Menghadapi Musim Hujan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Menghadapi Musim Hujan

Post  janto_pekalongan on Tue 14 Sep 2010, 01:42

Saya perhatikan ada beberapa ekor ayam saya yg kurang stabil kesehatannya,pada awal2 musim hujan ini,terutama Anakan dan Lancuran,pagi hari tanpak lesu,kmudian siangnya tanpak segar,begitu turun gerimis lesu lagi. pada tahun2 sebelumnya saya hanya mengsiasatinya dg menyediakan ruangan(kamar) Penghangat, Apakah Untuk masalah pakan juga perlu ada tambahan khusus agar ayam lebih mudah beradaptasi dg perubahan suhu panas ke dingin,supaya kesehatan ayam bisa stabil ? Mohon pencerahannya dari Rekan2 sekalian

Nuhun Smile

janto_pekalongan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 135
Join date : 01.08.10
Age : 40
Lokasi : pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  jackone on Tue 14 Sep 2010, 08:34

Saya juga mengalami hal serupa... mas Janto !
Karenanya jika malam tiba anak ayam di bawah 3 bulan saya masukkan ke dalam rumah dan pagi harinya baru saya keluarkan... sesekali di inapkan diluar rumah untuk adaptasi dengan perubahan musim... setelah proses 2 minggu baru anak ayam tersebut saya taruh di luar tetapi tetap menggunakan kelambu atau pembungkus lain di malam hari agar hawa dingin tidak frontalr.
Semoga bermanfaat.

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  Administrator on Tue 14 Sep 2010, 13:13

Utk menyiasati musim penghujan bagi anak2 ayam dibawah 7 bulan (masih makan voer), sy mencampur makanannya dgn parutan kencur dan kunyit. Voer dicampur air dan parutan tsb. Diaduk sampai rata.
Terutama sy berikan setelah dimalam harinya hujan lebat atau cuaca dingin.

Komposisi
1 kg makanan + 2 siung kencur + 2 siung kunyit.
1 siung = +/- sebesar jari telunjuk.

Sy sangat setuju dgn saran bang Jack. Sebisa mungkin ayam ditempatkan pada kandang yg hangat di malam hari. Jangan terkena hujan dan angin.


Mudah2an bermanfaat.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  opik_98 on Tue 14 Sep 2010, 14:00

mas ini untuk klo dimusim hujan atau pas malamnya hujan saja...? &
bagaimana bila diberikan setiap hari pas musim hujan bagus tidak untuk ayamnya?

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  Administrator on Tue 14 Sep 2010, 14:43

opik_98 wrote:mas ini untuk klo dimusim hujan atau pas malamnya hujan saja...? &
bagaimana bila diberikan setiap hari pas musim hujan bagus tidak untuk ayamnya?

Kalo sy sih, (berhubung suka males) sy kasih kalo cuaca jelek saja. Kalau lagi sering hujan, dingin, angin kencang, dll.
Mungkin lebih bagus kalau dikasih rutin di saat musim hujan. Seminggu 3X misalnya.
Dikasih setiap hari, seharusnya lebih bagus.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  janto_pekalongan on Wed 15 Sep 2010, 02:33

Trimakasih Masukannya Rekan2 papaji sekalian,Saya pikir memang masukan2 diataslah yg rasional,2hr yg lalu malah saya ada saran dari seorang botoh senior di tempat saya agar dicampur sama Entok (Bebek) agar penyakit yg akan menimpa ayam bangkok terhalau. saya pikir "haiah, kok masukannya aneh gini,tp itu yg ngomong memang botoh Kluyutan (Sesepuh). Pergantian musim smacam ini memang sedikit meresahkan,walaupun upaya sudah saya lakukan sebisanya masi jga ada korban dalam beberapa tahun belakangan ini, musim kali ini lebih meresahkan karna ada 9 ekor anakan super fighter hasil reset anakan sendiri,yg sedang saya tekuni sejak 3th yg lalu.
Rolling Eyes

Salam hangat,..Janto_pkl Smile

janto_pekalongan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 135
Join date : 01.08.10
Age : 40
Lokasi : pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  Rendro on Thu 16 Sep 2010, 13:19

Kalau pengalaman saya pada ransum makanan dicampur parutan jahe dan kencur seminggu 2X serta diberi rajangan daun pepaya seminggu sekali. Tidak hanya pada musim hujan saja tapi rutin. Yang lebih penting jaga kebersihan lingkungan. Kalau ayamnya masih kecil2 kandang ditutup plastik atau spanduk pada malam hari, biasanya angin malam tidak bagus untuk kesehatan(ayam). Semoga membantu.

Rendro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 27.05.10
Age : 43
Lokasi : Berbah Sleman DIY

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  erick ken on Sat 14 Jan 2012, 09:45

Administrator wrote:Utk menyiasati musim penghujan bagi anak2 ayam dibawah 7 bulan (masih makan voer), sy mencampur makanannya dgn parutan kencur dan kunyit. Voer dicampur air dan parutan tsb. Diaduk sampai rata.
Terutama sy berikan setelah dimalam harinya hujan lebat atau cuaca dingin.

Komposisi
1 kg makanan + 2 siung kencur + 2 siung kunyit.
1 siung = +/- sebesar jari telunjuk.

Sy sangat setuju dgn saran bang Jack. Sebisa mungkin ayam ditempatkan pada kandang yg hangat di malam hari. Jangan terkena hujan dan angin.


Mudah2an bermanfaat.

bounce info yang sangat penting di musim hujan saat ini....trima kasih bang Admin cheers

ayam pada lesu males malesan dalam hotelnya masing2 pada kangen kali yah buat ngipu coz lingkungan buecekk ga ada ojekk.... Laughing Laughing yang punya cuma ngeliatin sambil ngupi n ngeroko hehehe Laughing ...

erick ken
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 999
Join date : 03.11.11
Lokasi : Tangerang n Jak-bar - PIN 582f7856

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  Kadirvanhoten on Sat 14 Jan 2012, 11:42

Klo saya simple aja bang...Perbanyak dan dipersering kasih campuran empon2 dan bahan dapur pada makanannya,seperti:jahe,kunyit,kencur,temu ireng,bawang putih,lada,gula jawa,kedelai item/kecap,cabe rawit setan,asam jawa,garam krasak,belimbing wuluh,daun pepaya,daun katuk,daun lamtoro,daun onclang dan seledri,dan masih banyak lagi...Tentunya diselang seling dan bahan mana yg ada.Pakan dibikin kombor dgn air panas mendidih,tgg hangat kuku baru kasih keayam.Sedikit melenceng dr topik,Krn ternak untulan,Saya sekarang malah ndak pake voer dan obat2an kimia sama sekali.Mahal...Hehehe..."Bahan pokok" pakan ayam saya 10kg katul,1kg tepung ikan,sisa nasi dan sayur dari rumah dan warung makan disekitar kandang,cacahan daun pepaya,cacahan daun tembakau,100cckecap,50gram garam krasak,1bungkus m*s*k* rasa daging sapi,100gram jahe gajah diparut,100gram gula jawa diencerin,10 siung bawang putih dan 10 bj cabe rawit setan yg bsr diuleg.Semua bhn dijadikan satu direbus dan kemudian di bikin kombor pake sisa air rebusan.Untuk 100 ekor aym umr 1bln mpe dws berbagai ukuran yg diumbar bebas untuk 1 hr.Hasil:irit dikantong,aym tahan perubhn suhu dan wabah yg biasanya mengikutinya, yg dah siap adu buat untulan 3x30 mnt ama koleksi rumah dgn lwn berbeda tanpa air jg sanggup...Btw,walau cuman untulan,tetep pilih2 pacek dan terutama biangnya...Salam...

Kadirvanhoten
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 481
Join date : 09.12.11
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  coki on Sat 14 Jan 2012, 12:29

Yang saya tau kalau musim dingin dan hujan seperti bulan-bulan ini Gas di dalam bumi naik setengah meter ke atas bumi, memang tidak dapat di lihat manusia dari daratan tapi bisa dilihat dari atas langit/gedung. jangankan binatang, manusia aja kedinginan.

kecuali di atas setengah meter, ayam bebas dari gas bumi tersebut.

memang Gas tersebut tidak berbahaya, tapi dinginnya bisa bikin binatang apa saja menjadi bengong-bengong.

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  RED JENGGER on Sun 18 Mar 2012, 02:50

mengintip ilmu perkutut kl pakannya dicampur ketan item boleh ga ya ktnya sih bs jg buat bikin hangat badan,apa kira2 ad efek sampingnya nanti....? mohon dong infonya gan buat yg tahu tempat latber dikitaran bogor and depok dishare,karena ane masih baru,kali aj ane nanti bs dapat ilmu gratis dari master2 papaji biar ikutan pinter

RED JENGGER
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 10.03.12
Age : 35
Lokasi : bojonggede_BOGOR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menghadapi Musim Hujan

Post  Sponsored content Today at 03:05


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik