Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Langgeng NC on Fri 20 Mar 2015, 11:26

Salam sejahtera para rekan dan senior sekalian,
Dalam memilih ayam yg akan dibeli ada kecenderungan saya untuk membeli ayam yg sudah jadi, tinggal pakai atau minimal tinggal rawat bbrp minggu. Namun ada satu saran dari rekan, dia bilang gini "Kalau kamu beli dari A, jangan beli yg sudah jadi. meskipun disana amat bagus tp di kamu pasti ga bisa sebagus disana"

Logika yg dia yakini adalah perawatan yg jauh beda, di tempat A ini pola rawatan pagi sarapan+b complek+haemovit, lalu mandi-jemur sampai jam 2 siang. setelah itu masuk kandang tenggaran berpasir ukuran 2x4 meter yg didalamnya ada kurungan berisi babon. sore dipakan lalu tidur di kurungan yg dikerodong dlm ruangan besar yg muat puluhan kurungan. Sedangkan di saya sudah pasti ngga bisa menyamai pola rawatan tersebut. sedangkan kalau ambil ayam bahan umur 2-3 bulan menurut dia akan bisa jadi bagus karena sudah menyesuaikan pola rawatan saya dari kecil.

nah, sedikit berbeda dari apa yg saya tangkap dr bbrp tips di papaji ini dimana mending beli yg sudah jadi supaya sudah kelihatan gimana mainnya.

mohon tanggapan dan pencerahan rekan2 dan senior mengenai dua pilihan di atas.

nb: saya sudah beli di A ayam jadi, dan memang mainnya ngga sebagus waktu di tempat asalnya

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  ekotepong on Fri 20 Mar 2015, 12:01

Tergantung juga sih mas. Sudah jadi apa belon kan harganya beda.
Kalo udah jadi tinggal rawat bentar trus tinggal manggung. Nanti tinggal diliat duit manggungnya untung apa rugi.
Kalo belon jadi perjalanannya agak panjang

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  mushafir on Fri 20 Mar 2015, 12:11

Beli jadi harus jarak dekat kl bisa satu daerah opsi sekalian titip rawat tinggal manggung

Beli pitik cek pacek plus biang dulu jarak tergantung selera kalo bisa tes bakat berarti minimal usia lancuran

Beli pitik cek pacek plus biang kalo ada botoh lihat fisik 70% bisa prediksi pitik ini bagus lumayan atau jelek nantinya usia 3-4 bulan

mushafir
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 371
Join date : 10.10.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Cecep Karawang on Fri 20 Mar 2015, 13:09

Beli jadi enak Mas, cuma harus pas baget...pas ayamnya dgn kriteria, pas duitnya ada...dan yg pasti lebih mahal dibanding ayam bahan.
Beli bahan mah lama, lebih capek, lebih murah belinya...lebih banyak wkt dan biaya yang dikeluarkan sampai saatnya ayam tsb bisa diurunkan.
Kalau sampeyan yakin dengan pola rawatan sendiri malah mungkin ayam jadipun akan lebih bagus dibandingkan dengan ditempat sebelumnya.
Pengalaman saya ayam bahan maupun ayam jadi setelah saya rawat pasti tambah joss.
Kalau orang lain bisa, kenapa kita gak bisa...?
Salam Yakin dan Guyub

Cecep Karawang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 324
Join date : 19.11.13
Age : 46
Lokasi : Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  setiaji on Fri 20 Mar 2015, 14:08

Terlepas dari faktor harga, semuanya tergantung orientasinya om.
kl tujuannya buat dipake, tentu sepanjang kita sudah paham cara merawat yang ideal dgn type ayamnya, jelas lebih efektif beli jadi.
tapi sebaliknya,kalo merawat aja masih perlu media pembelajaran, mending beli bahan dari peternak yang normatif menghasilkan ayam2 bagus. Very Happy Very Happy Very Happy

setiaji
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 41
Join date : 13.03.12
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  wagea on Fri 20 Mar 2015, 15:05

setuju sm pendapat mas setiaji

wagea
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 18.03.15
Age : 29
Lokasi : banyuwangi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Boyka 19 on Sun 22 Mar 2015, 04:31

kalo saya pilih ayam pitik atau lancuran bahan belum ditest jadi bisa diperhatiin kelakuannya dari jadi bisa disetting dengan pola raawatan kita, penyesuaian ga butuh waktu lama.
nah kalo ayam jadi di orang kita beli kita harus liat lagi kelakuannya, kecuali memang udah ada katalog spesifikasi dari pemain lama..jadi tinggal nerusin cara rawatnya buat manggung waktunya ga terlalu lama, nah kalo ayam jadinya ga ada katalog speknya minimal belajar dulu pahamin maunya si ayam jadi tersebut seperti apa atau bisa dibalik si ayam jadi tersebut harus menyesuaikan pola rawatan tuan/ majikannya.
salam ayam bahan om. hahaha....

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Joe_jago on Sun 22 Mar 2015, 10:12

Pilih ayam pitik sama ayam jadi sama-sama punya kendala.

Kalau beli jadi ayam sudah dapat di lihat bagus tidaknya. Tapi kendalanya ya di masalah rawatan. Jika rawat tidak sama seperti rawatan awal sudah pasti ayam akan berubah. Tapi dengan menerapkan pola rawatan kita lama kelamaan ayam juga akan terbiasa. Hanya saja butuh waktu yang lebih panjang untuk mengembalikan performa awalnya. Saran saya untuk beli ayam jadi jika kita tidak sabaran dalam merawat mendingan jangan.

Kalau untuk ayam bahan sudah pasti kendalanya adalah kita belum tahu bagus atau tidaknya ayam tersebut sekalipun ayam tersebut berasal dari trah juara, belum tentu menjamin ayam tersebut kerjanya seperti pacek dan indukannya. Pola rawatan bisa bisa jadi bukan kendala langsung kita terapkan pola rawatan kita dari kecil. Jadi begitu masuk waktu saat abar ayam sudah tidak perlu lagi beradaptasi dengan pola rawatan lagi. Karena sudah terbiasa. Bisa langsung abar-abaran jika dari beberapa abar terlihat ayam kurang bagus dan tidak menunjukkan peningkatan performa ya langsung saja di afkir dari pada ngabisin purr di kandang..

Salam rawatan..

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1446
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  slammy on Sun 22 Mar 2015, 11:40

Beli bahan yg udah ketauan bakatnya mas, memang mesti jeli, bahkan harus lebih jeli dari yg punya, syarat pertama ya perkakasnya mesti bagus, nah yg berikutnya bakat pukulnya dan mainnya, kadang2 pas becanda2 sama temennya atau derean bisa keliatan, ya kalau bisa jangan 2-3 bulan, coba liat2 yg 4-6 bulan, biasanya bakat pukul pasti keliatan, pola main juga walaupun besarnya ada kemungkinan sedikit berubah, nah problemnya di mental, krn ada ayam yg karakteristiknya bermental lambat tapi bukan berarti cundang yh, tpi ya itu tidak ikut terseleksi

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Langgeng NC on Sun 22 Mar 2015, 17:05

wah, saran dan komennya mantab2..
realitasnya, ayam yg saya ambil dr peternak A tersebut dalam kondisi siap tarung, ditempat saya jadi kurang bagus. rencana mau ambil yg masih bahan/blm dirawat tp juga masih gambling, maklum ilmu terawangnya blm se level pak dhe hendro..
wkwkwkw

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Boyka 19 on Sun 22 Mar 2015, 22:30

Langgeng NC wrote:wah, saran dan komennya mantab2..
realitasnya, ayam yg saya ambil dr peternak A tersebut dalam kondisi siap tarung, ditempat saya jadi kurang bagus. rencana mau ambil yg masih bahan/blm dirawat tp juga masih gambling, maklum ilmu terawangnya blm se level pak dhe hendro..
wkwkwkw

kalo bahan dari pacek jawara mah santai aja om apalagi dari peternak dan pemain kesohor.
minimal si bahan kelak mental sama buat rendem berendem yakin kuat. kalo masalah teknik setiap penghobi ayam laga kan punya selera masing2. hehe

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

BAHAN-lancur bau kencur

Post  YudhiZUHDI on Mon 23 Mar 2015, 03:02

Kalo menurut saya lebih baik membeli bahan yang minimal sudah menjalani abar 1x5 menit.

Mungkin saja ada subyektifitas dari saran saya. Tetapi prinsip tersebut sudah menjadi bahan pemikiran dan pertimbangan sejak saya mulai memelihara ayam laga. Sebagai peternak, saya sudah menetapkan sejak awal memulai ternak-bahwa ayam jantan hasil ternakan akan saya lepas (dijual/ditawarkan) saat memasuki umur 6-7 bulan (umur 7 bulan sdh pernah diabar 2x masing-2 selama5 menit). Tentunya masalah harga/mahar juga bervariasi, harus menyesuaikan dengan keadaan binatangnya dan kemampuannya. Di sini masalah gelar harus dikesampingkan dan tidak dapat dipakai sebagai pendongkrak harga/mahar. Hanya trah dan rekor pemaceknya saja yang mungkin bisa digunakan sebagai bonus pendongkrak agar harga ternakan tidak sampai setara dengan ayam (sortiran) di pasar. Al-hasil, tebusan maharnya tidak akan mencekik dan membobol kantong.

Dasar pemikiran saya hampir sama dengan teman sampean. Ayam-2 hasil ternakan saya pada umur-2 tersebut belum mengalami pola training dan rawatan yang maksimal. Rawatan hanya bertujuan untuk mendapatkan postur/index yang ideal. Pemberian jamu-pun secara rutin masih hanya untuk menjaga kesehatan ayam. Baru 4 dan 2 hari menjelang abar saja ayam akan mendapatkan jamu khusus layaknya ayam yang akan diadu.

Dengan demikian ketika ayam saya ada yang mengadopsinya atau laku terjual, pemilik barunya tidak perlu risau dengan perubahan pada sifat dan perilaku ayam dari ternakan saya. Karena ayam belum pernah mengalami pola rawatan yang ketat dan kental yang bisa mempengaruhi pada kebiasannya. Sehingga ayam masih sagat mudah untuk beradaptasi. Namun membeli bahan memang harus sabar, telaten untuk memelihara dan "menunggu" hingga ayam peliharaannya siap tempur.

Beli ayam jadi/siap cenderung mahal. Kalo tidak sesuai harapan, akan terasa banget saat melirik kantong.
Beli ayam lancur lebih terjangkau. Kalo hasilnya tidak sesuai harapan, hanya terasa buang waktu. Padahal waktu kita gak usah beli. Menunggu bisa sambil lalu ngurusi hal-2 lain.

Bagaimana, siap menunggu? Smile heheheee

YudhiZUHDI
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 414
Join date : 19.04.14
Lokasi : KOTA BLITAR, JAWA TIMUR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Boyka 19 on Mon 23 Mar 2015, 21:42

ayam ditest langkahnya bagus pukulnya biadab sama peternaknya kadang harganya muahal mas.
maklum kalo saya mah ga kuat kalo muahal2. hehehe

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Langgeng NC on Mon 23 Mar 2015, 21:53

Boyka 19 wrote:ayam ditest langkahnya bagus pukulnya biadab sama peternaknya kadang harganya muahal mas.
maklum kalo saya mah ga kuat kalo muahal2. hehehe
kalau peternak yg penjualan bkn tujuan utama bisa diambil selanya, cari/amati ayam yg keliatannya kurang mereka sukai. biasanya bisa lbh murah daripada yg mereka sukai. kurang disukai disini bukan berarti jelek lho, karena biasanya tipe peternak seperti ini fanatik dgn tipe2 tertentu. misal peternak yg fanatik pukul akurat kepala akan tidak menyukai ayam yg main jorok, pukul semrawut. atau peternak yg fanatik dgn ayam superlock akan kirang menyukai ayam yg tengok saja,
seperti itu gambarannya

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Boyka 19 on Tue 24 Mar 2015, 09:57

Langgeng NC wrote:
Boyka 19 wrote:ayam ditest langkahnya bagus pukulnya biadab sama peternaknya kadang harganya muahal mas.
maklum kalo saya mah ga kuat kalo muahal2. hehehe
kalau peternak yg penjualan bkn tujuan utama bisa diambil selanya, cari/amati ayam yg keliatannya kurang mereka sukai. biasanya bisa lbh murah daripada yg mereka sukai. kurang disukai disini bukan berarti jelek lho, karena biasanya tipe peternak seperti ini fanatik dgn tipe2 tertentu. misal peternak yg fanatik pukul akurat kepala akan tidak menyukai ayam yg main jorok, pukul semrawut. atau peternak yg fanatik dgn ayam superlock akan kirang menyukai ayam yg tengok saja,
seperti itu gambarannya


aduh saya dapat ilmu trus dari om langgeng.
gratis..tis juga lagi.
kalo saya agak fanatik juga om dengan ayam tempel pukul cuma nengok ga pake ngelock gapapa, ga brakot ga papa tengok mukul aja cukup.
main agak rapat trus kalem kalo renggang dikit langsung mranggal ada nyayap kalo ktmu musuh yang tugu monas tinggi gede ga bisa diturunin. pukulan ga berat gapapa asal ada bunyi kletak-kletuknya aja udah cukup.
kira2 yang gini harga brapa?
dan peternak mana yang ga suka tipe ini?

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Langgeng NC on Tue 24 Mar 2015, 16:33

Boyka 19 wrote:
Langgeng NC wrote:
Boyka 19 wrote:ayam ditest langkahnya bagus pukulnya biadab sama peternaknya kadang harganya muahal mas.
maklum kalo saya mah ga kuat kalo muahal2. hehehe
kalau peternak yg penjualan bkn tujuan utama bisa diambil selanya, cari/amati ayam yg keliatannya kurang mereka sukai. biasanya bisa lbh murah daripada yg mereka sukai. kurang disukai disini bukan berarti jelek lho, karena biasanya tipe peternak seperti ini fanatik dgn tipe2 tertentu. misal peternak yg fanatik pukul akurat kepala akan tidak menyukai ayam yg main jorok, pukul semrawut. atau peternak yg fanatik dgn ayam superlock akan kirang menyukai ayam yg tengok saja,
seperti itu gambarannya


aduh saya dapat ilmu trus dari om langgeng.
gratis..tis juga lagi.
kalo saya agak fanatik juga om dengan ayam tempel pukul cuma nengok ga pake ngelock gapapa, ga brakot ga papa tengok mukul aja cukup.
main agak rapat trus kalem kalo renggang dikit langsung mranggal ada nyayap kalo ktmu musuh yang tugu monas tinggi gede ga bisa diturunin. pukulan ga berat gapapa asal ada bunyi kletak-kletuknya aja udah cukup.
kira2 yang gini harga brapa?
dan peternak mana yang ga suka tipe ini?
kalau begitu ambil saja kepunyaan bang admin yg tarungannya gitu, kayaknya itu diluar fokus ternakannya!
hahaha

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Boyka 19 on Tue 24 Mar 2015, 19:39

masa ah om langgeng?
wahh..harga bisa miring berarti nih.
hehehe.

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  tokocendolism.com on Fri 03 Apr 2015, 16:36

mending dari rawatan muda mas,,,lebih hemat dan asik di garap sendiri

tokocendolism.com
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 53
Join date : 22.11.13
Age : 59
Lokasi : turi rt/rw 01/27 donokerto turi sleman yogyakarta

http://www.tokocendolism.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pilih ayam jadi atau ayam bahan?

Post  Sponsored content Today at 07:06


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik