soal ayam bagus

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

soal ayam bagus

Post  jokogledex on Sat 12 Feb 2011, 14:02

dari jenis serangan setahu saya ayam terbagi 2 golongan umum, ayam jalu dan ayam pukul. nah sya mohon "pendapat" dari para member papaji tentang kriteria yang dinamakan ayam jalu yang bagus dan ayam pukul yang bagus....

jokogledex
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 21.10.10
Age : 30
Lokasi : cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  Administrator on Sat 12 Feb 2011, 14:33

Pengertian antara ayam 'jalu' dan ayam 'pukul' sy kira masih agak bias.

Pendapat pertama :
- Disebut ayam jalu kalau ia tumbuh taji dan bisa diraut tajam.
- Disebut ayam pukul kalau ia tidak memiliki taji.
Nah, kalau ketika muda ia belum bertaji, lalu setelah mabung jalunya panjang, ini disebut apa donk..??
Hehehe...

Pendapat kedua :
- Ayam jalu, pukulnya tidak besar tapi 'kletik2'. Pukul terasa kecil tapi pakai jalu.
- Ayam pukul punya power yg besar seperi bom kalau mukul.
Nah, ada ayam tanpa jalu yg pukulnya 'kletik2' kecil.
Ada juga ayam berjalu yg punya power besar ketika memukul.
Kalau yg begini bagaimana...??

Kalau sy pribadi, kurang setuju bila dipilah2 antara ayam 'jalu' atau ayam 'pukul'.
Yg jelas, antara ayam jalu atau ayam pukul, harus punya kriteria yg sama yaitu : Pukulan harus bersih telak mengena.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  Jagonantang on Sat 12 Feb 2011, 17:18

Administrator wrote:Pengertian antara ayam 'jalu' dan ayam 'pukul' sy kira masih agak bias.

Pendapat pertama :
- Disebut ayam jalu kalau ia tumbuh taji dan bisa diraut tajam.
- Disebut ayam pukul kalau ia tidak memiliki taji.
Nah, kalau ketika muda ia belum bertaji, lalu setelah mabung jalunya panjang, ini disebut apa donk..??
Hehehe...

Pendapat kedua :
- Ayam jalu, pukulnya tidak besar tapi 'kletik2'. Pukul terasa kecil tapi pakai jalu.
- Ayam pukul punya power yg besar seperi bom kalau mukul.
Nah, ada ayam tanpa jalu yg pukulnya 'kletik2' kecil.
Ada juga ayam berjalu yg punya power besar ketika memukul.
Kalau yg begini bagaimana...??

Kalau sy pribadi, kurang setuju bila dipilah2 antara ayam 'jalu' atau ayam 'pukul'.
Yg jelas, antara ayam jalu atau ayam pukul, harus punya kriteria yg sama yaitu : Pukulan harus bersih telak mengena.


Setujuuuuu......Biasanya, bila pemain punya ayam pukul keras, jalunya sengaja dipendekin, tujuannya supaya awet, dijadikan semacam tuyul, (buat nyari duit) tidak ketemu lawan jalu, perang jalu yang mengundang resiko.
dengan keyakinan bila cuma adu pukul, pastilah lawan bakal nggak ada yang tahan.

Ada lagi orang bilang; "... .wah ini ayam jalunya jahat,.." atau "....ini ayam, naik jalu, naik jalu,..."
tentunya akan ketemu dengan lawan yang jalu pula.
Bagi penjudi cenderung lebih suka ayam perang jalu, katanya lebih cepat selesai. padahal sering kita temui, ayam tarung dengan jalu panjangpun masih bisaseri / draw 6 airan.
Kalau kejadian begini, ngedumel deh semua,...; "...ah jalu pajangan,...."

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  zin494 on Sat 12 Feb 2011, 21:22

jokogledex wrote:dari jenis serangan setahu saya ayam terbagi 2 golongan umum, ayam jalu dan ayam pukul. nah sya mohon "pendapat" dari para member papaji tentang kriteria yang dinamakan ayam jalu yang bagus dan ayam pukul yang bagus....
kalo saya pribadi ayam jalu yang bagus adalah ayam yang cepat dan pintar memanfaatkan jalunya dan menyarangkannya ditempat2 yang vital
ayam pukul yang bagus adalah ayam yang memiliki pukulan cepat, berat dan akurat.
ada ayam jalu yang bisa jadi ayam pukul dan sebaliknya, tapi ada juga ayam jalu ga bisa jadi ayam pukul (pukulnya kecil dan tidak akurat tapi tiap naik jalunya nikam), dan ada juga ayam pukul ga bisa jadi ayam jalu (misalnya lepek, ato jalunya ga kepake)
Kalo saya lebih senang yang bisa dua2nya deh mas hehehe, jalu bisa bungkus juga ok

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  Hendro on Mon 14 Feb 2011, 05:28

jokogledex wrote:dari jenis serangan setahu saya ayam terbagi 2 golongan umum, ayam jalu dan ayam pukul. nah sya mohon "pendapat" dari para member papaji tentang kriteria yang dinamakan ayam jalu yang bagus dan ayam pukul yang bagus....

Ikut urun rembug dengan pendapat pribadi.....menurut saya ayam jalu adalah ayam yang mengandalkan jalu untuk mengalahkan lawannya, tidak peduli pukulan keras atau tidak tapi setiap kali naik jalu harus masuk secara akurat......sedangkan ayam pukul lebih mengandalkan bobot pukulan untuk mengalahkan lawannya sekalipun tanpa jalu, pukulan sering berefek fatal bagi lawan.....salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  Basugito on Mon 14 Feb 2011, 07:00

".....menurut saya ayam jalu adalah ayam yang mengandalkan jalu untuk mengalahkan lawannya, tidak peduli pukulan keras atau tidak tapi setiap kali naik jalu harus masuk secara akurat......sedangkan ayam pukul lebih mengandalkan bobot pukulan untuk mengalahkan lawannya sekalipun tanpa jalu, pukulan sering berefek fatal bagi lawan.....salam " Smile [/quote]
.......................
saya makmum njenengan den mas Hendro..jadi "efek fatal pukulan ayam" yg ditimbulkan bagi musuh/lawan. kalo cuma dengan jalu pendek/lepek ayam lawan bisa dipukul KO sebaiknya jalunya ndak usah terlalu panjang dan perlu di"kontrol pertumbuhan jalunya", tapi kalo pukulanya "Tipis" ya sebaiknya pakai jalu panjang biar efek pukulanya lebih telak tp biasanya perawat/pemilik sdh hapal dg karakter pukulan ayamnya, mesti pake jalu panjang apa tdak..? ini berpengaruh dalam memilih gandeng/tandingan, kalo jalu terlalu panjang jarang cepet dpt gandeng dikalangan pinggir spt didaerah saya kalo dikalangan guwede "katanya" (karna blum pernah) kebanyakan berjalu panjang dan pukulnya duahsyat2....(katanya)
tapi tergantung karakter pukulan ayamnya, maunya pake jalu panjang apa ndak..?
.........salam..........


Basugito
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 79
Join date : 16.01.09
Age : 49
Lokasi : Pabuaran - Bojonggede Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  jokogledex on Mon 14 Feb 2011, 11:46

Hendro wrote:
jokogledex wrote:dari jenis serangan setahu saya ayam terbagi 2 golongan umum, ayam jalu dan ayam pukul. nah sya mohon "pendapat" dari para member papaji tentang kriteria yang dinamakan ayam jalu yang bagus dan ayam pukul yang bagus....

Ikut urun rembug dengan pendapat pribadi.....menurut saya ayam jalu adalah ayam yang mengandalkan jalu untuk mengalahkan lawannya, tidak peduli pukulan keras atau tidak tapi setiap kali naik jalu harus masuk secara akurat......sedangkan ayam pukul lebih mengandalkan bobot pukulan untuk mengalahkan lawannya sekalipun tanpa jalu, pukulan sering berefek fatal bagi lawan.....salam Smile

BErarti meski ayam pukulan keras dengan jalu kurang dari 1cm, tapi mayoritas serangannya jalunya bikin koyak lawan termasuk ayam jalu?

BErarti meski ayam dengan jalu panjang tapi pukulannya yang lebih sering bikin efek negatif sama lawan tetap termasuk kriteria ayam pukul?

jokogledex
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 21.10.10
Age : 30
Lokasi : cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  Hendro on Mon 14 Feb 2011, 13:06

jokogledex wrote:
BErarti meski ayam pukulan keras dengan jalu kurang dari 1cm, tapi mayoritas serangannya jalunya bikin koyak lawan termasuk ayam jalu?

BErarti meski ayam dengan jalu panjang tapi pukulannya yang lebih sering bikin efek negatif sama lawan tetap termasuk kriteria ayam pukul?

Item pertama jawabannya YA...dengan huruf besar...he....he...he.... Laughing Laughing
tapi untuk item kedua harus dilihat dulu yang bikin efek negatif itu pukulannya apa jalunya......sekalipun jalu panjang tapi kalo tidak masuk tetapi lawan tersungkur kena pukulan maka dikategorikan ayam pukul, dengan demikian kita bisa mengenali karakter ayam kita sehingga bisa mengatur strategi untuk mencari tandingan......misal kalo kita punya ayam taji panjang tetapi ayam termasuk kategori ayam pukul maka sebaiknya jalu dipotong pendek sebaliknya kalo kita punya ayam dengan bakat jalu jahat maka sebaiknya ditunggu jalu panjang baru diturunkan atau boleh juga disambung jalu untuk diturunkan....semuanya sangat situasional dan tergantung kondisi lawan...... salam Very Happy

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  Administrator on Mon 14 Feb 2011, 13:08

jokogledex wrote:BErarti meski ayam pukulan keras dengan jalu kurang dari 1cm, tapi mayoritas serangannya jalunya bikin koyak lawan termasuk ayam jalu?

BErarti meski ayam dengan jalu panjang tapi pukulannya yang lebih sering bikin efek negatif sama lawan tetap termasuk kriteria ayam pukul?

Mas, sebaiknya ga usah dipikirin mana jalu, mana pukul.
Yg penting pukulannya bersih dan terasa sakit (efek negatif).

Jalu atau tidak, ya sama saja.
kalau ngga suka jalu, tinggal dipotong pendek atau dicabut.
Kalo pengen jalu, tinggal pasang jalu.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  ronggo on Mon 14 Feb 2011, 13:24

Very Happy Very Happy Very Happy

ronggo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 119
Join date : 01.12.10
Age : 21
Lokasi : komplek TNI AU asrama AURI jl.cesna no 20 rembiga mataram NTB

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  walyaw on Mon 14 Feb 2011, 16:24

Kriteria ayam bagus dlm kontek ayam aduan ya cuma 1 pak.

ayam dibilang bagus kalau MENANG DALAM SETIAP PERTANDINGAN, itu aja kan ya? hehehe

walyaw
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 14.02.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  Administrator on Mon 14 Feb 2011, 18:48

walyaw wrote:Kriteria ayam bagus dlm kontek ayam aduan ya cuma 1 pak.

ayam dibilang bagus kalau MENANG DALAM SETIAP PERTANDINGAN, itu aja kan ya? hehehe

Masing2 orang punya motivasi dan latar belakang dalam menilai ayam.
Kalau sy pribadi, menang saja belum cukup utk masuk dlm kategori ayam bagus.
Tergantung gimana cara menangnya dan siapa lawannya.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  andy_yap on Mon 14 Feb 2011, 22:31

Administrator wrote:
walyaw wrote:Kriteria ayam bagus dlm kontek ayam aduan ya cuma 1 pak.

ayam dibilang bagus kalau MENANG DALAM SETIAP PERTANDINGAN, itu aja kan ya? hehehe

Masing2 orang punya motivasi dan latar belakang dalam menilai ayam.
Kalau sy pribadi, menang saja belum cukup utk masuk dlm kategori ayam bagus.
Tergantung gimana cara menangnya dan siapa lawannya.
Smile

setubuh....eh salah,setuju maksudnya...hehehe....
kalau menurut saya yg pemula,kalau ayam kita punya pukulnya yg bagus dan jalunya jahat,kalau mau awet ayamnya,jalunya pendek aj...1-1,5 cm,jalu segitu kalau pukulannya keras,telak dan bersih,ayam lawan jg pasti rusak...hehehe...
ayam yang pukulannya keras dan berat,kalau jalunya panjang lebih beresiko jalu patah karna bobot pukulanya sudah keras.
maaf kalo salah... Smile Smile Smile

salam,
andy yap

andy_yap
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 51
Join date : 19.09.10
Age : 30
Lokasi : tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  jokogledex on Thu 17 Feb 2011, 01:11

Administrator wrote:
jokogledex wrote:BErarti meski ayam pukulan keras dengan jalu kurang dari 1cm, tapi mayoritas serangannya jalunya bikin koyak lawan termasuk ayam jalu?

BErarti meski ayam dengan jalu panjang tapi pukulannya yang lebih sering bikin efek negatif sama lawan tetap termasuk kriteria ayam pukul?

Mas, sebaiknya ga usah dipikirin mana jalu, mana pukul.
Yg penting pukulannya bersih dan terasa sakit (efek negatif).

Jalu atau tidak, ya sama saja.
kalau ngga suka jalu, tinggal dipotong pendek atau dicabut.
Kalo pengen jalu, tinggal pasang jalu.
Smile
MAklum pemula pakk... masih tahap pebelanjaan, ech pembelajaran... hehehe.... belajar analisis juga, bair kayak Pak Admin, Pak hendro dan seabrek bapak bapak senior di papaji, hehehehe.... Laughing Laughing

jokogledex
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 21.10.10
Age : 30
Lokasi : cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: soal ayam bagus

Post  Sponsored content Today at 21:32


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik