Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  Jagoan Newbie on Mon 11 Jan 2016, 12:50

Sebelum masuk kepertanyaan saya, izinkan saya untuk cerita sedikit dari awal timbulnya masalah ini sekalian mau curhat apa yang jadi pikiran saya 2 minggu belakangan ini,boleh ya? mudah-mudahan gak nambah bingung.. soalnya saya cerita ke nyonya dirumah dia gak paham paling cuma dengerin dan nimpalin dikit-dikit itu juga sambil asyik mainan hp atau gak sambil nonton serial korea kesukaannya!!Sad Sad

Belakangan ini ada kebijakan dari kantor pusat karena hasil yang ada dari tempat saya bekerja kurang memuaskan dan konsekuensinya menyebabkan saya harus berangkat pagi pulang malam minimal selepas magrib baru sampai dirumah. Hasilnya waktu untuk mengumbar ayam (ayam siap rawat dan siap adu) yang saya rawat dirumah tidak ada. Perlu juga diketahui kondisinya supaya rekan-rekan papaji ketahui, saya tinggal di komplek perumahan yang tidak ada sisa lahan sama sekali dan 6 ekor ayam saya pelihara didalam garasi rumah dengan kandang boks untuk masing-masing ayam. Tragisnya karena saya tinggal di komplek perumahan yang ada di desa hampir 50% tetangga saya memelihara ayam kampung yang diumbar bebas begitu saja (kadang-kadang malah dibiarin tidur diatas pohon jika empunya pulang kemalaman) jadi tidak mungkin bagi saya mengumbar bebas ayam-ayam saya saat saya sedang bekerja takutnya tarung bebas tanpa ada yang tahu atau bahkan dikejar-kejar sama ayam kampung. Sebelumnya saya masih sempat ada waktu mengumbar ayam saya meskipun harus saya tunggui sambil ngopi dan megang-megang batu kalau-kalau ada ayam kampung lain mendekat he3...

Sebenarnya saya ada dua tempat memelihara ayam selama ini selain di garasi rumah dan juga di rumah orang tua saya yang masih ada sisa lahan dibelakangnya, tapi hampir dua tahun belakangan saya belajar beternak sendiri berangkat dari ilmu-ilmu yang saya dapat dari forum Papaji tercinta ini dan materi seadanya yang juga sebagian saya dapat dari Papaji dan saya tempatkan di sisa tanah rumah orangtua yang jaraknya tidak jauh dari rumah saya.

Begitulah keadaannya sebagai acuan rekan-rekan untuk memberi saran dan masukan untuk saya nantinya, mudah-mudahan dapat dimengerti dan gak kepanjangan saya ceritanya ya?he3...lol! lol! lol!

Nah, yang ingin saya tanyakan adalah
1. Kalau dilihat dari keadaan yang saya gambarkan diatas, adakan celah yang mungkin tidak terlihat oleh saya agar saya tetap bisa mengumbar ayam-ayam saya?
2. Apakah ada cara/teknik senaman/rawatan sebagai pengganti "umbaran" minimal hasil yang dicapai mendekati dengan ayam yang setiap hari diumbar?
3. Apakah resikonya ayam siap rawat dan siap adu jika tidak pernah diumbar?

Nb. Rutinitas ayam yang lain tidak berkurang baik dari pemberian pakan, minum, suplemen, jamu dan setiap pagi ayam senam, mandi, dan jemur. Hanya untuk mengumbar saja yang jadi masalahnya.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk para sesepuh,senior dan rekan-rekan papaji yang bersedia memberikan saran dan masukan untuk nubi kayak saya..

Bravo Papaji
cheers cheers

Jagoan Newbie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 09.09.15
Age : 32
Lokasi : di samping ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  slammy on Mon 11 Jan 2016, 13:16

Pengalaman pribadi nih untuk umbaran :
1. bikin kandang umbaran seukuran 2 boks ayam dgn modal kayu reng dan disekat papan cor, diatas kandang umbaran bisa taro boks ayam,jadi kalo 6 boks bisa buat 3 kandang umbaran di bawahnya, ayam diumbar bergantian tiap hari, perhatikan untuk sekatan mesti rapat dan tidak saling lihat agar tidak pacroh.

2. Ayam yang disiapkan sangat perlu umbaran, kalau tidak biasanya staminanya kendor, atau badan bisa bantet (terlalu kencang)

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  ayam pemula on Mon 11 Jan 2016, 13:25

nyimak,,,,

ayam pemula
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 365
Join date : 06.10.15
Lokasi : solo-semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  Jagoan Newbie on Mon 11 Jan 2016, 13:48

slammy wrote:Pengalaman pribadi nih untuk umbaran :
1. bikin kandang umbaran seukuran 2 boks ayam dgn modal kayu reng dan disekat papan cor, diatas kandang umbaran bisa taro boks ayam,jadi kalo 6 boks bisa buat 3 kandang umbaran di bawahnya, ayam diumbar bergantian tiap hari, perhatikan untuk sekatan mesti rapat dan tidak saling lihat agar tidak pacroh.

2. Ayam yang disiapkan sangat perlu umbaran, kalau tidak biasanya staminanya kendor, atau badan bisa bantet (terlalu kencang)
Wah cepat jg responnya bang slammy,terima kasih..
Apakah itu cukup menggantikan bang,karena ayam kan tetap gak bisa berkipu kalau seperti itu?apakah dgn tetap rutin suplemen,jamu dll dan juga senaman,mandi dan jemur stamina ayam jauh berkurang jika tidak diumbar?

Jagoan Newbie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 09.09.15
Age : 32
Lokasi : di samping ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  Jagoan Newbie on Mon 11 Jan 2016, 13:52

ayam pemula wrote:nyimak,,,,
silahkan mas.. Sambil nunggu senior-senior memberi wejangan dan petuah-petuahnya.. He3..

Jagoan Newbie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 09.09.15
Age : 32
Lokasi : di samping ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  slammy on Mon 11 Jan 2016, 13:52

alasnya dikasi pasir bang biar sekalian kipu, kalau ngga diumbar menurut sy badan ayam kurang lentur, memukul juga jadi kurang "lepas"

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  Jagoan Newbie on Mon 11 Jan 2016, 14:02

slammy wrote:alasnya dikasi pasir bang biar sekalian kipu, kalau ngga diumbar menurut sy badan ayam kurang lentur, memukul juga jadi kurang "lepas"
Nah itu dia bang,masalahnya ayam saya taruh digarasi? Tapi terima kasih bang masukannya,setelah ada saran dr bang slammy sekarang saya jadi mikir gimana rancang bangun kandangnya supaya pasir gak keluar kandang. Jadi kurang lebih ukuran kandangnya 2x1 ya bang untuk 1 ekor ayam?

Jagoan Newbie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 09.09.15
Age : 32
Lokasi : di samping ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  ayam pemula on Mon 11 Jan 2016, 14:07

slammy wrote:alasnya dikasi pasir bang biar sekalian kipu, kalau ngga diumbar menurut sy badan ayam kurang lentur, memukul juga jadi kurang "lepas"

kalo gk pake pasir gimana bang? soalnya punya pengalaman ayam saya sering kipu badannya/ototnya gk bisa kenceng...

ayam pemula
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 365
Join date : 06.10.15
Lokasi : solo-semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  slammy on Mon 11 Jan 2016, 14:13

ukuran bisa 1,5 x 1, kan boks ayam cuma 70cm diatasnya muat 2 nanti hehe, kalau sudah masuk fase mau diturunkan biasanya ayam ga dikipu lagi, biarkan di boks saja dan mandi+jemur, kalo mau agak kenceng ototnya bisa dipale atau senam sayap

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  Jagoan Newbie on Mon 11 Jan 2016, 15:33

ayam pemula wrote:
slammy wrote:alasnya dikasi pasir bang biar sekalian kipu, kalau ngga diumbar menurut sy badan ayam kurang lentur, memukul juga jadi kurang "lepas"

kalo gk pake pasir gimana bang? soalnya punya pengalaman ayam saya sering kipu badannya/ototnya gk bisa kenceng...
Oh kalau kipu bisa buat otot ayam gak kenceng ya mas?saya gak punya pengalaman kayak gini pengalaman saya sih kalau diumbar terserah ayam mau apa bebas,he3.. Kecuali kalau mau adu,2 hari sebelumnya saya istirahatkan cuma mandi jemur aja?selama ini sih,baik-baik aja ototnya paling cuma kalah aja?he3..

Jagoan Newbie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 09.09.15
Age : 32
Lokasi : di samping ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  ayam pemula on Mon 11 Jan 2016, 15:45

slammy wrote:ukuran bisa 1,5 x 1, kan boks ayam cuma 70cm diatasnya muat 2 nanti hehe, kalau sudah masuk fase mau diturunkan biasanya ayam ga dikipu lagi, biarkan di boks saja dan mandi+jemur, kalo mau agak kenceng ototnya bisa dipale atau senam sayap

mantap ni tips dr bang slammy...

Oh kalau kipu bisa buat otot ayam gak kenceng ya mas?saya gak punya pengalaman kayak gini pengalaman saya sih kalau diumbar terserah ayam mau apa bebas,he3.. Kecuali kalau mau adu,2 hari sebelumnya saya istirahatkan cuma mandi jemur aja?selama ini sih,baik-baik aja ototnya paling cuma kalah aja?he3..

pengalaman wktu awal2 suka ayam sih bang,mungkin karna keseringan kipu kalee ya soalnya tiap hari mandi pasir... Very Happy Very Happy

ayam pemula
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 365
Join date : 06.10.15
Lokasi : solo-semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  endang on Tue 12 Jan 2016, 06:45

Jagoan Newbie wrote:
ayam pemula wrote:
slammy wrote:alasnya dikasi pasir bang biar sekalian kipu, kalau ngga diumbar menurut sy badan ayam kurang lentur, memukul juga jadi kurang "lepas"

kalo gk pake pasir gimana bang? soalnya punya pengalaman ayam saya sering kipu badannya/ototnya gk bisa kenceng...
Oh kalau kipu bisa buat otot ayam gak kenceng ya mas?saya gak punya pengalaman kayak gini pengalaman saya sih kalau diumbar terserah ayam mau apa bebas,he3.. Kecuali kalau mau adu,2 hari sebelumnya saya istirahatkan cuma mandi jemur aja?selama ini sih,baik-baik aja ototnya paling cuma kalah aja?he3..

saran dari mas slammy bener tuh...dan yg sy alami juga sama berangkat pagi pulang malam.

1. Pagi ayam mandi, jemur...setelah 1 jam ayam di umbar.
2. Kandang umbaran sy tidak kasih pasir, cuma beralaskan semen...buat saling berhadapan.
3. Jadi sy gx pake fisik tangan.
4. Ayam rutin di abar seminggu sekali.
5. Klo ayam terlihat bantat untuk kipu kan mas nya punya waktu nungguin pas jemur.

salam papaji.

endang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 221
Join date : 25.08.11
Lokasi : Serang Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  Hendro on Tue 12 Jan 2016, 09:53

Jagoan Newbie wrote:
slammy wrote:alasnya dikasi pasir bang biar sekalian kipu, kalau ngga diumbar menurut sy badan ayam kurang lentur, memukul juga jadi kurang "lepas"
Nah itu dia bang,masalahnya ayam saya taruh digarasi? Tapi terima kasih bang masukannya,setelah ada saran dr bang slammy sekarang saya jadi mikir gimana rancang bangun kandangnya supaya pasir gak keluar kandang. Jadi kurang lebih ukuran kandangnya 2x1 ya bang untuk 1 ekor ayam?

Sedikit nambahin aja untuk alas pasir jika tidak memungkinkan karena berada didalam garasi bisa diakali dengan memakai baskom cucian yang diisi pasir jadi ayam masih bisa kipu didalam kandang umbarnya..............Smile Wink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  Jagoan Newbie on Tue 12 Jan 2016, 11:13

Wah terima kasih semuanya atas saran dan masukannya. Kenapa gak terpikir sebelumnya ya untuk buat kandang umbaran didalam ruangan,he3.. Mungkin krn sudah pusing dulu mikirin kerjaan dan ayam,jadi cara berpikirnya pun semrawut he3.. Sekali lg terima kasih,siap dilaksanakan sarannya..
Thanks papaji..

Jagoan Newbie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 09.09.15
Age : 32
Lokasi : di samping ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi Untuk Ayam Kurang Umbaran

Post  Sponsored content Today at 05:24


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik