SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  YudhiZUHDI on Mon 25 Jan 2016, 03:13

Di antara beberapa kombinasi berikut ini, mana yang menurut anda lebih baik untuk diutamakan menjadi meteri ternak?

A. Pemacek tua (umur 3 th ke atas) dan biang/babon tua (umur 3 th ke atas)
B. Pemacek sedang (umur antara 2-3 th) dan biang/babon tua (umur 3 th ke atas)
C. Pemacek sedang dan biang/babon sedang (umur antara 2-3 tahun)
D. Pemacek tua dan biang/babon sedang
E. Pemacek muda (umur kurang dari 2 th) dan biang/babon tua
F. Pemacek muda dan biang/babon sedang
G. Pemacek muda dan biang/babon muda
H. Pemacek sedang dan biang/babon muda

Kalau menurut pengalaman saya, saya memilih untuk mengkondisikan yang diutamakan secara urutan kombinasi:
1. E
2. B
3. C
4. H
*(dengan alasan; pengaruh terhadap kualitas tulangan anak-2 yang akan dihasilkan)

Mungkin ada pengalaman lain beserta alasannya. Agar saya juga bisa selalu berkembang dalam beternak.

Salam cukuruuukuk, trims Smile

YudhiZUHDI
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 414
Join date : 19.04.14
Lokasi : KOTA BLITAR, JAWA TIMUR

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  iwan supriyanto on Mon 25 Jan 2016, 07:08

Belum pernah coba yang E,F,G

Gak sreg dihati,,,,

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  Langgeng NC on Mon 25 Jan 2016, 08:20

kalau saya:
1. Pacek dan biang sama2 usia produktif (1xmabung)
2. Pacek tua 3thn lbh dan biang usia produktif

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  khaddafi on Mon 25 Jan 2016, 08:30

pernah coba yang G, anakannya tulangannya lemas, kurang mantap..., nafsu makan kurang lahap
ke 3 anakannya umur 5 bulan sakit2an, terpaksa...

sebenarnya saya kurang paham dengan kondisi ini, apakah umur pemacek yang muda jadi kendala menurunkan vitalitas ke anaknya, atau memang pemeliharaan saya yang kurang... Sad

khaddafi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 430
Join date : 31.10.12
Lokasi : antara pasir dan batu

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  agha on Mon 25 Jan 2016, 21:04

khaddafi wrote:pernah coba yang G, anakannya tulangannya lemas, kurang mantap..., nafsu makan kurang lahap
ke 3 anakannya umur 5 bulan sakit2an, terpaksa...

sebenarnya saya kurang paham dengan kondisi ini, apakah umur pemacek yang muda jadi kendala menurunkan vitalitas ke anaknya, atau memang pemeliharaan saya yang kurang... Sad

kalo menurut saya, yang penting itu pola perawatan aja mas...klo bagus pasti hasil bagus. Tapi klo sama2 muda. Hasilnya akan bagus juga dalam arti pukulan dan teknik akan sama bagusnya dengan yang udah tua tetapi kalah stamina aja. Pengalaman mas....

agha
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 172
Join date : 28.04.15
Lokasi : Pekanbaru

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  Jagoan Newbie on Mon 25 Jan 2016, 22:21

Belum ada pengalaman mas,saya baru belajar beternak pakai pacek muda dengan 2 biang tua dan 1 biang muda. Sementara ini sih 'sepertinya' hasil kualitas tulangan sama saja anakan dari ke-3 biang itu tapi gak tau juga ya karena saya baru belajar ternak dan anakannya masih kecil-kecil..
Saya malah jadi ingin tau apakah umur pacek dan biang berpengaruh pada kualitas tulangan anakannya?mohon share pengalamannya..

Jagoan Newbie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 09.09.15
Age : 32
Lokasi : di samping ayam

Kembali Ke Atas Go down

Pemacek tua

Post  YudhiZUHDI on Tue 26 Jan 2016, 05:26

Dulu aq ga bayangin perubahan efeknya gimana, malah baru-baru ini aj terlintas dipikiran. Tiap kali pemacekku umurnya sdh lebih dari 3 th, selalu kesulitan utk menghasilkan anak yg bisa didorong sampai menjafi ukur 6. Dgn usaha yg ngoyo bgt, palibg anaknya cuma punya tinggi badan spt ukur 6 tp tulang badan tetep maksimal hanya spt ukur 4.5 - 5. Badan tipis/bahu tdk bisa lebar.

YudhiZUHDI
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 414
Join date : 19.04.14
Lokasi : KOTA BLITAR, JAWA TIMUR

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  wrbamboo on Sat 30 Jan 2016, 00:06

Sy pilih "D" .... karena sering bongkar pasang babon dan dari segi biaya lebih murah ...

wrbamboo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 58
Join date : 29.08.14
Age : 41
Lokasi : Karawang - Jawa Barat

http://kandangbamboo.blogspot.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  Administrator on Mon 01 Feb 2016, 17:50

Ketika betina sudah mulai bertelur, itu artinya sudah masuk tahap dewasa. Sudah pubertas dan secara biologis sudah mampu mengeram dan memiliki anak.
Tapi... biasanya babon muda telurnya kecil2. Kuning telurnya juga sedikit. Inilah yg menyebabkan anaknya 'kurang normal'
Jadi kurang normal pertumbuhan anak dari betina muda itu disebabkan krn telurnya yg tidak memenuhi syarat kualitas. Bila telur pertama sudah normal ukuran dan kualitasnya, maka anakannya juga normal2 saja.
Babon tua sekalipun, kalau telurnya tidak normal, maka anaknya juga cenderung tidak normal.

Demikian juga dgn pacek. Jarang orang pakai pejantan muda karena belom teruji kehebatannya.
Sebenarnya, kalau kita yakin dgn kualitas jantan, meski masih muda maka bisa diternak. Tapi idealnya paling tidak jantan sudah berusia 11 bulan minimal.

Lalu bagaimana dgn usia pasangan yg ideal??
Anakan dari ayam yg sudah berumur cenderung memiliki vitalitas yg bagus.
Anakan dari ayam yg masih muda cenderung lebih lincah.
Maka ada baiknya pasangan pacek tua dikawinkan dgn babon muda atau sebaliknya babon tua dikawinkan dgn pacek yg lebih muda.

Yg ideal memang keduanya usia emas produktif sekitar usia 1-3 tahun utk betina dan usia 1,5-4 tahun utk pejantan.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  kheling on Mon 01 Feb 2016, 19:39

Administrator wrote:Ketika betina sudah mulai bertelur, itu artinya sudah masuk tahap dewasa. Sudah pubertas dan secara biologis sudah mampu mengeram dan memiliki anak.
Tapi... biasanya babon muda telurnya kecil2. Kuning telurnya juga sedikit. Inilah yg menyebabkan anaknya 'kurang normal'
Jadi kurang normal pertumbuhan anak dari betina muda itu disebabkan krn telurnya yg tidak memenuhi syarat kualitas. Bila telur pertama sudah normal ukuran dan kualitasnya, maka anakannya juga normal2 saja.
Babon tua sekalipun, kalau telurnya tidak normal, maka anaknya juga cenderung tidak normal.

Demikian juga dgn pacek. Jarang orang pakai pejantan muda karena belom teruji kehebatannya.
Sebenarnya, kalau kita yakin dgn kualitas jantan, meski masih muda maka bisa diternak. Tapi idealnya paling tidak jantan sudah berusia 11 bulan minimal.

Lalu bagaimana dgn usia pasangan yg ideal??
Anakan dari ayam yg sudah berumur cenderung memiliki vitalitas yg bagus.
Anakan dari ayam yg masih muda cenderung lebih lincah.
Maka ada baiknya pasangan pacek tua dikawinkan dgn babon muda atau sebaliknya babon tua dikawinkan dgn pacek yg lebih muda.

Yg ideal memang keduanya usia emas produktif sekitar usia 1-3 tahun utk betina dan usia 1,5-4 tahun utk pejantan.
Menyimak pernyataan bang admin. Gimana kalo paketnya umur 8-9 tahun vs induka 1-2 th. Pacek rutin d kasih fooding

kheling
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 149
Join date : 20.02.13
Age : 28
Lokasi : jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  Administrator on Tue 02 Feb 2016, 09:20

kheling wrote:
Menyimak pernyataan bang admin. Gimana kalo paketnya umur 8-9 tahun vs induka 1-2 th. Pacek rutin d kasih fooding
Ngga masalah mas... boleh dicoba.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  Joe_jago on Tue 02 Feb 2016, 09:34

Administrator wrote:

Lalu bagaimana dgn usia pasangan yg ideal??
Anakan dari ayam yg sudah berumur cenderung memiliki vitalitas yg bagus.
Anakan dari ayam yg masih muda cenderung lebih lincah.
Maka ada baiknya pasangan pacek tua dikawinkan dgn babon muda atau sebaliknya babon tua dikawinkan dgn pacek yg lebih muda.

Yg ideal memang keduanya usia emas produktif sekitar usia 1-3 tahun utk betina dan usia 1,5-4 tahun utk pejantan.

Dapet ilmu baru..makasih om Admin

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1452
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  khaddafi on Tue 02 Feb 2016, 09:49

topik yang menarik..., saya belum sempat memikirkan beberapa alternatif kondisi ideal pejantan + betina yang menurunkan anakan yang bagus...???

atau ada hal lainnya... Smile

khaddafi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 430
Join date : 31.10.12
Lokasi : antara pasir dan batu

Kembali Ke Atas Go down

2x MENGAWINKAN/MEMASANGKAN yang terakhir.

Post  YudhiZUHDI on Thu 10 Mar 2016, 03:02

1. Pacek tua ukur 7 umur sekitar 4 tahun lebih, aku sediakan 2 babon di saat yg sama.
-1 ekor babon tua umur 2x mabung. Anaknya maksimal berukuran 5. Tulangan tipis
-1 ekor babon muda umur 10 bulan. Anaknya bisa menjadi ukur 6 dan 7. Tulangan tebal


2. Masa perkawinan berikutnya, dengan 2 babon yang sama. Pemaceknya muda (umur 14-17 bulan, ukur 5+ tulangan tebal
Anaknya dari kedua babon semua menjadi ukur 5+, dan 6+ tulangan tebal meski dengan pola pemeliharaan normal.

YudhiZUHDI
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 414
Join date : 19.04.14
Lokasi : KOTA BLITAR, JAWA TIMUR

Kembali Ke Atas Go down

Re: SETTING KOMBINASI UMUR MATERI TERNAK.

Post  Sponsored content Today at 17:46


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik