Pakan Ayam

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pakan Ayam

Post  Jagonantang on Fri 07 Jan 2011, 11:16

Dua tahun belakangan semakin hari semakin susah saja mendapatkan pakan ayam berupa dedek/bekatul/katul yang benar benar baik di toko pakan di jakarta.
Ada banyak dedek dijual,tapi kwalitasnya kurang baik,atau malah tidak baik sama sekali.
sampai sampai ayampun tidak mau memakannya.
Dengan harga 2500/kg itu yang biasa,kalau ingin yang bagus 3000/kg,ini lumayan.
eh, belakangan yang 3000/kg pun sudah dicampur sama gilingan kulit padi.
Semakin susahkah atau semakin rakuskah pembuat dedek sehingga tega mencurangi yang pada buntutnya merusak pencernaan ayam?.
Mungkinkah bila kita mengadu ke lembaga konsumen?
Toko pakan perjalanan outlet terakhir dedek. buat teman2 yang bisa beli langsung di rice mill mungkin lebih beruntung.

salam papaji


Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  amrogen on Fri 07 Jan 2011, 11:26

Jagonantang wrote:Dua tahun belakangan semakin hari semakin susah saja mendapatkan pakan ayam berupa dedek/bekatul/katul yang benar benar baik di toko pakan di jakarta.
Ada banyak dedek dijual,tapi kwalitasnya kurang baik,atau malah tidak baik sama sekali.
sampai sampai ayampun tidak mau memakannya.
Dengan harga 2500/kg itu yang biasa,kalau ingin yang bagus 3000/kg,ini lumayan.
eh, belakangan yang 3000/kg pun sudah dicampur sama gilingan kulit padi.
Semakin susahkah atau semakin rakuskah pembuat dedek sehingga tega mencurangi yang pada buntutnya merusak pencernaan ayam?.
Mungkinkah bila kita mengadu ke lembaga konsumen?
Toko pakan perjalanan outlet terakhir dedek. buat teman2 yang bisa beli langsung di rice mill mungkin lebih beruntung.

salam papaji


di rice mill pun kita harus selektif bang...
di karawang yg katanya lumbung padi pun agak susah cari dedak akhir2 ini...

disini harga max 2000 itu pun rebutan.

sepertinya harus cari alternative lain..semisal dedak tahu, dedak kedelai, dedak gandum...

salam,

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  pacita on Fri 07 Jan 2011, 11:37

Stok dedak di jakarta biasanya dipasok dr daerah karawang, subang dan indramayu. Harga dedak erat kaitannya dengan harga beras. kl harga beras tinggi seperti sekarang, otomatis harga dedak pun naik. Saya biasa beli langsung rice mill harga sudah 2500/kg. Untungnya dapet yang masih fresh. Posisi harga seperti sekarang ini lah yang memungkinkan terjadinya kecurangan dengan mencampurkan dedak halus dengan gilingan kulit padi. Kl harga beras turun harga dedak pun ikut turun. Biasanya di daerah saya kl ngambil langsung ke rice mill harga 1200-1500/kg. Posisi ternak saya di Magetan, Jawa Timur.

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  Jhon Gultom on Fri 07 Jan 2011, 11:40

Jagonantang wrote:Dua tahun belakangan semakin hari semakin susah saja mendapatkan pakan ayam berupa dedek/bekatul/katul yang benar benar baik di toko pakan di jakarta.
Ada banyak dedek dijual,tapi kwalitasnya kurang baik,atau malah tidak baik sama sekali.
sampai sampai ayampun tidak mau memakannya.
Dengan harga 2500/kg itu yang biasa,kalau ingin yang bagus 3000/kg,ini lumayan.
eh, belakangan yang 3000/kg pun sudah dicampur sama gilingan kulit padi.
Semakin susahkah atau semakin rakuskah pembuat dedek sehingga tega mencurangi yang pada buntutnya merusak pencernaan ayam?.
Mungkinkah bila kita mengadu ke lembaga konsumen?
Toko pakan perjalanan outlet terakhir dedek. buat teman2 yang bisa beli langsung di rice mill mungkin lebih beruntung.

salam papaji

di tempat imboh komsen ada om dedak yang bagus halus menirnya banyak harga 3500/kg.
di gilingan deket tempat mas agus ada dedak bagus cm masih bercampur sama kulit padi yang kasar harga 1000/kg.
kalo ga di tukang jualan pakan deket ratna dedaknya halus tapi menirnya ga begitu banyak.
kalo ga pesen sama jaya caman dedaknya bagus dah halus dan berwarna agak kuning harganya 70rb per karung yg karung 50kg.



Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  pacita on Fri 07 Jan 2011, 11:42

kang amrogen ada pengalaman pake dedak gandum? kelihatannya harga lebih stabil dan ada terus di toko pakan ternak. tp saya agak ragu soalnya belum ada pengalaman buat gantukan dedak....

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  jokogledex on Fri 07 Jan 2011, 14:47

pacita wrote:Stok dedak di jakarta biasanya dipasok dr daerah karawang, subang dan indramayu. Harga dedak erat kaitannya dengan harga beras. kl harga beras tinggi seperti sekarang, otomatis harga dedak pun naik. Saya biasa beli langsung rice mill harga sudah 2500/kg. Untungnya dapet yang masih fresh. Posisi harga seperti sekarang ini lah yang memungkinkan terjadinya kecurangan dengan mencampurkan dedak halus dengan gilingan kulit padi. Kl harga beras turun harga dedak pun ikut turun. Biasanya di daerah saya kl ngambil langsung ke rice mill harga 1200-1500/kg. Posisi ternak saya di Magetan, Jawa Timur.
Mirip di tempat saya.... segitu....

jokogledex
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 21.10.10
Age : 30
Lokasi : cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  gugi on Fri 07 Jan 2011, 17:30

ia betul dedak makin sulit sekarang,,bahkan sy yg biasa ambil gratis ditmpt sodara, sdh 2 minggu ga oprasi rice mill nya,,ada alternatif yg sy temukan yaitu "FULFAT"bahan baku pakan ternak dr kedelai.disini ada pabriknya,nah sisa limbahnya (dedak kedelai)sy bs dapat berkarung2 dr org dalam,tp sy gatau cara pengolahannya,soalnya sy coba godok sm air panas ayam ga mau.. scratch klo dikasih langsung tampa digodok,ayam keracunan toksin..tp klo buat kambing 2 ekor 1 tahun kemudian sdh jg 6 ekor dgn ukurn jumbo.

gugi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 523
Join date : 09.02.10
Lokasi : Serang-Bandung 0878 21211 432

http://gie_472@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  Sigit H on Fri 07 Jan 2011, 19:53

Wah, saya sebagai "petani" merasa beruntung untuk masalah dedak. Kebutuhan dedak terpenuhi selalu, tiap nggiling padi ke Rice Milling dedak langsung bawa pulang. Tapi bagi yg gak punya padi, ya agak kesulitan juga. Masalah harga kira2 Rp. 1000 s/d 1500 /kg di rice milling.

Sigit H
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 232
Join date : 12.11.09
Age : 36
Lokasi : Sitiung 1 Dharmasraya SUMBAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  hlukybp on Fri 07 Jan 2011, 21:53

2 minggu kosong plong di tempat gua. 1800/kg posisi ricemill, 2000 agen, 2500 pengecer/baku ke kota. Kosooooonnggg... Udah 3 hari rugi pakan...

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  Modesto on Fri 07 Jan 2011, 22:05

Sekarang emang dedak langka karena musim panen padi 2-3 bulan lagi, sementara stok gabah petani banyak yang menipis...jadi maklum aja... Smile
Kalo mau dedak bagus...beli aja gabah 10 karung, di gilingkan di rice mill...berasnya dipake buat masak sendiri...dedaknya buat ayam... Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  mas anto klaten on Fri 07 Jan 2011, 22:30

tidak semua daerah seperti itu mas kalau ditempatku alhamdulillah ada terus bekatul/dedak halus.



primabangkok.com

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  Administrator on Fri 07 Jan 2011, 22:41

Betul tuh... hati2 beli dedak. Kalo campur serbuk gilingan kulit padi, masih ga masalah.
Ada yg berlaku curang dgn mencampurnya dgn serbuk kayu gergaji.
Parahhh...

Evil or Very Mad

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  Hendro on Sat 08 Jan 2011, 06:06

Administrator wrote:Betul tuh... hati2 beli dedak. Kalo campur serbuk gilingan kulit padi, masih ga masalah.
Ada yg berlaku curang dgn mencampurnya dgn serbuk kayu gergaji.
Parahhh...

Evil or Very Mad

Kalo di Jakarta dedak dicampur serbuk gergajian kayu, di Medan lain lagi dedak dicampur serbuk tanah bahan pembuat keramik ( kata bang Ferry )....mungkin pedagangnya bermaksud baik, biar ayam yang mengkonsumsi jadi sekuat kayu atau keramik sehingga kalo diaduin nggak ada kalahnya...he...he...he... Laughing Laughing Laughing

NB : saya dengar rekan senior kita bang Ferry Bun baru keluar dari rumah sakit karena operasi pemasangan cincin di jantungnya sebanyak 4 buah......PAPAJI mendoakan semoga bang Ferry Bun cepat pulih kembali dan dapat beraktifitas rutin seperti biasanya....

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  irfan_dui on Sat 08 Jan 2011, 06:29

klo di kandangku dah setengah tahun ini pakai polar putih (dedak gandum) ayam gemuk2 aja, tp pada waktu peralihan dari dedak padi ke polar yg bikin kaget nafsu makan ayam jd wow... fantastis... buktikan sendiri..

irfan_dui
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 08.06.10
Age : 35
Lokasi : yogyakarta 083840244401

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  one-dhi on Sat 08 Jan 2011, 11:39

irfan_dui wrote:klo di kandangku dah setengah tahun ini pakai polar putih (dedak gandum) ayam gemuk2 aja, tp pada waktu peralihan dari dedak padi ke polar yg bikin kaget nafsu makan ayam jd wow... fantastis... buktikan sendiri..
begitu ya mas irfan,kl boleh kasih tahu dong dimana belinya hehehe..... Embarassed
terimakasih.

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  arjho on Sat 08 Jan 2011, 11:51

saya harus bersyukur jd orang desa kluthukn .masih bayak bekatul disekitar, kadang tetangga mau menilingkan padi kita pesan bekatulnya nnt tinggal ganti ongkos giling aja, jd saat ini tdk repot

arjho
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 26.05.10
Lokasi : sukoharjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  mas anto klaten on Sat 08 Jan 2011, 12:00

arjho wrote:saya harus bersyukur jd orang desa kluthukn .masih bayak bekatul disekitar, kadang tetangga mau menilingkan padi kita pesan bekatulnya nnt tinggal ganti ongkos giling aja, jd saat ini tdk repot
gimana mas birmanya?..............

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  arjho on Sat 08 Jan 2011, 12:27

mas anto klaten wrote:
arjho wrote:saya harus bersyukur jd orang desa kluthukn .masih bayak bekatul disekitar, kadang tetangga mau menilingkan padi kita pesan bekatulnya nnt tinggal ganti ongkos giling aja, jd saat ini tdk repot
gimana mas birmanya?..............
alhamdulillah baik mas, smp rumah lgs saya kasih multi vitamamin biar tambah sehat, ini saya sendirikan dan saya rawat dgn khusus sendiri, moga moga menurunkan jawara jawara di kampung saya, makasih mas anto

arjho
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 26.05.10
Lokasi : sukoharjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  Jagonantang on Sun 09 Jan 2011, 07:05

Hendro wrote:
Administrator wrote:

Evil or Very Mad



NB : saya dengar rekan senior kita bang Ferry Bun baru keluar dari rumah sakit karena operasi pemasangan cincin di jantungnya sebanyak 4 buah......PAPAJI mendoakan semoga bang Ferry Bun cepat pulih kembali dan dapat beraktifitas rutin seperti biasanya....


OH,..pantesan lama nggaak baca postingannya,...
semoga sukses dan lekas sembuh,kita semua berdoa untuk kesehatannya.

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  hlukybp on Sun 09 Jan 2011, 08:54

Mohon info ttg dedak gandum dong...
Pecae...

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  dwidhy on Sun 09 Jan 2011, 09:21

Cukup bagus menurut saya pertumbuhan ayam
dengan menggunakan dedak gandum/polar ini.
Saya pribadi sudah 5 tahun terakhir selalu menggunakannya..
Silahkan dicoba bos..

dwidhy
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 121
Join date : 05.05.09
Age : 35
Lokasi : Sintang / Kalimantan Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  rere_pitkeeper on Wed 12 Jan 2011, 23:14

Kalo bisa nitip duit dulu mas kalo beli. Paling enak seh mncoba berteman sama yang kerja di ricemill. Rugi rokok mah gak masalah,yang penting dapat yang fresh.

rere_pitkeeper
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 314
Join date : 06.12.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  bogor_fight_club on Sat 15 Jan 2011, 06:48

kalo di dekat rumah ada pabrik pembuatan tepung singkong.. ambil aja ampasnya terus jemur.. bagus juga buat ayam dan makannya jadi rakus..klo masih jarang yang tahu biasanya gratis tp klo bnyk peminat biasanya harga 1 karungnya 10 rb (yang sudah di jemur)..

bogor_fight_club
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 77
Join date : 31.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  walyaw on Mon 21 Feb 2011, 09:40

asyikkkkk...jadi bahasan diskusi menarik nyari Pakan alternatif pengganti Dedak/Bekatul nih hehehe...

(lha dedak/bekatul kian susah didapet akibat tingginya konsumsi pabrik pakan ternak, berkurangnya lahan padi, perubahan iklim ekstrim yg akibatnya org cenderung beralih usaha jadi pedagang/penggiling padi/ternak/sejenisnya dibanding tani, dll)

Dari obrolan diatas, udah kecatet alternatif:
-Polar gandum (nyarinya dimana belum kejawab euy)
-Ampas tapioka

nahhhh...dirumah seringnya ada aja makanan/cemilan sisa atau kelamaan nggak kemakan sampe basi/tengik, kayak kacang kulit, roti/kue, kripik singkong/pisang/talas, dll.
Saya kok kepikiran banget, rasa2nya 'bahan2 baku' itu bisa di mill alias ditepungin buat pengganti dedak/bekatul ya...tapi pake apa yg nggak terlalu bikin capek?
Kalo' pake blender yg biasa buat ngalusin bumbu kering (biasanya mata pisau-nya beda ama tabung-nya lebih kecil kan ya), kira2 bisa nggak ya?

walyaw
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 14.02.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  jibrut_007 on Mon 21 Feb 2011, 20:17



di tempat imboh komsen ada om dedak yang bagus halus menirnya banyak harga 3500/kg.
di gilingan deket tempat mas agus ada dedak bagus cm masih bercampur sama kulit padi yang kasar harga 1000/kg.
kalo ga di tukang jualan pakan deket ratna dedaknya halus tapi menirnya ga begitu banyak.
kalo ga pesen sama jaya caman dedaknya bagus dah halus dan berwarna agak kuning harganya 70rb per karung yg karung 50kg.

setuju imboh dedeknya bagus beneran sy deket situ soalnya

jibrut_007
kopral
kopral

Jumlah posting : 37
Join date : 13.01.10
Age : 40
Lokasi : pdk gede - tambun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pakan Ayam

Post  Sponsored content Today at 08:01


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik