Ayam Bangkok Jago...juga buat kesayangan dan hidangan keluarga

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ayam Bangkok Jago...juga buat kesayangan dan hidangan keluarga

Post  walyaw on Mon 14 Feb 2011, 14:18

Salam kenal semua.

Sejauh ini saya tidak pernah peliharta ayam secara intens, tapi memang selalu pelihara ayam utk kelangenan alias hobby dan dalam rangka go-green (halahhhhh...pdhl ya buat nampung sisa2 makanan dirumah hehehe)

pas tgl 10-10-10, iseng2 beli anakan ayam di kios pakan deket rumah, yg jual sih bilangnya ayam bangkok, kalo' dilihat dari bulu2nya sih palingan sekira umur 2-4 mingguan gitu, deal di harga 30rb seekor, beli seekor aja dahhh, ya dg insting hobbies secara UMUM saya pilih yg:
-keliatan paling gesit lincah dan lahap makan
-ukuran paling gede
-bulu, mata, kloaka dan keseluruhan penampilan bersih
-ada sedikit tonjolan diatas tunggir, sekedar utk mastiin jantan
-perawakan tegap
-bentuk anggota tubuh normal; paruh, kepala, sayap, kaki, dada, dll
-nahhhhhh jaman kecil dulu pemeo standar buat mastiin ayam rambon (peranakan bangkok ya standar aja: kaki besar dan ada lingir-nya (kayak bersudut2 di gares/bagian depan kaki ayam), saat berdiri ruas jari tengah kakinya agak bengkok ke arah dalem, bentuk muka/mata/paruh khas)

nahhhhh...seperti biasa, kalo' beli ayam ya pantesnya dapat bonus pakan voer (terserah voer apa) barang sekilo hehehe...

nyampe rumah, sepakat ama anak2 kta kasih nama: MARTY...(saat itu lagi ribut petugas laut kita ditangkep ama tentara malaysia hehehe)

coba kasih makan nasi sisa + voer dikit...lahap
hari2 berikutnya kadang nasi+dedak+susu bubuk dancow jatah anak dikit
segala sisa makanan kasih dahhhh kayak:
-potongan telur goreng, sosis, kulit ayam KFC, tempe, tahu, dll (anak2 kalo' makan suka nyisa kan)
-tulang muda, nggak kemakan ama anak2 ya kita kunyah dikit trus kasih deh ke ayam
-dalam seminggu pasti adaaa aja saatnya ada sayur basi, drpd bikin bau tempat sampah ya mending kita treatment, cuci pake air sampe lendirnya ilang, umpanin deh ke ayam
-cangkang telor nggak selalu dibuang, sesekali ancurin sampe agak lembut dan nggak terlalu tajem, campurin juga ke ransum ayam
-kulit apel/pear atau sisa potongan buah, ngapain dibuang, dirajang aja sampe lembut, umpanin juga deh ke ayam
-dll

walhasil selama 4 bulan, nggak pernah beli pakan sedikitpun buat si MARTY, hari sabtu iseng2 ditimbang pake timbangan kue, beratnya 1.950 gram hehehe...lumayannnnnn...

sebetulnya sempet ragu juga, waktu udah 2 bulanan kita pelihara, kok ekor lancur-nya nggak keliatan, wahhhh kacau kok tumben salah pilih ayam betina eeee toh buat dipotong ini hehehe...lhoooo tapi setelah 3-4 bulan ternyata ekor lancurnya dah mulai tambah keliatan dan tambah tegap dna pastinya tetep GALAK, suka matok kalo' dipegang or dijulurin tangan hehehe...brarti bangkok beneran, gitu dalam hati hehehe

nahhhhh...hari minggu kemarin (13 Feb '11), mampir ke kios pakan ayam lagi, wuihhhhh kebetulan kok lagi ada banyak anak ayam bangkok lagi, yg seumuran 2-3 minggu ada 11 ekor, tawar2 deal 350rb dan seperti biasa voer 1kg hehehe...

nyampe rumah, anak2 bingung mo' kasih nama siapa aja, trus ide muncul dari anak perempuan, kasih nama pemain2 timnas aja, sip! deal! hehehe

trus gimana dg Marty? kan nggak ada tempat?

ya begitu nyampe rumah, minta ke istri rebusin air, and siapin pisau + tas plastik + ember...begitu air rebusan sekira panas, ajakin anak2 ngumpul, bismillah, kita potong and ajarin anak2 cabutin bulu ayam and potong2 bagian2 tubuh ayam.

anak2 ngantuk...ketiduran disofa

bini siapin bumbu opor, masakkkkkk dehhhh

begitu anak2 bangun tidur...alhamdulillahhhhhhh...senengnya mereka lahap makan and sesekali rebutan kepala-otak-ati-ampela hehehe...

waktu di kios, ada 2 orang pembeli lain, sempat nanya2 juga, mereka pikir saya hobby adu ayam, lha beli anakan bangkok kok 11 ekor, hehehe...saya bilang ya memang seneng ayam dan memang seneng lihat perkembangannya, lha 4 bulan beratnya dah hampir 2 kilo jeh hehehe

anyway, bukan maksudnya mau pamer tega2an makan piaraan kesayangan kita, tapi sekedar share bahwa sisa makanan kita adalah juga ransum yg baik buat ayam kesayangan kita, nahhhhh perkembangannya pun bagus, kalopun piara ayam kampung dg harga kuthuk yg lebih murah tapi peningkatan berat ayam bangkok keliatannya jauh lebih yahud hehehe...
Solusi di jaman ekonomi sulit kek skr, punya cadangan sumber protein buat keluarga walaupun lahan amat sangat terbatas

skr anak2 lagi seneng2nya punya kesebelasan anak ayam...udah kayak miara ikan koi aje, sambil makan, sambil sesekali lemparin makanan ke kerumunan anak ayam hehehe seneng lihat mereka lahap rebutan...

bini sih udah cuap2 aja, nanti lihat bulan ke 3, kalo' udah ada yg pantes dipotong ya dikurangin, nggak harus dimakan hari itu, bisa dibacem/ungkep/bumbu kuning buat stock di freezer/kulkas modal sarapan anak2, ayam organik, makanan sehat bebas residu,
nahhhhh sisain deh yg bagus2 buat kluruk'an bangunin pagi2 hehehe...

walyaw
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 14.02.11

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik