terapi untuk ngilangin bubul

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

terapi untuk ngilangin bubul

Post  Jibriel Panglima on Wed 05 Aug 2009, 23:27

salam kukuruyuk...., saya mempunyai ayam yang kakinya kena bubul.. saya disarankan oleh senior saya untuk melakukan terapi dengan cara ayam dikurung didalam kandang / keranjang jemur yang dibawahnya (lantainya) terdapat lumpur yang telah ditaburi garam, menurut Beliau bubul akan hilang dengan sendirinya dikarenakan bubul tersebut akan mudah tanggal apabila udah sampai waktunya... sama dengan kutil yang selalu direndam didalam air akan mudah lepas apabila dicabut..... apakah pendapat itu benar mas? Mohon petunjuk. Evil or Very Mad

Jibriel Panglima
kopral
kopral

Jumlah posting : 13
Join date : 24.07.09
Lokasi : Bagan siapiapi

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Administrator on Thu 06 Aug 2009, 13:01

Cara pengobatan ini masih kotroversi... Banyak yg menyarankan, tapi sangat sedikit yg mencoba. Sy sendiri belum pernah mencobanya.
Bubul itu adlh infeksi luka. Kalau direndam dalam lumpur, sy khawatir infeksinya malah bertambah parah krn kotor dan banyak bakteri disana.

Sy justru cenderung mensterilkan luka dgn sebisa mungkin menjaga kebersihan luka tsb dan memberikan alas kandang yg empuk supaya luka tidak bertambah parah.
Pengobatan tergantung seberapa parah tingkat lukanya. Kalau sudah menganga lebar, sangat sulit disembuhkan. Tapi kalau masih kecil, kemungkinan masih bisa sembuh.
Untuk tahap pertama, sembuhkan dulu bengkaknya dgn memberikan balsam setiap hari. Setelah bengkaknya mengecil, luka bisa disembuhkan dgn obat kutil COLOMAC dan ditutup plester.
Jangan sekali2 mencabut lukanya krn justru akan menimbulkan luka baru. Biarkan saja lukanya keluar sendiri.

CMIIW

salam

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Jibriel Panglima on Thu 06 Aug 2009, 13:05

terima kasih banyak atas petunjuknya bang...... Twisted Evil

Jibriel Panglima
kopral
kopral

Jumlah posting : 13
Join date : 24.07.09
Lokasi : Bagan siapiapi

Kembali Ke Atas Go down

bubul

Post  Hendro on Sat 08 Aug 2009, 21:23

sedikit menambahkan...saya punya pengalaman mengatasi bubul dengan cukup sukses, jika bubul sudah tua/bengkak besar dan keras ambil paku/logam yang seukuran dengan mata bubul yang mengeras pada kaki ayam, bakar paku tersebut sampai panas benar kemudian tempelkan HANYA pada mata bubul yang keras tersebut ( hati2 jangan sampai terkena kulit ayam sekitarnya ), biarkan sesaat sampai panas merasuk dan kaki ayam dihentakkan tanda kepanasan, ulang 3 -4 kali tindakan tersebut kemudian ayam diumbar biar jalan2...lakukan hal tersebut selama 3 hari...biasanya dalam 1 minggu mata bubul menjadi mati dan bengkak juga mengecil, ayam dijamin tidak pincang lagi....selamat mencoba...salam Idea

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Administrator on Sat 08 Aug 2009, 23:32

Hendro wrote:sedikit menambahkan...saya punya pengalaman mengatasi bubul dengan cukup sukses, jika bubul sudah tua/bengkak besar dan keras ambil paku/logam yang seukuran dengan mata bubul yang mengeras pada kaki ayam, bakar paku tersebut sampai panas benar kemudian tempelkan HANYA pada mata bubul yang keras tersebut ( hati2 jangan sampai terkena kulit ayam sekitarnya ), biarkan sesaat sampai panas merasuk dan kaki ayam dihentakkan tanda kepanasan, ulang 3 -4 kali tindakan tersebut kemudian ayam diumbar biar jalan2...lakukan hal tersebut selama 3 hari...biasanya dalam 1 minggu mata bubul menjadi mati dan bengkak juga mengecil, ayam dijamin tidak pincang lagi....selamat mencoba...salam Idea

Sy kurang mendalami tentang masalah kedokteran. Tapi sy pernah membaca bahwa 'membakar' luka merupakan teknik pengobatan kuno yg darurat dipakai para prajurit Romawi dimedan pertempuran (tdk ada obat lain).
Pernah nonton film RAMBO..?? Sy lupa Rambo serie keberapa, tapi disana ada adegan Rambo yg membakar luka bekas kena tembakan di bahunya.
Teknik ini digunakan utk menghilangkan infeksi agar tidak menjalar kejaringan tubuh yg lain. Jaringan luka yg terinfeksi bakteri menjadi mati dan lebih mudah disembuhkan. Hanya saja, kita gantian harus memperbaiki luka bakar tsb dan dijaga agar tidak terjadi infeksi lagi. Cara ini harus dilakukan dgn sangat hati2.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Denbagus on Thu 13 Aug 2009, 09:45

Klu saya boleh nambahi saya punya obat bubul, model salonpas yg didalamnya ad obatnya, di tempelin ke bubul, tp jgn sampe lepas, klu bisa setelah di tempel diluar di balut handyplas yg kencang, krn kalu gak kencang suka di patukin sama ayammya, jgn dilepas selam 3 hari, diulang sampai 3 x berarti 9 hari, mudah2an sembuh, CATATAN : sebelum ditempel kaki ayam di bersihkan pakai air hangat dulu

Klu perlu obat bisa hub saya di no. 081542031256

Denbagus

Jumlah posting : 7
Join date : 01.08.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  opik_98 on Thu 13 Aug 2009, 23:17

saya pernah liat ayam yg kena bubul,setiap pagi diumbar di tempat yang diberi tahi kerbau,kemudian sore dilap dengan minyak tanah trus dikasih terasi ,tahi kerbaunya di taro didlm lubang seukuran kandang untuk jemur ayam
ayam itu sembuh total dari bubul setelah 1 minggu

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

obat buat bubul

Post  gerimis on Thu 04 Feb 2010, 21:10

Menurut saya apa yang di katakan oleh bang Admin benar, tapi cara yang dipakai oleh om Hendro patut dicoba, karena sedikit sekali pengetahuan bagaimana cara menyembuhkan bubul, dan semua itu pun sama sekali tdk bisa dijadikan patokan. Saya sendiri punya sebuah cara yang menurut saya pribadi berhasil untuk menyembuhkan bubul pada telapak kaki ayam. Caranya mudah, obatnya murah dan persentase kesembuhan 90%. Dan cara ini merupakan hasil dari penelitian saya selama bertahun2 (profesor kali) ha...ha...ha...ha...
1. Bersihkan telapak kaki ayam dengan air, kemudian di keringkan hingga bnr2 kering dengan kain bersih.
2. Oleskan kanterpen pada bubul ayam, kemudian pegang kaki ayam hingga 5 menit atau sampai obat benar2 kering. kemudian ayam ditaruh dikandang dengan alas karpet bersih. Keesokan harinya ulangi lagi mengolesi bubulnya dengan kanterpen, tanpa harus di bersihkan dulu dengan air. lakukan setiap hari selama seminggu atau lebih tergantung dari tingkat keparahan bubul.
Catatan : Kalau bubul yang sudah membesar bisa di bantu pengelupasan bubul secara manual dengan tangan, tapi cara tersebut dilakukan setelah pemakaian kanterpen selama satu minggu lebih, atau setelah bubul terlihat lebih kecil, dengan cara mencuci terlebih dahulu bubul dengan air hingga bubul melunak, baru kemudian pengelupasan di lakukan, dan jangan lupa setelah pengelupasan dilakukan oleskan kembali bubul dengan kanterpen. Jangan khawatir ayam akan pincang, karena fungsi dari kanterpen itu sendiri adalah, untuk menghilangkan rasa sakit, memperkecil bengkak secara bertahap, dan mengebalkan telapak kaki. Saran aja, kalau misalkan kurang yakin dengan cara yang saya tuliskan diatas mungkin bisa di coba dengan ayam yang sudah tidak dipakai lagi atau ayam untulan.
Ya...mungkin cara ini bisa di coba moga2 bisa membantu. Bagi yang sudah mencoba bisa menuliskan hasilnya di forum ini, sebagai bahan masukan bagi saya. Terima kasih. Wink Wink Wink Wink Wink


Terakhir diubah oleh gerimis tanggal Thu 04 Feb 2010, 22:51, total 1 kali diubah

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  cobain on Thu 04 Feb 2010, 21:34

itu sudah lengkap mas,mantap

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Sinyo_nakano on Fri 05 Feb 2010, 12:21

Ada botoh yang menyarankan pake lem Alteco.... gk tau manjur gk hehehe blm pernah nyoba drunken

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Kumbang on Mon 08 Feb 2010, 12:50

Kawans... ini pengalaman sy.
Pernah sy berusaha menyembuhkan jago sy yg lumpuh krn turun urat di kedua kakinya, krn ayam ga bisa bangun (ngedeprok istilahnya) maka mau tak mau alas kandang harus selalu bersih klo tidak, belepotan kotoran lah badan itu jago.
Untuk menyembuhkan lumpuhnya setiap pagi & sore sy lakukan pengompresan dng cara di rendam di rebusan air sereh+jahe & di lanjutkan dng melumuri balsem ke pergelangan hingga telapak kakinya.
Setelah beberapa bulan (lupa pastinya) saat ayam sudah berdiri normal & turun uratnya sudah sembuh sy baru sadar... hah... Surprised (mode kaget: on) ternyata bubul di kedua kakinya turut hilang... lang, mulus... lus ga ada satu gores pun luka.
Silahkan masing2 kita memaknai kejadian itu... Cool

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Sinyo_nakano on Mon 08 Feb 2010, 13:53

Kumbang wrote:Kawans... ini pengalaman sy.
Pernah sy berusaha menyembuhkan jago sy yg lumpuh krn turun urat di kedua kakinya, krn ayam ga bisa bangun (ngedeprok istilahnya) maka mau tak mau alas kandang harus selalu bersih klo tidak, belepotan kotoran lah badan itu jago.
Untuk menyembuhkan lumpuhnya setiap pagi & sore sy lakukan pengompresan dng cara di rendam di rebusan air sereh+jahe & di lanjutkan dng melumuri balsem ke pergelangan hingga telapak kakinya.
Setelah beberapa bulan (lupa pastinya) saat ayam sudah berdiri normal & turun uratnya sudah sembuh sy baru sadar... hah... Surprised (mode kaget: on) ternyata bubul di kedua kakinya turut hilang... lang, mulus... lus ga ada satu gores pun luka.
Silahkan masing2 kita memaknai kejadian itu... Cool

Wah perlu dicoba tuh ....

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Kumbang on Tue 09 Feb 2010, 12:28

Wah perlu dicoba tuh ....[/quote]

Boleh aja klo mo di coba mas kan pernah terbukti berhasil, tp tingkat efektifitas cara itu yg mesti di kaji lagi krn saat itu yg saya lakukan mengobati turun urat, bukan bubul... jadi klo tuk bubul mungkin ada cara teman2 lain yg lebih efektif.
Maksud tulisan sy sebenarnya mo ngegambarin klo penyakit bubul itu lawan nya cuma 1. kebersihan... tinggal di liat penyakit lain yg menyertai, sperti bengkak.
Klo blom bengkak sih gampang, bikinin aja 'sepatu' dari ban dalem tuk 'dia' pake sehari2 setelah kaki di cuci bersih & di beri balsem & klo dah aga bengkak baiknya jangan di gebrak2 dulu sblom sembuh krn sering kali benturan2 di telapak kaki bikin bubul semakin bengkak.

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  toyek on Thu 04 Mar 2010, 02:10

untuk ngilangin bubul gampang mas, tempelkan CAPLAK / KOYOK CABE tiap 3 hari sekali ganti pasti sembuh n saya sdh sering melakukan n sukses mas.met mencoba,.

toyek
kopral
kopral

Jumlah posting : 22
Join date : 23.01.10

http://sawunggalingbondowoso.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Sinyo_nakano on Thu 04 Mar 2010, 12:50

Wah tambah lagi masukan... semoga bermanfaat cheers

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  legolas on Sat 15 May 2010, 16:38

kalau didaerah saya obat untuk menyembukan bubul dengan cuka getah karet, saya tidak tau sebutan untuk daerah lain. tapi dengan menetes kan cuka getah karet ini bubul dalam sekejam akan kering. dan dalam waktu beberapa hari akan sembuh.

legolas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 941
Join date : 03.03.10
Lokasi : Cengkareng - jakarta barat

http://legolaz.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  ferry bun on Sun 16 May 2010, 01:07

legolas wrote:kalau didaerah saya obat untuk menyembukan bubul dengan cuka getah karet, saya tidak tau sebutan untuk daerah lain. tapi dengan menetes kan cuka getah karet ini bubul dalam sekejam akan kering. dan dalam waktu beberapa hari akan sembuh.
oh gitu ya bozzz @legolas .....asam untuk bekukan getah klw ngak salah pasti betul ehehehhehe ya asam sulfat, asam semut ( asam formiat )

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  mas anto klaten on Mon 17 May 2010, 17:53

okelah kalau begitu...........
semua dah terbukti manjur tinggal pilih aja mana yang cocok.........

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  cece on Thu 20 May 2010, 13:29

mas2 smua..kalo ayam saya kaki sebelah kiriny,di telapak kaki.ada semacan luka yg bermata kaya bisul.ini udah lama banget mas.2 taun lebih kayakny.emang agak bengkak tapi td terlalu berbeda dng yg normal.selama ini sih tdk terlalu mengganggu karna jagony udah jd biang.beberapa hari yg lalu iseng2 matanya tu bubul saya colok mas.eh keluar sesuatu kayak urat yg berwarna hitam keunguan dan agak merah.anehny saat saya tarik eh keluar sekitar stengah cm dan lagi tdak berdarah..itu apa ya?urat kaki ayam yg mati tw apa..baekny saya gimanain neh mas2 semua...

cece
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 57
Join date : 13.04.10
Age : 33
Lokasi : Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  cece on Thu 20 May 2010, 17:44

Gimana tuh bang admin?masalah gak?

cece
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 57
Join date : 13.04.10
Age : 33
Lokasi : Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  agung w j on Sun 11 Jul 2010, 17:16

wah mantap banget nih forumnya mau dicoba semua ah masukannya, kebetulan lg ada yg kena bubul nih. thanks semua

agung w j

Jumlah posting : 9
Join date : 29.01.10

Kembali Ke Atas Go down

re : Terapi ngilangin bubul

Post  mas Joko aja ah... on Sun 11 Jul 2010, 17:45

cara yang sudah pernah saya coba, untuk bubul yang besar dan keras, cuci bersih pakai sabun, sampai bubulnya lunak lalu bubulnya di lubangi sedikit pakai silet kemudian kasih minyak goreng beberapa tetes dan sedikit lirang ( dibeli di bakul jamu di pasar), lirang di taburkan diatas bubul, siapkan besi panas, tempelkan besi panas tsb pada lirang maka lirang akan terbakar bersama minyaknya dan merasuk kedalam luka, dirasa sudah cukup sampai kaki ayam mancal2. Balut kaki ayam dengan plester jangan sampai kemasukan kotoran, 3 hari sekali diulang. lama-lama bubul akan kering dan akar-akarnya otomatis akan mati, tinggal mencongkel borok yang sudah mati, luka yang berlubang jangan sampai kena kotoran, makanya selalu dibalut / plester dan kapas. selamat mencoba!!!





mas Joko aja ah...
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 29.08.09
Lokasi : kendal jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  legolas on Sun 11 Jul 2010, 17:47

bang jeck wrote:cara yang sudah pernah saya coba, untuk bubul yang besar dan keras, cuci bersih pakai sabun, sampai bubulnya lunak lalu bubulnya di lubangi sedikit pakai silet kemudian kasih minyak goreng beberapa tetes dan sedikit lirang ( dibeli di bakul jamu di pasar), lirang di taburkan diatas bubul, siapkan besi panas, tempelkan besi panas tsb pada lirang maka lirang akan terbakar bersama minyaknya dan merasuk kedalam luka, dirasa sudah cukup sampai kaki ayam mancal2. Balut kaki ayam dengan plester jangan sampai kemasukan kotoran, 3 hari sekali diulang. lama-lama bubul akan kering dan akar-akarnya otomatis akan mati, tinggal mencongkel borok yang sudah mati, luka yang berlubang jangan sampai kena kotoran, makanya selalu dibalut / plester dan kapas. selamat mencoba!!!

wa mantap ni bang jeck. thx atas infonya.. tapi uda mirip berobat jalan ya hahhahahah

legolas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 941
Join date : 03.03.10
Lokasi : Cengkareng - jakarta barat

http://legolaz.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  anex36 on Sun 26 Sep 2010, 22:08

Jibriel Panglima wrote:terima kasih banyak atas petunjuknya bang...... Twisted Evil

q stuju dgn smua saran n cra2 para senior
trima kasih banyak Very Happy Very Happy Very Happy

anex36

Jumlah posting : 2
Join date : 26.09.10

Kembali Ke Atas Go down

bang aymku ko blm sembuh2, ada g cra yg lbh c4 n praktis bwt aymku

Post  anex36 on Mon 18 Oct 2010, 10:51

Administrator wrote:Cara pengobatan ini masih kotroversi... Banyak yg menyarankan, tapi sangat sedikit yg mencoba. Sy sendiri belum pernah mencobanya.
Bubul itu adlh infeksi luka. Kalau direndam dalam lumpur, sy khawatir infeksinya malah bertambah parah krn kotor dan banyak bakteri disana.

Sy justru cenderung mensterilkan luka dgn sebisa mungkin menjaga kebersihan luka tsb dan memberikan alas kandang yg empuk supaya luka tidak bertambah parah.
Pengobatan tergantung seberapa parah tingkat lukanya. Kalau sudah menganga lebar, sangat sulit disembuhkan. Tapi kalau masih kecil, kemungkinan masih bisa sembuh.
Untuk tahap pertama, sembuhkan dulu bengkaknya dgn memberikan balsam setiap hari. Setelah bengkaknya mengecil, luka bisa disembuhkan dgn obat kutil COLOMAC dan ditutup plester.
Jangan sekali2 mencabut lukanya krn justru akan menimbulkan luka baru. Biarkan saja lukanya keluar sendiri.

CMIIW

salam

anex36

Jumlah posting : 2
Join date : 26.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: terapi untuk ngilangin bubul

Post  Sponsored content Today at 19:27


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik