samber nyawa jd lumpuh

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

samber nyawa jd lumpuh

Post  Bambang.......... on Sun 03 Oct 2010, 08:06

mohon pencerahanny para senior & mohon maaf klo topik ini pernah d bahas sblumny.
sya pnya aym baru 1x mabung taji sktar 2cm, skita 3 minggu yg lalu aym sya tarungkan menang cuma sbentar, niatny hri minggu ini mo d tarungin lg, knapa tiba2 aym gak bisa bediri, aym terlihat sehat tp kaki2ny pda lemes dan sya lihat d balik sayap ada totol darah beku dan sebagian totol warna hijau spt abis kna pukul, terakhir ayam sya fisik hri rabu, hrs d kasih obat apa y biar aym sya bisa kembali normal. thnks.....

Bambang..........
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 17.04.10
Age : 34
Lokasi : Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  seno on Sun 03 Oct 2010, 08:33

Bambang.......... wrote:mohon pencerahanny para senior & mohon maaf klo topik ini pernah d bahas sblumny.
sya pnya aym baru 1x mabung taji sktar 2cm, skita 3 minggu yg lalu aym sya tarungkan menang cuma sbentar, niatny hri minggu ini mo d tarungin lg, knapa tiba2 aym gak bisa bediri, aym terlihat sehat tp kaki2ny pda lemes dan sya lihat d balik sayap ada totol darah beku dan sebagian totol warna hijau spt abis kna pukul, terakhir ayam sya fisik hri rabu, hrs d kasih obat apa y biar aym sya bisa kembali normal. thnks.....

dikasih latihan fisik yg gmn pas hari Rabu mas Bambang??

seno
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 478
Join date : 11.02.10
Age : 34
Lokasi : Pati - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Bambang.......... on Sun 03 Oct 2010, 12:37

dikasih latihan fisik yg gmn pas hari Rabu mas Bambang??[/quote]

d kliter mas. apa mungkin klelahan kli y... ayam bener2 dah gak bsa bdiri.

Bambang..........
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 17.04.10
Age : 34
Lokasi : Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  seno on Sun 03 Oct 2010, 12:56

Bambang.......... wrote:dikasih latihan fisik yg gmn pas hari Rabu mas Bambang??

d kliter mas. apa mungkin klelahan kli y... ayam bener2 dah gak bsa bdiri.[/quote]

mungkin emang kelelahan mas,,
kliter jelas menguras banyak tenaga,,
utk totol biru kemungkinan emang dari kena pukul,,
tapi klo jarak tarung 3 minggu yg lalu bengkakny biasanya dah hilang,,
nah,,pas habis menang treatment yg diberikan mas bambang ke ayam tsb gmn mas?

seno
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 478
Join date : 11.02.10
Age : 34
Lokasi : Pati - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Administrator on Sun 03 Oct 2010, 19:32

Ada beberapa penyakit yg menyebabkan kelumpuhan. Diantaranya yg paling sering menyerang adlh penyakit akibat bakteri SALMONELA.
Akibat penyakit ini, persendian jadi lemas.

Obatnya : BAYTRIL. Diberikan 3-4 tetes tiap pagi dan sore.

Ini hanya wacana kemungkinan penyebabnya lho... Mudah2an bukan krn salmonela.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  seno on Sun 03 Oct 2010, 19:48

Administrator wrote:Ada beberapa penyakit yg menyebabkan kelumpuhan. Diantaranya yg paling sering menyerang adlh penyakit akibat bakteri SALMONELA.
Akibat penyakit ini, persendian jadi lemas.

Obatnya : BAYTRIL. Diberikan 3-4 tetes tiap pagi dan sore.

Ini hanya wacana kemungkinan penyebabnya lho... Mudah2an bukan krn salmonela.


klo kelumpuhan karena bakteri SALMONELA tindakan preventif nya gmn bang Ary??
klo bs dijelasin jg knp bakteri itu bs menyerang ayam dan menyebabkan kelumpuhan,,


seno
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 478
Join date : 11.02.10
Age : 34
Lokasi : Pati - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Administrator on Sun 03 Oct 2010, 21:43

Penyakit yg disebabkan oleh bakteri salmonella biasa juga disebut penyakit Paratiphoid.
Ditularkan melalui tikus, kecoa, atau melalui ayam lain yg terserang penyakit (dari makanan, minuman dan kotorannya).

Gejala awal,
Meskipun terlihat masih bernapsu makan, tapi ayam terlihat lemas. Suka duduk dan terkesan lumpuh. Badan lambat laun akan 'ampyang' atau ringan. Kotoran berwarna agak kehijauan.

Pada stadium berikutnya, bakteri ini bisa menyerang organ reproduksi pada betina (jadi mandul), menyerang persendian, atau bisa juga menyebabkan celeng bila menyerang saraf2 otak.
Tapi yg paling umum adlh menyerang persendian di kaki (lumpuh) atau persendian sayap (sayap turun/semper).

Pencegahan
Seperti halnya penyakit lain, jalan terbaik adlh menjaga kebersihan kandang dan menjauhkan dari binatang tikus dan kecoa. Kadang kita tdk sadar, dalam wadah penyimpanan makanan ayam suka ada kecoa atau jadi perlintasan tikus.
Bakteri Salmonela dapat bertahan hidup diudara terbuka yg lembab. Tapi dgn pemberian desinfektan, bakteri ini mudah sekali dibasmi.


CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  seno on Sun 03 Oct 2010, 21:59

Administrator wrote:Penyakit yg disebabkan oleh bakteri salmonella biasa juga disebut penyakit Paratiphoid.
Ditularkan melalui tikus, kecoa, atau melalui ayam lain yg terserang penyakit (dari makanan, minuman dan kotorannya).

Gejala awal,
Meskipun terlihat masih bernapsu makan, tapi ayam terlihat lemas. Suka duduk dan terkesan lumpuh. Badan lambat laun akan 'ampyang' atau ringan. Kotoran berwarna agak kehijauan.

Pada stadium berikutnya, bakteri ini bisa menyerang organ reproduksi pada betina (jadi mandul), menyerang persendian, atau bisa juga menyebabkan celeng bila menyerang saraf2 otak.
Tapi yg paling umum adlh menyerang persendian di kaki (lumpuh) atau persendian sayap (sayap turun/semper).

Pencegahan
Seperti halnya penyakit lain, jalan terbaik adlh menjaga kebersihan kandang dan menjauhkan dari binatang tikus dan kecoa. Kadang kita tdk sadar, dalam wadah penyimpanan makanan ayam suka ada kecoa atau jadi perlintasan tikus.
Bakteri Salmonela dapat bertahan hidup diudara terbuka yg lembab. Tapi dgn pemberian desinfektan, bakteri ini mudah sekali dibasmi.


CMIIW

MANTAB,,penjelasan yg detail dr bang Ary,,
klo gt minimal emang kebersihan kandang jd langkah preventif ya bang?
sipp2,,,

seno
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 478
Join date : 11.02.10
Age : 34
Lokasi : Pati - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Jow on Sun 03 Oct 2010, 22:37

pak ary kira2 bisa beli obat nya itu d mana ya? soalnya dulu ayam saya jg ada yang kena itu penyakit
mau cari obatnya sapa tau nanti bisa buat psediaan kalo2 ada yang sakit tq

salam Very Happy

Jow
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 04.07.10
Age : 29
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  aco on Mon 04 Oct 2010, 09:54

Mas Bambang saya pernah mendapatkan kasus seperti itu pada ayam saya tiba-tiba tidak bisa berdiri pada waktu itu saya obati dengan komperesan air rebusab batang sereh di campur jahe kaki ayam saya kompres pagi dan sore lalu saya kasih makan telur dicampur madu setelah itu ayam saya umbar dengan ayam betina tujuannya untuk supaya ayam jantan tersebut berusaha giring betina sehingga dia berusaha untuk berdiri dan berjalan alhamdulilah dalam beberapa hari ayam jantan sudah bisa berjalan dengan normal kembali sempat juga saya pake 2 kali di arena setelah itu saya pensiunkan ke arena dijadikan pemacek berhubung banyak yang pesan anakannya. Mudah-mudahan informasi saya ini bisa membantu.

Salan

aco
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 28.02.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Administrator on Mon 04 Oct 2010, 14:53

Jow wrote:pak ary kira2 bisa beli obat nya itu d mana ya?

Baytril bisa di beli di toko makanan/obat ayam yg agak besar.
Obat ini juga cukup ampuh utk penyakit pernapasan (ngorok, pilek, snot, dsb).

Sy pribadi selalu sedia Baytril. Apalagi musim hujan terus menerus seperti skrg.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  LADORES on Mon 04 Oct 2010, 18:04

salah satu ayam sy jg pernah mengalami hal serupa tp sy kasih vit.eostovita, alhamdulillah hasilx sdh bisa d training lg...

LADORES
kopral
kopral

Jumlah posting : 16
Join date : 30.08.10
Age : 29
Lokasi : sinjai-makassar-sulsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Jow on Mon 04 Oct 2010, 18:08

Administrator wrote:
Jow wrote:pak ary kira2 bisa beli obat nya itu d mana ya?

Baytril bisa di beli di toko makanan/obat ayam yg agak besar.
Obat ini juga cukup ampuh utk penyakit pernapasan (ngorok, pilek, snot, dsb).

Sy pribadi selalu sedia Baytril. Apalagi musim hujan terus menerus seperti skrg.

tq pak atas informasinya ntar saia coba cari

Jow
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 04.07.10
Age : 29
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Administrator on Mon 04 Oct 2010, 18:40

Kesimpulannya,
Kelumpuhan bisa disebabkan banyak sekali faktor.
Terpukul berat, terkilir/keseleo, kurang nutrisi, bengkak, dan bisa juga krn serangan penyakit.

Utk menentukan obatnya yg tepat, harus dicari perkiraan penyebab kelumpuhannya.
Lumpuh krn serangan penyakit sepertinya harus menjadi kecurigaan yg utama. Ini krn penyakit bisa menular ke ayam lain.


CMIIW

Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  pak_tri on Tue 05 Oct 2010, 06:13

menang sebentar tu berapa air mass.....???
ayam kurang abaran/ lot , juga bisa mengakibat lumpuh....
coba diberi vitamin ato obat ( baca postingan rekan2 ) .

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Bambang.......... on Tue 05 Oct 2010, 22:35

4 all. mks atas saran2 ny,
@mas ari klo slain baytril bisa pakai obt apa lg? sya skarang lg coba pake obt ostelin klo gak slah kira2 gmana mas.

@mas tri alhmdlilah trakhr d tarungn cuma 10 menit, klo vit mnrut sya sih dah cukup.

Bambang..........
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 17.04.10
Age : 34
Lokasi : Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Administrator on Tue 05 Oct 2010, 23:00

Bambang.......... wrote:
@mas ari klo slain baytril bisa pakai obt apa lg? sya skarang lg coba pake obt ostelin klo gak slah kira2 gmana mas.

Kandungan Baytril adlh : Enrofloxacin.
Merk obat lain dgn kandungan yg sama : Neo Meditril.

Atau kalau susah nyarinya, bisa beli di apotik, antibiotik yg mengandung enrofloxacin. Cukup yg generik saja.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Bambang.......... on Wed 06 Oct 2010, 10:52

Administrator wrote:

Kandungan Baytril adlh : Enrofloxacin.
Merk obat lain dgn kandungan yg sama : Neo Meditril.

Atau kalau susah nyarinya, bisa beli di apotik, antibiotik yg mengandung enrofloxacin. Cukup yg generik saja.
Smile

drumah ada ciprofloxacin, untk aturan pemakaian ny gmna mas?


Bambang..........
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 17.04.10
Age : 34
Lokasi : Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  arjho on Wed 06 Oct 2010, 11:58

Administrator wrote:
Bambang.......... wrote:
@mas ari klo slain baytril bisa pakai obt apa lg? sya skarang lg coba pake obt ostelin klo gak slah kira2 gmana mas.

Kandungan Baytril adlh : Enrofloxacin.
Merk obat lain dgn kandungan yg sama : Neo Meditril.

Atau kalau susah nyarinya, bisa beli di apotik, antibiotik yg mengandung enrofloxacin. Cukup yg generik saja.
Smile
kalo penyebabnya salmonela, apalagi salmonela thiposa mungkin bisa di coba di beriakan obat khlorampenikol mas, dan beri makanan yang lunah dulu,serta istirahatkan ayamnya, maaf bang admin saya menambahkan, semoga bermafaat,

arjho
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 26.05.10
Lokasi : sukoharjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Administrator on Wed 06 Oct 2010, 12:20

Sebetulnya banyak antibiotik lain yg bisa menyembuhkan salmonella.
Seperti yg disebutkan mas Bambang (ciprofloxacin) atau kata mas Arjho (khlorampenikol).

Tapi obat2an khusus utk unggas, biasanya menggunakan Enrofloxacin.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Bambang.......... on Wed 06 Oct 2010, 16:45

thnks.. mas arjho & mas ari atas saranny...

Bambang..........
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 17.04.10
Age : 34
Lokasi : Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  jaghana on Wed 06 Oct 2010, 17:47

hebat mas ary...tob... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Jow on Wed 06 Oct 2010, 19:03

pak admin gitchu lhoooo apal kabeh nek obat2 pitik

salam Very Happy

Jow
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 04.07.10
Age : 29
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  seno on Thu 07 Oct 2010, 00:03

Jow wrote:pak admin gitchu lhoooo apal kabeh nek obat2 pitik

salam Very Happy

iya mas Jow,,aq salut ma mas Ary bs hapal obat2 buat ayam,,
banyak postingan mas Ary yg sangat bermanfaat buat saya pribadi,,
dan pastinya sangat inspiratif,, Very Happy

seno
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 478
Join date : 11.02.10
Age : 34
Lokasi : Pati - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Administrator on Thu 07 Oct 2010, 11:02

seno wrote:iya mas Jow,,aq salut ma mas Ary bs hapal obat2 buat ayam,,
banyak postingan mas Ary yg sangat bermanfaat buat saya pribadi,,
dan pastinya sangat inspiratif,, Very Happy

Jadi malu nih...
Embarassed Embarassed

Padahal disini banyak yg lebih berpengalaman dari saya.
Embarassed

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: samber nyawa jd lumpuh

Post  Sponsored content Today at 00:25


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik