mesin tetas telur sederhana

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

mesin tetas telur sederhana

Post  chairudin on Sat Nov 06, 2010 10:11 pm

kadang2 kita punya babon yg berkelakuan jelek seperti.....maunya cuma bertelur tapi tidak mau unt mengerami telurnya, bahkan ada biang yg suka makan telurnya sendiri. Sedang unt membeli babon khusus unt mengerami telur (babon jawa), tempat tdk memungkinkan dan belum lagi biaya perawatan. Mau beli mesin tetas telur harganya lumayan mahal. Disini saya coba unt share mesin tetas telur buatan sendiri. Berikut bahan2 yang dibutuhkan.....
1. kardus uk P=40 L=30 disini saya menggunakan kardus obat nyamuk
Kingkong
2. Gabus...unt ditempel didalam dinding kardus dg tujuan agar cela2 kardus dpt tertutup, kalau tdk ada gabus busa juga boleh
3. bolam 5 watt...saya menggunakan bolam merk FOKUS, karna selain bolamnya besar walau 5 watt tp panas sekali
4. Penampan...ukuran sama dengan kardus agar bisa masuk kedalam kardus. gunanya unt menaruh air agar kelembapan telur dpt terjaga
5. kayu ring
6. Kawat Ram ukuran kecil
7. Pipa Aquarium yg bentuk L harga 1500 perbiji
8. thermometer unt mengukur suhu panas...disini saya menggunakan thermometer digital, (di tempat saya harganya 35rb) atau boleh yg biasa (harga 15rb)
9. Thermostat merk Cemani unt mengatur suhu panas...Apabila kepanasan maka otomatis Thermostat akan mematikan bohlam dan sebaliknya. Unt harga 40rb
berikut gambar serta keterangannya
10. triplex unt penutup kardus
http://img259.imageshack.us/i/image000h.jpg/
gambar diambil dari atas kardus. Warna merah adl penampan yg tlh diisi air sedang diatas penampan kawat Ran yg dipaku dg kayu ring ukuran menyesuaikan bentuk kardus.
http://img585.imageshack.us/i/image006h.jpg/
gambar diambil dari atas samping...warna hitam yg ada kabel terletak diatas telur adalah Thermostat (pengatur panas).
http://img220.imageshack.us/i/image009dt.jpg/
gambar diambil dari samping...ini adalah pipa Aquarium bentuk L saya pasang pada sebelah kanan dan kiri atas.
Tingkat keberhasilan mesin tetas ini mencapai 90% lebih, sehari saya biasa membolak balik telur selama 3x (pagi, sore, malam). Pada siang Hari panasnya mencapai 37,8, sdng pd malam hari 37,5 tanpa membuka dan menutup, kecuali akan membolak balik telur. sekian.
mungkin dari rekan2 atau para senior ada desain yg lain mohon dishare......

chairudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 136
Join date: 25.04.10
Age: 34
Lokasi: pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  den02 on Sat Nov 06, 2010 10:27 pm

boleh boleh boleh Very Happy

den02
kopral
kopral

Jumlah posting: 47
Join date: 26.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  Tres-Jambi on Sat Nov 06, 2010 10:50 pm

Informasi yang sangat berguna Pak..

Itu thermostat gimana pak? disambung sama bola lampu, trus satu kabel lansung ke colokan ya pak? pipanya buat keluar udara aja ya pak?

makasi pak...

Tres-Jambi
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 362
Join date: 03.10.10
Lokasi: Muara Bungo - Jambi

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  chairudin on Sun Nov 07, 2010 7:57 am

tres-jambi wrote:Informasi yang sangat berguna Pak..

Itu thermostat gimana pak? disambung sama bola lampu, trus satu kabel lansung ke colokan ya pak? pipanya buat keluar udara aja ya pak?

makasi pak...
didalam kardus thermostat ada petunjuknya mas, unt pipa berfungsi keluar masuk udara, agar panas didalam dpt merata

chairudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 136
Join date: 25.04.10
Age: 34
Lokasi: pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  Tres-Jambi on Sun Nov 07, 2010 8:26 am

didalam kardus thermostat ada petunjuknya mas, unt pipa berfungsi keluar masuk udara, agar panas didalam dpt merata

Sip mas... Makasi

Tres-Jambi
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 362
Join date: 03.10.10
Lokasi: Muara Bungo - Jambi

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  Jhon Gultom on Sun Nov 07, 2010 10:03 am

mantaps sekali mesin tetes sederhananya pak,.. Very Happy

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1362
Join date: 14.10.08
Age: 32
Lokasi: jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  chairudin on Sun Nov 07, 2010 10:32 am

trima kasih pak john, berhubung di pekalongan habis semua mesin tetasnya, maka kepikiran dech unt buat sendiri. dg meminimalkan pengeluaran

chairudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 136
Join date: 25.04.10
Age: 34
Lokasi: pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  pak_tri on Sun Nov 07, 2010 11:09 am

wah...siiiiiip pak sy akan coba , harga lebih murah ya pak.......
oya , bolam 5 wat cukup 1 ya..... klo mesin tetas buatan toko bolam nya
5 watt 2 bh = 10 watt....

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 1771
Join date: 02.06.10
Lokasi: Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  seno on Sun Nov 07, 2010 11:46 am

Mantabz pak,,
jadi ada alternatif jika ad babon saya yg bandel,,,
gak mahal dan cukup efektif tampaknya,,,
Very Happy Very Happy Very Happy

oya,,bagian atasnya ditutup atau bagaimana??

seno
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 491
Join date: 11.02.10
Age: 32
Lokasi: Pati - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  chairudin on Sun Nov 07, 2010 12:23 pm

@ Pak Tri : biasanya jumlah bohlam tergantung ukuran mesin tetas itu dan tingkat kepanasanya pak, ada yang menggunakan 4 bohlam @5watt (ukuran kecil), ada yg menggunakan 1 bohlam 40 watt dengan dilengkapi kipas eks cpu yg disambung denyan adaptor agar panas dpt merata keseluruh bagian, tp disini saya hanya menggunakan 1 bohlam ukuran besar (merk fokus, nggak tau merk lain apa bs sepanas ini), pembuatan mudah kok pak Tri (silahkan dicoba).
@ Mas Seno : bagian atas ditutup dg Triplek mas, sebelumnya triplex jg ditempeli Gabus Mas.
Besaran biaya sekitar 70 ribuan mas

chairudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 136
Join date: 25.04.10
Age: 34
Lokasi: pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  Jhon Gultom on Sun Nov 07, 2010 5:21 pm

chairudin wrote:kadang2 kita punya babon yg berkelakuan jelek seperti.....maunya cuma bertelur tapi tidak mau unt mengerami telurnya, bahkan ada biang yg suka makan telurnya sendiri. Sedang unt membeli babon khusus unt mengerami telur (babon jawa), tempat tdk memungkinkan dan belum lagi biaya perawatan. Mau beli mesin tetas telur harganya lumayan mahal. Disini saya coba unt share mesin tetas telur buatan sendiri. Berikut bahan2 yang dibutuhkan.....
1. kardus uk P=40 L=30 disini saya menggunakan kardus obat nyamuk
Kingkong
2. Gabus...unt ditempel didalam dinding kardus dg tujuan agar cela2 kardus dpt tertutup, kalau tdk ada gabus busa juga boleh
3. bolam 5 watt...saya menggunakan bolam merk FOKUS, karna selain bolamnya besar walau 5 watt tp panas sekali
4. Penampan...ukuran sama dengan kardus agar bisa masuk kedalam kardus. gunanya unt menaruh air agar kelembapan telur dpt terjaga
5. kayu ring
6. Kawat Ram ukuran kecil
7. Pipa Aquarium yg bentuk L harga 1500 perbiji
8. thermometer unt mengukur suhu panas...disini saya menggunakan thermometer digital, (di tempat saya harganya 35rb) atau boleh yg biasa (harga 15rb)
9. Thermostat merk Cemani unt mengatur suhu panas...Apabila kepanasan maka otomatis Thermostat akan mematikan bohlam dan sebaliknya. Unt harga 40rb
berikut gambar serta keterangannya
10. triplex unt penutup kardus
http://img259.imageshack.us/i/image000h.jpg/
gambar diambil dari atas kardus. Warna merah adl penampan yg tlh diisi air sedang diatas penampan kawat Ran yg dipaku dg kayu ring ukuran menyesuaikan bentuk kardus.
http://img585.imageshack.us/i/image006h.jpg/
gambar diambil dari atas samping...warna hitam yg ada kabel terletak diatas telur adalah Thermostat (pengatur panas).
http://img220.imageshack.us/i/image009dt.jpg/
gambar diambil dari samping...ini adalah pipa Aquarium bentuk L saya pasang pada sebelah kanan dan kiri atas.
Tingkat keberhasilan mesin tetas ini mencapai 90% lebih, sehari saya biasa membolak balik telur selama 3x (pagi, sore, malam). Pada siang Hari panasnya mencapai 37,8, sdng pd malam hari 37,5 tanpa membuka dan menutup, kecuali akan membolak balik telur. sekian.
mungkin dari rekan2 atau para senior ada desain yg lain mohon dishare......


yang puyeng yang nungguin buat ngebalik balikin telornya aja nih, heheheheeh lol!

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1362
Join date: 14.10.08
Age: 32
Lokasi: jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re;mesin tetes telur sederhana

Post  Pak pur on Sun Nov 07, 2010 8:09 pm

ide yg sangat cemerlang,sy sangat mendukung dgn biaya yg murah dpt dibuat mesin tetas sederhana.......... lol! lol! lol!

Pak pur
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 126
Join date: 12.05.10

Kembali Ke Atas Go down

mesin tetas...nya top...banget

Post  def on Sun Nov 07, 2010 11:23 pm

Pak pur wrote:ide yg sangat cemerlang,sy sangat mendukung dgn biaya yg murah dpt dibuat mesin tetas sederhana.......... lol! lol! lol!

Iya murah banget saya pernah coba dulu waktu SD pake oven rusak tapi suhunya cenderung tidak stabil...dari 10 telur netas cuma 4 wah boleh dicoba nih...oh iya biar prosentasinya lebih tinggi baiknya telurnya di beri tanda X ama 0 di kedua sisinya jadi kalo ngebalik sesuai jadwal yang kita buat di matrix...baiknya minggu pertama di teropong di cahaya telur yang tidak berkembang embrionya di buang aja...thanks banget infonya...

def
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 82
Join date: 04.01.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  ardimashud on Mon Nov 08, 2010 1:41 pm

solusi yang sangat bagus, trimakasih banget mas

ardimashud
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 118
Join date: 07.10.10
Lokasi: jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  gujukof on Mon Nov 08, 2010 7:28 pm

patut di coba nich....tq

gujukof
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 61
Join date: 14.02.10
Lokasi: tanggerang

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik