Hasil yang diinginkan dalam beternak

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Fri 27 Feb 2015, 09:39

Maaf kalau pernah dibahas, atau ada thread yg sejenis.
Dalam beternak saya sempat bingung, antara menyilangkan berbagai strain atau mengawinkan dengan strai yang sama. asumsinya jago dan biang yg dipakai sama2 berkualitas cukup menurut anggapan saya.
Dalam perjalanan dengan melihat2 video2 baik di papaji ataupun fb, saya liat ayam persilangan berbagai strain kok tarungnya dan pukulnya ya begitu2 saja, maaf ini menurut saya loh, masih jauh lebih bagus hanya bangkok saja namun kualitas mbangkoknya bagus, superlock dan pukul juga pedes. atau kalau boleh ambil contoh seperti mantan pacek Himalaya nya bang ricky cinere. ngga banyak 'jingkrak' yg ngga perlu. dan saya hampir yakin kedua ayam jika ditemukan akan lbh unggul ayam single strain tersebut.
Pada akhirnya saya jadi kurang minat pada persilangan2 yg aneh2, dan lebih condong pada kemurnian strain yang berkualitas.
masalahnya, nyari ayam yg sifat strainnya unggul kok agak susah ya, maksudnya ya tadi, kalau bangkok ya ngelocknya bagus pukul pedes. kalau saigon ya kontrolnya bagus pukul bom dan tadah pukul super, kalau birma ya timpuknya minimal 90 persen, samasekali ngga mau dipeluk..hehe
bagaimana dengan rekan2?

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Cecep Karawang on Fri 27 Feb 2015, 11:29

Tergantung selera Mas, saya punya biang 3 (bk, birma, mathai) pacek ada 3 (bk, saigon, mathai)...ke 3 biang tsb 1 angkatan pake pacek a, angkatan berikutnya pacekan b dst...berharap anakannya bagus...klo kurang bagus beli lagi aja ayam siap adu, dibawa ke kalang kalah ya beli lagi aja selama msh suka main ayam mah. Namanya juga hobby dibikin gampang aja mas.
Salam Guyub

Cecep Karawang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 324
Join date : 19.11.13
Age : 46
Lokasi : Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Boyka 19 on Fri 27 Feb 2015, 12:38

Langgeng NC wrote:Maaf kalau pernah dibahas, atau ada thread yg sejenis.
Dalam beternak saya sempat bingung, antara menyilangkan berbagai strain atau mengawinkan dengan strai yang sama. asumsinya jago dan biang yg dipakai sama2 berkualitas cukup menurut anggapan saya.
Dalam perjalanan dengan melihat2 video2 baik di papaji ataupun fb, saya liat ayam persilangan berbagai strain kok tarungnya dan pukulnya ya begitu2 saja, maaf ini menurut saya loh, masih jauh lebih bagus hanya bangkok saja namun kualitas mbangkoknya bagus, superlock dan pukul juga pedes. atau kalau boleh ambil contoh seperti mantan pacek Himalaya nya bang ricky cinere. ngga banyak 'jingkrak' yg ngga perlu. dan saya hampir yakin kedua ayam jika ditemukan akan lbh unggul ayam single strain tersebut.
Pada akhirnya saya jadi kurang minat pada persilangan2 yg aneh2, dan lebih condong pada kemurnian strain yang berkualitas.
masalahnya, nyari ayam yg sifat strainnya unggul kok agak susah ya, maksudnya ya tadi, kalau bangkok ya ngelocknya bagus pukul pedes. kalau saigon ya kontrolnya bagus pukul bom dan tadah pukul super, kalau birma ya timpuknya minimal 90 persen, samasekali ngga mau dipeluk..hehe
bagaimana dengan rekan2?
dikuatkan dulu aja pak gennya.
dibuat dua jalur atau lebih
nanti hasil dari cross in dan linenya baru dimasukkin dari dua jalur yang berbeda tersebut.
biasanya dalam dunia merpati di eropa mirip2 gitu, jadi dikuatkan dulu gen unggulnya baru digabung kalo sudah sama2 ada super breeder darikedua jalur trsbut.
cmiiw....

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Fri 27 Feb 2015, 15:25

Bener banget mas mas semua, cuman kadang angan yang terlalu tinggi jadi mentah karena hal2 sepele. misalnya kita beli ayam mahal, karena silangan bbrp strain, saya akui itu pasti memang mahal karena materi dan prosesnya. nah setelah kita beli karena kita tahu persis silsilah, sekaligus abaran singkatnya, eh..ternyata dengan mudah dikuasai oleh ayam kita yg lain yg lebih murah, namun nggak jelas silsilahnya..
angan siapa yg nggak buyar kalau begini...wkekek
dan jujur, maaf kalau dirasa kata2 saya menyakiti banyak orang disini, sekali lagi maaf tanpa ada maksud merendahkan dan meremehkan, harga2 yg dipatok masih terlalu mahal..
terlepas dari biaya produksinya yg mungkin memang mahal. mungkin karena materi yg banyak strain trrsebut.
jadi saya punya keinginan, dan harapan kalau ada jodoh dan rejeki, memproduksi dari materi yang terjangkau dan sudah teruji, supaya suatu saat bisa meramaikan fjb dengan produk harga terjangkau dan kualitas lumayan hehehe
maaf jika salah kata, karena bisa saja kenyataan lebih bagus daripada video abaran
salam damai


Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Boyka 19 on Fri 27 Feb 2015, 16:01

Langgeng NC wrote:Bener banget mas mas semua, cuman kadang angan yang terlalu tinggi jadi mentah karena hal2 sepele. misalnya kita beli ayam mahal, karena silangan bbrp strain, saya akui itu pasti memang mahal karena materi dan prosesnya. nah setelah kita beli karena kita tahu persis silsilah, sekaligus abaran singkatnya, eh..ternyata dengan mudah dikuasai oleh ayam kita yg lain yg lebih murah, namun nggak jelas silsilahnya..
angan siapa yg nggak buyar kalau begini...wkekek
dan jujur, maaf kalau dirasa kata2 saya menyakiti banyak orang disini, sekali lagi maaf tanpa ada maksud merendahkan dan meremehkan, harga2 yg dipatok masih terlalu mahal..
terlepas dari biaya produksinya yg mungkin memang mahal. mungkin karena materi yg banyak strain trrsebut.
jadi saya punya keinginan, dan harapan kalau ada jodoh dan rejeki, memproduksi dari materi yang terjangkau dan sudah teruji, supaya suatu saat bisa meramaikan fjb dengan produk harga terjangkau dan kualitas lumayan hehehe
maaf jika salah kata, karena bisa saja kenyataan lebih bagus daripada video abaran
salam damai

stuju om.
kualitas hebat dan harga bersahabat. kalo strain ga terlalu ngaruh buat saya.
yang penting sreg di hati dan sreg dikantong.
joss gandoz lah...mantab tenan.

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Fri 27 Feb 2015, 17:23

salam knal mas boy, surabaya nya mana? saya rungkut medokan, kalau istri rungkut menanggal. tp berhubung kerja di pandaan jadi sekarang tinggal di pandaan

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Boyka 19 on Fri 27 Feb 2015, 18:09

saya masih muda om masih kuliah belum lulus2 smester tua.
tinggal di gebang dkat ITS.
kapan2 boleh main kerumah njenengan om?
hehe....

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Fri 27 Feb 2015, 18:39

Cecep Karawang wrote:Tergantung selera Mas, saya punya biang 3 (bk, birma, mathai) pacek ada 3 (bk, saigon, mathai)...ke 3 biang tsb 1 angkatan pake pacek a, angkatan berikutnya pacekan b dst...berharap anakannya bagus...klo kurang bagus beli lagi aja ayam siap adu, dibawa ke kalang kalah ya beli lagi aja selama msh suka main ayam mah. Namanya juga hobby dibikin gampang aja mas.
Salam Guyub
ada yg beranggapan kalau mau yg murni keturunan pacek yg dimaksud, harus buang telor satu periode mas. misal awalnya babon a dgn pacek b, lalu ingin dikawinkan dgn pacek c, maka waktu periode nelor pertama dgn pacek c, gen pacek b masih kebawa. baru pada periode kedua yg bner2 murni gen pacek c
salam guyup juga mas

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Fri 27 Feb 2015, 18:45

Boyka 19 wrote:saya masih muda om masih kuliah belum lulus2 smester tua.
tinggal di gebang dkat ITS.
kapan2 boleh main kerumah njenengan om?
hehe....
saya dulu suka makan mie di warungnya emak, gemuk orangnya tp saya lupa namanya, maklum udah lebih dari 12thn. cmn warungnya pinggir kali selatan jalan, di jalan gebang juga, deket pintu gerbang its.
monggo silakan mampir mas, cuman saya jarang dirumah surabaya, paling sebulan sekali. kesehariannya di rumah pandaan. cuman jgn berharap bisa lihat kandang yg luas dan mewah mas, wong tanahnya saja cuman ada 3x3 meter..ayamnya juga baru beberapa hehehe

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Administrator on Fri 27 Feb 2015, 23:53

Menurut saya, ternak itu jangan fokus pada strain.
Fokuslah pada cita2 harapan kita, mau seperti apa hasilnya nanti.

Contoh :
Bila kita pengen ayam main tengok dan pukul cepat, maka pakailah pacek dan babon yg sifat karakternya sesuai keinginan kita yaitu tengok dan pukul cepat.
Mau strain apapun ga masalah. Mau antar strain atau satu strain juga ga masalah. Yang penting sifat karakternya main tengok dan pukul cepat.
Jadi fokuslah pada sifat karakter kedua parental sesuai cita2.
Jangan fokus pada strain krn meskipun satu strain sekalipun bisa berbeda sifat karakternya.

Yang jadi masalah, pengen hasil anakan main tengok tapi pakai pacek yg atret2 dan babon yg berdiri doank. Ini menyalahi konsep dan cita2 kita sendiri dan hasilnya tidak memuaskan.
Akhirnya cuma bisa menghibur diri dgn "Ini darahan 2D, 3D, 4D, dsb".
Smile

Maka penilaian hasil akhir suksesnya ternakan kita juga jadi terfokus.
Bila hasil anaknya sebagian besar sesuai dgn keinginan kita yaitu tengok dan pukul cepat, maka bisa dibilang ternakan kita cukup berhasil.

Penilaian berhasil tidaknya hasil ternak bukan dari menang atau kalah di arena.
Menang atau kalah, itu soal lain lagi pada pembahasan yg berbeda.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  lancur_madura on Sat 28 Feb 2015, 09:13

Ngomongin ternak memang gak akan ada habisnya,semakin belajar semakin menarik..izin nyimak bang...,

lancur_madura
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 486
Join date : 28.12.13
Age : 24
Lokasi : sumenep 085331850626

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Sat 28 Feb 2015, 09:49

baik bang admin saya ngerti. cuman saya pada awalnya memang nggak punya tujuan kemana arah beternak, jadi ngumpulin materi yg terbaik menurut kantong, dan ngga terpaku teknik tertentu. pokoknya postur bagus, tarungan bisa menguasai lawan abar, saya ambil meskipun agak mahal. dalam perjalanan ternyata saya baru sadar kalau materi yg saya miliki ternyata serba nanggung, ayam yg dulu saya anggap komplit dan hebat ternyata bukan apa2 saat ketemu ayam sederhana..hehehe
mungkin benar kayaknya saya harus mengubah mindset beternak saya, cuman masih blm ada gambaran mau yg kaya apa..

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Administrator on Sun 01 Mar 2015, 19:00

Langgeng NC wrote:baik bang admin saya ngerti. cuman saya pada awalnya memang nggak punya tujuan kemana arah beternak, jadi ngumpulin materi yg terbaik menurut kantong, dan ngga terpaku teknik tertentu. pokoknya postur bagus, tarungan bisa menguasai lawan abar, saya ambil meskipun agak mahal. dalam perjalanan ternyata saya baru sadar kalau materi yg saya miliki ternyata serba nanggung, ayam yg dulu saya anggap komplit dan hebat ternyata bukan apa2 saat ketemu ayam sederhana..hehehe
mungkin benar kayaknya saya harus mengubah mindset beternak saya, cuman masih blm ada gambaran mau yg kaya apa..
Memang agak sulit ketika kita mencari teknik yg paling sempurna dan tidak ada antinya.
Semua teknik, pasti ada celah kelemahannya. Kadang ayam yg mainnya bagus, jadi terlihat 'bodoh' ketika menghadapi ayam yg justru dianggap jelek.
Smile

Itulah realitanya. Tapi utk ternak, kita harus tetap idealis, punya konsep yg jelas, terfokus pada selera dan keinginan tipe ayam yg kita senangi.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Sun 01 Mar 2015, 19:41

iya bang admin. saya berpendapat sesuai realitas yg saya temui, ayam komplit (biasanya hasil silangan bbrp strain) ngelocknya masih kalah dgn ayam yg spesialis lock, timpuknya jg masih kalah dgn yg memang ayam timpuk, pukulnya jg masih blm seberat ayam pukul. apa itu ada kaitannya dgn kapasitas/daya tampung ayam ya? misalnya gelas jika diisi air saja, atau diisi campuran air dan minyak kapasitasnya tetap segelas saja.

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Administrator on Sun 01 Mar 2015, 22:02

Langgeng NC wrote:iya bang admin. saya berpendapat sesuai realitas yg saya temui, ayam komplit (biasanya hasil silangan bbrp strain) ngelocknya masih kalah dgn ayam yg spesialis lock, timpuknya jg masih kalah dgn yg memang ayam timpuk, pukulnya jg masih blm seberat ayam pukul. apa itu ada kaitannya dgn kapasitas/daya tampung ayam ya? misalnya gelas jika diisi air saja, atau diisi campuran air dan minyak kapasitasnya tetap segelas saja.
Masing2 memang ada spesialisasinya.
Tapi bukan tidak mungkin ada ayam yg mendekati sempurna. Main lock, pukul berat dan ada timpuk. Namun yg kaya gini sangatlah jarang.

Beberapa peternak memang berusaha menyilangkan berbagai strain utk mengumpulkan semua keunggulannya. Kadang2 memang keluar yg bagus. Tapi apa daya, yg didapat kebanyakan justru kelemahannya yg berkumpul. Cara ini menurut saya terlalu instant dan kemungkinan resiko dpt kualitas 'sampah' jauh lebih besar.

Kemudian harus disadari juga bahwa ada beberapa teknik yg saling bertolak belakang dan hampir tidak mungkin utk digabung.
Misalnya
- Antara bk dan birma. BK main dorong maju dan tengok aktif. Sementara birma main mundur2 dan langkah pasif. Bk memajukan leher utk tengok, birma malah mundurin leher supaya tidak bisa di lock. Maju kawin sama mundur, aktif ketemu pasif. Jadinya apa yaa??
- Tengok (lock) dan brakot. Ayam tengok maksa ngga mungkin brakot krn fokusnya tengok cari kepala. Sementara ayam brakot ya ngga mungkin tengok maksa krn dia fokusnya matuk punggung. Bagaimana mungkin bisa tengok sambil brakot??
hehehe... Very Happy

Akhirnya, seperti yg mas langgeng bilang, dorongnya nanggung, mundurnya ngga keluar (kasus bkxbirma).
Nengoknya ngga maksa, brakotnya ngga konsisten (kasus bk x pakhoy).

Mungkin ada saja 1-2 ekor yg bagus. Tapi berapa persen??
Menurut saya, berhasilnya ternak itu adlh bila hasilnya 'mayoritas' bagus. Kalau cuma 1-2 ekor yg bagus, menurut sy lebih baik beli saja yg sudah jadi. Jauh lebih murah dan tidak buang waktu.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Tamil on Sun 01 Mar 2015, 23:31

Pertanyaan yg sama dgn mas Langgeng, dpt pencerahan yg bagus dr Bang Admin. Very Happy

Tamil
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 07.04.14
Age : 36
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

3 Jalur

Post  YudhiZUHDI on Mon 02 Mar 2015, 02:06

Maaf ikut nimbrung...

Kalau saya sebagai peternah (breeder), pengen menyilangkan strain ayam yang berbeda-beda agar tidak bosan dengan ternakannya dan juga tidak bosan menjadi peternak. Tapi juga pengen menjaga kemurnian strain hewan ternakannya melalui teknik population genetics agar tidak bosan dengan ternakannya dan juga tidak bosan menjadi peternak. Dan juga tetap menernakkan dua individu ayam jantan-betina yang masih satu strain yang sama tapi beda luri (beda silsilah keturunan).

Berarti ada 3 jalur teknik "strain breeding" yang sudah dan akan saya laksanakan.

mohon maaf, trims Very Happy

YudhiZUHDI
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 414
Join date : 19.04.14
Lokasi : KOTA BLITAR, JAWA TIMUR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Mon 02 Mar 2015, 07:34

hehehe..
saya sudah punya gambaran kayaknya, nyayap-ngolong/bongkar-brakot-opsional ngelock. apa teknik2 tersebut ada yg bertolak belakang bang admin?

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Mon 02 Mar 2015, 07:46

monggo mas mas, kita punya forum yg sangat berguna bila dimanfaatkan dgn baik..
hehehe

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Mon 02 Mar 2015, 07:51

YudhiZUHDI wrote:Maaf ikut nimbrung...

Kalau saya sebagai peternah (breeder), pengen menyilangkan strain ayam yang berbeda-beda agar tidak bosan dengan ternakannya dan juga tidak bosan menjadi peternak. Tapi juga pengen menjaga kemurnian strain hewan ternakannya melalui teknik population genetics agar tidak bosan dengan ternakannya dan juga tidak bosan menjadi peternak. Dan juga tetap menernakkan dua individu ayam jantan-betina yang masih satu strain yang sama tapi beda luri (beda silsilah keturunan).

Berarti ada 3 jalur teknik "strain breeding" yang sudah dan akan saya laksanakan.

mohon maaf, trims Very Happy
numpang komen mas,
kalau pemuliaan ternak yg mas lakukan buat melestarikan/menjaga mutu indukan kayaknya bagus dan bisa mas. tp kalau tujuannya memurnikan strain misalnya bangkok atau birma, saya rasa agak susah. soalnya dilapangan sudah hampir mustahil menemukan strain yg belum tercampur.
salam

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Administrator on Mon 02 Mar 2015, 10:18

Langgeng NC wrote:hehehe..
saya sudah punya gambaran kayaknya, nyayap-ngolong/bongkar-brakot-opsional ngelock. apa teknik2 tersebut ada yg bertolak belakang bang admin?
Utk lock yg digabung dgn brakot, biasanya jadi serba tanggung.
Lock-nya tidak maksa, brakotnya juga jarang.
Untungnya mas langgeng memilih opsi nyayap-ngolong yg sulit dipukul. Jadi selama tekniknya susah dipukul, ya ga masalah.
Beda halnya kalau main atas. Sudah tengoknya nanggung, brakotnya juga jarang. Tentunya jadi 'makanan' empuk ayam2 specialis tengok atau specialis brakot.

Tujuan teknik bagus itu adlh supaya ayam sulit dipukul.
Tinggal kita lihat kualitas pukulannya.

ket :
Yg sudah sy tulis ini baru bahas dari sisi tekniknya. Kita belom bahas mengenai pukulan.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Administrator on Mon 02 Mar 2015, 10:24

YudhiZUHDI wrote:
Kalau saya sebagai peternah (breeder), pengen menyilangkan strain ayam yang berbeda-beda agar tidak bosan dengan ternakannya dan juga tidak bosan menjadi peternak. Tapi juga pengen menjaga kemurnian strain hewan ternakannya melalui teknik population genetics agar tidak bosan dengan ternakannya dan juga tidak bosan menjadi peternak. Dan juga tetap menernakkan dua individu ayam jantan-betina yang masih satu strain yang sama tapi beda luri (beda silsilah keturunan).

Berarti ada 3 jalur teknik "strain breeding" yang sudah dan akan saya laksanakan.
Ngga papa mas...
Tapi kita harus hati2 dalam menyilangkan campuran berbagai strain.
Kalau asal campur, hasilnya bisa berantakan.
Mungkin kita terinspirasi dari istilah2 thailand tentang campuran bermacam strain. Ada makhoy, magon, shamokhoy, khoyngon, dll, dsb. Tapi kita jangan tertipu dgn sekedar istilah. Harus ada konsep yg jelas tentang pemilihan induk dan paceknya.

Konsep pemilihan babon dan pacek yg tidak cocok inilah yg mungkin menyebabkan silangan antar strain di Indonesia banyak yg gagal. Orang lebih suka beli langsung di thailand krn kualitasnya lebih bagus2.

Jelas di Thai lebih bagus krn ternaknya teliti dan sangat dipelajari. Sementara kita disini asal main silang aja. Comot birma, comot saigon, hasil anaknya kita sebut magon.
Yang kita kejar hanya istilahnya saja. Magon, Khoyngon, makhoy, dll.
hehehe... Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Mon 02 Mar 2015, 10:58

Administrator wrote:
Langgeng NC wrote:hehehe..
saya sudah punya gambaran kayaknya, nyayap-ngolong/bongkar-brakot-opsional ngelock. apa teknik2 tersebut ada yg bertolak belakang bang admin?
Utk lock yg digabung dgn brakot, biasanya jadi serba tanggung.
Lock-nya tidak maksa, brakotnya juga jarang.
Untungnya mas langgeng memilih opsi nyayap-ngolong yg sulit dipukul. Jadi selama tekniknya susah dipukul, ya ga masalah.
Beda halnya kalau main atas. Sudah tengoknya nanggung, brakotnya juga jarang. Tentunya jadi 'makanan' empuk ayam2 specialis tengok atau specialis brakot.

Tujuan teknik bagus itu adlh supaya ayam sulit dipukul.
Tinggal kita lihat kualitas pukulannya.

ket :
Yg sudah sy tulis ini baru bahas dari sisi tekniknya. Kita belom bahas mengenai pukulan.
Smile
Berarti bang admin lebih recomend ngolong nyayap saja tanpa tambahan teknik yg lain? atau ada teknik lain yg masih memungkinkan dipadukan dgn teknik ngolong/nyayap?
kenapa saya condong ke teknik ngolong nyayap, karena bbrp jago saya tekniknya:

1 Jawil, tekniknya adu leher dan tengok, lalu ngambil dari belakang (konde), kadang ada ngelock sederhana. pukulnya pelan tp banyak jilingnya, minus kalau madep suka pacroh

2 KYT, teknik semi brakot, suka numpangin leher ke pangkal leher musuh. lalu ngambil punggung, ada juga habis numpang lalu ngonde. ga pernah mau ngadep. pukulan lbh keras dari jawil, tp kadar jilingnya masih banyakan si jawil.

3 Kresek, dominan dorong ,brakot, nyayap lumayan sering, ngolongng bongkar pukul keras dominan badan, minus masih bisa di lock dan stamina mudah terkuras

4 clipir, teknik ngolong patuk kaki, bongkar, nyayap, ngelock, pukulan amat keras, minus akurasi pukulan kurang, sering klewat. (ini yg saya maksud multi strain)

5 xxx, teknik kontrol tengok ada nyayapnya. pukulan akurat kepala, minus masih kurang bertenaga.

jawil win 3x, semua dibawah 3air, tp luka lumayan parah
kyt win 1x draw 1x, luka ringan tiap tarung
kresek win 2x, jalan 3air. luka sedang
clipir draw 2x
xxx win 1x dibawah 3air, luka sedang

stok biang masih satu, kontrol tengok pukul keras.
apa bang admin ada saran mana yg bisa dikembangkan lbh lanjut untuk arah ternak saya kedepan?

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Langgeng NC on Mon 02 Mar 2015, 11:10

Administrator wrote:
YudhiZUHDI wrote:
Kalau saya sebagai peternah (breeder), pengen menyilangkan strain ayam yang berbeda-beda agar tidak bosan dengan ternakannya dan juga tidak bosan menjadi peternak. Tapi juga pengen menjaga kemurnian strain hewan ternakannya melalui teknik population genetics agar tidak bosan dengan ternakannya dan juga tidak bosan menjadi peternak. Dan juga tetap menernakkan dua individu ayam jantan-betina yang masih satu strain yang sama tapi beda luri (beda silsilah keturunan).

Berarti ada 3 jalur teknik "strain breeding" yang sudah dan akan saya laksanakan.
Ngga papa mas...
Tapi kita harus hati2 dalam menyilangkan campuran berbagai strain.
Kalau asal campur, hasilnya bisa berantakan.
Mungkin kita terinspirasi dari istilah2 thailand tentang campuran bermacam strain. Ada makhoy, magon, shamokhoy, khoyngon, dll, dsb. Tapi kita jangan tertipu dgn sekedar istilah. Harus ada konsep yg jelas tentang pemilihan induk dan paceknya.

Konsep pemilihan babon dan pacek yg tidak cocok inilah yg mungkin menyebabkan silangan antar strain di Indonesia banyak yg gagal. Orang lebih suka beli langsung di thailand krn kualitasnya lebih bagus2.

Jelas di Thai lebih bagus krn ternaknya teliti dan sangat dipelajari. Sementara kita disini asal main silang aja. Comot birma, comot saigon, hasil anaknya kita sebut magon.
Yang kita kejar hanya istilahnya saja. Magon, Khoyngon, makhoy, dll.
hehehe... Very Happy
setuju bang admin. namanya saja yg aneh2, tp kalau dicermati teknik tarungnya ya berputar itu2 saja. yg jelas biaya produksi jadi jauuh lbh mahal

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Administrator on Mon 02 Mar 2015, 12:01

Langgeng NC wrote:
Berarti bang admin lebih recomend ngolong nyayap saja tanpa tambahan teknik yg lain? atau ada teknik lain yg masih memungkinkan dipadukan dgn teknik ngolong/nyayap?
Ngolong/nyayap bisa dipadukan dgn tengok (lock) atau brakot.
Smile

Skrg tinggal selera keinginan mas langgeng mau ke arah mana?
Kalau suka yg ngolong/nyayap, sekaligus juga brakot, maka pacek dan biang harus cari yg ngolong/nyayap + brakot.

Kalau lihat stok biang yg cuma satu dgn teknik kontrol (atas), baiknya biang ini dikembangkan dgn pacek yg main atas juga. Upayakan pacek yg main atas dgn dorong dan tengok atau main atas dgn brakot.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hasil yang diinginkan dalam beternak

Post  Sponsored content Today at 23:09


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik