Syarat awal sebelum memutuskan berternak

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Syarat awal sebelum memutuskan berternak

Post  jauhari on Mon 25 Jan 2016, 14:03

sya beberapa kali mengalami masalah dalam berternak
masalah masalah tersebut saya share disini agar teman-teman yang laen sesama pemula tidak mengalami hal yang sama

kebanyakan ayam, kandang tidak muat bahkan sempat telat beli pakan krna kurang dana
penyebab :
1. tidak menghitung kebutuhan tempat dan modal untuk ternak ayam
2. terlalu nafsu, ada ayam bagus dikit pengennya diternak
solusi :
- nyoba dulu 1 indukan sampek jago siap jual apakah kandang masih cukup
- anakan betina 3 bulan sudah disembelih / dijual pedaging skalian buat tambah beli pakan

kematian masal
penyebab :
1. menyepelekan pengelolaan kebersihan kandang, dan kelayakan kandang
2. menyepelekan vaksinasi
3. belum bisa mendeteksi kedatangan penyakit secara dini (terlambat mengobati)
solusi :
- pastikan kandang sesuai standar kesehatan ayam (ga kehujanan, kotoran mudah dibersihkan, rutin dibersihkan, ga lembab, dll)
- terapkan vaksinasi (metodenya banyak dijelaskan di forum ini)
- bila melihat tanda-tanda serangan penyakit segera tanggulangi

hasil anakan jarang bisa kepake (mbesarkan 12 yang kepake cuma 2)
penyebab :
1. terlalu mudah memutuskan ayam layak diternak atau tidak
2. belum bisa mencocokan indukan dengan pejantannya
3. belum bisa menseleksi fisik ayam sejak sebelum 3 bulan (kelihatan jelek diafkir)

solusi :
ini sya masih belajar

jadi syarat awal yang sya pelajari sementara ini
1. lokasinya memadahi
2. kandang ideal
3. waktu ada
4. dana ada
5. disiplin menerapkan pencegahan penyakit (kebersihan, dll)
6. ada guru untuk belajar memilih pejantan dan indukan yang bagus


mohon teman pemula laen menambahkan dan senior memberikan solusinya

jauhari
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 282
Join date : 21.10.12
Age : 27
Lokasi : Banyuwangi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syarat awal sebelum memutuskan berternak

Post  khaddafi on Mon 25 Jan 2016, 14:45

pemula juga mas,..

pengalaman saya baru netasin 2x anakan,..lumayan sih..,
lumayan ngabisin tabungan... Very Happy msalah utama adalah sanitasi kandang dan penyakit yang menyerang. Satu persatu ayam KO gara2 jengger biru dan lupa memasukkan kandang saat hujan... Sad

khaddafi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 430
Join date : 31.10.12
Lokasi : antara pasir dan batu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syarat awal sebelum memutuskan berternak

Post  poppeye on Mon 25 Jan 2016, 14:53

jauhari wrote:sya beberapa kali mengalami masalah dalam berternak
masalah masalah tersebut saya share disini agar teman-teman yang laen sesama pemula tidak mengalami hal yang sama

kebanyakan ayam, kandang tidak muat bahkan sempat telat beli pakan krna kurang dana
penyebab :
1. tidak menghitung kebutuhan tempat dan modal untuk ternak ayam
2. terlalu nafsu, ada ayam bagus dikit pengennya diternak
solusi :
- nyoba dulu 1 indukan sampek jago siap jual apakah kandang masih cukup
- anakan betina 3 bulan sudah disembelih / dijual pedaging skalian buat tambah beli pakan

kematian masal
penyebab :
1. menyepelekan pengelolaan kebersihan kandang, dan kelayakan kandang
2. menyepelekan vaksinasi
3. belum bisa mendeteksi kedatangan penyakit secara dini (terlambat mengobati)
solusi :
- pastikan kandang sesuai standar kesehatan ayam (ga kehujanan, kotoran mudah dibersihkan, rutin dibersihkan, ga lembab, dll)
- terapkan vaksinasi (metodenya banyak dijelaskan di forum ini)
- bila melihat tanda-tanda serangan penyakit segera tanggulangi

hasil anakan jarang bisa kepake (mbesarkan 12 yang kepake cuma 2)
penyebab :
1. terlalu mudah memutuskan ayam layak diternak atau tidak
2. belum bisa mencocokan indukan dengan pejantannya
3. belum bisa menseleksi fisik ayam sejak sebelum 3 bulan (kelihatan jelek diafkir)

solusi :
ini sya masih belajar

jadi syarat awal yang sya pelajari sementara ini
1. lokasinya memadahi
2. kandang ideal
3. waktu ada
4. dana ada
5. disiplin menerapkan pencegahan penyakit (kebersihan, dll)
6. ada guru untuk belajar memilih pejantan dan indukan yang bagus


mohon teman pemula laen menambahkan dan senior memberikan solusinya
wah bener2 saya banget ini om, maklum masih baru belajar miara. kadang untuk menseleksi hasil ternak sendiri susah, dilihat kecilnya jelek eh udah besarnya cakep begitu sebaliknya. nunggu para sepuh di mari kasih komentar.

poppeye
kopral
kopral

Jumlah posting : 13
Join date : 29.10.15
Lokasi : Inndragiri Hulu, Riau

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syarat awal sebelum memutuskan berternak

Post  ayam pemula on Mon 25 Jan 2016, 15:38

jauhari wrote:
kematian masal
penyebab :
1. menyepelekan pengelolaan kebersihan kandang, dan kelayakan kandang
2. menyepelekan vaksinasi
3. belum bisa mendeteksi kedatangan penyakit secara dini (terlambat mengobati)

ini ni yg saya bgt "kematian masal" yg misterius, faktor no. 2 dan 3 jd faktor utama.
- untuk vaksin udh mulai belajar meski baru 1 jenis vaksin
- untuk deteksi kedatangan penyakit ini yg masih harus buuuuaaaanyaaaakkk belajar.... study study study

ayam pemula
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 365
Join date : 06.10.15
Lokasi : solo-semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syarat awal sebelum memutuskan berternak

Post  iwan supriyanto on Mon 25 Jan 2016, 20:19

Sabar dan pantang menyerah

Very Happy

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syarat awal sebelum memutuskan berternak

Post  agha on Mon 25 Jan 2016, 20:57

Pemula juga ikut nimbrung mas, udah 2 tahun beternak ayam gak pernah pake vaksin cuma pake bodrek sekali sebulan kalo ingat, sekali seminggu buat herbal dari kunyit, bawang putih, jahe, kencur trus di giling lalu campur ama minuman nya. Tapi gak pernah absen pake probiotik. sudah Terbukti walaupun kotoran numpuk tapi gak bau. habis gak punya waktu bersihin kandang. Setiap sisi kandang kasi belerang. Alhamdulillah gak pernah kena penyakit padahal tetangga sebelah pada tumbang. Klo ada yang lemas cukup kasi bodrek aja. Sekali-sekali pake menkudu, ambil buah yang matang lalu campur ama pakan ayam. Catatan : jangan pernah teman masuk kandang klo gak kenal ama ayam ntar ayam kaget dan jantungan.... Laughing Laughing Laughing

agha
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 172
Join date : 28.04.15
Lokasi : Pekanbaru

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syarat awal sebelum memutuskan berternak

Post  Sponsored content Today at 21:01


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik