Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  Leonard on Thu 28 Aug 2008, 17:06

Salam buat bapak-bapak sekalian!,

Saya ada masalah, mohon petunjuk & pencerahaanya. Embarassed
Saya punya ayam betina(Babon) berumur kira-2x 9 bulanan, sudah 2 x bertelur, tapi telurnya dari yg pertama selalu kecil-kecil & kulit telurnya juga kelihatan tidak kuat/tipis dan tidak dapat menetas. Kenapa yah, mohon bantuannya! Padahal makanannya sudah saya perhatiin (Saya kasih bekatul campur pokphand) kadang-kadang saya kasih pakan petelur juga, tapi kenapa masih begitu juga.

Trima kasih,

Leonard(Tangerang)

Leonard

Jumlah posting : 7
Join date : 19.08.08
Lokasi : Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  Administrator on Thu 28 Aug 2008, 17:25

Ayam betina muda, kebanyakan memang seperti itu mas. Umumnya telur kecil2. Sebaiknya jangan ditetaskan dulu. Biarkan mengeram seminggu, setelah itu telur dibuang saja. Maklumlah.. namanya juga ABG, baru belajar... hehehehe....
Biasanya setelah 2-3 kali periode bertelur, akan membaik jadi normal.

Kalau telur lunak, cangkak tipis, itu tanda kekurangan kalsium. Kasih saja voer petelur, grit, dan vitamin kalk.
Nanti setelah ukuran telur 'normal' dan cangkangnya bagus, baru ditetaskan.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas

Post  Leonard on Fri 29 Aug 2008, 12:37

Trima kasih Mas Admin atas infonya. Tadinya itu babon mao saya ekskusi aja, tapi karna infonya saya akan coba untuk melakukan peninjauan kembali(PK). Tapi ngomong-ngomong saya kasihan ngeliat kucing mas admin, apa dia gak cape tuh! Laughing

Trima kasih,
Leonard

Leonard

Jumlah posting : 7
Join date : 19.08.08
Lokasi : Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  bhozo on Mon 08 Sep 2008, 10:16

Salam Kukuruyuukkk...
Mas mau nanya nih, ukuran telur yg baik untuk ditetaskan itu segimana ya?
terima kasih atas penjelasannya,,,

ttd,

bhozo

bhozo
kopral
kopral

Jumlah posting : 37
Join date : 16.08.08
Age : 43
Lokasi : Jl. Belimbing Kel.Wonorejo Kec.Marpoyan Damai Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  yusuf patriot farm on Tue 04 Nov 2008, 23:50

salam papaji... mo skalian nanya juga nih apa bener kata sebagian orang kalo telur ayam yang agak lonjong rata2 berkelamin laki ....

yusuf patriot farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 114
Join date : 04.11.08
Age : 37
Lokasi : Banjarbaru Kal-SEL (Patriot Farm) muhanzaini@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  Administrator on Wed 05 Nov 2008, 09:41

yusuf wrote:salam papaji... mo skalian nanya juga nih apa bener kata sebagian orang kalo telur ayam yang agak lonjong rata2 berkelamin laki ....

Saya juga belum percaya 100% mas. Tapi sepertinya memang begitu.
Lonjong disini dalam arti, salah satu sisi ujung lebih besar dari ujung satunya. Jadi, bentuknya seperti oval, hampir mirip tetesan air.
Kebetulan saya beternak merpati balap juga. Telur merpati hanya 2 butir, jadi lebih mudah memantaunya. Bentuk Oval rata2 telur jantan (tdk 100%).

Ada satu cara lagi menentukan telur jantan atau betina. Yaitu dgn pendulum.
Sebuah cincin logam diikat dgn seutas benang +/- 30cm. Lalu digantung +/- 1 cm diatas telur yg telah dierami 7-10hari.
Bila :
Cincin berputar = betina.
Cincin bergerak maju mundur atau kiri kanan = jantan.

Cara lain menurut peternak bebek :
Telur yg sudah dierami 10 hari, diteropong dgn lampu. Bila rongga udara ada diujung menandakan itu betina. Bila agak disamping = telur jantan.

@mas Bhozo :
Ukuran telur normal kira2 sama dgn telur ayam negri yg dijual di pasar.
Kalau sebesar telur ayam kampung, itu termasuk kecil.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

kulit telur warnanya jelek

Post  Arifin on Mon 09 Nov 2009, 22:14

mas Admin, kulit telur ayam saya warnanya ada semacam warna kapur putih yang tidak rata, apakah karena porsi makanan yang tidak sempurna atau ada faktor lain?

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  Administrator on Mon 09 Nov 2009, 22:17

Arifin wrote:mas Admin, kulit telur ayam saya warnanya ada semacam warna kapur putih yang tidak rata, apakah karena porsi makanan yang tidak sempurna atau ada faktor lain?

Kalau soal warna, tidak masalah. Bisa putih atau kecoklatan.
Tapi kalau warnanya belang2, ini mungkin krn faktor makanan.
Kalau kandungan kalsium dalam makanan mencukupi, seharusnya telur akan normal.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  azis sutanto on Tue 10 Nov 2009, 06:37

Administrator wrote:
Arifin wrote:mas Admin, kulit telur ayam saya warnanya ada semacam warna kapur putih yang tidak rata, apakah karena porsi makanan yang tidak sempurna atau ada faktor lain?

Kalau soal warna, tidak masalah. Bisa putih atau kecoklatan.
Tapi kalau warnanya belang2, ini mungkin krn faktor makanan.
Kalau kandungan kalsium dalam makanan mencukupi, seharusnya telur akan normal.

kalau yang belang2 mah telur puyuh atuh mas. he..he..he...

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  cobain on Wed 11 Nov 2009, 21:09

azis sutanto wrote:
Administrator wrote:
Arifin wrote:mas Admin, kulit telur ayam saya warnanya ada semacam warna kapur putih yang tidak rata, apakah karena porsi makanan yang tidak sempurna atau ada faktor lain?

Kalau soal warna, tidak masalah. Bisa putih atau kecoklatan.
Tapi kalau warnanya belang2, ini mungkin krn faktor makanan.
Kalau kandungan kalsium dalam makanan mencukupi, seharusnya telur akan normal.

kalau yang belang2 mah telur puyuh atuh mas. he..he..he...

wakkakakakkakaa,,,,kalao yg gede banget telur burung unta.....wlakkakakaa

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  nurkhotim on Fri 13 Nov 2009, 11:55

Lha ayamnya segitu-gitunya,... duburnya juga lebar segitu-gitunya,.... yang punya mintanya besar-besar,... mbok ya perasaan gitu,.. "rak yo dobol kabeh silite pitek,...." (Jawa Mode: ON)
Kalau mengenai jantan atau betina, mbok ya biarin sajalah,.. toh kata pak Penyuluh KB, laki - perempuan sama saja,...
Manusia itu memang aneh-aneh maunya,.... sudah dikasih ya ndak disyukuri,... mintanya cepet besar,.. akhirnya kejadian,.. sekarang makan ayam umur 40 hari (!???) itu daging darimana asalnya, cuman 40 hari sudah ada !??
nanti minta lagi,.. netasnya lebih cepet,.. 5 hari.....
Nelornya banyak,... sehari 3 kali (emang minum obat !??) ya jebol semua dubur ayam kalo manusianya model begini...

Kalau warna kulit telurnya tidak rata,.. memang bener kata admin,..kurang kalsium,.. kalau belang,.. berarti ada burung puyuh nitip telur,... atau kalo agak kehijauan,.. kali aja ada bebek/itik yang lewat,.. numpang telor,...
Kwak..kak..kak.... atau kalo bener nanti ada telurnya yang bergaris-garis belang,.. wahh berarti ada orang yang naruh telur paskah..... Razz Razz Razz

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  arif on Fri 13 Nov 2009, 19:28

Itu jangan2 telur geluduk.. jadi ga netas2.. wakakkak,, Very Happy

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Babon bertelur jelek & tidak dapat menetas.

Post  Sponsored content Today at 21:45


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik