Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Wed 20 May 2015, 16:23

Hello All.
Aku newbie nih soal ayam.
Apalagi aku punya anak ayam baru umur 5 minggu yang lemas karena kepanasan.
Bagaimana caranya agar anak ayam yang lemas tersebut dapat
Kembali lagi seperti sedia kala?.
Tolong pencerahannya.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  August Wib on Thu 21 May 2015, 10:32

Sinatrya.N.S wrote:Hello All.
Aku newbie nih soal ayam.
Apalagi aku punya anak ayam baru umur 5 minggu yang lemas karena kepanasan.
Bagaimana caranya agar anak ayam yang lemas tersebut dapat
Kembali lagi seperti sedia kala?.
Tolong pencerahannya.

Pada dasarnya ayam kecil atau ayam besar tdk suka dgn keadaan panas, jikapun ayam besar dijemur jg tdk lama, krn bs megap2 kepayahan panas.

- anak ayam tdk suka dgn sirkulasi udara yg buruk di siang hari.
  (bs megap2 meski posisi kandang rawat ada di tmpt teduh)
- anak ayam tdk suka dgn udara extrim sore (maghrib) krn dingin
 (bs terlihat loncat2 mencari kehangatan saat sore menjelang gelap), (beri lampu)

- ada baiknya anak ayam ditempatkan pd posisi sejuk, tdk panas jg tdk dingin, yg penting ada sirkulasi udara agar udara panas disekitar bs berganti.
- Jika kepanasan akibat lampu, mgkn bs dinaikkan lebih keatas posisi lampu dr anak ayam dlm kandang rawat, atau wat lampu diperkecil,

Salam sirkulasi udara...  Smile

August Wib
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 244
Join date : 09.05.13
Lokasi : Pancoran - Jaksel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Thu 21 May 2015, 10:42

KALAU sudah terjadi harus bagaimana?.
Karena kepanasan dan dehidrasi anak ayam saya menjadi sakit.
Terlihat lemas. Mengantuk. Gemetar. Dan air liurnya keluar dari mulutnya.
Dan jika saat buang air besar, kotorannya cair berwarna putih.
Bagaimana cara mengatasinya?.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  August Wib on Thu 21 May 2015, 11:56

Sinatrya.N.S wrote:KALAU sudah terjadi harus bagaimana?.
Karena kepanasan dan dehidrasi anak ayam saya menjadi sakit.
Terlihat lemas. Mengantuk. Gemetar. Dan air liurnya keluar dari mulutnya.
Dan jika saat buang air besar, kotorannya cair berwarna putih.
Bagaimana cara mengatasinya?.

Kelihatannya sehat hanya kepanasan, tp sepertinya ketika anak ayam megap2 pada saat itu si anak ayam sudah terkena sakit saluran pernapasan sehingga terlihat megap2 seperti kepanasan.

jalan keluarnya ya diberi obat, tetraclor diloloh langsung tanpa kapsulnya 2 cap, + obat berak kapur, & anak ayam ditempatkan ditempat yg tdk terkena angin + diberi lampu dgn sekeliling kandang soliter diberi plastik penutup agar tdk terkena angin. 37.dc adl. panas ideal sekitar kandang soliter.

Semoga cpt sehat.... Smile

August Wib
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 244
Join date : 09.05.13
Lokasi : Pancoran - Jaksel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Thu 21 May 2015, 11:58

Bagaimana kalau diberi vaksin?.
Apa memungkinkan untuk sembuh?.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  slammy on Thu 21 May 2015, 12:10

Kalau megap2 krn kepanasan sampai ndeprok biasanya muka, leher, ketiak ayam diciprati air dan dibasahi dgn spon, tidak perlu dimandikan, nanti akan pulih sendiri, tapi kalau sampai lesu dan kotorannya berubah berarti ayamnya sakit, kemungkinan saluran pernapasan terganggu, kasih vitamin+antibiotik saja

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Thu 21 May 2015, 12:26

Aku sudah terlanjur di kasih vaksin. Bagaimana?.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  esacool on Thu 21 May 2015, 14:05

Sinatrya.N.S wrote:Aku sudah terlanjur di kasih vaksin. Bagaimana?.

pengaruh vaksin sama napas kalo sudah besar... stamina jadi kurang bagus. Mendingan antibiotik
ditambah air gula jawa Smile

esacool
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 83
Join date : 04.03.15
Age : 31
Lokasi : Cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Thu 21 May 2015, 14:31

Aku kasih vitamin ditambah gula jawa. Bukan antibiotik.
Apakah beda khasiatnya?.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Joe_jago on Thu 21 May 2015, 17:00

Sinatrya.N.S wrote:Aku kasih vitamin ditambah gula jawa. Bukan antibiotik.
Apakah beda khasiatnya?.

Izin nimbrung om..
ayam om sebenarnya terkena dehidrasi..atau kurang cairan..seharusnya ayam diberi cairan gula terlebih dahulu..teteskan di paruhnya atau air gula merah.
Setelah keadaan normal baru lah keesokan harinya di vaksin..

Mohon maaf jika salah..

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1453
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Thu 21 May 2015, 17:03

Silahkan nimbrung gan.
Berarti aku salah yah??.
Rumit nuga ya kalau lagi seperti ini.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Joe_jago on Thu 21 May 2015, 17:20

Sinatrya.N.S wrote:Silahkan nimbrung gan.
Berarti aku salah yah??.
Rumit nuga ya kalau lagi seperti ini.

Salah sih enggak om hanya kurang paham..
Anak ayam umur 5 minggu seharusnya masih di box di kardus atau triplex dan di berikan lampu.
Seiring pertumbuhan ayam makin besar, lampu semakin di tinggikan dari gantungan awal.
Ayam usia 5 minggu belum boleh di jemur terlalu lama om..sebentar-sebentar saja..
Kalau terlalu lama ya jadi nya seperti itu dehidrasi.. Laughing Laughing

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1453
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Thu 21 May 2015, 17:23

Jadi 5 minggu masih belum boleh di keluarkan??.
Tapi di beberapa artikel boleh di keluarkan?.
Bingung jadinya.
Harusnya masih di taruh dalam kandang ya?.
Kalau tanpa lampu ada efeknya gak?.
Seperti ayam akan sakit?.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Joe_jago on Thu 21 May 2015, 19:04

Sinatrya.N.S wrote:Jadi 5 minggu masih belum boleh di keluarkan??.
Tapi di beberapa artikel boleh di keluarkan?.
Bingung jadinya.
Harusnya masih di taruh dalam kandang ya?.
Kalau tanpa lampu ada efeknya gak?.
Seperti ayam akan sakit?.

Ayam usia 5 minggu biasa masih saya taruh di kandang kotak yang terbuat dari bambu, dan masih di beri lampu.
Usia mulai 2,5 bulan baru di umbar di kandang umbaran beralas pasir dari pagi sampai sore, malam hari masih saya masukan box.
Usia masuk 4 bulan keatas baru saya biarkan tidur di tenggeran di kandang umbaran.
Kalau ayam jantan sudah masuk masa birahi, biasanya usia 6 s/d 7 bulan baru saya box sendiri-sendiri..


Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1453
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Thu 21 May 2015, 19:06

Makasih infonya gan.
Bisa di kasih contoh seperti apa kandangnya biar lebih jelas nih.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Joe_jago on Thu 21 May 2015, 20:53

Sinatrya.N.S wrote:Makasih infonya gan.
Bisa di kasih contoh seperti apa kandangnya biar lebih jelas nih.

Waduh blm foto kandang saya om..hehehe..
Intinya luas dan tinggi kandang di sesuaikan dengan populasi ayam nya om..
Jangan terlalu sempit dan berdesak-desakan..

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1453
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  benkliwon on Thu 21 May 2015, 21:29

Ijin sharing bro,

Mulai hari 1 menetas (bulu sdh kering) langsung saya masukkan ke kotak triplek alas kawat ram (ayakan pasir).  Ada ventilasi di bagian atas untuk antisipasi suhu terlalu panas. Saya tidak suka pakai kotak kardus, karena saya bukan type orang yg rajin bersihkan kaki ayam. Kalau nggak rajin  kotoran biasanya menggumpal di kuku dan resiko yg lebih besar lagi adalah jika otot dan tulang jari kaki anak ayam belum kuat bisa jadi bengkok/ciker
tapi dg alas kawat tetap ada resiko ketika anak ayam sdh mulai aktive lompat dan bercanda sama temannya, kuku jari belakang bisa pada rompal.
lampu menyala 24 jam ( 5 watt) sampai dengan bulu bayi hilang semua. Umur 2 bln langsung pindah ke kandang di kebun. Malam hari tertutup rapat biar gak kedinginan.
pernah pakai kotak umbaran alas pasir seperti mas jago punya, tapi karena pasir kurang padat, jari kaki pada ciker dikit.  Kotak umbar pasir sekarang nganggur, rencananya nanti buat kotak pacekan.

Biar gak dehidrasi, wadah minum jangan sampai kosong. Sesekali dikasih vitamin.

Salam sesama wong anyaran


Terakhir diubah oleh benkliwon tanggal Fri 22 May 2015, 08:57, total 1 kali diubah

benkliwon
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 275
Join date : 21.03.15
Age : 40
Lokasi : jombang, 081234094357

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sinatrya.N.S on Thu 21 May 2015, 22:15

Makasih. Membantu sekali.
Akan aku coba.
Karena kesalahan di kandang, ayam saya mokad satu.
Dan karena sesak nafas atau apa gitu kurang tahu.

Sinatrya.N.S
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 20.05.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anak Ayam 5 minggu Lemas Kepanasan

Post  Sponsored content Today at 11:13


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik