Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  topanbadai on Mon 31 Jan 2011, 00:13

Salam untuk para rekan dan senior.

Dalam beberapa tulisan tentang beternak ayam adu/bangkok sering dituliskan tentang mensortir ayam sebagai upaya efisiensi dalam beternak dan untuk memberikan perawatan yang lebih intensif untuk ayam yang berkualitas bagus. Yang ingin saya tanyakan :
1. Pada usia berapa ayam sudah bisa disortir?
2. Bagaimana cara mensortir ayam adu yang paling baik? apakah sama cara mensortir ayam jago dan betina?
3. Untuk ayam yang tidak melewati proses sortir, apa yang bisa dilakukan selain dijadikan ayam bakar? Sad .

Terima kasih dan maaf apabila sudah pernah diposting sebelumnya. Tapi waktu saya search kata "sortir" dan :menyortir" tidak ada hasil pencarian yang keluar.

topanbadai
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 654
Join date : 07.09.10
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  pacita on Tue 01 Feb 2011, 09:53

gak ada yang koment yahh, padahal info ini penting n perlu nih.........

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Man-O on Tue 01 Feb 2011, 10:36

pengen tau jg nih..
hayo sp yg dah berpengalaman dalam sortir-menyortir...

Man-O
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1188
Join date : 01.12.10
Age : 31
Lokasi : Banggai Laut (Sul-Teng)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Administrator on Tue 01 Feb 2011, 12:41

Sortir ayam bisa dilakukan sejak dini. Namun ada beberapa tahapan yg harus diperhatikan.
1. Sortir anak ayam yg terlihat sering sakit2an atau terkena sakit parah.
2. Sortir anak ayam yg fisiknya cacat dan mengganggu kinerjanya.
3. Sortir anak ayam yg pertumbuhannya terlambat.
4. Khusus jantan, sortir ayam yg tarungnya tidak memenuhi kriteria (setelah 8 bulan keatas).
5. Khusus betina, Sortir betina yg anak2nya jelek.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  rere_pitkeeper on Tue 01 Feb 2011, 14:28

Kalo saya umur dua bulan,biasanya lagi bandel2nya. Kalo tarungnya ngoyor sampai gede ngoyor juga. Pilih yang bagus, yang jelek dijual ke bakul ayam sembelihan.. Jgn djual ke teman..ga enak jual ayam ko stlah besar jelek.. Biasanya saya sisakan sepasang. Yang cakep2 pastinya .

rere_pitkeeper
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 314
Join date : 06.12.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Administrator on Tue 01 Feb 2011, 14:49

rere_pitkeeper wrote:Kalo saya umur dua bulan,biasanya lagi bandel2nya. Kalo tarungnya ngoyor sampai gede ngoyor juga. Pilih yang bagus, yang jelek dijual ke bakul ayam sembelihan..

Menurut saya, terkadang ayam kecil (pitik) tidak bisa dinilai bagus atau jeleknya berdasar tarung waktu kecil.
1. Waktu kecil, si A kalah bagus dgn B. Tapi si A ini belum tentu lebih jelek ketimbang ayam lain.
2. Pukulan tdk bisa dinilai.
3. Ayam kecil rata2 tarung krn terpaksa (diganggu temannya) padahal mentalnya belum mantap utk tarung. Masih ragu2, tdk semangat dan suka becanda. Tentu kualitas sesungguhnya tdk bisa dinilai.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  chairudin on Tue 01 Feb 2011, 15:24

Administrator wrote:
rere_pitkeeper wrote:Kalo saya umur dua bulan,biasanya lagi bandel2nya. Kalo tarungnya ngoyor sampai gede ngoyor juga. Pilih yang bagus, yang jelek dijual ke bakul ayam sembelihan..

Menurut saya, terkadang ayam kecil (pitik) tidak bisa dinilai bagus atau jeleknya berdasar tarung waktu kecil.
1. Waktu kecil, si A kalah bagus dgn B. Tapi si A ini belum tentu lebih jelek ketimbang ayam lain.
2. Pukulan tdk bisa dinilai.
3. Ayam kecil rata2 tarung krn terpaksa (diganggu temannya) padahal mentalnya belum mantap utk tarung. Masih ragu2, tdk semangat dan suka becanda. Tentu kualitas sesungguhnya tdk bisa dinilai.


Benar sekali apa yg dikatakan Mas Ary, Biasanya menyortir ayam waktu kecil hanya unt memisahkan antara betina dan jantan. Agar makanannya bisa dibedakan (jantan lebih spesial tentunya dibanding betina).
Sedikit cerita seorang peternak, sekaligus pemain (orang wiradesa, biasa main kesemarang) Pernah menjual ayam sortiran (umur 5 bulan) keseorang pedagang ayam pasar. Ayame dibeli Tetangga saya. Singkat kata ayam telah merajai arena pinggir, dan akhirnya dibeli oleh Peternak yg pertama (back to the Basic deh).

chairudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 138
Join date : 25.04.10
Age : 36
Lokasi : pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  one-dhi on Wed 02 Feb 2011, 12:33

Administrator wrote:
rere_pitkeeper wrote:Kalo saya umur dua bulan,biasanya lagi bandel2nya. Kalo tarungnya ngoyor sampai gede ngoyor juga. Pilih yang bagus, yang jelek dijual ke bakul ayam sembelihan..

Menurut saya, terkadang ayam kecil (pitik) tidak bisa dinilai bagus atau jeleknya berdasar tarung waktu kecil.
1. Waktu kecil, si A kalah bagus dgn B. Tapi si A ini belum tentu lebih jelek ketimbang ayam lain.
2. Pukulan tdk bisa dinilai.
3. Ayam kecil rata2 tarung krn terpaksa (diganggu temannya) padahal mentalnya belum mantap utk tarung. Masih ragu2, tdk semangat dan suka becanda. Tentu kualitas sesungguhnya tdk bisa dinilai.


terus terang saya sendiri sortir ayam sejak kecil sama yang dilakukan mas rere kecuali ada yang aneh(sisik,bulu,dll)pasti tidak tersortir hehehe...
mohon pencerahanya mas ary
-A lebih bagus dari B (teknik&pukul) apa kl sudah besar nanti si B mampu melebihi si A?
-misal A pukulannya lbh keras(bukan keakuratan) dari B apa mungkin kl sudah besar nanti B pukulanya lbh keras dari A?
terimakasih.

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Administrator on Wed 02 Feb 2011, 14:32

one-dhi wrote:
terus terang saya sendiri sortir ayam sejak kecil sama yang dilakukan mas rere kecuali ada yang aneh(sisik,bulu,dll)pasti tidak tersortir hehehe...
mohon pencerahanya mas ary
-A lebih bagus dari B (teknik&pukul) apa kl sudah besar nanti si B mampu melebihi si A?
-misal A pukulannya lbh keras(bukan keakuratan) dari B apa mungkin kl sudah besar nanti B pukulanya lbh keras dari A?
terimakasih.

Masih bisa berubah mas... Tergantung kesehatan, rawatan dan mentalnya.

Permasalahan utama mensortir ayam sejak kecil (dg melihat tarungnya) ada di faktor 'mental'. Ayam kecil yg terlihat lebih jelek dibanding musuhnya, kemungkinan besar disebabkan krn mentalnya belum 'ajeg'. Belum serius tarung dan masih becanda2. Terkadang ia merasa 'terpaksa' berkelahi. Tentu tidak bisa jadi patokan kualitas.

Sortir ayam sejak kecil bagi sy hanya difokuskan pada jenis kelamin dan bentuk fisik (tulangan, pertumbuhan, tidak cacat, dll).




Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  boncel on Wed 02 Feb 2011, 16:58

setuju mas, saya sering liat ayam waktu kecil pukulannya biasa aja, tp setelah besar dan diabar bbrp kali baru keliatan pukul antiknya... Jd sebaiknya jangan terlalu cpt menyimpulkan, kalo masalah maennya memang biasanya ga berubah drastis tp bisa jd lebih bervariasi dan matang.. Kecuali masalah tulangan, ukuran dan cacat fisik tentunya udah bisa diprediksi mana yg layak dan nggak hehe .. Smile

boncel
kopral
kopral

Jumlah posting : 37
Join date : 04.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Administrator on Wed 02 Feb 2011, 22:55

boncel wrote:...kalo masalah maennya memang biasanya ga berubah drastis tp bisa jd lebih bervariasi dan matang...

Nah, sy sepakat nih... Mungkin secara mendasar tekniknya tdk berubah.
Misalnya waktu kecil keliatan main bawah agak ngoyor, tapi ternyata setelah besar jadi ada tambahan variasi dorong atau masuk sayap.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  pak_tri on Thu 03 Feb 2011, 04:15

mulai usia 3 bln ayam sudah bisa disortir fisik dan gaya tarungnya.....
tinggal merawat dan memberi makanan yg begizi dan vit hingga dewasa......

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  rere_pitkeeper on Thu 03 Feb 2011, 08:05

Betul,klo teknik tetep ja gak berubah ,mkin dwasa mkin bgus dan rapat. Klo umur 3 bulan lbh kaya yang dibilang pak tri, baru saya sortir sesuai katuranggan sisik jari tengah dan jari belakang. Buat milih ketepatan pukulanya.(i believed it )

rere_pitkeeper
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 314
Join date : 06.12.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Tamu on Thu 03 Feb 2011, 20:47

ada yang bilang anakan yang kerdil malah bagus buat pejantan maupun indukan..bener gak sih
itu ada hubngannya dengan pembawaan gen dominan

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  rere_pitkeeper on Thu 03 Feb 2011, 20:51

kebanyakan iya bang aan,tiap saya ternak pasti yang komplit kbanyakan yang kecil..yang besar kadang cuma pamer body ma gagahnya doang..

rere_pitkeeper
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 314
Join date : 06.12.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Tamu on Thu 03 Feb 2011, 21:02

betul sih bang rere...trus gmn kl dilakukan inbreed dengan pacek atau indukan yang dlnya kerdil...
pasti mantab kan.....

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  jokogledex on Wed 09 Feb 2011, 11:17

mr.aan wrote:betul sih bang rere...trus gmn kl dilakukan inbreed dengan pacek atau indukan yang dlnya kerdil...
pasti mantab kan.....
Apa anaknya gak tambah kerdil??

jokogledex
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 21.10.10
Age : 30
Lokasi : cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  ipul on Wed 09 Feb 2011, 13:50

betul juga di kandang dari beberapa kali netesin pasti anaknya 1 ada yang kecil tapi paling bandel dan paling ok tarungnya,.. dan dari si kecil ini semua yang ada di pacek nempel ^^,..tapi sayang ukuran kecil ^^...

kalo sortir menyortir kalo dah 3 bulan pasti yang jantan di gedein semua kalo yang betina buat hidangan di dapur ^_^

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  zakkir man on Wed 09 Feb 2011, 20:10

sedikit pengalaman, biasanya yg kerdil lebih tahan pukul walaupun kadang sebagian orang memandangnya sebelah mata dan menganggapnya jelek krn penampilan fisik yg kurang oke.......
itu dikarenakan selama proses pertumbuhan lebih mengarah ke pembentukan tulang daripada daging atau otot...... tp tunggu setelah gede & bandingkan dg ayam yg berisi !!!!!
itu pengalaman saya, bagaimana dg rekan2 ????

zakkir man
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 117
Join date : 18.01.11
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Ed_wi on Thu 10 Feb 2011, 22:13

oo, jadi yang kecil itu juga bagus ya bos,soalnya saya punya satu peranakan salah satunya kerdil tapi emang maenya lebih istimewa kalau saya bilang dari sudaranya yang gede badanya tapi saya kurang suka karena badanya kecil

Ed_wi

Jumlah posting : 8
Join date : 03.05.10
Age : 41
Lokasi : bumyagara , BEKASI

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  ipul on Thu 10 Feb 2011, 23:17

bisa jadi pendekar = pendek kekar Very Happy Very Happy

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

re : mensortir anak ayam

Post  mas Joko aja ah... on Fri 11 Feb 2011, 13:33

sudah teruji, dan sering terjadi, yang paling kecil yang paling baik.
saya sendiri heran "kok bisa ya..."

mas Joko aja ah...
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 29.08.09
Lokasi : kendal jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  pacita on Fri 11 Feb 2011, 14:27

menarik nih..... hhmmmm, untung yang paling kecil belum masuk penggorengan.....

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  rere_pitkeeper on Sat 12 Feb 2011, 20:33

mr.aan wrote:betul sih bang rere...trus gmn kl dilakukan inbreed dengan pacek atau indukan yang dlnya kerdil...
pasti mantab kan.....
kalo inbreed , pengalaman saya yang minim ini biasanya anakannya gak merata pertumbuhannya. mungkin ini kelemahan dari inbreed bang. tapi klo di crossing malah bagus, anakannya bisa besar, ini juga karena hasil inbreed di saya bisa gak rata bodynya. sedang klo dicrossing aym yang kerdil dengan biang lain,anakannya lumayan merata body nya. tapi teknik masih ikut, wkwkwkw sekali lagi ini dikandang saya bang.

rere_pitkeeper
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 314
Join date : 06.12.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  IJAL GATSMYR on Fri 17 Jun 2011, 16:07

ia mas anakan ayam saya itu ada yg kecil tp stiap saya masukin tangan k kandangnya ayam itu yg sllu matok2in tangan saya hihihihi jd bgs y mas2 sxan ayam yg bgtu??? Shocked Shocked

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 340
Join date : 07.06.11
Age : 28
Lokasi : PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mensortir anak ayam, usia dan caranya

Post  Sponsored content Today at 01:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik