mesin tetas telur sederhana

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  chairudin on Mon Nov 08, 2010 8:35 pm

betul sekali apa yg dikatakan mas Def, sebaiknya telur dikasih tanda agar mudah dlm pembalikanya, saya biasa kasih tanda 123 karna dalam 1 hari saya bolak balik 3x, dan jangan lupa untuk mencuci telur sebelum dimasukkan kedalam mesin tetas, pakai air biasa atau dg dicampur garam sedikit.

chairudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 136
Join date: 25.04.10
Age: 34
Lokasi: pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  cowo-LANCUR on Thu Nov 18, 2010 7:42 pm

wew buat bahan coba2 dirumah ah siapa tau sukses

cowo-LANCUR
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 210
Join date: 10.08.10
Age: 22
Lokasi: bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  jackone on Thu Nov 25, 2010 10:16 am

chairudin wrote:kadang2 kita punya babon yg berkelakuan jelek seperti.....maunya cuma bertelur tapi tidak mau unt mengerami telurnya, bahkan ada biang yg suka makan telurnya sendiri. Sedang unt membeli babon khusus unt mengerami telur (babon jawa), tempat tdk memungkinkan dan belum lagi biaya perawatan. Mau beli mesin tetas telur harganya lumayan mahal. Disini saya coba unt share mesin tetas telur buatan sendiri. Berikut bahan2 yang dibutuhkan.....
1. kardus uk P=40 L=30 disini saya menggunakan kardus obat nyamuk
Kingkong
2. Gabus...unt ditempel didalam dinding kardus dg tujuan agar cela2 kardus dpt tertutup, kalau tdk ada gabus busa juga boleh
3. bolam 5 watt...saya menggunakan bolam merk FOKUS, karna selain bolamnya besar walau 5 watt tp panas sekali
4. Penampan...ukuran sama dengan kardus agar bisa masuk kedalam kardus. gunanya unt menaruh air agar kelembapan telur dpt terjaga
5. kayu ring
6. Kawat Ram ukuran kecil
7. Pipa Aquarium yg bentuk L harga 1500 perbiji
8. thermometer unt mengukur suhu panas...disini saya menggunakan thermometer digital, (di tempat saya harganya 35rb) atau boleh yg biasa (harga 15rb)
9. Thermostat merk Cemani unt mengatur suhu panas...Apabila kepanasan maka otomatis Thermostat akan mematikan bohlam dan sebaliknya. Unt harga 40rb
berikut gambar serta keterangannya
10. triplex unt penutup kardus
http://img259.imageshack.us/i/image000h.jpg/
gambar diambil dari atas kardus. Warna merah adl penampan yg tlh diisi air sedang diatas penampan kawat Ran yg dipaku dg kayu ring ukuran menyesuaikan bentuk kardus.
http://img585.imageshack.us/i/image006h.jpg/
gambar diambil dari atas samping...warna hitam yg ada kabel terletak diatas telur adalah Thermostat (pengatur panas).
http://img220.imageshack.us/i/image009dt.jpg/
gambar diambil dari samping...ini adalah pipa Aquarium bentuk L saya pasang pada sebelah kanan dan kiri atas.
Tingkat keberhasilan mesin tetas ini mencapai 90% lebih, sehari saya biasa membolak balik telur selama 3x (pagi, sore, malam). Pada siang Hari panasnya mencapai 37,8, sdng pd malam hari 37,5 tanpa membuka dan menutup, kecuali akan membolak balik telur. sekian.
mungkin dari rekan2 atau para senior ada desain yg lain mohon dishare......

Terimakasih banget ya mas...
benar-benar ilmu yang bermanfaat buat saya.. apalagi banyaknya permintaan anak ayam ini akan sangat berguna.
sekali lagi terimakasih.

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 351
Join date: 02.09.10
Age: 44
Lokasi: Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  Dimas on Thu Nov 25, 2010 10:39 am

MANTAB!!! lol! lol! lol!

Dimas
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 151
Join date: 22.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  ofid on Mon Jan 03, 2011 7:17 pm

saya tertarik dengan ide saudara, tapi saya mengalami kesulitan untuk mendapatkan termostat. apa saudara bisa kasih tau saya dmn yempat jual thermostat?

ofid

Jumlah posting: 1
Join date: 03.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  anak ayam on Thu Jan 13, 2011 11:14 pm

Keren nih bisa buat uji coba

anak ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 51
Join date: 13.01.11
Lokasi: Bogor ( Babakan Madang - Sentul )

http://anakayamfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  terrra on Fri Jan 14, 2011 5:11 am

pak_tri wrote:wah...siiiiiip pak sy akan coba , harga lebih murah ya pak.......
oya , bolam 5 wat cukup 1 ya..... klo mesin tetas buatan toko bolam nya
5 watt 2 bh = 10 watt....
kalau pak tri sih lebih baik beli pak...wong yg baru harganya 250rb kok pak...atau beli di krokosono atau barito kalau lagi mujur dapet yg bekas,murah tp masih bisa dpake...hehe..tp itupun pas ada barang...saya beli dr temen sudah bosen 75rb...temen beli dr pasar krokosono katanya 100rb...hemat kan.. Razz

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 206
Join date: 20.10.09
Lokasi: semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  topanbadai on Fri Jan 14, 2011 9:44 am

terrra wrote:
pak_tri wrote:wah...siiiiiip pak sy akan coba , harga lebih murah ya pak.......
oya , bolam 5 wat cukup 1 ya..... klo mesin tetas buatan toko bolam nya
5 watt 2 bh = 10 watt....
kalau pak tri sih lebih baik beli pak...wong yg baru harganya 250rb kok pak...atau beli di krokosono atau barito kalau lagi mujur dapet yg bekas,murah tp masih bisa dpake...hehe..tp itupun pas ada barang...saya beli dr temen sudah bosen 75rb...temen beli dr pasar krokosono katanya 100rb...hemat kan.. Razz

Izin tanya pak, kalo mati lampu gimana ngantisipasinya?
Thanks.

topanbadai
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 643
Join date: 07.09.10
Age: 41
Lokasi: Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  kenny pkp on Wed Jun 15, 2011 12:16 am

topanbadai wrote:
terrra wrote:
pak_tri wrote:wah...siiiiiip pak sy akan coba , harga lebih murah ya pak.......
oya , bolam 5 wat cukup 1 ya..... klo mesin tetas buatan toko bolam nya
5 watt 2 bh = 10 watt....
kalau pak tri sih lebih baik beli pak...wong yg baru harganya 250rb kok pak...atau beli di krokosono atau barito kalau lagi mujur dapet yg bekas,murah tp masih bisa dpake...hehe..tp itupun pas ada barang...saya beli dr temen sudah bosen 75rb...temen beli dr pasar krokosono katanya 100rb...hemat kan.. Razz

Izin tanya pak, kalo mati lampu gimana ngantisipasinya?
Thanks.
salam hangat teman teman papaji
untuk menghindari resiko mati listrik: buatlah tempat dudukan untuk mesin tetas dengan posisi di tengah tengah kosong dan ganti aja bagian bawah/lantai dengan seng. jika listrik mati bisa di panaskan dengan lampu minyak tanah dari bawah seng, jangan lupa baskomnya di keluarkan dahulu.. . semoga bermanfaat... atau teman teman yang lain mau menambahkan. Razz Razz Razz

kenny pkp
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 135
Join date: 19.05.11
Age: 33
Lokasi: pangkal [pinang, babel

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  Tamu on Wed Jun 15, 2011 8:20 am

mantap banget infonya.....

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  THUNDER_GUNS on Wed Jun 15, 2011 9:56 am

Sebaiknya alangkah bagusnya kalo sistem lampunya di buat otomatis,,jadi apabila temperatur dalam mesin penetas melebihi suhu yg di butuhkan telur akan mati secara otomatis,,,dan daya tetas lebih maximal...Salam

THUNDER_GUNS
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 81
Join date: 04.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  saptopurwodadi on Wed Jun 15, 2011 5:46 pm

THUNDER_GUNS wrote:Sebaiknya alangkah bagusnya kalo sistem lampunya di buat otomatis,,jadi apabila temperatur dalam mesin penetas melebihi suhu yg di butuhkan telur akan mati secara otomatis,,,dan daya tetas lebih maximal...Salam
dengan thermostat, lampu akan mati dengan sendirinya jika suhu sudah kepanasan. CMIIW Very Happy

saptopurwodadi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 763
Join date: 27.03.11
Lokasi: Purwodadi Jateng. 081326211577

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  eclips on Mon Sep 05, 2011 10:39 pm

chairudin wrote:
didalam kardus thermostat ada petunjuknya mas, unt pipa berfungsi keluar masuk udara, agar panas didalam dpt merata

Saya tetap belum mengerti instalasinya.. sudah di coba malah ga mau nyala lampunya, ada foto yang lebih jelas mas buat masang kabel-kabelnya? terimakasih.

eclips

Jumlah posting: 9
Join date: 03.08.11
Age: 25
Lokasi: Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: mesin tetas telur sederhana

Post  opik_98 on Tue Sep 13, 2011 9:18 am

tinggi lampu dr telur kira2 brp mas ?

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 772
Join date: 11.02.09
Lokasi: Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

mesin tetes telur sederhana

Post  denyGT on Tue Sep 13, 2011 10:55 am

yang sudah jadi ada yang jual ga yah.. Cool Cool

denyGT
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 891
Join date: 15.04.11
Age: 92
Lokasi: Kebalen 4,Blok S jakarta selatan

http://deny_9t@ymail.com

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik