indukan berbadan kecil

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

indukan berbadan kecil

Post  malik on Sun May 24, 2009 10:29 am

salam boom. saya penghobi ayam amatir, tolong berbagi informasi agar saya tidak bimbang. saya punya ayam yang menurut saya pribadi lumayan bagus tarungnya, hanya saja berbadan kecil mungkin ukuran 7. saya pengen jadikan indukan, biasanya bagaimana keturunannya ?

malik

Jumlah posting : 1
Join date : 24.05.09
Age : 31
Lokasi : samarinda

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  aji on Sun May 24, 2009 2:52 pm

Yth Bang Malik, saya mau kasih pendapat nih, kalau yang dimaksud indukan disini adalah Babon, menurut saya carikan saja pacek yang besar ukuran 9-10, nanti kemungkinan anaknya dari ukuran 7-10. minimal kita pasti dapat keturunanya yang besar. karena saya punya pengalaman pejantan saya si Geledek 4,5 kg saya kasih indukan 2,5 kg anaknya umur 6 bulan sudah rata-rata 3 kg mungkin nanti kalau sudah ngurak 3,5 kg pasti dapat.

Salam Hangat

aji

aji
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 276
Join date : 25.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  ojieg on Mon May 25, 2009 11:32 am

saya setuju dg mas aji, meski tidak selalu indukan(baca : babon) kecil selalu menghasilkan anakan kecil meski pejantan ukuran biasa, saya punya babon kecil tapi kalo bertelur, telurnya besar (seukuran dg babon berukuran besar) dan anakannya jga besar2 ukuran kira2 7,5, dicoba dulu aja mas,ditetaskan dan dilihat hasilnya.tetap semangat dan ceria ya Very Happy

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Indukan Berbadan Kecil

Post  Cassanova on Thu May 28, 2009 9:00 am

Salam Mas Malik.Saya sependapat dgn Mas Aji dan Mas Ojieg.Menurut saya ukuran babon ( kecil ato besar ) belom tentu mempengaruhi kualitas anakan yg dihasilkan.Seperti Mas aji utarakan babon kecil kasi jago yg ukuran agak gede itu benar bgt supaya anakan yg dihasilkan berukuran agak besar.Namun dai segi kualitas ( mental,fisik dan style tarung ) anakan dari abaon yg kecil pasti kurang bagus dari babon yg ukuran standard ato besar.kan tergantung metode breeding dan trah dari ayam yg akan dibreeding.....

Cassanova
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 27.05.09
Age : 33
Lokasi : Puri Indah-Jakarta Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  VERI on Mon Nov 16, 2009 12:08 pm

Menurut saya yg masih pemula babon ukuran kecil gak masalah yg penting main macam kilat n pukulan macam petir. salam mas aji anakan si ranger masih ada gak maaf gak sempat ke kisaran.. Very Happy Very Happy

VERI
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 65
Join date : 12.11.09
Lokasi : Payakumbuh SUMBAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  sandri on Wed Nov 25, 2009 9:39 pm

berbagi pengalman aj..sy skrg pny indukan badannya emang kecil n g pnjang tp kalo netesin anak it smp 11 ekor n 75% lebih anaknnya keluar jantan..so mis netes 10 ekor,yg betina it 2 n jantan 8 ekor..malah uk anakny itu lbh besar dr pacekny..
sy sndiri jd heran,..itu turun gen bapakny ato indukny..

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  cobain on Thu Nov 26, 2009 6:50 pm

sandri wrote:berbagi pengalman aj..sy skrg pny indukan badannya emang kecil n g pnjang tp kalo netesin anak it smp 11 ekor n 75% lebih anaknnya keluar jantan..so mis netes 10 ekor,yg betina it 2 n jantan 8 ekor..malah uk anakny itu lbh besar dr pacekny..
sy sndiri jd heran,..itu turun gen bapakny ato indukny..

wah mantap mas sandri ayam22nya,,,,,,,,,,,,kapan22 kalao pas disemarang tak mampir mas,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  sandri on Thu Nov 26, 2009 6:53 pm

cobain wrote:
sandri wrote:berbagi pengalman aj..sy skrg pny indukan badannya emang kecil n g pnjang tp kalo netesin anak it smp 11 ekor n 75% lebih anaknnya keluar jantan..so mis netes 10 ekor,yg betina it 2 n jantan 8 ekor..malah uk anakny itu lbh besar dr pacekny..
sy sndiri jd heran,..itu turun gen bapakny ato indukny..

wah mantap mas sandri ayam22nya,,,,,,,,,,,,kapan22 kalao pas disemarang tak mampir mas,

sya pasruan mas..bkn semarang..hehehe
kalo mau mampir kermhku silahkan,..ini jg bnyak yg mau berknjung ke rmah..

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  cobain on Thu Nov 26, 2009 7:00 pm

sandri wrote:
cobain wrote:
sandri wrote:berbagi pengalman aj..sy skrg pny indukan badannya emang kecil n g pnjang tp kalo netesin anak it smp 11 ekor n 75% lebih anaknnya keluar jantan..so mis netes 10 ekor,yg betina it 2 n jantan 8 ekor..malah uk anakny itu lbh besar dr pacekny..
sy sndiri jd heran,..itu turun gen bapakny ato indukny..

wah mantap mas sandri ayam22nya,,,,,,,,,,,,kapan22 kalao pas disemarang tak mampir mas,

sya pasruan mas..bkn semarang..hehehe
kalo mau mampir kermhku silahkan,..ini jg bnyak yg mau berknjung ke rmah..


eh salah ya mas,,,,,,kirain semarang,,,,,,,,,,,,,,,,maaf mas

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  Administrator on Thu Nov 26, 2009 10:11 pm

Kalau untuk betina, ngga usah takut badan kecil. Yg penting tingginya cukup. Ruas kaki panjang, rata2 anaknya tinggi2.
Kalau pejantan, kriteria utama sy utk dijadikan indukan adlh kualitasnya. Ukuran meskipun kecil, yang penting proporsional (tidak bogel/pendek). Anak2nya bisa dibantu dgn pemberian nutrisi dan makanan yg bergizi.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  arif on Thu Nov 26, 2009 10:17 pm

Biang kecil anakan besar2.. bisa juga ditelusuri dari riwayat biang tersebut. Ukuran badan kecil bisa disebabkan karena faktor nutrisi selama biangan tersebut dalam masa pertumbuhan yang kurang memadai. ada juga biangan kecil yang memang sifat gen.

kalau masalah nutrisi, dengan memberikan pakan dengan nutrisi yag baik pada anakannya maka sifat /gen yang menjadikan tubuh anakan besar akan terlihat.

kalau masalahnya gen, dikasih nutrisi seperti apapun juga akan segitu2 saja ukurannya. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  Administrator on Thu Nov 26, 2009 10:26 pm

arif wrote:kalau masalahnya gen, dikasih nutrisi seperti apapun juga akan segitu2 saja ukurannya. Smile

Dgn pemberian nutrisi yg baik, paling tidak, meskipun badan kecil, tapi tulangan padat kokoh, otot2 juga kekar. Pada waktunya nanti, ayam jadi mudah dilatih mencapai kondisi maksimal krn anatominya sangat mendukung.

Anyway, utk ayam adu, besar atau kecil itu masalah tandingan. Kalau ayam kita kecil, cari musuh yg kecil juga.
Ayam yg terlalu kecil dan ayam yg terlalu besar sama2 susah cari musuh. Tapi sy lebih memilih ayam yg kecil. Selain lebih mudah dilatih, sy bisa pasang jalu utk melawan yg lebih besar.
Kalau kegedean, siapa yg mau lawan...???? Ngelatihnya juga susah utk jadi.
Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  cobain on Thu Nov 26, 2009 10:38 pm

Administrator wrote:
arif wrote:kalau masalahnya gen, dikasih nutrisi seperti apapun juga akan segitu2 saja ukurannya. Smile

Dgn pemberian nutrisi yg baik, paling tidak, meskipun badan kecil, tapi tulangan padat kokoh, otot2 juga kekar. Pada waktunya nanti, ayam jadi mudah dilatih mencapai kondisi maksimal krn anatominya sangat mendukung.

Anyway, utk ayam adu, besar atau kecil itu masalah tandingan. Kalau ayam kita kecil, cari musuh yg kecil juga.
Ayam yg terlalu kecil dan ayam yg terlalu besar sama2 susah cari musuh. Tapi sy lebih memilih ayam yg kecil. Selain lebih mudah dilatih, sy bisa pasang jalu utk melawan yg lebih besar.
Kalau kegedean, siapa yg mau lawan...???? Ngelatihnya juga susah utk jadi.
Very Happy

kalao terlalu kecil gimana mas????????ukuran 6

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  Administrator on Thu Nov 26, 2009 10:56 pm

cobain wrote:kalao terlalu kecil gimana mas????????ukuran 6

Maksudnya gimana nih..?? Ukuran 6 itu seberapa besar? Kadang standart ukuran seperti ini tiap orang berbeda2. Bahkan di tiap daerah, ukuran ayam yg 'rame' itu berbeda2. Teman sy di Aceh pernah cerita, bahwa ukuran yg 'rame' di sana berkisar 2,8-3kg. Mereka menyebutnya dg ukuran 7-8.

Utk Jakarta, menurut saya, paling minimal berat 2,8-2,9kg masih ada musuh.
Dibawah itu, sama saja dgn ukuran diatas 3,8kg. Susah cari musuhnya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  opik_98 on Tue Dec 01, 2009 10:36 pm

mas klo babon kecil belum tentu anaknya kecil2

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  black_cocks on Sun Feb 07, 2010 6:06 am

ya pasti belum tentu kecil krn masi ada banyak faktor lain yng menentukan besar kecil ukuran ayam...

seperti gen dari paceknya, nutrisi pakan dan rawatan jg pengaruh

black_cocks
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 28.12.09
Age : 31
Lokasi : sukoharjo(selatan kota solo)

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  samsul on Sun Feb 14, 2010 9:03 pm

ayam saya kecil cuma 1,4kg tapi telurnya standar ayam ukuran 2,5kg..dikawinkan pacek 3,5kg,so sekarang anaknya rata2 2,8 s/d 3kg..tergantung dari gen juga.karna adik beradik induk kecil tsb 2,5kg.

samsul
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 434
Join date : 10.02.10
Age : 40
Lokasi : Pontianak-kalbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: indukan berbadan kecil

Post  Sponsored content Today at 7:08 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik