ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  iwan supriyanto on Thu 07 Jan 2016, 00:16

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat tahun baru 2016 dan Salam guyub dan rukun selalu buat semua pecinta ayam aduan umum nya maupun semua member papaji pada khususnya ...

Sebelum saya menyampaikan maksud dari judul topik diatas , alangkah baik nya saya diperkenankan untuk bercerita dahulu sedikit !!!!

Cerita nya seperti ini :

Dikarenakan sulitnya mengirim ayam menggunakan jasa travel ataupun jasa pengiriman ayam yang lain nya pada waktu liburan akhir tahun kemarin , akhirnya saya beserta anak dan istri ikut mengantarkan ayam " perjaka perjaka desa " yang ingin turun gunung menuju ke ibukota untuk mengadu nasib dan menjadi penghuni baru di tempat yang baru nya .

Walaupun transportasi yang digunakan hanya sebatas kendaraan darat , dan lokasi tempat pada kendaraan hanya menyisakan ruang bagasi untuk membawa ayam tersebut , tetapi alhasil alhamdullilah ayam bisa selamat semua sampai tujuan .

Setelah sampai tempat tujuan pada pagi hari , tidak butuh waktu yang lama untuk para jejaka - jejaka desa satu persatu diambil langsung oleh para calon2 pemilik baru nya untuk di transfer menuju kandang yang baru .

Setelah 2 hari berselang , sesudahnya saya sampai ketempat tujuan , tiba2 terdengar suara dering ringtone dari alat telekomunikasi selular saya . Dan setelah saya angkat ternyata sebuah panggilan masuk dari salah satu rekan dekat yang menghubungi saya dan menanyakan kedatangan saya .

Dari perbincangan melalui via telepon dengan rekan saya , inti dari perbincangan tersebut adalah , ajakan dari rekan saya untuk berkunjung ke rumah nya dan juga ingin menceritakan tentang perkembangan ayam aduan yang pernah didapatkan dari saya pada waktu sekitar kurang lebih 4 bulan yang lalu ...

Tanpa pikir panjang lagi , saya pun langsung meng iya kan ajakan rekan saya tersebut , karena agenda serta tujuan saya berangkat menuju ibukota bersama anak istri adalah selain mengantarkan jejaka - jejaka desa , tujuan lain nya juga adalah liburan awal tahun serta meninjau dan mengevaluasi hasil ternakan secara langsung ditempat , serta pula meng observasi perkembangan ayam aduan ditempat rekan - rekan yang ada di ibukota .

Sambutan hangat yang penuh dengan rasa kangen dan kekeluargaan diberikan langsung oleh rekan saya setelah saya tiba di rumah nya ....

Beberapa sajian makanan , minuman serta beberapa bungkus rokok kretek pun disodorkan untuk menemani perbincangan perbincangan yang kami lakukan saat itu ...

Setelah melakukan perbincangan - perbincangan di awal pertemuan dengan rekan saya , barulah di mulai perbincangan - perbincangan yang menjurus kepada tema tentang ayam aduan .

Yang mana perbincangan tersebut memang sudah menjadi salah satu agenda dan maksud dari tujuan di awal saya berangkat meninggalkan desa untuk sementara .

Kalau boleh saya ingin menuliskan sedikit tentang perbincangan dengan tema ayam aduan bersama rekan saya tersebut .

Kurang lebihnya seperti di bawah ini perbincangan tersebut :

Rekan : mas , ayam yang pernah ambil dari sampeyan waktu itu sudah saya adukan 2 kali lhoo !!!!

Saya : ayam yang mana ya ?

Rekan : itu lhoo ,, anak ayam yang pernah saya pesan waktu itu tetapi akhirnya ayamnya mati karena penyakit , tetapi digantikan sampeyan dengan saudara nya yang masih satu tetasan itu !!!

Saya : waduhhh , saya lupa tuch , yang mana sie ???

Rekan : sampeyan gimana sie mas ,, masa gitu aja lupa !!!
Itu lhoo yang ayamnya bogel trus telih nya kondor kayak kalong wewe !!!
Si SEMAR !!!!!

Saya : owhhh ... Semar ... Iya ... Iya ... Iya ...

Kalong wewe : sebangsa makhluk halus yang dongeng nya ditempat saya memiliki payudara yang besar dan sering menculik anak balita dengan cara di iming - imingi di beri ASI menggunakan payudara nya yang besar tersebut .

Semar : nama ayam tersebut .

Saya : lhooo , bukannya si semar umurnya baru sekitar 7 bulanan klo gak salah ...

Rekan : iya mas , ayam nya memang masih muda banget ...

Saya : kowe gemblung opo piye ... ( Bahasa jawa ) / kamu gila apa tidak waras ..
Masa ayam muda kayak gitu udah di adu aja , 2 kali lagi ...
Trus gimana !!! Menang apa kalah ??? Heheheh ...

Rekan : kenapa si semar berani saya adukan , soalnya sudah coba di gebrak 3 kali dengan ayam yang lain yang bukan untulan ,, ke tiga kali gebrakan tersebut , lawan nya semua di angkat mas , karena gak kuat di pukul sama semar ...

Rekan : tetapi sayang nya ayam diadu 2 kali hasilnya seri / draw mas ...

Saya : serriii .. Emang ngadu nya di mana ,,, trus lawan nya gimana ...

Rekan : ayam gak saya adu di kalangan mas ,,, tetapi saya adu di undangan ..

Saya : Haaahhhh ... Di undangan ... Yang benar nie ...

Rekan : iya benarrrr ... Gak bohong saya ...

Saya : undangan mana ????

Rekan : yang pertama ayam di undang buat di adu sama ayam aduan nya tukang bakso , yang kedua ayam di undang buat di adu di tempat tukang barang rongsokan ... Hehheheeh

Saya : hahhahahahaaha ..... Bisa aja sampeyan .. !!!
Trus kok bisa seri / draw gimana cerita nya ..

Rekan : Ayam pas ngadu pertama cuma 3 ronde mas , musuhnya lebih tua 3 bulan , jalu tumpul lebih panjang trus menang tinggi !!!

Saya : trus si semar dapat apa nya ..

Rekan : si semar menang pinggang , sama jalu lebih lancip . .

Saya : memang gimana jalannya pertandingan .... Kok hasil nya bisa seri / draw

Rekan : sebetulnya si semar seri / draw nya statusnya unggul ...
Semar ronde pertama sudah bisa bikin buta mata lawan sebelah ,
Trus nya ronde 2 dan 3 tinggal menunggu lawan nya kabur doank ,
Yang bikin heran nya tuch lawan si semar udah di bombardir sampai jatuh bangun tetapi gak mau kabur juga , alias kuat banget di pukulin nya ...
Sampai - sampai si semar sebabis pertandingan selesai , kaki sebelah kiri nya pincang mas ......

Saya : pincang .... Kok bisa begitu ... Memang si semar sempat terkena pukul bagian apa nya ...

Rekan : setahu saya si semar di awal2 ronde pertama cuma kena pukul sekitar bagian leher ke atas aja mas ... Lha wong setelah lawan nya buta sebelah si semar kayak ayam sedang latihan gebrak sama untulan ... Mukuliiiiinnnnn terussss ... Tapi sayangnya gak bisa ngabisin ...

Saya : hmmmmm ... Payah banget sich semar ....

Saya : trus semar kan udahan nya pincang ... Kenapa gak butuh waktu lama buat nyembuhin nya trus sudah di adu lagi ...

Rekan : semar cuma di obatin menggunakan obat turun urat merk F**M**A gak sampai 2 minggu sudah normal mas , maka dari itu gak perlu lama2 lagi ngerawatnya trus ngadu lagi dech ... Hehehhe

Saya : harus nya di istirahatkan dulu yang lama ... Lagian tuch semar kan umur nya masih muda ,,, sayang ntar malah rusak ...

Rekan : si semar udah punya adik mas ...

Saya : ada 3 ekor umur 2 bulan ... Ngapain nanya adik nya ... Orang lagi membiarakan si semar nya malah ngomongin yang lain ...

Rekan : bukan nya begitu mas ... Si semar sengaja saya aduin muda ... Kalau memang nanti semar ada apa2 atau rusak , kan masih ada adik - adik nya ... Hehehheheeh

Saya : weisssss .... Enak aja sampeyan .... Gak boleh ... Ntar nasib nya kalau sama sampeyan bisa gak jelas kayak si semar ....
Wis lah ... Gimana terus nya jalan nya pertandingan yang ke dua ... Ceritain lagi ...

Rekan : nahhh ... Pas ngadu yang ke dua ... Sampai 5 ronde mas ... Tapi seri / draw lagi ....

Saya : trus ... Trus ... Trus ...

Rekan : kayak tukang parkir aja .... Teras terus aja .. Hehehhehe

Saya : hehehehh ... Penasaran jalan cerita nya .... Lawan ayam gimana pas ngadu ke dua

Rekan : semar kalah keliling .... Menang ganteng doank ...

Saya : kalah keliling gimana .... Masa nanding cuma modal ganteng doank ... !!!

Rekan : yang nanding si ( ***** )

(*****) : nama rekan saya yang lain , yang juga berprofesi sebagai botoh nakal .

Walaupun sudah terkenal sebagai botoh nakal di tempat daerah saya , tetapi karena kepiawaian nya dalam menjalankan tugas nya sebagai seorah botoh saat ayam aduan ditandingkan , maka masih banyak pula yang menggunakan jasa nya .

Walaupun terkadang masih terlalu berani dan sembrono dalam urusan cari tandingan ..

Saya : memang kayak gimana tandingan nya ....

Rekan : lawan si semar ayam sudah selesai mabung , menang 3 kali dengan rekor kemenangan TKO . Tapi kata penerawangan si ( ***** ) ayam badannya masih lembek trus kaku ... Soalnya habis ganti bulu selesai ,,, belum di rawat dengan baik ...

Saya : owhhhh gitu ... Trus ... Gimana lagi ...

Rekan : benar penerawangannya si ( ***** ) .....

Saya : benar apa nya ....

Rekan : si semar dari ronde pertama sampai ronde terakhir , kayak latihan gebrak lagi sama untulan .... Agregate jumlah pukulan kalau di kira2 tiap ronde nya ... Si semar 15 banding 1 .... Udah gitu plusnya , lawan si semar teknik nya ngoyor kebawah / teknik dagang kue ...

Saya : achhh masa sich ....

Rekan : ya ampun .... Beneran mas .... Lawan nya semar ronde ke empat pas bagian atas kepala kulit nya udah lepas ... Sampai keliatan betul tempurung otak nya ....

Saya : hihihihiiii .... Amit amit jabang bayi .... Trus kenapa masih bisa seri ...

Rekan : nahhhh ... Itu juga yang bikin saya heran mas ... Masa iya , ayam udah unggul diatas angin masih gak bisa ngabisin juga .... Weleh ... Weleh ....

Saya : memang nya orang yang punya ayam lawan nya si semar , ngelihat ayamnya udah di gebukin kayak gitu masih gak di angkat juga .... !!!!

Rekan : gimana mau di angkat ... Lha wong yang punya ayam sekaligus berperan sebagai botoh nya pas ngeliat ayam nya di gebukin kayak gitu malahan di tinggal ke warung buat ngopi sama ngerokok .... Trus juga teriak - teriak menyemangati ayam nya dari warung itu juga .... Hehehehheeh

Saya : hahahhahahaha ..... Wong edan kabeh ....

Rekan : tapi ada yang aneh mas !!!!!

Saya : aneh apa nya ????

Rekan : waktu di basahin sebelum pas ronde terakhir , si semar jalan nya pincang ....

Saya : pincang .... Jangan - jangan bekas luka yang waktu ngadu pertama kumat lagi ...

Rekan : tadi nya saya juga berpikiran kayak gitu mas .... Tapi waktu ngadu yang kedua , pincang nya gantian sebelah kaki kanan mas ....

Saya : lhoooo ... Bisa kayak gitu yach .... Gak ada bekas lebam atau gimana gitu di sekitar kaki si semar yang sakit ....

Rekan : sudah saya periksa mas sama ( ***** ) .
Habis pertandingan 5 ronde , si semar bisa di bilang 95 persen mulus , jarang banget kena pukul ... Kan udah di bilang ... Si semar itu di adu kayak lagi latihan gebrak aja pakai untulan ... Beda nya ini cuma agak lama doank durasi nya ....

Saya : owwhhhh .... Begitu cerita nya ....


Dari sepenggal perbincangan di atas ,
Akhir nya saya dan rekan saya setelah perbincangan yang kami lakukan , menarik sebuah kesimpulan sementara yang bisa di bilang seperti ini kesimpulan nya :

* ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukulan yang bagus ( pukulan berat / pukulan keras ) rentan terhadap resiko penyakit kaki pincang , keseleo atau turun urat apabila tidak di dasari dengan pola rawatan dan latihan yang baik *

Perbincangan di atas adalah suatu rujukan bahwa si semar yang nota bene nya adalah ayam aduan yang memiliki teknik permainan sederhana dan memiliki jenis tipe pukul yang menurut saya adalah jenis nya tipe pukul jalu dengan bobot yang lumayan cukup bagus .

Adapun penilaian saya dengan hasil seri / draw tersebut , dimungkinkan saja akibat kurang nya rawatan dan pola latihan yang cukup sehingga ayam tersebut ( Semar ) belum sepenuhnya memiliki kondisi fisik yang ideal dan layak untuk di tarungkan dengan ayam aduan yang lain nya .

Cukup sekian dari saya dan atas perhatian nya terima kasih .

Ditunggu koment , masukan , kritikan atau saran nya ...


Salam papaji ..





iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  rp0084 on Thu 07 Jan 2016, 05:16

Panjang ceritanya mas, menurut sy sesuai Hukum Ketiga Newton: gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris. Artinya jika ada benda A yang memberi gaya sebesar F pada benda B, maka benda B akan memberi gaya sebesar –F kepada benda A. F dan –F memiliki besar yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ini juga terkenal sebagai hukum aksi-reaksi, dengan F disebut sebagaiaksi dan –F adalah reaksinya.

rp0084
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 18.04.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  Langgeng NC on Thu 07 Jan 2016, 06:11

simple aja, bayangin aja dengan main voli. awal2 main voli pasti tangan kita merah memar dan sakit minta ampun. tapi lama kelamaan akan jadi kebal. begitu pula ayam, kaki yg baru dipakai mukul jika langsung di forsir ya ngga salah kalau tedun, bukan perkara besar/kecilnya pukulan sebetulnya, tapi memang kaki ayam belum siap/terlatih untuk mukul segitu banyaknya. saya yakin kalau porsinya bertahap tedun pada ayam akan bisa diminimalkan

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1217
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  slammy on Thu 07 Jan 2016, 09:08

pernah punya pengalaman sama, ayam pukul ekstra berat akhirnya berakhir di wajan krn turun urat berkepanjangan, pelajarannya untuk ayam model begini ngadunya abis nyulam aja biar sendi2nya kuat dulu Very Happy

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  hamsyah nur on Thu 07 Jan 2016, 09:28

Ayam masih muda,apalagi punya type ayam pukul.
Untuk durasi tanding yg cukup lama,ayam muda masih rentan terjadi cedera fisik.
Tulang dan otot nya masih belum sempurna.
Mohon maaf klo salah...cuma analisa pemula.. Very Happy Smile

hamsyah nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 60
Join date : 20.10.15
Lokasi : JAKARTA

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  zolim on Thu 07 Jan 2016, 09:31

ayamnya kurang kalsium mas.
sama kasih viostin DS aja buat sendinya..he..he..he...

zolim
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 127
Join date : 31.01.13
Lokasi : jakarta pusat

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  ayam pemula on Thu 07 Jan 2016, 10:52

pnah punya pengalaman yg sama nih bang, cuma dalam kasusku blm sampe diadu kalangan alias baru kelas abaran ( tp kelamaan Very Happy ). sehari setelahnya ayam ndeprok & cuma berdiri kalo didekati sama pas makan, untung setelah diobati selang 3 hari udah sehat lg. setelah bner2 sehat baru diabar lagi dengan porsi yg wajar & bertahap, alhamdulillah tidak kumat lagi.

salam berbagi..... Very Happy

ayam pemula
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 365
Join date : 06.10.15
Lokasi : solo-semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  iwan supriyanto on Thu 07 Jan 2016, 16:39

Terima kasih buat rekan2 yang sudah memberi koment saran dan masukan nya ....

Semua koment nya cakep kabeh ...

Ayam muda memang sepantas nya masih butuh rawatan dan latihan yang baik ...

Tapi karena yang punya ayam aja yang kagak sabaran alias kegatelan buat ngadu ayam ...
Very Happy

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  Joe_jago on Thu 07 Jan 2016, 22:28

iwan supriyanto wrote:Terima kasih buat rekan2 yang sudah memberi koment saran dan masukan nya ....

Semua koment nya cakep kabeh ...

Ayam muda memang sepantas nya masih butuh rawatan dan latihan yang baik ...

Tapi karena yang punya ayam aja yang kagak sabaran alias kegatelan buat ngadu ayam ...
Very Happy

Lah ini yang memang kita suka lupa dan bikin rusak ayam sendiri. yang punya gak sabaran mau ngaduin ayam kita. Kadang2 ayam blm sehat udh di aduin ya resikonya bisa kalah.. Very Happy Very Happy Very Happy

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1444
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam aduan yang memiliki dasar bobot pukul yang besar rawan keseleo / turun urat

Post  Sponsored content Today at 19:12


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik