meminimalisir bau kotoran ayam

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

meminimalisir bau kotoran ayam

Post  hlukybp on Sun 31 Oct 2010, 10:22

Halo teman"...
Saya pernah baca di trubus taun 2002, bahwa rempah" (kencur) bila di perah dan dicampur air trus diminumkan ke ayam maka kotoran/tai ayam bisa ga berbau. Bener ga ya? Setau saya waktu beternak perkutut, air perasan kencur malah bikin mandul indukan betina loh... Mohon info dong... Piiiiissss... Tankyu.

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  ipul on Sun 31 Oct 2010, 13:31

setau saya make kunyit mas,..dan selama ini saya make itu lom pernah make kencur,...

tapi kalo mau liat kandungan kencur ini saya kasih artikelnya mungkin berguna

KENCUR

KANDUNGAN KIMIA : Rimpang Kencur mengandung pati (4,14 %), mineral (13,73 %), dan minyak atsiri (0,02 %) berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid dan gom.

kalo KUNYIT

KANDUNGAN KIMIA : Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 - 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya

Penambahan kunir (kunyit) ke dalam pakan ternak diyakini dapat mengurangi bau amoniak pada kotoran. Fungsi kunyit dalam pakan adalah untuk meningkatkan kerja organ pencernaan unggas yaitu dengan merangsang dinding kantong empedu untuk mengeluarkan cairan empedu dan merangsang keluarnya getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease yang berguna untuk meningkatkan pencernaan bahan pakan seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Kotoran yang bau dikarenakan proses metabolisme yang kurang maksimal sehingga ada zat-zat makanan yang ikut terbuang melalui kotoran terutama protein.

saya cari di mbah jadi ngga ada kencur untuk mengurangi bau kotoran tapi adanya kunyit,...
Very Happy Very Happy

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  nicky on Sun 31 Oct 2010, 15:00

rajin bersiin kandang biar kotorannya nggak numpuk..,biar tetangga nggak protes ama baunya
wkwkwkwk Razz Razz Razz

nicky
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 07.05.10
Age : 28
Lokasi : Manado,Malalayang 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  Hendro on Sun 31 Oct 2010, 17:10

Penjelasan bang Mahful sudah cukup menjawab topik yang ditanyakan dan kalo tidak salah antara kencur dengan kunyit adalah sama cuma beda istilah aja.....cara yang paling efektif untuk meminimalisir bau kotoran ayam adalah dengan memberikan pakan biji2an seperti beras merah/gabah maka kotoran cenderung kering dan tidak berbau menyengat....
Salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7285
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  Administrator on Sun 31 Oct 2010, 18:35

Hendro wrote:...kalo tidak salah antara kencur dengan kunyit adalah sama cuma beda istilah aja......

Interupsi mas Hendro...
Kencur sama kunyit beda lho...
Kunyit itu yg warna kuning agak orange.
kencur warnanya putih, rasanya hangat.
Very Happy


Terakhir diubah oleh Administrator tanggal Tue 02 Nov 2010, 08:46, total 1 kali diubah

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  arif on Sun 31 Oct 2010, 19:32

Maaf sedikit OOT dari tema kencur atau kunyit.

Salah satu yang bisa digunakan untuk meminimalisir bau kandang adalah serbuk zeolit. Sekarang banyak dijual di toko-toko yang menyediakan berbagai keperluan untuk perikanan atau ternak. Serbuk zeolit ini akan menyerap senyawa-senyawa yang menjadi sumber bau kotoran hewan (amonia dan senyawaan sulfur). Harga juga terjangkau karena relatif murah. Kisaran ratusan rupiah tiap kilogramnya. Tinggal di taburkan saja di tempat kotoran ayam.

Contoh pada hewan dan ternak ruminansia seperti sapi dan lainnya, penggunaannya malah dicampur dengan pakan, karena zeolit ini akan menyerap amonia yang dikeluarkan pada proses pencernaan, sehingga akan meningkatkan efektivitas pencernaan hewan tersebut dan pada akhirnya efiseinsi asupan nutrisi akan menjadi lebih baik.


arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  hlukybp on Mon 01 Nov 2010, 08:16

Waaahh... Saya ga tau bedanya kunyit ama kencur teman. Tapi thanks bangetz atas jawaban dan masukan teman" semuam Papajiers emang guyub... Jempol deh.
@nicky:Bantuin bersihkan dong mas... Hahahaha...
@moderator;admin : tankyu

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  hlukybp on Mon 01 Nov 2010, 08:18

Waaahh... Saya ga tau bedanya kunyit ama kencur teman. Tapi thanks bangetz atas jawaban dan masukan teman" semuam Papajiers emang guyub... Jempol deh.
@nicky:Bantuin bersihkan dong mas... Hahahaha...
@moderator;admin : tankyu
@arif: zeolit tuh bahan kimia ya mas arif? apa boleh nantinya kototran ayam saya dijadikan pupuk kalo ada bahan kimia?

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  hlukybp on Mon 01 Nov 2010, 08:21

@ipul: mantaaaaff! Hahaha... Btw, mbah mana mas? Bisa tanya togel ga? Hahahha... Mantaf bro, jempol! Thanks.

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  hlukybp on Mon 01 Nov 2010, 08:26

Bikin MANDUL ayam ga nih kesimpulannya?

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  arif on Mon 01 Nov 2010, 15:17

hlukybp wrote:Waaahh... Saya ga tau bedanya kunyit ama kencur teman. Tapi thanks bangetz atas jawaban dan masukan teman" semuam Papajiers emang guyub... Jempol deh.
@nicky:Bantuin bersihkan dong mas... Hahahaha...
@moderator;admin : tankyu
@arif: zeolit tuh bahan kimia ya mas arif? apa boleh nantinya kototran ayam saya dijadikan pupuk kalo ada bahan kimia?

zeolit itu mineral mas, unsur utamanya adalah silikon dan aluminium dan ada beberapa mineral lain seperti K (kalium), Na (natrium), Ca (kalsium) dan Mg (magnesium).. senyawa ini mempunyai struktur yang berpori dengan ukuran mikro dan memungkinkan bisa menyerap senyawa sumber bau di kotoran ayam, sehingga bisa meminimalisir bau yang muncul. Tidak apa-apa mas kalau kemudian kotoran ayam untuk dijadikan pupuk/kompos. Zeolit ini juga mineral yang berasal dari alam.

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  jokogledex on Tue 02 Nov 2010, 08:33

Administrator wrote:
Hendro wrote:...kalo tidak salah antara kencur dengan kunyit adalah sama cuma beda istilah aja......

Interupsi mas Hendro...
Kencur sama kunyit beda lho...
Kunyit itu yg warna kuning agak orange.
Kunyit warnanya putih, rasanya hangat.
Very Happy
Interupsi pak...
yang warnanya putih n hangat kan kencur, bukan kunyit... heheh... Very Happy Very Happy

jokogledex
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 21.10.10
Age : 30
Lokasi : cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  Administrator on Tue 02 Nov 2010, 08:45

jokogledex wrote:
Administrator wrote:
Hendro wrote:...kalo tidak salah antara kencur dengan kunyit adalah sama cuma beda istilah aja......

Interupsi mas Hendro...
Kencur sama kunyit beda lho...
Kunyit itu yg warna kuning agak orange.
Kencur warnanya putih, rasanya hangat.
Very Happy
Interupsi pak...
yang warnanya putih n hangat kan kencur, bukan kunyit... heheh... Very Happy Very Happy

Ooopsss... maaf...
Salah ketik.
Embarassed

Udah sy benerin tuh.

Makasih atas interupsinya.
hehehe...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  jokogledex on Tue 02 Nov 2010, 13:23

KAlo diseprot sama larutan EM4 aktif sudah ada yang pernah coba gak???

jokogledex
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 21.10.10
Age : 30
Lokasi : cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  hlukybp on Tue 02 Nov 2010, 13:25

Saya kesulitan beli bubuk zeolit nih...

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  Hendro on Tue 02 Nov 2010, 13:50

Administrator wrote:
Hendro wrote:...kalo tidak salah antara kencur dengan kunyit adalah sama cuma beda istilah aja......

Interupsi mas Hendro...
Kencur sama kunyit beda lho...
Kunyit itu yg warna kuning agak orange.
kencur warnanya putih, rasanya hangat.
Very Happy


Terima kasih atas koreksinya mas Ary...maklum saya belum pernah jadi penjual jamu gendong makanya suka bingung istilah bumbu dapur dan empon2....wkaakkk...wkaakkk...wkaakk.... Razz

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7285
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  Cebong on Tue 02 Nov 2010, 14:31

taburkan aja kapur bangunan

Cebong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 258
Join date : 15.06.10
Age : 35
Lokasi : Alaska ( alas karet ), Ungaran Jateng

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  hlukybp on Tue 02 Nov 2010, 17:53

Oke mas cebong, tankyu sarannya... Akan saya coba.

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  ipul on Tue 02 Nov 2010, 21:24

nambahin

ziolit kalo dalam perikanan batu untuk bagian filter yang menyerap amoniak,..dan sering di gunakan di aquarium dan kolam ikan KOI,..ziolit ada dalam bentuk batu besar2 ada yang kasar ada yang halus kaya pasir,..

namun jika menggunakan batu ziolit jangan sampai terkena air asin/atau air garam soalnya amoniak yang terserap akan terlepas kembali dan ini berbahaya kalo dalam ikan jadi pada keracunan namun kalo di ayam lom tau ^^

dan kalo yang mau beli batu ziolit di tempat jual ikan hias biasanya banyak Very Happy Very Happy

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  brehoo on Tue 02 Nov 2010, 21:34

nambah lgi ilmu nya,,biar tetangganga ngak ngomel Laughing

brehoo
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 30.08.10
Lokasi : batusangkar, sumatra barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  aji on Thu 25 Nov 2010, 12:33

Coba di kasih biostar mas, isinya probiotik, disamping untuk kesehatan pencernaan ayam, taik ayam juga berkurang baunya. Salam hangat.

aji

aji
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 276
Join date : 25.08.08

Kembali Ke Atas Go down

RE : Meminimalisir bau kotoran ayam

Post  Bagus Susilo on Sun 28 Nov 2010, 12:20

Mau ikut sharing Senior
kalau saya membuat ramuan yang terdiri dari temulawak, kunir / kunyit, jahe masing masing 1 kilo gram dicuci bersih dari kotoran, kemudian diblender ditambahkan air sekitar 10 liter kemudian disaring dan hasil saringan itu ditambahkan mikroba sebanyak 1 botol kemasan (bisa EM4 ataupun sejenisnya) dan ditambahkan gula pasir / gula jawa / tetes tebu sebanyak 1 kilo kemudian dimasukkan ke jerigen untuk difermentasikan selama seminggu, nah air hasil fermentasi tersebut yang diminumkan ke ayam setelah sebelumnya diencerkan (50 ml air jamu diencerkan dengan 1 liter air minum)
Insyaallah selain kotoran tidak berbau, ayampun jadi sehat tidak terkena dampak penyakit karena perubahan musim / aratan (selamat mencoba)

Bagus Susilo

Jumlah posting : 9
Join date : 24.11.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  agus jitu on Thu 16 Dec 2010, 13:39

Administrator wrote:
Hendro wrote:...kalo tidak salah antara kencur dengan kunyit adalah sama cuma beda istilah aja......

Interupsi mas Hendro...
Kencur sama kunyit beda lho...
Kunyit itu yg warna kuning agak orange.
kencur warnanya putih, rasanya hangat.
Very Happy
Mas Admin kalau saya suka yg bau Kencur........kwkwkwwkwkwwk

agus jitu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 20.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  jaghana on Thu 16 Dec 2010, 15:19

Hendro wrote:
Administrator wrote:
Hendro wrote:...kalo tidak salah antara kencur dengan kunyit adalah sama cuma beda istilah aja......

Interupsi mas Hendro...
Kencur sama kunyit beda lho...
Kunyit itu yg warna kuning agak orange.
kencur warnanya putih, rasanya hangat.
Very Happy


Terima kasih atas koreksinya mas Ary...maklum saya belum pernah jadi penjual jamu gendong makanya suka bingung istilah bumbu dapur dan empon2....wkaakkk...wkaakkk...wkaakk.... Razz
gak ngerti kencur..tapi suka yg bau kencur.... Razz Razz Razz Razz Razz Razz
pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  maliq on Sat 11 Feb 2012, 00:13

Bagus Susilo wrote:Mau ikut sharing Senior
kalau saya membuat ramuan yang terdiri dari temulawak, kunir / kunyit, jahe masing masing 1 kilo gram dicuci bersih dari kotoran, kemudian diblender ditambahkan air sekitar 10 liter kemudian disaring dan hasil saringan itu ditambahkan mikroba sebanyak 1 botol kemasan (bisa EM4 ataupun sejenisnya) dan ditambahkan gula pasir / gula jawa / tetes tebu sebanyak 1 kilo kemudian dimasukkan ke jerigen untuk difermentasikan selama seminggu, nah air hasil fermentasi tersebut yang diminumkan ke ayam setelah sebelumnya diencerkan (50 ml air jamu diencerkan dengan 1 liter air minum)
Insyaallah selain kotoran tidak berbau, ayampun jadi sehat tidak terkena dampak penyakit karena perubahan musim / aratan (selamat mencoba)

aturan pemberiannya setiap hari atau bagaimana nih juragan Bagus? apakah boleh diberikan mulai dari DOC sampai umur 40 hari? karena saya mo coba ternak ayam potong nih... terima kasih sebelumnya

maliq

Jumlah posting : 1
Join date : 11.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: meminimalisir bau kotoran ayam

Post  Sponsored content Today at 05:17


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik