ND, AI, IB.....?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ND, AI, IB.....?

Post  jatmiko on Wed 25 Mar 2015, 09:38

Salam Papaji,
Beberapa Minggu yg lalu, ayam ternakan saya mati 10 ekor.
Kronologisnya, pagi sebelum brngkt sekolah ayam dalam bok (5 jantan 3 bln) terlihat sehat walafiat, makan lahap dan tidak ada gejala ayam sakit. Siang sepulang sekolah, ayam nampak lesu dan badan terasa panas. Kemudian saya inject ayam berbeda2 antibiotik (2 ayam Medoxy LA, 2 ayam Vetstrep, dan 1 ayam Sulfamix) sesuai dosis. Sore habis magrib ayam 1 per satu mati.
Analisa bangkai :Tenggorokan ayam terdapat darah, kulit secara keseluruhan memerah, ayam seperti dehidrasi (kering).

Ayam tersebut sdh sy Vaksin ND (tetes dan Injeksi) 2 minggu sebelumnya. Terus sy coba mikir2 :

1. Apa mungkin keracunan ? Kalau keracunan, kenapa ayam satu boks itu saja yg kena. Padahal satu kandang makannya sama, minumnya sama.

2. ND, AI, IB ......? Kalau memang iya, ayam yg mati tersebut boksnya berjejeran langsung dengan kelompok ayam lain dan tidak ada yg sakit, sehat sampai sekarang. Neutral

3. Apa sakit umum spt kolera, crd, pullorum dll? Kalaupun iya, 3 antibiotik tersebut seharusnya mampu mengatasi, dan kematian tidak secepat itu (12 jam).

Pengalaman kandang terkena ND, paling tidak ayam mampu bertahan sampe 3 hari.

2 minggu kemudian terjadi kejadian yg sama tetapi untuk kandang yg lain (beda lokasi), 5 ekor 2 babon dan 3 anakan.

Dari rekan2 papaji ada yg pernah mengalami hal yg sama?Kira2 jenis penyakit, obat dan cara pencegahannya bagaimana?? slm papaji.... Cool

jatmiko
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 06.01.14
Age : 31
Lokasi : Cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  slammy on Wed 25 Mar 2015, 09:44

jatmiko wrote:Salam Papaji,
Beberapa Minggu yg lalu, ayam ternakan saya mati 10 ekor.
Kronologisnya, pagi sebelum brngkt sekolah ayam dalam bok (5 jantan 3 bln) terlihat sehat walafiat, makan lahap dan tidak ada gejala ayam sakit. Siang sepulang sekolah, ayam nampak lesu dan badan terasa panas. Kemudian saya inject ayam berbeda2 antibiotik (2 ayam Medoxy LA, 2 ayam Vetstrep, dan 1 ayam Sulfamix) sesuai dosis. Sore habis magrib ayam 1 per satu mati.
Analisa bangkai :Tenggorokan ayam terdapat darah, kulit secara keseluruhan memerah, ayam seperti dehidrasi (kering).

Ayam tersebut sdh sy Vaksin ND (tetes dan Injeksi) 2 minggu sebelumnya. Terus sy coba mikir2 :

1. Apa mungkin keracunan ? Kalau keracunan, kenapa ayam satu boks itu saja yg kena. Padahal satu kandang makannya sama, minumnya sama.

2. ND, AI, IB ......? Kalau memang iya, ayam yg mati tersebut boksnya berjejeran langsung dengan kelompok ayam lain dan tidak ada yg sakit, sehat sampai sekarang. Neutral

3. Apa sakit umum spt kolera, crd, pullorum dll? Kalaupun iya, 3 antibiotik tersebut seharusnya mampu mengatasi, dan kematian tidak secepat itu (12 jam).

Pengalaman kandang terkena ND, paling tidak ayam mampu bertahan sampe 3 hari.

Dari rekan2 papaji ada yg pernah mengalami hal yg sama?Kira2 jenis penyakit, obat dan cara pencegahannya bagaimana?? slm papaji.... Cool

pernah punya kasus yg sama, kemungkinan virus lain spt AI, IB, ILT, atau masih ND tapi strain nya lebih kuat drpd strain yg ada di vaksin, krn di alam virus bermutasi menjadi lebih kuat dan lebih kebal thd vaksin

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  jatmiko on Wed 25 Mar 2015, 10:00

Bener Bung Slam, arah saya jg ke-ND. Tapi kok cm boks itu tok? Padahal boks tersebut berhimpitan dg boks2 yg lain (ayam seumuran) dan tidak ada yg sakit. Yang masih bingung sampe sekarang ya itu, virus terkenal sangat mudah penyebarannya tapi cuma lokal di boks tersebut. Heran juga, tapi saya bersyukur...coba kalau kena semua... Laughing

jatmiko
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 06.01.14
Age : 31
Lokasi : Cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  Jack Sparow on Wed 25 Mar 2015, 15:22

jatmiko wrote:Bener Bung Slam, arah saya jg ke-ND. Tapi kok cm boks itu tok? Padahal boks tersebut berhimpitan dg boks2 yg lain (ayam seumuran) dan tidak ada yg sakit. Yang masih bingung sampe sekarang ya itu, virus terkenal sangat mudah penyebarannya tapi cuma lokal di boks tersebut. Heran juga, tapi saya bersyukur...coba kalau kena semua... Laughing

Apa mungkin benar ND mas Jatmiko..beruntung njen sdh vaksin shg ayam2 lain yg selamat mmg krn sdh py kekebalan thd ND.
Kandang saya juga lg kedatangan ND krn ambil resiko masukin ayam sakit...sdh 1minggu tp blm bersih, hari ini ada 2ekor yg dipotong. Jadi pgn nyoba opsi no.2 nya mas EkoTepong.

Jack Sparow
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 18.06.14
Lokasi : Jl. Wadaslintang arah wonosobo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  Hendro on Thu 26 Mar 2015, 07:03

Trend penyakit ayan memang terus berubah seiring waktu sekalipun kasus ini selalu terjadi dan berulang, saya pribadi pernah mengalami hal semacam ini dari banyak kandang dalam 1 tempat hanya 1 ekor yang mati secara mendadak tanpa sebab yang jelas, bahkan betina yang dicampur sekandang dengan jago tersebut tetap sehat walafiat, yang mengherankan biasanya ayam yang mati adalah ayam yang kita anggap terbaik/lebih baik dari yang lain sehingga sering menimbulkan rasa kesal dan jengkel kenapa bukan ayam lain saja yang mati.........................

Hasil investigasi memang kecenderungan ayam yang mati tersebut terserang virus ND varian terbaru atau mungkin dalam istilah medis disebut AI (avian Influence) tetapi proses sakit dan rentang kematian sangat pendek dalam hitungan jam bahkan menit, ada kasus ayam yang sehat tanpa sebab jelas tiba2 roboh dan langsung mati dengan ciri kepala menghitam, mulut berlendir campur darah tanpa melalui proses ngorok/sesak nafas dulu.........................

Namun sekalipun dalam 1 lokasi hanya 1/beberapa ekor saja yang terjangkit dan mati sebaiknya penanganan pencegahan juga dilakukan terhadap semua ayam yang ada dengan memberikan vitamin dan obat2an serta pembersihan kandang secara menyeluruh..........................

Sekalipun hal ini bisa dijelaskan secara medis namun karena belum ada penanganan/pengobatan yang paten terhadap kasus ini maka kita sering mengatakan kasus ini sebagai pagebluk/aratan/angin duduk/jantungan/dll, maka sering juga kita sebut bahwa dunia ayam aduan adalah dunia penuh misteri karena mulai dari penyakit, pola rawatan, mencari tandingan sampai hasil akhir sebuah pertarungan semuanya mengandung misteri yang tidak bisa dipastikan kebenarannya absolut 100 %.........................

Salam angin duduk..................
Shocked Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  ekotepong on Thu 26 Mar 2015, 07:44

Kemungkinan itu AI mas. Merujuk pengalaman yg pernah dialami, tingkat penyebaran virus AI relatif lbh kecil. Penularan virus lewat udara lebih sulit timbang ND. Contoh ketika ada ayam yg suspect AI (habis dicoba ditempat teman yg ternyata terjangkit AI) dan ditaruh satu ruangan ayam2 yg lain ternyata tdk tertular. Begitu juga ketika ternak satu blok umbaran habis terkena tapi di blok yg lain ternyata aman2 aja. Beda dgn virus ND yg ayam satu lokasi relatif sangat cepat penyebarannya. Virus AI sepertinya menyebar bila teradi kontak fisik scara langsung dan mempunyai tempat makan dan minum yg sama.
Tapi yg jadi pertanyaan ketika ayam mas Jatmiko yg mati adalah ayam kecil2. Bagaimana metode penyebaran virus itu sehingga dapat meloncat ke dlm 1 boks ayam kecil2 itu. Karena biasanya masalah ayam2 kecil dlm boks lebih rentan ke colera dikarenakan kwalitas alas atau air yg buruk dan sifatnya lokal di area tsb. Yg jadi membingungkan utk menentukan adalah gejala penyakit dan penyebab penyakit saling berlawanan.

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  jatmiko on Thu 26 Mar 2015, 07:55

Jack Sparow wrote:
Apa mungkin benar ND mas Jatmiko..beruntung njen sdh vaksin shg ayam2 lain yg selamat mmg krn sdh py kekebalan thd ND.
Kandang saya juga lg kedatangan ND krn ambil resiko masukin ayam sakit...sdh 1minggu tp blm bersih, hari ini ada 2ekor yg dipotong. Jadi pgn nyoba opsi no.2 nya mas EkoTepong.

Mungkin memang ND, kampung sy waktu kemarin memang sdng banyak ayam mati. Termasuk mentok dan bebek jg kena, cuma kalau bebek dia banyak yg selamat wlpn telo... Very Happy .

Kemarin sy cb hubungi temen kost alumni kedokteran hewan UGM, trs crita sana sini dan akhirnya dpt kesimpulan yg terlupakan oleh saya. Strain atau darah ayam yg mati punya saya wktu itu memang satu keluarga (1 darah). Dan mungkin memang antibodi trah tersebut kurang baik dlm melawan virus ND walpun sudah sama2 divaksin. Nyatanya, yg selamat kemarin sampai sekarang mrpkn keturunan Biang yg selamat dr serangan ND 2 tahun yg lalu (2 thn lalu 35 ekor modiaaaar... Laughing  )

Kalau sy bca di rubrik medion, saat kandang terkena memang harus segera di vaksin, terutama yg tetes tipe medivac nd clone klu ndak salah. Akan lbh cpt membentuk titer antibodinya, apalagi kalau sudah pernah divaksin, jauh akan lebih cepat lagi. Dan tidak kalah penting, diungsikan...lebih baik yg sehat yg diungsikan.
Tetap tabah sampai akhir Bang Jack.... Laughing

jatmiko
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 06.01.14
Age : 31
Lokasi : Cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  jatmiko on Thu 26 Mar 2015, 08:00

Hendro wrote:
Sekalipun hal ini bisa dijelaskan secara medis namun karena belum ada penanganan/pengobatan yang paten terhadap kasus ini maka kita sering mengatakan kasus ini sebagai pagebluk/aratan/angin duduk/jantungan/dll, maka sering juga kita sebut bahwa dunia ayam aduan adalah dunia penuh misteri karena mulai dari penyakit, pola rawatan, mencari tandingan sampai hasil akhir sebuah pertarungan semuanya mengandung misteri yang tidak bisa dipastikan kebenarannya absolut 100 %.........................    

Salam angin duduk..................
Shocked Smile  

Very Happy  itulah tantangannya.... dan yg bikin harga ayam tetap stabil, coba kalau ternak ayam semudah ternak JANGKRIK....hehehe.... Cool

Salam masuk angin Bang Hendro....

jatmiko
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 06.01.14
Age : 31
Lokasi : Cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  jatmiko on Thu 26 Mar 2015, 08:12

ekotepong wrote:
Yg jadi pertanyaan ketika ayam mas Jatmiko yg mati adalah ayam kecil2. Bagaimana metode penyebaran virus itu sehingga dapat meloncat ke dlm 1 boks ayam kecil2 itu. Karena biasanya masalah ayam2 kecil dlm boks lebih rentan ke colera dikarenakan kwalitas alas atau air yg buruk dan sifatnya lokal di area tsb. Yg jadi membingungkan utk menentukan adalah gejala penyakit dan penyebab penyakit saling berlawanan.

Nah itu dia Bang Eko, sy sendiri bingung dan apalagi belum pernah ngalami flu burung (AI), atau mungkin pernah tp gak tau saja kali  Laughing ...dikira penyakit lain. Yang mati kemarin umuran 3bln, sdh saya pisah dan jantan semua di boks alas bambu, jadi alas dijamin bersih Cool .

Kesimpulan diskusi saya dg temen sy kmaren, kemungkinan ayam terkena virus semua cuma yg mati2 kemarin itu gagal membentuk antibodi saat divaksin atau titer antibodi terbentuk tp tidak mampu mengatasi virus yg jumlahnya terlalu banyak, sehingga saat tubuh sudah tidak kuat gak pake lama langsung modiaaaar.... Very Happy . Dan, mungkin bukan ND tapi AI....(kata Bang Eko) Cool

Tetap semangaaaaat.... Twisted Evil

jatmiko
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 06.01.14
Age : 31
Lokasi : Cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  mushafir on Thu 26 Mar 2015, 08:34

Dilihat cara pengobatan kita hanya menebak ya sementara iini
hanya dilihat secara umum saja gejala penyakit tersebut walaupun bisa juga karena hal lain
baru kemarin anakan seekor mati bertahan sehari saya obati dengan medixon 
yang lainnya masih hidup saya hanya gunakan paracetamol
yang mati gejala awal kaki lemas leher turun sayap turun berlendir bola mata membesar suhu tubuh panas kepala dingin kaki dingin
saya potong dan bedah terlihat beberapa bagian tubuh dalam membiru dan ada warna hijau marus berwarna coklat tua hati lembek mudah hancur usus ada yang mengecil keriting sekitar jantung ada gelembung udara dan beberapa titik seperti bocor karena terlihat gumpalan darah sudah kental berwarna hitam
saya tidak tahu jenis penyakit ini atau berapa lama ayam ini sebenarnya sakit sehari hari tampak sehat makan lahap sekali drop langsung mati

mushafir
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 371
Join date : 10.10.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  Boyka 19 on Thu 26 Mar 2015, 19:26

gawat juga om..
harus sring2 blajar lagi nih.
study study

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  boxerbrekele on Thu 02 Apr 2015, 11:36

ekotepong wrote:Kemungkinan itu AI mas. Merujuk pengalaman yg pernah dialami, tingkat penyebaran virus AI relatif lbh kecil. Penularan virus lewat udara lebih sulit timbang ND. Contoh ketika ada ayam yg suspect AI (habis dicoba ditempat teman yg ternyata terjangkit AI) dan ditaruh satu ruangan ayam2 yg lain ternyata tdk tertular. Begitu juga ketika ternak satu blok umbaran habis terkena tapi di blok yg lain ternyata aman2 aja. Beda dgn virus ND yg ayam satu lokasi relatif sangat cepat penyebarannya. Virus AI sepertinya menyebar bila teradi kontak fisik scara langsung dan mempunyai tempat makan dan minum yg sama.
Tapi yg jadi pertanyaan ketika ayam mas Jatmiko yg mati adalah ayam kecil2. Bagaimana metode penyebaran virus itu sehingga dapat meloncat ke dlm 1 boks ayam kecil2 itu. Karena biasanya masalah ayam2 kecil dlm boks lebih rentan ke colera dikarenakan kwalitas alas atau air yg buruk dan sifatnya lokal di area tsb. Yg jadi membingungkan utk menentukan adalah gejala penyakit dan penyebab penyakit saling berlawanan.

Mungkin benar yang dikatakan bang ekotepong..
Hari minggu kemarin ini saya baru mengalami hal yang sama..

Teman bawa ayam muda kerumah untuk abar, setelah saya lihat ayamnya kok ini ayam agak pucet, tapi tidak terlihat seperti ayam sakit, saya berfikir mungkin ini ayam cacingan atau korep kali.. Smile
Ok saya comot ayam muda 8 bln-an juga dikandang yang paling siap untuk digebrak (Sehat merah merona, tenaga bagus dll).. gebrak 10 menit dan ayam diairin pada ember yang sama..

Lalu besok paginya ayam saya msh terlihat cukup sehat, cuma sudah mulai ada bersin-bersin sesekali (Saya pikir pilek biasa kali), dan malamnya setelah sya pulang kerja niat hati ingin lihat-lihat kandang sebentar.. ternyata ayam muda saya sudah nguyung, badan lemas, nafas susah, telih tidak turun, berdiri juga susah.. langsung saya ungsikan dari yg lain agar tidak tertular.. besok paginya sudah lewat..

Dan sukurnya, ayam lain saya tidak ada yg tertular meskipun dari pagi sampai malam kandang ayam yg sakit tetanggaan dengan ayam2 lain..
Cukup aneh, karena kalau memang ND kemungkinan besar tetangga2nya juga tertular dan apabila terjangkit ND biasanya bisa bertahan 3-7 hari..

Berarti benar kemungkinan dari bang ekotepong kalau itu AI.. Very Happy

boxerbrekele
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 336
Join date : 06.12.12
Lokasi : Bks - Jayakarta 082111112625 / 08567288347

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  Mamba Farm on Fri 03 Apr 2015, 07:42

Benar didaerah sy jg sedang musim..
Hati2 bawa ayam keluar atau ada ayam masuk..
Jaga kebersihan dan jgn lupa vaksin.

Mamba Farm
kopral
kopral

Jumlah posting : 46
Join date : 06.02.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: ND, AI, IB.....?

Post  Sponsored content Today at 19:14


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik