Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  ekotepong on Mon 20 Apr 2015, 02:21

Pengen aja mbahas ayam2 tipe baru bila dibandingkan ayam tipe lama. Mulai dari kelebihan,kekurangan,rawatan,daya saing,harga,prospek dll. Mohon temen2 beri komentar... ibarat di tipi kayak 'kupas tuntas' lah.

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  aw budiman on Mon 20 Apr 2015, 06:33

ijin nyimak ah...
mana para masternya

aw budiman
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 380
Join date : 22.04.14
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  Rohmat.I on Mon 20 Apr 2015, 07:34

Pemula ijin nyimak

Rohmat.I

Jumlah posting : 2
Join date : 22.03.15
Lokasi : tarakan,kaltara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  huskar on Mon 20 Apr 2015, 08:05

ditunggu jawaban dari para senior...

huskar
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 77
Join date : 16.12.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  Boyka 19 on Mon 20 Apr 2015, 11:39

ayam tipe baru itu gimana definisinya?
ayam tipe lama itu gimana juga definisinya ?

junior ijin nyimak om...

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  Djago Favorit on Mon 20 Apr 2015, 11:46

e lha dallaahhh..
semua koq pd mo menyimak yg mau berbagi mana...
pemula ikutan dikit aja, krna msh cetek ilmunya harap maklum krna pemula.
kalau ayam2 produk anyar umumnya tehniknya macam2, banyak penghobi cari berbagai tehnik krn untuk siasati bila ktmu lawan yg tangguh, untuk dicariin kelemahannya. bisa dibilang hampir tak ada ayam tehnik yg jelek. trgantung ktmu lawannya.
ini lbh krn umumnya ayam2 anyar punya speed / kecepatan yg tinggi dan pukul keras. ini yg jg membuat perilaku pemilik gak mau ayam kesayangannya saat main diketahui banyak orang atau divideoin.
kelemahannya tenaga / stamina jd paling dominan menentukan kemenangan. dan konsentrasi ayam mdh goyah bila terkena pukulan dasyat dr lawan. krn umumnya hajar trs lawan namun tingkat ketepatan pukulan cenderung agak kurang.

klau ayam jadul tehnik sederhana, stamina lbh efisien, pukulan cenderung lbh jitu. hanya model kontrol sederhana dan umumnya pukul kepala dan badan saja. ada jg ayam kuda lari dll tp relatif sedikit. ini krn umumnya penghobi ayam jadul tdk suka ayam pukul aneh2 ngawur,mbrakot, jorok dll.

ini yg aku tahu , baru dikit . maklum pemula . yg lain silahkan menambah yg lbh....
maaf kalau ada yg salah.

salam salaman

DF




Djago Favorit
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 405
Join date : 21.12.13
Lokasi : Cibinong - Bogor, 081905059496 pin 75D546EA

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  mushafir on Mon 20 Apr 2015, 12:02

Dari dulu ayam sama saja mungkin ya
ini info dari koh wijaya kebetulan seorang dokter yang suka piara ayam
ayam pakhoy makhoy mathai dll datang di indonesia udah lama sekitar tahun 86 dan berkembang dikalangan terbatas di 96 termasuk koh wijaya juga ternak
menurut info koh wijaya ayam ayam tersebut dulunya ga disukai katena diindonesia fanatik pada satu jenis ayam yaitu bangkok hingga berdampak harga jualnya murah dan orang malas piara ayam ayam srperti pakhoy dll
ini juga menurut koh wijaya bahwa dasarnya tetap menggunakan bhirma bangkok vietnam atau saigon hanya pola mainnya yang berbeda

mushafir
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 371
Join date : 10.10.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  BangFaruq on Mon 20 Apr 2015, 15:44

Boyka 19 wrote:ayam tipe baru itu gimana definisinya?
ayam tipe lama itu gimana juga definisinya ?

junior ijin nyimak om...

Betul, kita harus satu persepsi. Jika tidak, ya, ngalor-ngidul pembahasannya Very Happy

Gelar tikar. Seruput kopi dulu. #rokok udah kagak lagi... Laughing Laughing

BangFaruq
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 232
Join date : 22.03.13
Age : 26
Lokasi : Desa Reuloh, Lambaro, Aceh Besar, Aceh.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  huskar on Mon 20 Apr 2015, 15:45

mushafir wrote:Dari dulu ayam sama saja mungkin ya
ini info dari koh wijaya kebetulan seorang dokter yang suka piara ayam
ayam pakhoy makhoy mathai dll datang di indonesia udah lama sekitar tahun 86 dan berkembang dikalangan terbatas di 96 termasuk koh wijaya juga ternak
menurut info koh wijaya ayam ayam tersebut dulunya ga disukai katena diindonesia fanatik pada satu jenis ayam yaitu bangkok hingga berdampak harga jualnya murah dan orang malas piara ayam ayam srperti pakhoy dll
ini juga menurut koh wijaya bahwa dasarnya tetap menggunakan bhirma bangkok vietnam atau saigon hanya pola mainnya yang berbeda


iya, sepertinya pernah denger sejarah yg mendukung quote nya bang mushafir..
dulu waktu saya masi sekolah sd kurang lebih tahun 90 an dan sering ikut bapak adu ayam.. dan sering denger ayam birma, pakhoy dll.. dan jenis brakot, gaya birma pun sudah ada saat itu.. tapi kurang booming
Very Happy Very Happy

huskar
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 77
Join date : 16.12.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  Hendro on Mon 20 Apr 2015, 17:43

Kayaknya dari dulu sampai saat ini tipikal/gaya tarung ayam sama saja tidak ada perubahan signifikan.................................

Gaya ngunci alias superlock dari dulu juga ada
Gaya silem alias ngolong nyayap dari dulu juga ada
Gaya atret mranggal ada juga dari dulu
Gaya kuda lari alias marathon juga sudah banyak dari jaman dulu kala
Gaya brakot/macul juga sudah ada dari dulu
Gaya anjing gila alias ngawur pegang apa saja mukul juga sudah ada dari dulu
Gaya kontrol tengok juga dari dulu sudah ada
Gaya Ngoyor paling banyak ada dari dulu
Rasanya gaya apapun yang ada saat ini dari dulunya sudah ada

yang belum ada sampai saat ini adalah gaya gulat alias gaya menthok yang jika bertarung berusaha menduduki kepala dan badan lawannya sampai lemas karena kehabisan nafas......................


Smile Very Happy Wink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  danipe on Mon 20 Apr 2015, 18:07

sepakat dengan pak hendro, sjauh saya tau gaya lama n baru sama aja.... mungkin yang keliatan beda ya hasil silang menyilang gaya tarung... kayak pakai, main kolong suka brakot, anggap aja itu silangan ayam tipe tarung bawah, ngolong, nyayap cepat trus dgandeng dengan ayam dengan tipikal tarung depan rapat mbrakot2... pasti dari sekian banyak tetasan pasti ada yang perpaduan sempurna keduanya.... alias pakhoy jadi2an... :-p bener ta aq pakdhe??? he3x
yang pasti gakda tipe ayam lama n baru.... di thailand aja juga cuma ngembangkan gaya tarung, gakda yang ngembangkan tipe ayam baru... itu setahu saya... maaf lok keliru.... salam...

danipe
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 18.06.11
Age : 32
Lokasi : Ds. Mranggen-Kec.Purwoasri-Kab.Kediri

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  ekotepong on Mon 20 Apr 2015, 20:33

Misal kita ambil dua sampel...Birma dgn mranggalnya dan pakoi dgn ketip bulu atau mbrakotnya serta speed yg tinggi. Dua tipe ini dianggap model baru karena dianggap bisa memukul tanpa mencari kepala. Dianggap model baru karena berbeda dgn tipe lama yg dianggap cukup lama beredar dan menguasai di kalangan2 yaitu tipe tehnik. Tipe tehnik yg dimaksud misal gulung pukul atau tekuk pukul. Tipe yg model tarungnya menguasai musuh terlebih dahulu dgn 1-2 pukulan. Memaksa musuh utk mengalah kemudian dgn sukarela memberikan kepalanya utk dipukuli.
Pada tahap2 awal dua model baru ini dianggap mempunyai kemampuan yg bagus. Seakan2 ayam2 tipe lama tak berdaya menghadapinya. Memang rata2 ayam tehnik keliatan jadi makanannya,tetapi kemudian dlm poerkembangannya para botoh2pun bisa menyiasatinya. Misal Birma lawan BK di tahap2 awal masih banyak BK tehnik yg jadi bulan2an, tetapi akhir2 ini ayam Birma suka dimusuhi dgn model BK main depan yg punya sifat menunggu atau BK tipe dorong atau main bawah. Perkembangan terakhir kans Birma lawan BK menjadi rame lagi tidak dominasi dari salah satu ras. Juga tipe mbrakot yg dianggap karena dia lbh mudah memukul lawan dan speed yg tinggi(karena mbrakotnya) dapat dgn mudah mengalahkan BK. Tapi ternyata dlm prakteknya speed yg tinggi dibarengi pukul badan tapi tdk mempunyao power yg cukup bisa dikalahkan oleh BK jadul yg punya tehnik bagus dan hanya memukul kepala.

Itu perbedaan yg saya lihat adu ayam di Bangkok dan di Indo (kalo di Bangkok cuma lihat di kalangan2 via youtube). Kalo disana ada perkembangan ayam model baru rata2 peternak/botoh akan mengupgrade materi mereka dgn ayam2 model baru bisa dibilang secara serentak. Kalo di Indo para botoh tidak secara serentak melakukan hal seperti itu. Ada peternak/botoh yg ikut2an lalu mengupgrade materi ayam2 mereka dgn yg model baru ada juga yg cuma bertahan dgn ayam2 model lama tapi mereka memilih ayam2 yg mempunyai karakter tarung dapat dipakai utk melawan ayam2 mdel baru. Mungkin pada akhirnya ayam2 Indo juga akan mengikuti tren seperti di Bangkok, tapi perkembangannya tidak terjadi secara serentak. Karena botoh2 yg berpengalaman disini jelas2 mengetahui, adu ayam bukan masalah tipe baru tipe lama, tehnk baru tehnik lama. Kwalitas ayam secara individu adalah hal yg paling penting mengalahkan segala perkembangan jaman. Ibaratnya......seekor ayam utuk2 tapi punya kwalitas istimewa lbh layak diadu daripada seekor shamokoy,koygon,mathai dll yg kwalitasnya abal2.

Sekedar pengamatan saya aja, saya yakin org lain pasti punya sudut pandang yg beda juga. Monggo disharing hal2 yg lain sperti prospek,harga,pewrawatan dll....yg penting kupas tuntas lah.... Very Happy Very Happy Very Happy

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  r.dinata on Mon 20 Apr 2015, 21:30

ekotepong wrote:seekor ayam utuk2 tapi punya kwalitas istimewa lbh layak diadu daripada seekor shamokoy,koygon,mathai dll yg kwalitasnya abal2.


Setuju....

r.dinata
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 392
Join date : 21.04.14
Age : 28
Lokasi : kp. rawapasung rt.01/004 kali baru - medansatria, bekasi barat hp.087741466824

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  Hendro on Tue 21 Apr 2015, 06:53

r.dinata wrote:
ekotepong wrote:seekor ayam utuk2 tapi punya kwalitas istimewa lbh layak diadu daripada seekor shamokoy,koygon,mathai dll yg kwalitasnya abal2.


Setuju....

Saya juga setuju..ke..ke..ke..ke... karena ayam teman yang namanya "utug2" dititip ditempat saya habis menang ditawar 10 ribu tidak dijual malah hilang dicuri orang dari kandang lantai 3 padahal ada 20 ekor ayam dikandang tapi cuma si utug2 aja yang diambil..ke..ke..ke..ke...scratch scratch scratch

Seekor ayam aduan yang dibeli adalah kinerjanya, jadi seharusnya hal2 diluar kinerja ayamnya adalah menjadi pertimbangan terakhir.............................

Mau pakhoy atau pokoe, mau shamokoy atau sampokong, mau mathai atau matamu, mau koyngon ataupun angon tidak perlu digubris yang penting liat kinerjanya, cocok harganya bungkus.............................

Seekor ayam lancuran dari pasangan indukan jawara yang berharga ratusan juta dan dari jenis persilangan yang aneh2 tetapi jika hasil test abarnya tidak layak adu (afkir) maka sama saja dengan ayam potong/ayam sayur.................................

Sebaliknya ayam lancur dari indukan yang antah berantah tetapi terbukti mampu menunjukkan kinerja yang yahud dan mumpuni maka layak dihargai sebagai ayam aduan...........................

Dan harga seekor ayam aduan pasti lebih mahal dibandingkan dengan harga seekor ayam sayur/ayam potong................................

Jadi jika ada penghobi yang silau dengan hal2 diluar kinerja ayamnya, terjadi transaksi kemudian merasa kecewa maka itu adalah mutlak kesalahan sendiri...............................

Salam potong2 sayur.............................
Smile Wink I love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  kritikus_ayam on Tue 21 Apr 2015, 07:29

Hendro wrote:
r.dinata wrote:
ekotepong wrote:seekor ayam utuk2 tapi punya kwalitas istimewa lbh layak diadu daripada seekor shamokoy,koygon,mathai dll yg kwalitasnya abal2.


Setuju....

Saya juga setuju..ke..ke..ke..ke... karena ayam teman yang namanya "utug2" dititip ditempat saya habis menang ditawar 10 ribu tidak dijual malah hilang dicuri orang dari kandang lantai 3 padahal ada 20 ekor ayam dikandang tapi cuma si utug2 aja yang diambil..ke..ke..ke..ke...scratch scratch scratch

Seekor ayam aduan yang dibeli adalah kinerjanya, jadi seharusnya hal2 diluar kinerja ayamnya adalah menjadi pertimbangan terakhir.............................

Mau pakhoy atau pokoe, mau shamokoy atau sampokong, mau mathai atau matamu, mau koyngon ataupun angon tidak perlu digubris yang penting liat kinerjanya, cocok harganya bungkus.............................

Seekor ayam lancuran dari pasangan indukan jawara yang berharga ratusan juta dan dari jenis persilangan yang aneh2 tetapi jika hasil test abarnya tidak layak adu (afkir) maka sama saja dengan ayam potong/ayam sayur.................................

Sebaliknya ayam lancur dari indukan yang antah berantah tetapi terbukti mampu menunjukkan kinerja yang yahud dan mumpuni maka layak dihargai sebagai ayam aduan...........................

Dan harga seekor ayam aduan pasti lebih mahal dibandingkan dengan harga seekor ayam sayur/ayam potong................................

Jadi jika ada penghobi yang silau dengan hal2 diluar kinerja ayamnya, terjadi transaksi kemudian merasa kecewa maka itu adalah mutlak kesalahan sendiri...............................

Salam potong2 sayur.............................
Smile Wink I love you
ayam kalau sudah ditawar lepas aja pakde apalagi ditawar 10 ribu hehehe

kritikus_ayam
BANNED
BANNED

Jumlah posting : 172
Join date : 19.04.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  Boyka 19 on Tue 21 Apr 2015, 19:31

kritikus_ayam wrote:
Hendro wrote:
r.dinata wrote:
ekotepong wrote:seekor ayam utuk2 tapi punya kwalitas istimewa lbh layak diadu daripada seekor shamokoy,koygon,mathai dll yg kwalitasnya abal2.


Setuju....

Saya juga setuju..ke..ke..ke..ke... karena ayam teman yang namanya "utug2" dititip ditempat saya habis menang ditawar 10 ribu tidak dijual malah hilang dicuri orang dari kandang lantai 3 padahal ada 20 ekor ayam dikandang tapi cuma si utug2 aja yang diambil..ke..ke..ke..ke...scratch scratch scratch

Seekor ayam aduan yang dibeli adalah kinerjanya, jadi seharusnya hal2 diluar kinerja ayamnya adalah menjadi pertimbangan terakhir.............................

Mau pakhoy atau pokoe, mau shamokoy atau sampokong, mau mathai atau matamu, mau koyngon ataupun angon tidak perlu digubris yang penting liat kinerjanya, cocok harganya bungkus.............................

Seekor ayam lancuran dari pasangan indukan jawara yang berharga ratusan juta dan dari jenis persilangan yang aneh2 tetapi jika hasil test abarnya tidak layak adu (afkir) maka sama saja dengan ayam potong/ayam sayur.................................

Sebaliknya ayam lancur dari indukan yang antah berantah tetapi terbukti mampu menunjukkan kinerja yang yahud dan mumpuni maka layak dihargai sebagai ayam aduan...........................

Dan harga seekor ayam aduan pasti lebih mahal dibandingkan dengan harga seekor ayam sayur/ayam potong................................

Jadi jika ada penghobi yang silau dengan hal2 diluar kinerja ayamnya, terjadi transaksi kemudian merasa kecewa maka itu adalah mutlak kesalahan sendiri...............................

Salam potong2 sayur.............................
Smile Wink I love you
ayam kalau sudah ditawar lepas aja pakde apalagi ditawar 10 ribu hehehe

" />

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  dhekoko on Thu 23 Apr 2015, 23:01

kalo menurut saya yg cuman gedebas gedebus tok, paling sulit mempersiapkan fisiknya. rata rata ayam ayam modern (kalo bisa diistilahkan) punya speed rata rata diatas ayam klasik. sekali pethuk langsung gas pol rem pol... olah pecicilan, srudak sruduk, pukul sakkenone (keno rak keno urusan keri, seng penting mukul sek..... hehehhehehehe)
fisik luar biasa terkuras. konon katanya kalo tidak bisa menghabisi lawan dalam 3 air, blaisssss alamat setor dana hibah.......... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam tipe baru VS ayam tipe jadul

Post  Sponsored content Today at 06:55


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik