'Membaca' karakter ayam

Halaman 3 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  Joko on Fri 26 Mar 2010, 20:05

dumac wrote:Dalam penerapan ternak...setiap orang punya cara dan pengalaman masing2....kalo buat saya simple aja...keberhasilan ternak kita ukurannya adalah hasil pertarungan dari anakan2 kita sendiri di kalangan....banyak yg menang..? atw lebih banyak yg kalah..? Heheheehe...... Very Happy

Memang betul saya setuju sekali bahwa penilaian akhir dari ternak kita adalah ujian di lapangan, apalagi klo kemenangan tersebut diraih dengan mengalahkan jago2 klas undangan yang sudah menang beberapa kali.

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  Jagonantang on Sun 28 Mar 2010, 20:03

putr4 wrote:Sy sedikit beda pendapat sama bang Jeck. Maaf sebelumnya bang...
Very Happy

Menurut saya, ayam yg menang utk dijadikan pacek itu bagus. Tapi dilihat dulu bagaimana cara menangnya..?? Ada ayam yg puluhan kali menang dgn cara asor. Dipukuli dulu sejak awal krn tekniknya yg kurang bagus. Saya kira kalau cara menangnya yg seperti ini, maka kemungkinan besar anaknya akan mewarisi sifat dan karakter tarungnya yg asor.
Saya lebih memilih ayam utk pacek yg cuma 1-3X menang tapi dgn cara yg gemilang, dgn teknik bagus dan pukulan yg tajam.
Bahkan sy berani menggunakan ayam yg belum pernah menang sekalipun utk pacek, asal terlihat teknik dan pukulnya yg bagus serta keturunan ayam bermental baja.

Seorang teman saya yg importir pernah bercerita, bahwa ada peternak besar di bangkok yg biasa menjual ayam utk eksport. Peternak ini selalu menyisakan 1 ekor ayam hasil ternaknya yg terbaik, disimpan tidak dijual, khusus utk dijadikan stok indukan. Tidak diadu sekalipun. Ditunggu sampai cukup umur, dan langsung dijadikan pacek.
Alasannya, Kalau terus menerus diadu, apalagi sampai puluhan kali, ayam tidak akan sempurna sebagai pemacek. Menang puluhan kali tentu akan membuatnya cacat sehingga yg tersisa hanya masa kejayaannya saja. Tanpa diadu, maka kesehatan dan kebugaran ayam akan terus terjaga, dan periode ternaknya jadi lebih panjang.

Ternak adalah persoalan penurunan sifat, karakter dan mental. Bukan menurunkan kemenangan. Kemenangan tidak dapat diturunkan pada anaknya krn menang itu bukan sebuah sifat. Kemenangan adlh hasil sebuah proses.




Akur!,...setuju,..
demikianlah adanya,meski tidak bisa dipungkiri pada sebuah silsilah keturunan, ada istilah yang pada manusia disebut bibit bebet bobot,pada binatang dan tanaman ada istilah;bibit unggul.
kalau teman saya bilang,anak macan pastilah macan,anak kambing jadilah kambing.
kalau orang kecil spt saya, kepingin jadi wakil rakyat umpamanya,ada istilah;..
cacing kepingin jadi naga.
huheheheh,...yah itu sekedar intermesoh,...
salam papaji.

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  jupiz04 on Sat 01 May 2010, 12:30

menarik mas infonya,....thx lumayan dapat tambah ilmu nih

makasih & salam kenal

jupiz04
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 01.05.10
Lokasi : Salatiga

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  klatenbersinar on Tue 11 May 2010, 18:53

bang jeck wrote:Warna hitam...tidak ada warna lainnya.
2. Mukanya ditumbuhi bulu (brewok)
3. Bulu lehernya (rawis) mirip dg bulu leher ayam betina
4. Bulu dipinggangnya juga mirip dg bulu ayam betina
5. Bulu ekor pendek..lebih panjang sedikit dari ekor betina
6. Ukuran pinggang dan tingginya hanya sekitar 6,5


saya pernah punya ayam seperti itu, kalau manusia dia bisa disebut maaf (wadam) atau punya gen jantan dan betina, seharusnya punya pukulan yang keras. Untuk dijadikan pacek kurang bagus (sudah saya coba) sebaiknya gunakan untuk hiburan bertarung saja.

Kalau mau buat pacek menurut saya sebaiknya ayam yang sudah punya rekor menang diatas 10 kali dan punya darah BK asli, kalau masih campuran atau menang 1-3 kali itu biasa, dan rasnya kurang puas hasilnya.

Bang Jeck

klo baru menang 4x pur 1x gimana bang jeck...?? oiya permasalah umur pacek menurut bang jeck yang bagus kira kira berumur brapa?

klatenbersinar
kopral
kopral

Jumlah posting : 40
Join date : 11.05.10
Lokasi : Klatenbersinar

Kembali Ke Atas Go down

membaca karakter ayam

Post  Lan9it on Tue 18 May 2010, 15:20

owh ... begitu ye.. sedap bangeeettt informasinya Bang Admin .. tp diantara analisis di atas yang dapat dijadikan patokan dalam memilih ayam yg baik yg mana ya ??? trims before.. Smile Smile Smile

Lan9it
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 22.04.10
Age : 31
Lokasi : Ciputat - Jakarta Selatan

http://www.paradisme.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  gebok ambrok on Sat 12 Jun 2010, 23:00

Maju terus pantang mundur tapi jangan lupa tengok kiri kanan Evil or Very Mad
Semua orang pasti punya tips & trik untuk menggapai misinya dengan cepat .
1.pastikan 1 pacek yg berkwalitas baik tehnik,mental serta ukuran
2.pastikan juga biang yg berkwalitas baik tehnik,mental serta ukuran
3. perbandingan pacek sama biang 1:5 . ( 5 biang tidak langsung di campurkan
sama pacek ) 2 biang campurkan dulu nanti kalau sudah pada mau mengeram masukkan 2 biang lg ...dst .> meng efektifkan perkawinan
4. ketika usia anak +- 3 bln sudah pada beradu kita perhatikan gaya tarungnya.
kalau tidak sesuai langsung di geser sama biang2 nya .(siapin biang penggantinya ).> meng efektifkan waktu seleksi biang .
5. jangan pernah meremehkan masukan atau cerita dari senior maupun junior
6.wajib membawa ayam ke kalang atau ke peternak yg lain untuk uji kwalitas

gebok ambrok
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 247
Join date : 31.05.10
Age : 39
Lokasi : Sepatan Tangerang. Tlp. 087808780622

Kembali Ke Atas Go down

thank om

Post  gali galih on Fri 09 Jul 2010, 02:21

info ini sngt bermanfaat bagi pemula sperti saya

gali galih
kopral
kopral

Jumlah posting : 27
Join date : 09.07.10
Age : 37
Lokasi : banda aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  landijago on Sat 24 Jul 2010, 12:35

nimbrung bos.pengalaman sendiri sy pernah punya ayam asor menang 2 x lawan patah leher semua sy pacekin ama babon anaknya ga ikutan bapanya tu asorasor asumsinya ayam asor ga selalu nurunin anakan asor kl ga salah denger2 anak cendrung lebih banyak ngikut ke babon sisanya ikut bapanya kl ga anak laki ikut babon anak perempuan ikut bapa

landijago
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 24.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  Administrator on Sat 24 Jul 2010, 12:50

landijago wrote:nimbrung bos.pengalaman sendiri sy pernah punya ayam asor menang 2 x lawan patah leher semua sy pacekin ama babon anaknya ga ikutan bapanya tu asorasor asumsinya ayam asor ga selalu nurunin anakan asor kl ga salah denger2 anak cendrung lebih banyak ngikut ke babon sisanya ikut bapanya kl ga anak laki ikut babon anak perempuan ikut bapa

Memang tidak ada jaminan karakter anak akan selalu ikut bapak atau ibunya.
Kalau memang tidak cocok, pacek bagus ketemu babon super sekalipun, tidak menghasilkan anak yg bagus.

Tapi dari sisi logika, yg istimewa dikawinin sama yg super aja belum menjamin. Apalagi kalo yg jelek dikawinkan...???
Kalau bapaknya ngoyor, ada kemungkinan anaknya juga ngoyor. Sekali lagi, meskipun tidak menjamin, tapi kemungkinan itu tetap ada.

Ternak itu bisa dilihat dari sisi probabilitas (kemungkinan). Jadi tergantung kejelian kita mencari pasangan yg cocok agar kemungkinan hasil yg jelek bisa dihindari.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  landijago on Sat 24 Jul 2010, 15:42

gausah bingung mas bener kt mas siapatuh td kl bisa mah ke 2 duannya hrs super jagonya bagus alias jawara babonnya jg yg baguas alias super mudah2an anaknya ikut kedua ibu bpk nya sama2 jd ayam bagus

landijago
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 24.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  pemula keras on Tue 17 Aug 2010, 23:30

tenyata mitos bahwa sang ayam mencermikan pemeiliknya
hampir sedikit2 benr yah hehehe Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

membaca karakter,,

Post  dedekgombosantosa on Wed 18 Aug 2010, 08:00

pemula keras wrote:tenyata mitos bahwa sang ayam mencermikan pemeiliknya
hampir sedikit2 benr yah hehehe Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing
sedikit,,,byk..juga ada benernya,,,,,hehheee..... clown

dedekgombosantosa
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 12.08.10

http://www.facebook.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  jaghana on Wed 18 Aug 2010, 08:58

dedekgombosantosa wrote:
pemula keras wrote:tenyata mitos bahwa sang ayam mencermikan pemeiliknya
hampir sedikit2 benr yah hehehe Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing
sedikit,,,byk..juga ada benernya,,,,,hehheee..... clown

bisa jadi...... pirat pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  arif on Wed 18 Aug 2010, 12:25

kadang betul mas.. orang kadang mencari ayam sesuai dengan selera (karakter) orang tersebut (sadar atau tanpa disadari) dan yang pasti, sedikit banyak menggambarkan karakter si empunya ayam juga. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  ari delta on Wed 18 Aug 2010, 18:57

Kalo kriteria ayam sesuai dgn sifat orangnya, kira2 sifat orang tsb buat :
-Teknik ayam kuda lari?
-Teknik ayam kontrol aktif?
-Teknik ayam tarik dasi?
-Teknik ayam mukul tanpa matuk?
-Teknik ayam mbrakot?
-dan teknik ayam lainya yg saya tdk tau..
Tapi kalo untuk orang yg mencari tekniknya komplet brati sifat orang tsb apa hayoo..??

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  pemula keras on Wed 18 Aug 2010, 22:01

ari delta wrote:Kalo kriteria ayam sesuai dgn sifat orangnya, kira2 sifat orang tsb buat :
-Teknik ayam kuda lari?
-Teknik ayam kontrol aktif?
-Teknik ayam tarik dasi?
-Teknik ayam mukul tanpa matuk?
-Teknik ayam mbrakot?
-dan teknik ayam lainya yg saya tdk tau..
Tapi kalo untuk orang yg mencari tekniknya komplet brati sifat orang tsb apa hayoo..??

tipe orangnya superman kk delta ato tipe orang yang gatot kaca....

hahahaha Razz Razz Razz
sedikit guyonan kk pada tau ikan kerapu kan.. kalo di kalimantan timur istilahnya tuh ikan tipe
Weteng Karet... (perut karet)
Rai gedek... (muka atap rusak)
hehe

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  landijago on Fri 27 Aug 2010, 10:58

kemaruk lah paling

landijago
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 24.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  jackone on Tue 07 Sep 2010, 06:59

Memang tidak gampang menjadi Andmin dalam forum terbuka... penguasaan materi dan pengalaman menjadi sangat berharga bagi yang membacanya.
Thanks banget !

Administrator wrote:Bagi para pemain senior dan berpengalaman, penampilan fisik seekor ayam jago dipercaya bisa menggambarkan ciri2 karakternya. Meskipun ini tidak menjamin 100%, tapi akan sangat berguna sebagai bahan referensi bila kita mencari 'gandengan' di arena.
Tulisan ini sy tulis berdasar pengalaman dan informasi botoh2 senior dilapangan.
Mohon maaf bila ada kesalahan.

Jengger
- Jengger yg besar menandakan type teknik ayam yg lebih 'kalem'.
- Jengger kecil menunjukan teknik yg lebih gesit.

Kulit muka
- Kulit muka tebal berkerut2 menandakan tekniknya yg kalem dan lebih tahan menerima pukulan.
- Kulit muka yg tipis menandakan ayam gesit namun lebih rentan menerima pukulan.

Bentuk kepala
- Bentuk kepala yg besar menandakan 'ayam bodoh'.
- Bentuk kepala yg lebih kecil seperti pinang biasanya ayam lebih cerdik.

Leher
- Tulang leher yg besar mencirikan ayam bukan type peluk. Cenderung monoton dalam teknik tarungnya.
- Leher yg lebih kecil menandakan pergerakan leher dan kepala lebih luwes dan kemungkinan memiliki kuncian yg baik.

Badan
- Bentuk badan yg tegap lebih dari 45 derajat menandakan type teknik bermain di atas.
- Badan yg sedikit membungkuk kurang atau sama dengan 45 derajat menandakan ayam lebih banyak bermain di bawah.

Tulang dada
- Tulang dada panjang menandakan ayam memiliki daya tahan pukul yg baik, pukulan keras, tapi kurang lihai memukul rapat.
- Tulang dada pendek memiliki pukulan yg lengkap dan akurat tapi kurang kuat menahan pukulan lawan.

Ekor
- Ekor yg panjang mencirikan teknik yg kalem.
- Ekor yg pendek menandakan teknik dan pukulan yg lebih cepat dan gesit.

Paha
- Jarak kedua paha yg lebar (sama dengan atau lebih besar dari telapak tangan yg dimasukan diantaranya) menandakan pukulan yg keras. Terlalu lebar jalu kurang galak.
- Jarak kedua paha yg lebih rapat menandakan pukulan yg cepat (gancang). Terlalu sempit pukulan tidak sakit.
- Paha yg berbentuk seperti paha belalang memiliki kekuatan dan konsistensi pukulan yg baik.
- Paha yg seperti 'paha ayam goreng' pukulan akan 'tirus' (semakin lama semakin berkurang bobotnya).


Contoh kasus :
1- Ayam musuh berjengger kecil, kulit muka tipis, leher rotan (kecil), badan 45 derajat, ekor agak pendek. Kemungkinan besar tekniknya gesit cenderung dibawah, pukulan cepat, memiliki kemampuan mengunci, tapi agak kurang tahan dipukul.

2- Ayam dgn jengger besar, kepala pinang, leher rotan, kulit muka tebal, badan tegap dgn buntut panjang. Kemungkinan besar teknik kontrol yg sulit diturunkan, memiliki kemampuan ngunci, dan pukulan yg keras akurat.

3- Ayam dgn kepala besar, muka tebal, jengger besar, leher besar, badan tidak tegap, ekor agak pendek. Kemungkinan main di bawah dgn lambat (ngoyor), tapi punya daya tahan pukul yg bagus.

Silakan dianalisa dari berbagai kombinasi diatas. Untuk kualitas pukulan, saran saya, semua ayam harus dianggap memiliki pukul yg bagus saja. Jadi kita jangan terlalu meremehkan pukulan lawan.

Aplikasi di lapangan :
Bila ayam kita bertype kontrol cenderung main diatas, maka 'gandengan' bisa dicarikan ayam type kasus no. 3 atau 1.
Bila bertemu ayam dgn type kasus no. 2, maka ayam kita kemungkinan besar akan saling jual beli pukulan. Resiko cacat dan memperkecil peluang menang.

Atas kekurangan dan ketidak akuratan perkiraan, mohon dimaafkan.

salam

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  hlukybp on Wed 03 Nov 2010, 22:18

Leh podo ngrumpi...
Ndang di kawinke babone lan jagone...
Yen hasile apik, matur nuwun marang seng kuoso...
Yen hasile kurang apik, monggo kersane...

hlukybp
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 15.10.10
Age : 40
Lokasi : gresik

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  budiart on Mon 14 Feb 2011, 12:45

Administrator wrote:Bagi para pemain senior dan berpengalaman, penampilan fisik seekor ayam jago dipercaya bisa menggambarkan ciri2 karakternya. Meskipun ini tidak menjamin 100%, tapi akan sangat berguna sebagai bahan referensi bila kita mencari 'gandengan' di arena.
Tulisan ini sy tulis berdasar pengalaman dan informasi botoh2 senior dilapangan.
Mohon maaf bila ada kesalahan.

Jengger
- Jengger yg besar menandakan type teknik ayam yg lebih 'kalem'.
- Jengger kecil menunjukan teknik yg lebih gesit.

Kulit muka
- Kulit muka tebal berkerut2 menandakan tekniknya yg kalem dan lebih tahan menerima pukulan.
- Kulit muka yg tipis menandakan ayam gesit namun lebih rentan menerima pukulan.

Bentuk kepala
- Bentuk kepala yg besar menandakan 'ayam bodoh'.
- Bentuk kepala yg lebih kecil seperti pinang biasanya ayam lebih cerdik.

Leher
- Tulang leher yg besar mencirikan ayam bukan type peluk. Cenderung monoton dalam teknik tarungnya.
- Leher yg lebih kecil menandakan pergerakan leher dan kepala lebih luwes dan kemungkinan memiliki kuncian yg baik.

Badan
- Bentuk badan yg tegap lebih dari 45 derajat menandakan type teknik bermain di atas.
- Badan yg sedikit membungkuk kurang atau sama dengan 45 derajat menandakan ayam lebih banyak bermain di bawah.

Tulang dada
- Tulang dada panjang menandakan ayam memiliki daya tahan pukul yg baik, pukulan keras, tapi kurang lihai memukul rapat.
- Tulang dada pendek memiliki pukulan yg lengkap dan akurat tapi kurang kuat menahan pukulan lawan.

Ekor
- Ekor yg panjang mencirikan teknik yg kalem.
- Ekor yg pendek menandakan teknik dan pukulan yg lebih cepat dan gesit.

Paha
- Jarak kedua paha yg lebar (sama dengan atau lebih besar dari telapak tangan yg dimasukan diantaranya) menandakan pukulan yg keras. Terlalu lebar jalu kurang galak.
- Jarak kedua paha yg lebih rapat menandakan pukulan yg cepat (gancang). Terlalu sempit pukulan tidak sakit.
- Paha yg berbentuk seperti paha belalang memiliki kekuatan dan konsistensi pukulan yg baik.
- Paha yg seperti 'paha ayam goreng' pukulan akan 'tirus' (semakin lama semakin berkurang bobotnya).


Contoh kasus :
1- Ayam musuh berjengger kecil, kulit muka tipis, leher rotan (kecil), badan 45 derajat, ekor agak pendek. Kemungkinan besar tekniknya gesit cenderung dibawah, pukulan cepat, memiliki kemampuan mengunci, tapi agak kurang tahan dipukul.

2- Ayam dgn jengger besar, kepala pinang, leher rotan, kulit muka tebal, badan tegap dgn buntut panjang. Kemungkinan besar teknik kontrol yg sulit diturunkan, memiliki kemampuan ngunci, dan pukulan yg keras akurat.

3- Ayam dgn kepala besar, muka tebal, jengger besar, leher besar, badan tidak tegap, ekor agak pendek. Kemungkinan main di bawah dgn lambat (ngoyor), tapi punya daya tahan pukul yg bagus.

Silakan dianalisa dari berbagai kombinasi diatas. Untuk kualitas pukulan, saran saya, semua ayam harus dianggap memiliki pukul yg bagus saja. Jadi kita jangan terlalu meremehkan pukulan lawan.

Aplikasi di lapangan :
Bila ayam kita bertype kontrol cenderung main diatas, maka 'gandengan' bisa dicarikan ayam type kasus no. 3 atau 1.
Bila bertemu ayam dgn type kasus no. 2, maka ayam kita kemungkinan besar akan saling jual beli pukulan. Resiko cacat dan memperkecil peluang menang.

Atas kekurangan dan ketidak akuratan perkiraan, mohon dimaafkan.

salam


sib banget bang admi.....makasih infonya ni alasan sy masuk komunitas PAPAJI salam kenal dr budi di kendal jateng.... salam kenal juga buat senior2 sy amatiran mohon bimbingan dr senior2 semua....

budiart
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 107
Join date : 04.02.11
Age : 32
Lokasi : curug sewu sukorejo kendal jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  dadunk on Sat 02 Apr 2011, 19:39

Administrator wrote:
bang jeck wrote:Kalau mau buat pacek menurut saya sebaiknya ayam yang sudah punya rekor menang diatas 10 kali dan punya darah BK asli, kalau masih campuran atau menang 1-3 kali itu biasa, dan rasnya kurang puas hasilnya.

Sy sedikit beda pendapat sama bang Jeck. Maaf sebelumnya bang...
Very Happy

Menurut saya, ayam yg menang utk dijadikan pacek itu bagus. Tapi dilihat dulu bagaimana cara menangnya..?? Ada ayam yg puluhan kali menang dgn cara asor. Dipukuli dulu sejak awal krn tekniknya yg kurang bagus. Saya kira kalau cara menangnya yg seperti ini, maka kemungkinan besar anaknya akan mewarisi sifat dan karakter tarungnya yg asor.
Saya lebih memilih ayam utk pacek yg cuma 1-3X menang tapi dgn cara yg gemilang, dgn teknik bagus dan pukulan yg tajam.
Bahkan sy berani menggunakan ayam yg belum pernah menang sekalipun utk pacek, asal terlihat teknik dan pukulnya yg bagus serta keturunan ayam bermental baja.

Seorang teman saya yg importir pernah bercerita, bahwa ada peternak besar di bangkok yg biasa menjual ayam utk eksport. Peternak ini selalu menyisakan 1 ekor ayam hasil ternaknya yg terbaik, disimpan tidak dijual, khusus utk dijadikan stok indukan. Tidak diadu sekalipun. Ditunggu sampai cukup umur, dan langsung dijadikan pacek.
Alasannya, Kalau terus menerus diadu, apalagi sampai puluhan kali, ayam tidak akan sempurna sebagai pemacek. Menang puluhan kali tentu akan membuatnya cacat sehingga yg tersisa hanya masa kejayaannya saja. Tanpa diadu, maka kesehatan dan kebugaran ayam akan terus terjaga, dan periode ternaknya jadi lebih panjang.

Ternak adalah persoalan penurunan sifat, karakter dan mental. Bukan menurunkan kemenangan. Kemenangan tidak dapat diturunkan pada anaknya enang itu bukan sebuah sifat. Kemenangan adlh hasil sebuah proses.
mantabssss bang admin pencerahannya.....SETUJUUUUU lol! lol! lol! lol!

dadunk
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 134
Join date : 30.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  agustus on Tue 05 Apr 2011, 23:04

Hendro wrote:Sekedar menambahkan....dalam menilai dan menentukan ayam untuk dijadikan pemacek sebaiknya berawal dari tujuan kita beternak dulu....kalo tujuannya untuk kita pakai sendiri maka teknik,pukul dan mental calon pacek harus sudah teruji dan terbukti mumpuni masalah penampilan ayam tidak perlu dipikirkan....tapi jika tujuan kita beternak adalah untuk dijual dikemudian hari maka urusan tampang/postur/penampilan calon pemacek menjadi pertimbangan yang penting....kecenderungan pembeli ( terutama penghobi pemula ) lebih menyukai ayam dengan penampilan gagah, warna paten, kepala dan jengger keren, bentuk dan warna kaki kokoh serta tentunya teknik dan pukulan yang bagus + harga juga ringan... Sad he..he..he... hal ini hanya bisa dicetak jika pemaceknya juga mempunyai tampilan yang juga keren.......salam

saya setuju mas, sangat..sangat setuju

agustus
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 202
Join date : 23.02.11
Lokasi : BANDA ACEH

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  anak kisaran on Wed 04 May 2011, 22:15

pasaribu wrote:saya coba ikutan memberikan komentar....maaf buat bang admin kayaknya sudah agak lari dari topik membaca karakter ayam jadi membahas tentang pacek dan biang atau indukan(mohon maaf dan dikoreksi tapi jangan tajam kali koreksinya,hahahah Laughing )
saya pribadi kalau memilih indukan(biang) kriterianya :
1. tidak harus dari turunan bangkok,vietnam atau ayam yang berkelas lainnya(ayam lokal juga boleh,lagian agak murah,hehe)
2.Faktor yang paling saya haruskan dalam memilih indukan yaitu mental baja(nampak bila indukan tersebut dites terlebih dahulu tidak akan lari meskipun sudah babak belur, atau saudaranya juga memiliki mental baja,anakannya kemungkinan besar akan bermental baja)
3.Mainnya/tekniknya bagus(juga bisa nampak bila ditarungkan meskipun tidak begitu kelihatan, saudaranya dan anakannya lebih terlihat apabila ditarungkan)Teknik bagus maksud saya yaitu sangat sulit dipukul.
4.Punya pukulan yang bagus dan tepat.
5.Kalau bisa bertulang kasar.

dalam memilih pacek atau pejantan,kriterianya juga sama seperti memilih indukan tapi yang paling saya utamakan yaitu memiliki tulang yang kasar....
Dan dalam mengawinkan ayam , saya juga sangat hati2 melihat kriteria ayam tersebut..,karena tidak ada ayam yang sempurna,contoh kasus saya punya induk ayam bermental bagus mainnya lumayan tapi tidak terlalu bagus dalam hal tulangan dan pukulan depannya agak lambat dan jarang keluar(tapi punya pukulan samping yang bersih dan dahsyat hehehe),maka saya akan kawinkan dengan pejantan yang tulangnya kasar(disamping faktor lainnya:mental bagus dan mainnya juga lumayan), dan pukulan depan yang cepat untuk menutupi kelemahan dari indukan saya...maka setelah panen juga belum tentu ayam saya pasti jadi juara,karena masih butuh perawatan yang mantap dan banyak faktor lainnya...
Saya setuju dengan yang lain bahwa dalam menjual ayam yang terutama yang perlu kita perhatikan adalah kualitas(teknik ayam,pukulan ayam,tulangan) dan bukannya katuranggan(ciri fisik yang nampak),maka faktor lainnya menjadi tanggungjawab konsumen(seperti rawatan, boto, dan pemilihan tandingan),tambahan : jadi dalam menjual ayam(apabila ada teman2 yang tertarik) kita harus menjelaskan kelebihan2 dan kelemahan ayam kita(yang penting harus jujur.(meskipun dengan jujur untung kita lebih sedikit tapi pada akhirnya juga kita akan dipercaya orang dan secara tidak langsung akan menambah masukan bagi kita juga,hehehee Laughing (maaf buat semua,saya bukannya penceramah, hahahaha,tapi saya juga masih butuh kritikan dari yang lain)
Salam hangat Papaji............ Laughing Laughing Laughing

sy Senang dgn kata "JUJUR" dr bg pasaribu..
Susah cr org Jujur sekarang bg,

anak kisaran
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 29.04.11
Age : 27
Lokasi : Kisaran Sumut

Kembali Ke Atas Go down

re : Membaca Karakter

Post  mas Joko aja ah... on Thu 05 May 2011, 17:42

setelah saya amati ayam yang sanggup menang berkali-kali ternyata memiliki ciri khas khusus dalam bertarung, misal spesial pukul belakang dan ogah diajak adu depan depan. Pulul selalu jiling baik dari depan samping atau belakang. dll

mas Joko aja ah...
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 29.08.09
Lokasi : kendal jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  FadéL on Sun 08 May 2011, 21:02

Kalau yg d foto avatar mas ary, kira2 berdirinya/dadanya berapa derajat tuh mas...

FadéL
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 108
Join date : 06.12.10
Age : 37
Lokasi : Desa Kuta Tinggi_kec. Blangpidie_kab. aceh barat daya_081269730297

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Membaca' karakter ayam

Post  Sponsored content Today at 01:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik