turun urat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

turun urat

Post  katoxsoex on Wed 21 Jan 2015, 14:48

misi para senior numpang tanya? apakah turun urat yang sudah lama bisa di sembuhin dg rifampicin? jalan sih normal bisa lari, cuma kaki bagian bawah agak besar/bengkak.. seperti foto yg aada di afatar, ayam normal tapi bengkak tak kunjung mengecil..

katoxsoex
kopral
kopral

Jumlah posting : 18
Join date : 29.07.14
Age : 22
Lokasi : subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  mushafir on Wed 21 Jan 2015, 15:47

Turun urat atau terkilir apakah sama?

Obat pernafasan apa hubungannya dengan turun urat ?

Diduga turun urat sembuh namun kaki bengkak. Saya kurang mengerti kinerja tubuh unggas karena ada banyak sekali sakit pada kaki aayam

Ada ayam pincang hingga paha mengecil kempas dengan sendirinya.
ada ayam pincang hingga kaki lumpuh llayu
ada ayam pincang hingga kaki bbengkak
dll.

Namun semuanya tidak bisa sembuh total dan balik normal karena cidera yang kita tidak tahu cara perlakuan untuk penyembuhan yang tepat.

Karena jika disamakan dengan manusia semisal otot robek atau ada urat saraf yang rusak maka harus ada operasi kecil untuk mengembalikan urat tersebut untuk kembali nnormal akan tetapi jika terjadi robek maka akan kambuh kembali dan tidak mungkin bisa disembuhkan kembali.

mushafir
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 371
Join date : 10.10.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Jack Sparow on Wed 21 Jan 2015, 17:00

mushafir wrote:Turun urat atau terkilir apakah sama?

Obat pernafasan apa hubungannya dengan turun urat ?

Diduga turun urat sembuh namun kaki bengkak. Saya kurang mengerti kinerja tubuh unggas karena ada banyak sekali sakit pada kaki aayam

Ada ayam pincang hingga paha mengecil kempas dengan sendirinya.
ada ayam pincang hingga kaki lumpuh llayu
ada ayam pincang hingga kaki bbengkak
dll.

Namun semuanya tidak bisa sembuh total dan balik normal karena cidera yang kita tidak tahu cara perlakuan untuk penyembuhan yang tepat.

Karena jika disamakan dengan manusia semisal otot robek atau ada urat saraf yang rusak maka harus ada operasi kecil untuk mengembalikan urat tersebut untuk kembali nnormal akan tetapi jika terjadi robek maka akan kambuh kembali dan tidak mungkin bisa disembuhkan kembali.

Pendapat saya ttg turun urat pd ayam...(moga2 tdk salah arah)
1. Pincang dg kaki normal(yg lama2 akan mengecil). Mengecilnya kaki yg tdk berfungsi dugaan saya krn masa otot yg menyusut krn tdk dipakai exercise/gerak, smntr kaki 1nya yg menopang akan menerima beban yg lbh besar. Tentu dlm jangka waktu ttt kedua kaki akan beda ukuran scr signifikan. Saya blm pnh nyoba tp percaya dg pemakaian rifampisin bisa menolong, krn bs jadi penyebab pincangnya krn sakit dalam(flek pd paru2/TBC). Kita tau bahwa kadang ayam tsb bekerja luarbiasa berat diluar kapasitasnya.
2. Pincang dg kaki bengkak(biasanya disertai panas pd bagian yg bengkak). Ini plg pas untuk disebut turun urat. Dugaan saya karena kaki yg bekerja ekstra(terutama pd ayam2 muda dg bakat pukul berat) akan menyebabkan inflamasi(pembengkakan)pd otot yg berlebihan, bahkan sampai pelebaran vena. Pada kasus2 ini menurut saya pengobatan yg tepat bisa sampai sembuh total, tergantung tingkat keparahan/kerusakan. Kemungkinan kambuh? besar. Logika spt orang patah tulang. Tulang yg utuh bs patah apalagi yg sambungan(pernah patah), tentu berkaitan dg kemampuan menerima beban, akan beda dg ayam yg belum pernah turun urat.
3. Pincang karena keseleo_mungkin ini pincang yg plg mudah disembuhkan dan terapinya sampai sembuh paling singkat dibanding pincang karena 2hal sebelumnya. Dibawa ke"Mak Urut" kmd dikasih antiinflamasi yg oles dan per oral.
Sekian, mg2 ada manfaatnya dan mhn masukan lbh lanjut dari rekan2 semua dan sesepuh Papaji.

Salam turun urat(maaf Pak Hendro..nama kita sama dan saya sering nyontek salame njenengan)

Jack Sparow
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 18.06.14
Lokasi : Jl. Wadaslintang arah wonosobo

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  katoxsoex on Wed 21 Jan 2015, 17:24

Jack Sparow wrote:
mushafir wrote:Turun urat atau terkilir apakah sama?

Obat pernafasan apa hubungannya dengan turun urat ?

Diduga turun urat sembuh namun kaki bengkak. Saya kurang mengerti kinerja tubuh unggas karena ada banyak sekali sakit pada kaki aayam

Ada ayam pincang hingga paha mengecil kempas dengan sendirinya.
ada ayam pincang hingga kaki lumpuh llayu
ada ayam pincang hingga kaki bbengkak
dll.

Namun semuanya tidak bisa sembuh total dan balik normal karena cidera yang kita tidak tahu cara perlakuan untuk penyembuhan yang tepat.

Karena jika disamakan dengan manusia semisal otot robek atau ada urat saraf yang rusak maka harus ada operasi kecil untuk mengembalikan urat tersebut untuk kembali nnormal akan tetapi jika terjadi robek maka akan kambuh kembali dan tidak mungkin bisa disembuhkan kembali.

Pendapat saya ttg turun urat pd ayam...(moga2 tdk salah arah)
1. Pincang dg kaki normal(yg lama2 akan mengecil). Mengecilnya kaki yg tdk berfungsi dugaan saya krn masa otot yg menyusut krn tdk dipakai exercise/gerak, smntr kaki 1nya yg menopang akan menerima beban yg lbh besar. Tentu dlm jangka waktu ttt kedua kaki akan beda ukuran scr signifikan. Saya blm pnh nyoba tp percaya dg pemakaian rifampisin bisa menolong, krn bs jadi penyebab pincangnya krn sakit dalam(flek pd paru2/TBC). Kita tau bahwa kadang ayam tsb bekerja luarbiasa berat diluar kapasitasnya.
2. Pincang dg kaki bengkak(biasanya disertai panas pd bagian yg bengkak). Ini plg pas untuk disebut turun urat. Dugaan saya karena kaki yg bekerja ekstra(terutama pd ayam2 muda dg bakat pukul berat) akan menyebabkan inflamasi(pembengkakan)pd otot yg berlebihan, bahkan sampai pelebaran vena. Pada kasus2 ini menurut saya pengobatan yg tepat bisa sampai sembuh total, tergantung tingkat keparahan/kerusakan. Kemungkinan kambuh? besar. Logika spt orang patah tulang. Tulang yg utuh bs patah apalagi yg sambungan(pernah patah), tentu berkaitan dg kemampuan menerima beban, akan beda dg ayam yg belum pernah turun urat.
3. Pincang karena keseleo_mungkin ini pincang yg plg mudah disembuhkan dan terapinya sampai sembuh paling singkat dibanding pincang karena 2hal sebelumnya. Dibawa ke"Mak Urut" kmd dikasih antiinflamasi yg oles dan per oral.
Sekian, mg2 ada manfaatnya dan mhn masukan lbh lanjut dari rekan2 semua dan sesepuh Papaji.

Salam turun urat(maaf Pak Hendro..nama kita sama dan saya sering nyontek salame njenengan)
Trus bagai mana pak? Dgn kasus seperti ayam saya? Apakah bengkaknya akan sembuh pake rifampicin? Banyak orang yg menyarankan pake rifampicin, tapi saya msh ragu karna ayam saya turun uratnya udah lama..apa msh bisa di sembuhkan bengkaknya? Kalo dg oprasi jujur saya kaga ahli, dah kasihan pada ayam saya, lbih baik seperti itu, meskipun kaga enak di pandang..

katoxsoex
kopral
kopral

Jumlah posting : 18
Join date : 29.07.14
Age : 22
Lokasi : subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Jack Sparow on Wed 21 Jan 2015, 18:10

katoxsoex wrote:
Jack Sparow wrote:
mushafir wrote:Turun urat atau terkilir apakah sama?

Obat pernafasan apa hubungannya dengan turun urat ?

Diduga turun urat sembuh namun kaki bengkak. Saya kurang mengerti kinerja tubuh unggas karena ada banyak sekali sakit pada kaki aayam

Ada ayam pincang hingga paha mengecil kempas dengan sendirinya.
ada ayam pincang hingga kaki lumpuh llayu
ada ayam pincang hingga kaki bbengkak
dll.

Namun semuanya tidak bisa sembuh total dan balik normal karena cidera yang kita tidak tahu cara perlakuan untuk penyembuhan yang tepat.

Karena jika disamakan dengan manusia semisal otot robek atau ada urat saraf yang rusak maka harus ada operasi kecil untuk mengembalikan urat tersebut untuk kembali nnormal akan tetapi jika terjadi robek maka akan kambuh kembali dan tidak mungkin bisa disembuhkan kembali.

Pendapat saya ttg turun urat pd ayam...(moga2 tdk salah arah)
1. Pincang dg kaki normal(yg lama2 akan mengecil). Mengecilnya kaki yg tdk berfungsi dugaan saya krn masa otot yg menyusut krn tdk dipakai exercise/gerak, smntr kaki 1nya yg menopang akan menerima beban yg lbh besar. Tentu dlm jangka waktu ttt kedua kaki akan beda ukuran scr signifikan. Saya blm pnh nyoba tp percaya dg pemakaian rifampisin bisa menolong, krn bs jadi penyebab pincangnya krn sakit dalam(flek pd paru2/TBC). Kita tau bahwa kadang ayam tsb bekerja luarbiasa berat diluar kapasitasnya.
2. Pincang dg kaki bengkak(biasanya disertai panas pd bagian yg bengkak). Ini plg pas untuk disebut turun urat. Dugaan saya karena kaki yg bekerja ekstra(terutama pd ayam2 muda dg bakat pukul berat) akan menyebabkan inflamasi(pembengkakan)pd otot yg berlebihan, bahkan sampai pelebaran vena. Pada kasus2 ini menurut saya pengobatan yg tepat bisa sampai sembuh total, tergantung tingkat keparahan/kerusakan. Kemungkinan kambuh? besar. Logika spt orang patah tulang. Tulang yg utuh bs patah apalagi yg sambungan(pernah patah), tentu berkaitan dg kemampuan menerima beban, akan beda dg ayam yg belum pernah turun urat.
3. Pincang karena keseleo_mungkin ini pincang yg plg mudah disembuhkan dan terapinya sampai sembuh paling singkat dibanding pincang karena 2hal sebelumnya. Dibawa ke"Mak Urut" kmd dikasih antiinflamasi yg oles dan per oral.
Sekian, mg2 ada manfaatnya dan mhn masukan lbh lanjut dari rekan2 semua dan sesepuh Papaji.

Salam turun urat(maaf Pak Hendro..nama kita sama dan saya sering nyontek salame njenengan)
Trus bagai mana pak? Dgn kasus seperti ayam saya? Apakah bengkaknya akan sembuh pake rifampicin? Banyak orang yg menyarankan pake rifampicin, tapi saya msh ragu karna ayam saya turun uratnya udah lama..apa msh bisa di sembuhkan bengkaknya? Kalo dg oprasi jujur saya kaga ahli, dah kasihan pada ayam saya, lbih baik seperti itu, meskipun kaga enak di pandang..

Klo turun urat kayak difoto..poin no.2 mnrt saya jangan dikasih rifampisin..nti malah ayam sehat jadi sakit krn besarnya efeksamping obat TB tsb. Klo saya akan coba kasih obat tedon py ekafarma dan secara topikal diolesi valtaren gel dibagian yg bengkak.

Jack Sparow
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 18.06.14
Lokasi : Jl. Wadaslintang arah wonosobo

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Joe_jago on Wed 21 Jan 2015, 23:01

Saya pernah ngobatin ayam turun urat mas dan syukur bisa sembuh hanya saja jari tengah yang dekat kuku tidak bisa lurus. Ceritanya ayam muda baru buka urat. Keenakan liat pukul dan mainnya jadi lupa jam, yang rencananya cuma 5 menit jadi 12 menit..alhasil 2 hari kemudian kaki ayam pincang sebelah. Tapi saat itu juga saya langsung kasih rimpaficin setiap pagi 1 tablet selama 3 hari. Kaki yang pincang saya kasih kapas dari mulai lutut sampai telapak kemudian saya ikat dengan kain kasa. Rebus air sereh. Kalau kapas dikaki kering basahi lagi dengan air rebusan sereh. Terus hingga bengkak dikaki mengecil dan sudah dapat berjalan normal, baru saya buka kapas dan kain kasanya. Kira-kira 2 minggu bengkak sudah normal..
Ini pengalaman pribadi mas, tapi ilmunya ya saya ambil dari forum papaji. sudah pernah dibahas kok..hanya saja turun uratnya blm berlangsung lama langsung di tangani. saya blm pernah coba kalau turun uratnya sudah berlangsung lama..monggo di coba dengan cara ini mas katox..kalo berhasil tolong dishare lagi biar tambah ilmu...

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1444
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Tamil on Sat 24 Jan 2015, 23:38

Sama nih masalahnya...kaki bengkak udah lama...
Rencana dipacek susah kawin, kakinya udak kaku...

Tamil
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 07.04.14
Age : 36
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Don Lego on Tue 27 Jan 2015, 17:46

katoxsoex wrote:misi para senior numpang tanya? apakah turun urat yang sudah lama bisa di sembuhin dg rifampicin? jalan sih normal bisa lari, cuma kaki bagian bawah agak besar/bengkak.. seperti foto yg aada di afatar, ayam normal tapi bengkak tak kunjung mengecil..

Ijin nimbrung senior. Dapet ilmu dari kandang tetangga semoga bisa membantu, kalau kaki bengkak (tedun) belum lama biasanya di kasih tanah liat basah di tempelin di bagian kaki yang bengkak (biasanya telapak kaki) kemudian di balut pake kain. 3 hingga 7 hari biasanya sudah ada perubahan. CMIIW Very Happy

Don Lego
kopral
kopral

Jumlah posting : 13
Join date : 21.01.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Refal on Mon 08 Jun 2015, 17:46

Maaf mas Jack saya mau tanya? untuk perawatan ayam yang turut urat baiknya seperti apa selain di kasih obat, apa kah di umbar bebas supaya bisa lari atau di kandang bok? soalnya sy di rumah punya ayam usia 7 bulan kaki yang sebelah kanan jalannya pincang, telapak kakinya keras beda sama telapak kaki yang sebelah kiri.

Refal
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 157
Join date : 30.10.12
Age : 32
Lokasi : Karwang, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Langgeng NC on Mon 08 Jun 2015, 19:28

Refal wrote:Maaf mas Jack saya mau tanya? untuk perawatan ayam yang turut urat baiknya seperti apa selain di kasih obat, apa kah di umbar bebas supaya bisa lari atau di kandang bok? soalnya sy di rumah punya ayam usia 7 bulan kaki yang sebelah kanan jalannya pincang, telapak kakinya keras beda sama telapak kaki yang sebelah kiri.
paling bagus ditaruh dikandang umbaran dgn alas pasir halus, untuk menjaga supaya ototnya tidak mengecil namun aman buat gerak bebas dan dikasih babon juga bisa. jika tedunnya masih baru pasirnya bisa dibasahi air tiap hari. rata2 sih butuh waktu sktr 3bln untuk sembuh. pemberian rifampicin kalau saya cukup 3hri sekali.

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1215
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Refal on Mon 08 Jun 2015, 19:43

Langgeng NC wrote:
Refal wrote:Maaf mas Jack saya mau tanya? untuk perawatan ayam yang turut urat baiknya seperti apa selain di kasih obat, apa kah di umbar bebas supaya bisa lari atau di kandang bok? soalnya sy di rumah punya ayam usia 7 bulan kaki yang sebelah kanan jalannya pincang, telapak kakinya keras beda sama telapak kaki yang sebelah kiri.
paling bagus ditaruh dikandang umbaran dgn alas pasir halus, untuk menjaga supaya ototnya tidak mengecil namun aman buat gerak bebas dan dikasih babon juga bisa. jika tedunnya masih baru pasirnya bisa dibasahi air tiap hari. rata2 sih butuh waktu sktr 3bln untuk sembuh. pemberian rifampicin kalau saya cukup 3hri sekali.
Tapi tidak kelihatan ada bengkakdi ruas jari, cuma telapak kakinya aja yang agak keras beda sama yang sebelah kiri telapak kakinya normal. Kalau boleh tahu rifampicin harganya berapa bang? soalnya saya belum pernah nyoba pakai rifampicin, dan terima kasih atas sarannya bang.

Refal
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 157
Join date : 30.10.12
Age : 32
Lokasi : Karwang, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Langgeng NC on Tue 09 Jun 2015, 05:46

di surabaya "rifampicin 500mg" 8500 per strip isi 10.
kalau mau yg branded/non generik pakai "remactan" kandungan sama tp kalau ga salah per biji 12rb.
memang tedun juga bikin telapak kaki keras. kalau sudah swmbuh bisa lunak lagi seperti punya saya

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1215
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  apitt on Sat 04 Jul 2015, 04:14

sama jg kasusnya,tp kaki dah normal( buat tarung dah g pengaruh),yg saya tanyakan apakah bisa rimpafisin ngilangin bengkaknya??

apitt
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 94
Join date : 29.01.13
Age : 33
Lokasi : karanganyar

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  acha_khan on Sun 05 Jul 2015, 18:03

katoxsoex wrote:misi para senior numpang tanya? apakah turun urat yang sudah lama bisa di sembuhin dg rifampicin? jalan sih normal bisa lari, cuma kaki bagian bawah agak besar/bengkak.. seperti foto yg aada di afatar, ayam normal tapi bengkak tak kunjung mengecil..

gmn mas sdh di coba blm saran teman2 papaji. ayam sy kakinya pincang sebelah setengah paha sampai lututx bengkak sdh hampir 1 bln saya pernah pakai rimfapicin  sampai 8 tablet selama 8 hr tp tdk ada perubahan. sy berhentikan sebentar sekarang sy baru pakai milenium obat turun urat.mungkin ada teman2 papaji pernh pakai milenium hslnya bgamana.telapak kaki sm jari2 normal

acha_khan
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 25.11.10
Age : 35
Lokasi : kolaka-sultra

Kembali Ke Atas Go down

Re: turun urat

Post  Sponsored content Today at 01:21


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik