuk fisik, warna bulu, mental, karakter, dsb.
Kalaupun bisa dipiih, sy yakin hanya untung2an saja. Udah pasti banyak salahnya.
Sedangkan yg sudah gebrak-pun kadang masih salah pilih lho...

Saran sy sih, utk umur 3 minggu, biarkan saja dulu. Tunggu besar dan siap diabar.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  husein on Sun 22 Aug 2010, 00:27

mas anto klaten wrote:belum tentu kalah semua, kan tiap ayam punya teknik dan pukul berbeda beda. nuwun

Benar juga mas anto, Tetapi jika ayam A yang paling berani di antara saudara2nya ketika dari kecil hingga besar sudah kalah apa mungkin ayam F yang sering dipatukin ayam A dari kecil dapat membalaskan kekalahan ayam A ketika di adu dengan ayam tetangga yang telah mengalahkan ayam A saya.

Thank,s Mas Anto.

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Administrator on Sun 22 Aug 2010, 00:36

husein wrote:
mas anto klaten wrote:belum tentu kalah semua, kan tiap ayam punya teknik dan pukul berbeda beda. nuwun

Benar juga mas anto, Tetapi jika ayam A yang paling berani di antara saudara2nya ketika dari kecil hingga besar sudah kalah apa mungkin ayam F yang sering dipatukin ayam A dari kecil dapat membalaskan kekalahan ayam A ketika di adu dengan ayam tetangga yang telah mengalahkan ayam A saya.

Sangat mungkin mas...!!!
Ayam yg waktu kecilnya dipatokin, belom tentu jelek. Yg suka matokin juga belum tentu yg terbaik.

Dalam satu gerombolan anak2 ayam, pasti ada seekor yg dianggap jadi pemimpin.
Pemimpin disini bukan dalam arti kualitas, tapi dalam arti psikologis.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  husein on Sun 22 Aug 2010, 00:41

Administrator wrote:Waduh mas.... Kalo baru umur 3 minggu, sy nyerah deh.
Tidak ada yg bisa dinilai dari ayam umur 3 minggu. Masih banyak yg akan berubah, mulai dari bentuk fisik, warna bulu, mental, karakter, dsb.
Kalaupun bisa dipiih, sy yakin hanya untung2an saja. Udah pasti banyak salahnya.
Sedangkan yg sudah gebrak-pun kadang masih salah pilih lho...

Saran sy sih, utk umur 3 minggu, biarkan saja dulu. Tunggu besar dan siap diabar.


Ayam 3 minggu ini tidak ada satupun yang saya tarungkan pak admin, ayam umur 3 minggu ini mau saya jadikan pacek dan babon karena pada saat ini saya memiliki 8 ayam umur 3 minggu.

jadi 9bulan kedepan akan saya ambil sepasang ayam dari 8 ekor tadi yang saya rasa paling baik memiliki keturunan.
hasil dari persilangan sepasang pacek dan babon tadi menghasilkan 6 ekor anak ayam dalam satu tetasan seperti cerita saya di atas :

ada 6 ekor ayam misalkan saya beri nama A,B,C,D,E,F dalam satu tetasan semuanya jantan
dimana :
ayam A paling berani diantara yang lainnya
ayam F paling takut di antara ayam lainnya
ayam B memiliki katuranggan mendekati sempurna
ayam C paling kecil diantara semua ayam
ayam D mempunyai ciri fisik kurang sempurna(katuranggannya kurang baik)
ayam E memiliki warna bulu tidak sama dengan yang lain padahal yang lain wiring kuning semua
1.berdasarkan data di atas ayam mana yang termasuk afkiran?
2.berdasarkan pengalaman anda, ayam mana yang seharusnya di handalkan?
3.jika kondisi ayam sudah besar dan sudah siap tarung semua, misalkan ayam A saya tarungkan dengan ayam tetangga ternyata kalah pada ronde ke4, apakah saudaranya juga kemungkinan kalah akan besar juga dengan ayam tetangga?
4.jika generasi pertama kalah, apakah generasi ke2 dari pacek dan babon yang sama punya saya trahnya tidak akan bisa menandingi ayam tetangga dari pacek dan babon yang sama punya tetangga?

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  husein on Sun 22 Aug 2010, 00:49

Administrator wrote:
husein wrote:
mas anto klaten wrote:belum tentu kalah semua, kan tiap ayam punya teknik dan pukul berbeda beda. nuwun

Benar juga mas anto, Tetapi jika ayam A yang paling berani di antara saudara2nya ketika dari kecil hingga besar sudah kalah apa mungkin ayam F yang sering dipatukin ayam A dari kecil dapat membalaskan kekalahan ayam A ketika di adu dengan ayam tetangga yang telah mengalahkan ayam A saya.

Sangat mungkin mas...!!!
Ayam yg waktu kecilnya dipatokin, belom tentu jelek. Yg suka matokin juga belum tentu yg terbaik.

Dalam satu gerombolan anak2 ayam, pasti ada seekor yg dianggap jadi pemimpin.
Pemimpin disini bukan dalam arti kualitas, tapi dalam arti psikologis.


"Dalam satu gerombolan anak2 ayam, pasti ada seekor yg dianggap jadi pemimpin.
Pemimpin disini bukan dalam arti kualitas, tapi dalam arti psikologis."
benar-benar ilmu yang bermanfaat bagi saya, Trimakasih.

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Administrator on Sun 22 Aug 2010, 00:58

husein wrote:
ayam A paling berani diantara yang lainnya
ayam F paling takut di antara ayam lainnya
ayam B memiliki katuranggan mendekati sempurna
ayam C paling kecil diantara semua ayam
ayam D mempunyai ciri fisik kurang sempurna(katuranggannya kurang baik)
ayam E memiliki warna bulu tidak sama dengan yang lain padahal yang lain wiring kuning semua
1.berdasarkan data di atas ayam mana yang termasuk afkiran?
2.berdasarkan pengalaman anda, ayam mana yang seharusnya di handalkan?

Jawaban pertanyaan 1 & 2 :
Data yg ditulis sangat tidak mencukupi utk dijadikan alasan mana yg terbaik dan mana yg harus diapkir.
Terlebih ayam2nya masih umur 3 minggu.

husein wrote:
3.jika kondisi ayam sudah besar dan sudah siap tarung semua, misalkan ayam A saya tarungkan dengan ayam tetangga ternyata kalah pada ronde ke4, apakah saudaranya juga kemungkinan kalah akan besar juga dengan ayam tetangga?

Saudaranya belum tentu kalah. Karena belum tentu si A adlh yg terbaik. Bisa jadi yg dulu dikira jelek, ternyata setelah besar akan menjadi yg terbaik (kasus seperti ini sering terjadi).
Dari mana mas Husein bisa menyimpulkan kalau si A adlh yg terbaik...??
Apakah hanya karena saat ini (umur 3 minggu) dialah yg paling berani...??

husein wrote:
4.jika generasi pertama kalah, apakah generasi ke2 dari pacek dan babon yang sama punya saya trahnya tidak akan bisa menandingi ayam tetangga dari pacek dan babon yang sama punya tetangga?

Tergantung bagaimana kalahnya. Kalau kalah krn sekali-dua kali pukul (cengeng), atau kalah krn habis2an digebukin tanpa ada sempat membalas, itu namanya kalah telak. Artinya, ayam kita kalah kualitas. Harus dipertimbangkan kembali apakah akan tetap mempertahankan indukannya.

Lagi pula, kalah menang banyak sekali faktor yg menentukan. Bukan semata2 krn kualitas ayam. Kalah-menang sangat berhubungan dgn pemilik yg bisa merawat dan mencari tandingan yg sesuai. Juga ada faktor keberuntungan disana.

Ayam yg kalah belum tentu jelek. Ayam yg menang juga belum tentu lebih bagus.
Jadi kita harus jeli menilai, mengapa ayam kita kalah. Apakah krn kualitas, krn rawatan, krn tandingan, atau karena hoki..??







Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Aptanto WSS on Sun 22 Aug 2010, 04:23

Benar juga mas anto, Tetapi jika ayam A yang paling berani di antara saudara2nya ketika dari kecil hingga besar sudah kalah apa mungkin ayam F yang sering dipatukin ayam A dari kecil dapat membalaskan kekalahan ayam A ketika di adu dengan ayam tetangga yang telah mengalahkan ayam A saya.

Thank,s Mas Anto.[/quote]

Wah saya jg punya ayam umur 3 minggu ! bagaimana kalau kita gebrakkan aja biar tau mana yg terbaik lagian anak ayam sama sama umurnya masih 3 mg ! ha ha ha (guyon mode on)

Salam kenal alamatnya dimana pak husein ?

Aptanto WSS
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 31
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  pak_tri on Sun 22 Aug 2010, 07:18

dalam satu tetasan kita tidak bisa menilai mana yg baik mana yg jelek
sebelum di coba ,hanya kita bisa menilai dari luarnya saja misal ; body bagus,
badan panjang, tulang rapat dan tebal dll.....itu saja belum jaminan tarungnya bagus......
untuk pacek ;
kalau saya ; jantan yang sudah menang di arena ....( silsilah ayam jawara )
dan betina nya pun demkian ( ambil tarungnya bagus dan pukulan keras/ tandes .
8o% hasilnya bisa kita nikmati.....
mudah2an....salam .

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  husein on Mon 23 Aug 2010, 01:51

Wah saya jg punya ayam umur 3 minggu ! bagaimana kalau kita gebrakkan aja biar tau mana yg terbaik lagian anak ayam sama sama umurnya masih 3 mg ! ha ha ha (guyon mode on)

Salam kenal alamatnya dimana pak husein ?[/quote]

Hahaha... paling-paling ayamnya malah nggak tarung, tapi malah grombol cari anget-angetan.
pertanyaan saya yang ke 3 kan "jika kondisi ayam sudah besar dan sudah siap tarung semua"

Atau begini mas Tanto, kalo ayam saya sudah terlihat agak berani ayam kita gebrak saja, nggak usah tunggu ngurak pertama, nanti kita lihat ayam mana yang menang. setelah itu kita tarungkan lagi pada periode setelah ngurak pertama selesai.

Disitu dapat kita ambil kesimpulan, apakah kalau ayam waktu kecil sudah pernah kalah akan selamanya kalah atau belum tentu.

Maksud dari percobaan ini adalah jika terbukti ayam yang sudah pernah kalah waktu kecil dan tetap kalah waktu dewasa (benar2 siap tarung).
maka jika saya punya ayam yang kalah wktu kecil lebih baik saya jadikan lauk saja untuk acara syukuran daging ayam bangkok kan gede kalau di bagi bisa dapat banyak. jadi nggak usah tunggu besar, karena percuma daripada mengghabiskan pakan saja. Hehehe......(guyon mode on) .

Mungkin mas Aptanto atau yang lain ada yang punya pengalaman tentang masalah ini. Thank's.
(harap maklum karena saya masih pemula).

Salam kenal juga Mas, sama saya dari surabaya juga daerah ngagel.

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  husein on Mon 23 Aug 2010, 02:12

pak_tri wrote:dalam satu tetasan kita tidak bisa menilai mana yg baik mana yg jelek
sebelum di coba ,hanya kita bisa menilai dari luarnya saja misal ; body bagus,
badan panjang, tulang rapat dan tebal dll.....itu saja belum jaminan tarungnya bagus......
untuk pacek ;
kalau saya ; jantan yang sudah menang di arena ....( silsilah ayam jawara )
dan betina nya pun demkian ( ambil tarungnya bagus dan pukulan keras/ tandes .
8o% hasilnya bisa kita nikmati.....
mudah2an....salam .

Untuk saat ini saya masih mulai dari awal pak Tri, modal saya hanya 8 ekor ayam umur 3mingguan tidak ada ayam yang siap tarung sama sekali. belum lagi ternyata kalau sudah besar ayam saya kalah maka sia-sia saja penantian lama saya Crying or Very sad

Kalau yang seperti pak Tri bilang sepertinya masih lama pak Tri baru dapat saya nikmati hasilnya. Saya hanya bisa bersabar aja untuk menunggu ayam siap tarung.
Trimakasih pak Tri atas sarannya, kalau salah satu ayam saya ada yang menang pasti akan saya jadikan pacek.
Salam....

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  husein on Mon 23 Aug 2010, 02:55

Administrator wrote:
Jawaban pertanyaan 1 & 2 :
Data yg ditulis sangat tidak mencukupi utk dijadikan alasan mana yg terbaik dan mana yg harus diapkir.
Terlebih ayam2nya masih umur 3 minggu.
Mas Ari, bisa minta tolong diberi penjelasan umur berapa kita menetapkan ayam sebagai afkiran, dan kreteria ayam yang harus diafkir. supaya nggak menuhin kandang dan menghabisi jatah pakan serta menjaga mutu silangan.

Administrator wrote:
Saudaranya belum tentu kalah. Karena belum tentu si A adlh yg terbaik. Bisa jadi yg dulu dikira jelek, ternyata setelah besar akan menjadi yg terbaik (kasus seperti ini sering terjadi).
Dari mana mas Husein bisa menyimpulkan kalau si A adlh yg terbaik...??
Apakah hanya karena saat ini (umur 3 minggu) dialah yg paling berani...??
Kalau Mas Ari dalam memilih ayam dalam satu tetasan untuk dijadikan handalan yang pertama ketika semua ayam sudah siap tarung dipilih yang seperti apa mas Ari?

Administrator wrote:
Tergantung bagaimana kalahnya. Kalau kalah krn sekali-dua kali pukul (cengeng), atau kalah krn habis2an digebukin tanpa ada sempat membalas, itu namanya kalah telak. Artinya, ayam kita kalah kualitas. Harus dipertimbangkan kembali apakah akan tetap mempertahankan indukannya.

Lagi pula, kalah menang banyak sekali faktor yg menentukan. Bukan semata2 krn kualitas ayam. Kalah-menang sangat berhubungan dgn pemilik yg bisa merawat dan mencari tandingan yg sesuai. Juga ada faktor keberuntungan disana.

Ayam yg kalah belum tentu jelek. Ayam yg menang juga belum tentu lebih bagus.
Jadi kita harus jeli menilai, mengapa ayam kita kalah. Apakah krn kualitas, krn rawatan, krn tandingan, atau karena hoki..??
Saya coba rawat ayam saya dengan baik mas Ari, seperti topic yang sudah saya baca, jadi kalau kalah dapat saya pastikan karena kualitas yang kalah. kalau masalah hoki saya serahkan sama yang Kuasa saja.

Ma'af Mas Ari saya sudah ngerepotin nih...., saya harap Mas Ari masih mau membagi ilmunya.


Trimakasih.

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Modesto on Mon 23 Aug 2010, 03:37

Pacek saya sekarang ini, dulunya waktu kecil sering di plonco sodara nya karena badannya paling kecil.......tapi setelah gede badan maupun tarungnya paling keren...hehehe...salam kenal Mas Husein Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  husein on Mon 23 Aug 2010, 04:19

Modesto wrote:Pacek saya sekarang ini, dulunya waktu kecil sering di plonco sodara nya karena badannya paling kecil.......tapi setelah gede badan maupun tarungnya paling keren...hehehe...salam kenal Mas Husein Smile

Saya mau tanya mas Modesto, apakah ayam paceknya yang dulunya paling kecil sendiri setelah besar ukuran badannya juga tetap paling kecil diantara saudara-saudaranya? maksud saya tulangannya. karena ayam yang saya pelihara ada satu yang besarnya hampir 2x dengan saudara nya. dan ada juga yang kecil sendiri walaupun saya amati ayam yang kecil itu paling sering makan.

Salam kenal juga mas Modesto

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  pemula keras on Mon 23 Aug 2010, 05:13

husein wrote:
Modesto wrote:Pacek saya sekarang ini, dulunya waktu kecil sering di plonco sodara nya karena badannya paling kecil.......tapi setelah gede badan maupun tarungnya paling keren...hehehe...salam kenal Mas Husein Smile

Saya mau tanya mas Modesto, apakah ayam paceknya yang dulunya paling kecil sendiri setelah besar ukuran badannya juga tetap paling kecil diantara saudara-saudaranya? maksud saya tulangannya. karena ayam yang saya pelihara ada satu yang besarnya hampir 2x dengan saudara nya. dan ada juga yang kecil sendiri walaupun saya amati ayam yang kecil itu paling sering makan.

Salam kenal juga mas Modesto

MAFF ya senior cuman mau nambahin nih..
dari pengalam ajah sih mas saya ada 4 tetasan ayam di antaranya pejantan 1 betina nih
dari 3 pejantan ada ayam yang bengal alias preman kandang temen2nya kalah... ternyata setelah besar si A besarnya malah tidak memberikan kemajuan yang pasti malah adik2nya yang dulu di bengali karirnya pada bagus2... ibaratnya dah keluar dari tempat lahirnya and alhamdulilah bwa nama harum saya mas..
sebagai catatan paling berani bukan berarti paling bagus mas hehe tergantung penanganan kita ajah mas.. trms
maff kalo ada salah2 kata mas
yang lain ada masukan monggo...

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Modesto on Mon 23 Aug 2010, 05:26

husein wrote:
Modesto wrote:Pacek saya sekarang ini, dulunya waktu kecil sering di plonco sodara nya karena badannya paling kecil.......tapi setelah gede badan maupun tarungnya paling keren...hehehe...salam kenal Mas Husein Smile

Saya mau tanya mas Modesto, apakah ayam paceknya yang dulunya paling kecil sendiri setelah besar ukuran badannya juga tetap paling kecil diantara saudara-saudaranya? maksud saya tulangannya. karena ayam yang saya pelihara ada satu yang besarnya hampir 2x dengan saudara nya. dan ada juga yang kecil sendiri walaupun saya amati ayam yang kecil itu paling sering makan.

Salam kenal juga mas Modesto

Tulangan pacek saya tetep tebal mas, bahkan paling rapat dan tebal dibanding sodaranya....hanya kalah tinggi dikit. ayam sampeyan yang besarnya 2x dari sodaranya itu mungkin gedenya paling tinggi dari sodaranya......tapi soal tulangan yang paling kecil doyan makan itu mungkin ga kalah dgn yang paling gede. Anak anak ayam yang di plonco dari kecil usahakan jangan sampai kekurangan makanan mas....dengan begitu akan tumbuh optimal. Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Administrator on Mon 23 Aug 2010, 13:10

husein wrote:
Mas Ari, bisa minta tolong diberi penjelasan umur berapa kita menetapkan ayam sebagai afkiran, dan kreteria ayam yang harus diafkir. supaya nggak menuhin kandang dan menghabisi jatah pakan serta menjaga mutu silangan.

Sy mengapkir ayam jago setelah 3-4X diabar. Umur sekitar 8-9 bulan.
Kecuali si ayam dari kecil udah sakit2an, cacat, fisik loyo, dll, pasti udah sy apkir duluan.
Kalau sejak kecil semua sehat, sy anggap semua bakal jadi jagoan.
Smile

Ayam apkir (jantan) bagi sy adlh ayam yg tidak memiliki persyaratan kualitas mental, teknik dan pukulan.


husein wrote:
Kalau Mas Ari dalam memilih ayam dalam satu tetasan untuk dijadikan handalan yang pertama ketika semua ayam sudah siap tarung dipilih yang seperti apa mas Ari?

Kalau sudah keliatan cara bertarungnya, tentu dipilih yg punya teknik dan pukulan terbaik.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Kumbang on Mon 23 Aug 2010, 16:57

Administrator wrote:Sy mengapkir ayam jago setelah 3-4X diabar. Umur sekitar 8-9 bulan.
Kecuali si ayam dari kecil udah sakit2an, cacat, fisik loyo, dll, pasti udah sy apkir duluan.
Kalau sejak kecil semua sehat, sy anggap semua bakal jadi jagoan.
Smile

Ayam apkir (jantan) bagi sy adlh ayam yg tidak memiliki persyaratan kualitas mental, teknik dan pukulan.

Kalau sudah keliatan cara bertarungnya, tentu dipilih yg punya teknik dan pukulan terbaik.

Setuju mas Admin...
Jng terburu meng-apkir, pastikan dl... jng menyesal di kemudian hari.

salam,

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  pemula keras on Tue 24 Aug 2010, 10:42

Kumbang wrote:
Administrator wrote:Sy mengapkir ayam jago setelah 3-4X diabar. Umur sekitar 8-9 bulan.
Kecuali si ayam dari kecil udah sakit2an, cacat, fisik loyo, dll, pasti udah sy apkir duluan.
Kalau sejak kecil semua sehat, sy anggap semua bakal jadi jagoan.
Smile

Ayam apkir (jantan) bagi sy adlh ayam yg tidak memiliki persyaratan kualitas mental, teknik dan pukulan.

Kalau sudah keliatan cara bertarungnya, tentu dipilih yg punya teknik dan pukulan terbaik.

Setuju mas Admin...
Jng terburu meng-apkir, pastikan dl... jng menyesal di kemudian hari.

salam,

setiap kekurangan pasti ada kelebihan yah para senior2 sekalian.... Razz Razz drunken drunken

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  cak nur on Wed 25 Aug 2010, 10:07

Ada memang beberapa peternak yang melakukan sortir pada umur 2-4 bulan.
Ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan yang sudah disebutkan oleh teman-teman sebelumnya,.. Plus : karena sudah terlalu banyak komunitasnya di kandang,..
jadi misalnya punya 20 ekor babon yang sudah menetas 10 ekor = 200 ekor anakan.
selang periode tidak sampai 2 bulan,.. sudah turun lagi 200 ekor anakan
4 bulan lagi dari periode pertama turun lagi 200 ekor anakan,...

ya kalo sama seperti lagunya 'tek-kotek kotek kotek,. anak ayam turun seribu,. mati sembilan ratus sembilan puluh sembilan,.. tinggal seekor,.." gak apa-apa,..
Lha kita khan pengennya hidup sampai besar,.. ya nggak !??
lanjut cerita akhirnya selang 4 bulan saja sudah sekitar 600 ekor anakan yang kita hasilkan... (itungan matematika,...begitu katanya)..
bisa dibayangkan bila kita tidak melakukan sortir sedini mungkin,... wahhh rumah jadi kandang nantinya...he.he.he..

Jadi masalah populasi dan jumlah kandang, serta area untuk beternak,.. juga menjadi pertimbangan,...

Kalo aku bisa sarankan sih bang Husein,,... kalo memang jumlah cuma 8 ekor,. dan lokasi memungkinkan,.. ya diterusin saja,.. sampai kelihatan hasilnya (setelah ditest abaran...) sehingga ilmunya tambah,... he.he.he..

salam

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  jaghana on Wed 25 Aug 2010, 11:43

cak nur wrote:Ada memang beberapa peternak yang melakukan sortir pada umur 2-4 bulan.
Ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan yang sudah disebutkan oleh teman-teman sebelumnya,.. Plus : karena sudah terlalu banyak komunitasnya di kandang,..
jadi misalnya punya 20 ekor babon yang sudah menetas 10 ekor = 200 ekor anakan.
selang periode tidak sampai 2 bulan,.. sudah turun lagi 200 ekor anakan
4 bulan lagi dari periode pertama turun lagi 200 ekor anakan,...

ya kalo sama seperti lagunya 'tek-kotek kotek kotek,. anak ayam turun seribu,. mati sembilan ratus sembilan puluh sembilan,.. tinggal seekor,.." gak apa-apa,..
Lha kita khan pengennya hidup sampai besar,.. ya nggak !??
lanjut cerita akhirnya selang 4 bulan saja sudah sekitar 600 ekor anakan yang kita hasilkan... (itungan matematika,...begitu katanya)..
bisa dibayangkan bila kita tidak melakukan sortir sedini mungkin,... wahhh rumah jadi kandang nantinya...he.he.he..

Jadi masalah populasi dan jumlah kandang, serta area untuk beternak,.. juga menjadi pertimbangan,...

Kalo aku bisa sarankan sih bang Husein,,... kalo memang jumlah cuma 8 ekor,. dan lokasi memungkinkan,.. ya diterusin saja,.. sampai kelihatan hasilnya (setelah ditest abaran...) sehingga ilmunya tambah,... he.he.he..

salam

siipp..... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Administrator on Wed 25 Aug 2010, 12:04

cak nur wrote:Ada memang beberapa peternak yang melakukan sortir pada umur 2-4 bulan.
Ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan yang sudah disebutkan oleh teman-teman sebelumnya,.. Plus : karena sudah terlalu banyak komunitasnya di kandang,..
jadi misalnya punya 20 ekor babon yang sudah menetas 10 ekor = 200 ekor anakan.
selang periode tidak sampai 2 bulan,.. sudah turun lagi 200 ekor anakan
4 bulan lagi dari periode pertama turun lagi 200 ekor anakan,...

ya kalo sama seperti lagunya 'tek-kotek kotek kotek,. anak ayam turun seribu,. mati sembilan ratus sembilan puluh sembilan,.. tinggal seekor,.." gak apa-apa,..
Lha kita khan pengennya hidup sampai besar,.. ya nggak !??
lanjut cerita akhirnya selang 4 bulan saja sudah sekitar 600 ekor anakan yang kita hasilkan... (itungan matematika,...begitu katanya)..
bisa dibayangkan bila kita tidak melakukan sortir sedini mungkin,... wahhh rumah jadi kandang nantinya...he.he.he..

Jadi masalah populasi dan jumlah kandang, serta area untuk beternak,.. juga menjadi pertimbangan,...

Kalo aku bisa sarankan sih bang Husein,,... kalo memang jumlah cuma 8 ekor,. dan lokasi memungkinkan,.. ya diterusin saja,.. sampai kelihatan hasilnya (setelah ditest abaran...) sehingga ilmunya tambah,... he.he.he..

salam

Cak Nur,
Setahu saya sih, mereka yg punya babon 20 ekor, semua diternak, pasti halamannya luas.
Halaman luas, pasti artinya orang yg berada (punya duit).
Biasanya, orang yg punya duit ga pernah sortir ayam dari masih pithik.
hehehe...

Razz

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dalam satu tetasan

Post  Sponsored content Today at 18:39


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik