Menganalisa teknik

Halaman 7 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  Menit_21 on Wed Jun 05, 2013 6:23 pm

Ijin menyimak z

Menit_21
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 81
Join date : 11.10.12
Age : 33
Lokasi : sampit - kalimantan tengah

Kembali Ke Atas Go down

teknik

Post  Andri Pamulang on Fri Jun 21, 2013 10:10 pm

teknik
oleh Andri Pamulang (Catatan) pada 28 September 2011 pukul 9:34

Ayam petarung, terutama ayam bangkok memiliki
ragam teknik bertarung yang bervariasi. Seorang
pelatih tidak bisa mengubah teknik bertarung ayamnya
karena (akut) bawaan ayam sendiri. Yang bisa
dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh,
memperpanjang nafas dan mengeraskan pukulan.

Beberapa ragam teknik tarung antara lain:

KONTROL Teknik ini adalah teknik bertarung yang paling polos.
Ayam cenderung tidak berusaha mencari peluang
alternatif untuk memukul lawan, tetapi hanya berusaha
agar posisi kepala tegak dan ada di atas kepala lawan,
mematuk lalu melepaskan pukulan. Keunggulan teknik
ini adalah lebih hemat dalam energi sehingga nafas bisa bertahan lebih lama.

SOLAH Teknik ini adalah yang paling liar dan paling memakan
energi. Ayam bertipe solah akan terus bergerak
dengan amat bervariasi. Dia seolah hendak melakukan
satu teknik ngalung, tapi tidak bersungguh dan lama,
segera mengubah gerakan dari kiri ke kanan dan
sebaliknya lalu segera disusul dengan gerakan atau percobaan pukulan lain. Ayam solah biasanya amat
memukau, tetapi teknik ini amat menguras energi dan
umumnya ayam solah kurang memiliki ketahanan
badan.

PRANGGAL(MERANGGAL) Teknik ini adalah memukul tanpa mematuk lawan.
Teknik pranggal memiliki kelebihan dibanding dengan
teknik lain karena pukulan bisa dilepaskan dengan
seketika tanpa perlu sebuah ‘pegangan’ seperti
teknik lain. Dalam teknik lainnya, ayam harus mematuk,
menggigit lalu memukul dengan kedua kaki.

MULAR Ini adalah teknik tarung dengan lari dan jaga jarak.
Ayam berteknik mular akan menjauh dari lawannya
ketika terdesak atau sulit memukul. Ketika lawannya
mengejar di belakang, secara tiba-tiba ia bisa berbalik
dan melepaskan pukulan ketika lawannya belum siap.
Ayam mular umumnya memiliki pergerakan kaki yang baik serta nafas yang tahan lama.

NGALUNG atau BANGKOL Teknik ini adalah merengkuh leher lawan dan
menguncinya, seolah ‘mengalungi’. Dengan teknik
ini maka lawan akan kesulitan memukul, mati langkah
dan selanjutnya bisa dipukul tanpa mampu menghindar.
Ayam ngalung umumnya memiliki urat leher yang
bagus serta struktur tulang leher yang rapat. Tanpa memukul pun ayam ngalung bisa membuat lawan
frustasi.

NGGANDUL Teknik ini mirip dengan ngalung tetapi gerakan leher
lebih menumpang dibanding merengkuh sehingga
lawan juga akan menanggung beban karena
‘ditumpangi’.

NYAYAP Teknik ini adalah kepala masuk ke sayap lawan, keluar
dari ketiak dan setelah posisi memungkinkan akan
melepaskan pukulan ke arah kepala. Efek teknik
nyayap, selain pukulan ke kepala, juga akan menyakiti
bahu dan sayap lawan karena dipaksa untuk renggang
dari badan.

DONGKRAK Teknik ini dilakukan dengan masuk di antara kaki
lawan, ambil nafas dan mencari posisi, lalu dengan
sekuat tenaga berusaha muncul dari arah ekor lawan
sehingga badan lawan akan terangkat (didongkrak).
Ketika lawan sedang berusaha menguasai
keseimbangan, maka lawan dapat dipukul pada berbagai sasaran dari arah belakang.

DOBRAK Teknik ini agak langka, ayam biasanya akan masuk di
antara dua kaki lawan lalu mematuk paha dan
memukul badan bagian bawah. Serangan ini sulit
diantisipasi dan biasanya lawan akan kesakitan dan
sulit membalas karena posisi musuh selalu di bawah. Pada beberapa daerah nama-nama teknik ini bisa
berbeda-beda. Secara umum, seekor ayam petarung
akan memiliki salah satu teknik dominan sejak lahir.
Satu atau dua teknik yang lain mungkin untuk dimiliki
sebagai kelebihan tapi sangat mustahil bagi seekor
ayam untuk memiliki semua teknik bertarung.(komplit)



Obrolan (190)
...

Andri Pamulang
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 29.11.12
Age : 30
Lokasi : jl.srikandi gg.buaran pondok benda pamulang rt 1/4 no 34 tangerang selatan

http://andripamulang86@gmail.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  Hendro on Sat Jun 22, 2013 6:27 am

junior10 wrote:mohon pendapat dr para senior,
salahsatu ayam yg saya rawat pola tarungnya solah bawah mepet tanah, punya pukulan pranggal telak dari arah depan, klo lawannya mau turun pukulan dari sampingnya bikin lawan geleng2, kabanyakan 1 air pertama klo lawan ayam kontrol cuma bongkar sayap, dongkrak slangkangan, pukul samping & kadang dr belakang. klo dh sama-sama lemes baru mulai pranggal bonus taji klo renggang dr depan, sm pukul geleng dr samping klo lawan dh mulai turun. oiya klo dia kejebak saling dorong & ga kuat juga suka lari trs balik mranggal.

menurut para senior lawan empuk buat ayam sya yg tehnik seperti ap y??
& lawan yg perlu dihindari jg yg bagaimana?
cz yg sya tau cm 1 lawan yg membahayakan, ayam pukul badan, bapaknya dl mati setelah menang lawan ayam pukul badan keras

Wah ayamnya termasuk komplit tipenya belih, dengan ayam model demikian kita tidak perlu khawatir menghadapi ayam tipe apapun yang terpenting adalah kondisi ayamnya pra tarung harus benar2 prima dan tidak jorok kalo nyari tandingan, selebihnya faktor keberuntungan yang ikut menentukan.................WinkSmile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  sii ngedrop on Mon Jul 08, 2013 8:41 pm

mas Joko aja ah... wrote:Sekedar berbagi pengalaman :
Saya pernah punya ayam justru lain dengan punya rekan-rekan, tidak ada gawe, tidak ada teknik, dan tidak ada gaya sama sekali, berdiri kokoh dengan mata mengontrol gerak lawan, dipukul diam saja, tapi sekali paruhnya dapat kepala lawan pukul keras dan menyakitkan, seketika itu KO, cuma sayang saya belum sempat terjunkan diarena keburu ditawar temen, tapi sempat menang 3 kali yang selanjutnya tak ada kabar.
Gaya ini sempat juga dimiliki sama temen saya yang lain, dan sempat meneng 23kali. Namun saat diternak 7 turunan tidak ada yang keluar seperti ini sama sekali.
jack

bakat dari bapaknya gak diturunin ke anak, jgn heran sm yg begituan. emg sih cuma ada beberapa ayam yg demikian. hehehe

sii ngedrop
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 21.07.12
Lokasi : cengkareng jak-bar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  indrabayu on Mon Aug 05, 2013 1:05 am

ikut nyimak aja cus dah bener semua:D 

indrabayu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 319
Join date : 05.08.13
Age : 36
Lokasi : cibubur jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  PLENYUN on Sun Aug 11, 2013 1:44 pm

Info yang sangat berguna bagi pemula seperti saya ..
Thanks senior n rekans atas sharingnya..
Smile Smile Smile

PLENYUN
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 09.11.12
Lokasi : Purbalingga - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  Andi Uppy on Sat Aug 17, 2013 10:53 pm

Apapun nama asal susah di pukul maka itulah tehnik yg bagus

Andi Uppy

Jumlah posting : 9
Join date : 14.02.13
Age : 38
Lokasi : Bone

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  Gintoki on Mon Sep 23, 2013 8:30 pm

Rolling Eyes kayaknya semuanya setuju dengan hal yang sama
tehnik sulit dipukul dan mudah dapat peluang mukul

tapi entah mengapa ada masalah mental, tulangan, kulitan, bulu lebat, pukul panas, pukul berat, pukul ko, pukul jalu.
kayaknya semua ayam tetep kepukul dech kalo dilaga! Neutral Neutral 

berdasarkan ini saya asumsikan cara deffence ayam ada 2 macam
1. deff dengan meminimalkan jumlah pukulan "tehnik"
2. deff dengan meminimalkan efek pukulan lawan "kondisi tubuh" (true deffence)

dan katanya harus punya pukulan ber efek pada lawan biasanya yang saya liat laga seperti berikut
1. efek berdarah
2. efek ayam yang terpukul terdiam merasakan pukulan
3. efek pusing
4. efek jiling
5. efek patah tulang
6. efek mati
klo yang dimaksud pukulan yang berefek berarti yang kita lihat efeknya donk bukan pukulnya (bersih, tepat sasaran, kena kaki, kena sayap, model pukulan dll) Very Happy  apa saya benar? Question nggak tau juga pemula No 

ayam memang misterious

Gintoki

Jumlah posting : 2
Join date : 23.09.13
Age : 26
Lokasi : madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  Administrator on Mon Sep 23, 2013 10:39 pm

Gintoki wrote:Rolling Eyes kayaknya semuanya setuju dengan hal yang sama
tehnik sulit dipukul dan mudah dapat peluang mukul

tapi entah mengapa ada masalah mental, tulangan, kulitan, bulu lebat, pukul panas, pukul berat, pukul ko, pukul jalu.
kayaknya semua ayam tetep kepukul dech kalo dilaga! Neutral Neutral 
Semua ayam pasti terpukul dalam pertarungan. Yg paling sedikit kena pukulan tentu berpeluang lebih besar utk menang. Yg lebih dulu mendaratkan pukulan vital juga berpeluang utk menang.
Kalau yg teknik bagus saja (sulit dipukul) ternyata masih bisa terpukul, lalu bagaimana dgn yg teknik jelek?
Prinsip dasar memilih ayam adlh dilihat dari kualitasnya yg berpeluang besar memenangkan pertarungan.
Gintoki wrote:
berdasarkan ini saya asumsikan cara deffence ayam ada 2 macam
1. deff dengan meminimalkan jumlah pukulan "tehnik"
2. deff dengan meminimalkan efek pukulan lawan "kondisi tubuh" (true deffence)
Defense dgn hanya mengandalkan kekuatan dan kondisi tubuh tentu lebih beresiko. Badan, paha, sayap, bisa dibentuk ototnya. Tapi kepala? Sulit dibentuk.
Yg ideal adlh teknik bagus ditunjang dgn kondisi tubuh yg prima.
Gintoki wrote:
dan katanya harus punya pukulan ber efek pada lawan biasanya yang saya liat laga seperti berikut
1. efek berdarah
2. efek ayam yang terpukul terdiam merasakan pukulan
3. efek pusing
4. efek jiling
5. efek patah tulang
6. efek mati
klo yang dimaksud pukulan yang berefek berarti yang kita lihat efeknya donk bukan pukulnya (bersih, tepat sasaran, kena kaki, kena sayap, model pukulan dll) Very Happy apa saya benar? :?:nggak tau juga pemula No

ayam memang misterious
Betul. Yg terpenting adlh efeknya. Terserah mau pukul kecil2, pelan, dll, dsb, yg terpenting adlh efeknya pada musuh. Kalau musuh keliatan cepat berubah drastis akibat terkena pukulan, maka semua teori tentang pukulan bisa kita abaikan.
Sebaliknya, pukulan keras, bom, dahsyat, dsb, kalau efeknya tidak signifikan, akan jadi percuma.

Misteri pada ayam terletak pada siapa yg akan memenangkan pertandingan. Kita tidak akan tahu siapa yg akan menang meskipun salah satu ayam lebih berpeluang besar krn disini berhubungan dgn hoky atau keberuntungan.
Selain masalah hoky, sy kira tidak ada yg misteri.
hehehe...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  winnchester on Tue Sep 24, 2013 12:50 am

seperti biasa pak admin memang mantap komennya.. Shocked 

winnchester
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 144
Join date : 09.09.13
Lokasi : surakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  indrabayu on Wed Dec 25, 2013 4:17 am

Very Happy Very Happy Very Happy 

indrabayu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 319
Join date : 05.08.13
Age : 36
Lokasi : cibubur jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  aditp on Tue Jan 14, 2014 8:44 am

Menganalisa Teknik
Pembahasan & Ulasan ulasan yg sangat Menarik.. Very Happy 
Ikut Menyimak & Membaca seluruh Ulasan & Materi Pembahasannya..
 study   study   sunny 

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  jawara on Mon Feb 10, 2014 8:01 am

ikut monitor aja. maklum pemula

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  losi on Mon Feb 10, 2014 9:22 am

 
Andri Pamulang wrote:teknik
oleh Andri Pamulang (Catatan) pada 28 September 2011 pukul 9:34

Ayam petarung, terutama ayam bangkok memiliki
ragam teknik bertarung yang bervariasi. Seorang
pelatih tidak bisa mengubah teknik bertarung ayamnya
karena (akut) bawaan ayam sendiri. Yang bisa
dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh,
memperpanjang nafas dan mengeraskan pukulan.

Beberapa ragam teknik tarung antara lain:

KONTROL Teknik ini adalah teknik bertarung yang paling polos.
Ayam cenderung tidak berusaha mencari peluang
alternatif untuk memukul lawan, tetapi hanya berusaha
agar posisi kepala tegak dan ada di atas kepala lawan,
mematuk lalu melepaskan pukulan. Keunggulan teknik
ini adalah lebih hemat dalam energi sehingga nafas bisa bertahan lebih lama.

SOLAH Teknik ini adalah yang paling liar dan paling memakan
energi. Ayam bertipe solah akan terus bergerak
dengan amat bervariasi. Dia seolah hendak melakukan
satu teknik ngalung, tapi tidak bersungguh dan lama,
segera mengubah gerakan dari kiri ke kanan dan
sebaliknya lalu segera disusul dengan gerakan atau percobaan pukulan lain. Ayam solah biasanya amat
memukau, tetapi teknik ini amat menguras energi dan
umumnya ayam solah kurang memiliki ketahanan
badan.

PRANGGAL(MERANGGAL) Teknik ini adalah memukul tanpa mematuk lawan.
Teknik pranggal memiliki kelebihan dibanding dengan
teknik lain karena pukulan bisa dilepaskan dengan
seketika tanpa perlu sebuah ‘pegangan’ seperti
teknik lain. Dalam teknik lainnya, ayam harus mematuk,
menggigit lalu memukul dengan kedua kaki.

MULAR Ini adalah teknik tarung dengan lari dan jaga jarak.
Ayam berteknik mular akan menjauh dari lawannya
ketika terdesak atau sulit memukul. Ketika lawannya
mengejar di belakang, secara tiba-tiba ia bisa berbalik
dan melepaskan pukulan ketika lawannya belum siap.
Ayam mular umumnya memiliki pergerakan kaki yang baik serta nafas yang tahan lama.

NGALUNG atau BANGKOL Teknik ini adalah merengkuh leher lawan dan
menguncinya, seolah ‘mengalungi’. Dengan teknik
ini maka lawan akan kesulitan memukul, mati langkah
dan selanjutnya bisa dipukul tanpa mampu menghindar.
Ayam ngalung umumnya memiliki urat leher yang
bagus serta struktur tulang leher yang rapat. Tanpa memukul pun ayam ngalung bisa membuat lawan
frustasi.

NGGANDUL Teknik ini mirip dengan ngalung tetapi gerakan leher
lebih menumpang dibanding merengkuh sehingga
lawan juga akan menanggung beban karena
‘ditumpangi’.

NYAYAP Teknik ini adalah kepala masuk ke sayap lawan, keluar
dari ketiak dan setelah posisi memungkinkan akan
melepaskan pukulan ke arah kepala. Efek teknik
nyayap, selain pukulan ke kepala, juga akan menyakiti
bahu dan sayap lawan karena dipaksa untuk renggang
dari badan.

DONGKRAK Teknik ini dilakukan dengan masuk di antara kaki
lawan, ambil nafas dan mencari posisi, lalu dengan
sekuat tenaga berusaha muncul dari arah ekor lawan
sehingga badan lawan akan terangkat (didongkrak).
Ketika lawan sedang berusaha menguasai
keseimbangan, maka lawan dapat dipukul pada berbagai sasaran dari arah belakang.

DOBRAK Teknik ini agak langka, ayam biasanya akan masuk di
antara dua kaki lawan lalu mematuk paha dan
memukul badan bagian bawah. Serangan ini sulit
diantisipasi dan biasanya lawan akan kesakitan dan
sulit membalas karena posisi musuh selalu di bawah. Pada beberapa daerah nama-nama teknik ini bisa
berbeda-beda. Secara umum, seekor ayam petarung
akan memiliki salah satu teknik dominan sejak lahir.
Satu atau dua teknik yang lain mungkin untuk dimiliki
sebagai kelebihan tapi sangat mustahil bagi seekor
ayam untuk memiliki semua teknik bertarung.(komplit)



Obrolan (190)
...

 study study study study 

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  kingalvine on Thu Feb 13, 2014 3:19 pm

nyimak doank......
ngerame-ramein... Razz Razz 
sekalian nimba masukannya.....,,,thanks...

kingalvine
kopral
kopral

Jumlah posting : 34
Join date : 01.02.14
Age : 32
Lokasi : batam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  penyebar semangat on Sat Mar 01, 2014 4:07 pm

Hendro wrote:salam kenal untuk member dan seluruh penggemar ayam aduan, sejak dari kecil saya hobby adu ayam tapi baru serius sekitar tahun 87 an nyatanya sampai sekarang masih belum bisa memahami karakter ayam yang bagus juga menangan, saya masih sering mengalami kegagalan menganalisa teknik dan solah untuk mencari gandengan yang pas untuk ayam saya...bagi yang punya pengalaman mohon berbagi ilmu tentang masalah ini...salam drunken

ayam memang rumit kok , pak.

penyebar semangat
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 322
Join date : 22.02.14
Age : 46
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  arqam on Mon Mar 28, 2016 4:35 pm

Aduh,, pening kepala berbi.. Very Happy

arqam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 52
Join date : 21.02.16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  ragiel_jawara on Sat Oct 15, 2016 8:47 am

Hendro wrote:Terima kasih mas Arry atas penjelasannya.... kalo saya pribadi dalam memilih ayam lebih prioritas pada pukulannya yang akurat dan keras juga sakit soal solah prioritas kedua yang penting tidak terlalu gampang dipukul....disebuah kalangan di kota Batam saya pernah melihat teknik dan pukul ayam yang menurut saya komplit dan sangat baik ( nge lock, nyayap, brongkal,pukul lempar,tarik dasi ) ayam ditawar 5 juta oleh teman saya tapi tidak dilepas, ayam tersebut sudah menang 5 x dan menurut saya akan sangat sulit mengalahkan ayam tersebut tapi nyatanya pada pertarungan ke 6 ketika menghadapi ayam dengan solah bawah dia tidak berkutik seperti " kepacel solah " ( istilah di Smg ) dan kalah dalam 4 air...tapi mungkin memang benar kata orang " ayam itu penuh misteri " makanya banyak penggemarnya dan membuat kita selalu penasaran..... bounce  bounce  bounce
MANTAAP Very Happy

ragiel_jawara

Jumlah posting : 8
Join date : 06.10.16
Age : 35
Lokasi : Tapen-bondowoso-jawa timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menganalisa teknik

Post  Sponsored content Today at 2:48 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 7 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik