badan ayam keras dan kaku..

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

badan ayam keras dan kaku..

Post  pemula keras on Thu 30 Sep 2010, 00:44

sedikit curahan hati nih rekan2
saya ada masalah dengan ayam muda nih, pada umur 7 bulan ayam muda saya saya sleksi dari 3 sodara 1 yang pas di hati teknik maenya nakalll , kesit dan sulit di pegang lawan.. begitu pada tahap latihan atau persiapan menjadi ayam jadi saya rawat 2 bulan dan saya abar kan lagi tarung berubah..
badan jadi keras layaknya ayam yang sudah pro,padahal belum umurnya, tarung menjadi kaku alias leher yang kerja dan kaki tidak mau solah alias diam/ kerjanya jadi super lambat,namun aktif kana kiri... dan pukulan jadi keras..kira2 ada kah kiat2 khusus untuk permasalahan yang saya alami ini... setelah saya tanyakan ke pada sesepuh2 per ayam jagoan katanya ayam saya kaku dan dagingnya tidak kenyal alias keras ... begitu... jika di bandingkan dengan 2 sodaranya yang ukuran kecil alias tidak maksuk seleksi tarung tidak berubah dari awal sampe saat ini.. mohon pencerahanya..

kiranya ada yang bisa memberi solusi...

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  janto_pekalongan on Thu 30 Sep 2010, 03:45

pemula keras wrote:sedikit curahan hati nih rekan2
saya ada masalah dengan ayam muda nih, pada umur 7 bulan ayam muda saya saya sleksi dari 3 sodara 1 yang pas di hati teknik maenya nakalll , kesit dan sulit di pegang lawan.. begitu pada tahap latihan atau persiapan menjadi ayam jadi saya rawat 2 bulan dan saya abar kan lagi tarung berubah..
badan jadi keras layaknya ayam yang sudah pro,padahal belum umurnya, tarung menjadi kaku alias leher yang kerja dan kaki tidak mau solah alias diam/ kerjanya jadi super lambat,namun aktif kana kiri... dan pukulan jadi keras..kira2 ada kah kiat2 khusus untuk permasalahan yang saya alami ini... setelah saya tanyakan ke pada sesepuh2 per ayam jagoan katanya ayam saya kaku dan dagingnya tidak kenyal alias keras ... begitu... jika di bandingkan dengan 2 sodaranya yang ukuran kecil alias tidak maksuk seleksi tarung tidak berubah dari awal sampe saat ini.. mohon pencerahanya..

kiranya ada yang bisa memberi solusi...
Saya jga ada ayam gitu mas,baru saya tebus dr botoh saya skitar 2 bulan yg lalu,abaran 1 ayam agak lambat dan hanya mengandalkan pukulannya yg berat (kurang nyari) kmd coba saya umbar bebas dan perbanyak kliter,hasilnya abaran k 2 ayam menjadi agk gesit.Sebulan yg lalu saya ubah pakan ke (diet protein lemak dan karbo) dg pola latihan yg sama,hasilnya seminggu yg lalu ayam malah uda menang 1x (dlm wkt 1air,13menit) lawan ayam tipe solah (ada ngoyor tp kepala mentul)rekor menang 2x. yg saya amati,mengenai perubahan ayam saya,pada laga itu lebih dominan mencari peluang pukul (lebih rajin nyari).

janto_pekalongan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 135
Join date : 01.08.10
Age : 40
Lokasi : pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  Hendro on Thu 30 Sep 2010, 05:58

janto_pekalongan wrote:
pemula keras wrote:sedikit curahan hati nih rekan2
saya ada masalah dengan ayam muda nih, pada umur 7 bulan ayam muda saya saya sleksi dari 3 sodara 1 yang pas di hati teknik maenya nakalll , kesit dan sulit di pegang lawan.. begitu pada tahap latihan atau persiapan menjadi ayam jadi saya rawat 2 bulan dan saya abar kan lagi tarung berubah..
badan jadi keras layaknya ayam yang sudah pro,padahal belum umurnya, tarung menjadi kaku alias leher yang kerja dan kaki tidak mau solah alias diam/ kerjanya jadi super lambat,namun aktif kana kiri... dan pukulan jadi keras..kira2 ada kah kiat2 khusus untuk permasalahan yang saya alami ini... setelah saya tanyakan ke pada sesepuh2 per ayam jagoan katanya ayam saya kaku dan dagingnya tidak kenyal alias keras ... begitu... jika di bandingkan dengan 2 sodaranya yang ukuran kecil alias tidak maksuk seleksi tarung tidak berubah dari awal sampe saat ini.. mohon pencerahanya..

kiranya ada yang bisa memberi solusi...
Saya jga ada ayam gitu mas,baru saya tebus dr botoh saya skitar 2 bulan yg lalu,abaran 1 ayam agak lambat dan hanya mengandalkan pukulannya yg berat (kurang nyari) kmd coba saya umbar bebas dan perbanyak kliter,hasilnya abaran k 2 ayam menjadi agk gesit.Sebulan yg lalu saya ubah pakan ke (diet protein lemak dan karbo) dg pola latihan yg sama,hasilnya seminggu yg lalu ayam malah uda menang 1x (dlm wkt 1air,13menit) lawan ayam tipe solah (ada ngoyor tp kepala mentul)rekor menang 2x. yg saya amati,mengenai perubahan ayam saya,pada laga itu lebih dominan mencari peluang pukul (lebih rajin nyari).


Ayam muda dengan badan yang keras dan kaku artinya ayam tersebut " bantat ".....hal ini bisa terjadi karena salah dalam hal rawatan, kadang terlalu sering direnangkan dan difisik juga kalo sore mungkin dimandikan sehingga ketika dimasukkan kandang bulu ayam belum kering benar....perlakuan demikian sering membuat ayam jadi bantat.....contoh dari mas Janto diatas cukup ampuh...ayam bantat memang harus banyak diumbar bebas dan dikawinkan biar otot2 yang kaku jadi terurai dan relax....tetapi hasil yang dicapai tidak sama ada yang dalam waktu 2 minggu sudah pulih tetapi kadang dalam waktu 1 bulan juga belum bahkan ada yang harus nunggu mabung dulu untuk kembali pulih...... jangan menyerah mas Tegar asalkan ayam memang bagus kesabaran harus diutamakan.....salam Very Happy

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  Administrator on Thu 30 Sep 2010, 10:27

Keliatannya ayam terlalu gemuk. Akhirnya, badan jadi berotot seperti binaragawan, keras dan kaku. Kelincahan berkurang.
Sebaiknya beri makanan diet, jemur yg cukup dan langsung masuk kandang pasir (umbar).

Antara ayam satu dgn lainnya, tidak bisa disamakan cara perawatannya. Beberapa ayam dgn jenis otot dan tulangan tertentu bisa lebih cepat keras dibanding ayam lainnya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  ojieg on Thu 30 Sep 2010, 18:46

Antara ayam satu dgn lainnya, tidak bisa disamakan cara perawatannya. Beberapa ayam dgn jenis otot dan tulangan tertentu bisa lebih cepat keras dibanding ayam lainnya.[/quote] saya pernah punya ayam dg jenis otot dan tulang seperti digambarkan mas ari (pegangannya keras dan kaku), meski pukulannya keras dan jitu, namun ayam ini gampang sekali kehabisan tenaga (untuk pertarungan perpanjangannya jelek), berbeda dengan ayam yg memiliki karakter pegangan empuk (amblas, meski pada saat dipegang pada titik tertentu ada reaksi tekanan balik), ayam yg demikian lebih awet tenaganya (kondisi kualitas perawatan sama), itu pengalaman pribadi saya, pendapat yang lain?

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  pemula keras on Thu 30 Sep 2010, 21:41

Hendro wrote:
janto_pekalongan wrote:
pemula keras wrote:sedikit curahan hati nih rekan2
saya ada masalah dengan ayam muda nih, pada umur 7 bulan ayam muda saya saya sleksi dari 3 sodara 1 yang pas di hati teknik maenya nakalll , kesit dan sulit di pegang lawan.. begitu pada tahap latihan atau persiapan menjadi ayam jadi saya rawat 2 bulan dan saya abar kan lagi tarung berubah..
badan jadi keras layaknya ayam yang sudah pro,padahal belum umurnya, tarung menjadi kaku alias leher yang kerja dan kaki tidak mau solah alias diam/ kerjanya jadi super lambat,namun aktif kana kiri... dan pukulan jadi keras..kira2 ada kah kiat2 khusus untuk permasalahan yang saya alami ini... setelah saya tanyakan ke pada sesepuh2 per ayam jagoan katanya ayam saya kaku dan dagingnya tidak kenyal alias keras ... begitu... jika di bandingkan dengan 2 sodaranya yang ukuran kecil alias tidak maksuk seleksi tarung tidak berubah dari awal sampe saat ini.. mohon pencerahanya..

kiranya ada yang bisa memberi solusi...
Saya jga ada ayam gitu mas,baru saya tebus dr botoh saya skitar 2 bulan yg lalu,abaran 1 ayam agak lambat dan hanya mengandalkan pukulannya yg berat (kurang nyari) kmd coba saya umbar bebas dan perbanyak kliter,hasilnya abaran k 2 ayam menjadi agk gesit.Sebulan yg lalu saya ubah pakan ke (diet protein lemak dan karbo) dg pola latihan yg sama,hasilnya seminggu yg lalu ayam malah uda menang 1x (dlm wkt 1air,13menit) lawan ayam tipe solah (ada ngoyor tp kepala mentul)rekor menang 2x. yg saya amati,mengenai perubahan ayam saya,pada laga itu lebih dominan mencari peluang pukul (lebih rajin nyari).


Ayam muda dengan badan yang keras dan kaku artinya ayam tersebut " bantat ".....hal ini bisa terjadi karena salah dalam hal rawatan, kadang terlalu sering direnangkan dan difisik juga kalo sore mungkin dimandikan sehingga ketika dimasukkan kandang bulu ayam belum kering benar....perlakuan demikian sering membuat ayam jadi bantat.....contoh dari mas Janto diatas cukup ampuh...ayam bantat memang harus banyak diumbar bebas dan dikawinkan biar otot2 yang kaku jadi terurai dan relax....tetapi hasil yang dicapai tidak sama ada yang dalam waktu 2 minggu sudah pulih tetapi kadang dalam waktu 1 bulan juga belum bahkan ada yang harus nunggu mabung dulu untuk kembali pulih...... jangan menyerah mas Tegar asalkan ayam memang bagus kesabaran harus diutamakan.....salam Very Happy

makasih yah rekan2 atas masukan nya.... makasih mas hendro (wah buka kartu nih) sebut merek wkkw

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  pemula keras on Thu 30 Sep 2010, 21:44

janto_pekalongan wrote:
pemula keras wrote:sedikit curahan hati nih rekan2
saya ada masalah dengan ayam muda nih, pada umur 7 bulan ayam muda saya saya sleksi dari 3 sodara 1 yang pas di hati teknik maenya nakalll , kesit dan sulit di pegang lawan.. begitu pada tahap latihan atau persiapan menjadi ayam jadi saya rawat 2 bulan dan saya abar kan lagi tarung berubah..
badan jadi keras layaknya ayam yang sudah pro,padahal belum umurnya, tarung menjadi kaku alias leher yang kerja dan kaki tidak mau solah alias diam/ kerjanya jadi super lambat,namun aktif kana kiri... dan pukulan jadi keras..kira2 ada kah kiat2 khusus untuk permasalahan yang saya alami ini... setelah saya tanyakan ke pada sesepuh2 per ayam jagoan katanya ayam saya kaku dan dagingnya tidak kenyal alias keras ... begitu... jika di bandingkan dengan 2 sodaranya yang ukuran kecil alias tidak maksuk seleksi tarung tidak berubah dari awal sampe saat ini.. mohon pencerahanya..

kiranya ada yang bisa memberi solusi...
Saya jga ada ayam gitu mas,baru saya tebus dr botoh saya skitar 2 bulan yg lalu,abaran 1 ayam agak lambat dan hanya mengandalkan pukulannya yg berat (kurang nyari) kmd coba saya umbar bebas dan perbanyak kliter,hasilnya abaran k 2 ayam menjadi agk gesit.Sebulan yg lalu saya ubah pakan ke (diet protein lemak dan karbo) dg pola latihan yg sama,hasilnya seminggu yg lalu ayam malah uda menang 1x (dlm wkt 1air,13menit) lawan ayam tipe solah (ada ngoyor tp kepala mentul)rekor menang 2x. yg saya amati,mengenai perubahan ayam saya,pada laga itu lebih dominan mencari peluang pukul (lebih rajin nyari).

akan saya coba mas janto masukan memang ayam bantat mas alias kegemukan pada umur 7 bulan badan d pegang bisa ambles alias kenyal sekarang keras munkin jg saya kurang umbar abisnya jogja ujan terus hehe .
berarti kadar pakan yang biasa penuh dengan beras merah full di dietkan dengan mencampur gabah yah ... makasih mas saya akan coba...

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  pak_tri on Fri 01 Oct 2010, 20:36

coba mas tegar pakan diganti dng gabah merah.....
dan ayam full diumbar....siang diberi tomat separo.....



pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  pemula keras on Sun 03 Oct 2010, 02:04

pak_tri wrote: coba mas tegar pakan diganti dng gabah merah.....
dan ayam full diumbar....siang diberi tomat separo.....



siap pak trii.... sekarang dah pola diet ketat ini... gabah 70% beras merah 15% kacang ijo 10% ketan item5% jadi kek pakan burung deruk hehe

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: badan ayam keras dan kaku..

Post  Sponsored content Today at 15:15


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik