BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  zakkir man on Mon 21 Mar 2011, 17:19

salam sejahtera.

akhir2 ini didaerah saya merebak isu makanan ayam murah meriah dan bergizi alias dedak DICAMPUR SISA GERGAJI....
hal tsb menimbulkan kepanikan tersendiri dikalangan pencinta ayam disini, katanya bisa menyebabkan kematian pada ayam padahal ayam gak kena penyakit, karena merusak saluran pencernaan....
adakah rekan2 PAPAJI yg bisa membantu saya bagaimana cara mengetahui DEDAK CAMPUR SISA GERGAJI ini?, soalnya saya pernah beli dedak tapi terpaksa dibuang karena khawatir dedaknya ada campuran sisa gergajinya
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

salam

zakkir man
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 117
Join date : 18.01.11
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Yuri_GG on Mon 21 Mar 2011, 17:29

ngeri banget sih mas., kayu bwat makan ayam

Yuri_GG
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1725
Join date : 21.01.11
Age : 27
Lokasi : Kediri (Jatim) -Semarang(Jateng)

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Hendro on Mon 21 Mar 2011, 19:05

zakkir man wrote:salam sejahtera.

akhir2 ini didaerah saya merebak isu makanan ayam murah meriah dan bergizi alias dedak DICAMPUR SISA GERGAJI....
hal tsb menimbulkan kepanikan tersendiri dikalangan pencinta ayam disini, katanya bisa menyebabkan kematian pada ayam padahal ayam gak kena penyakit, karena merusak saluran pencernaan....
adakah rekan2 PAPAJI yg bisa membantu saya bagaimana cara mengetahui DEDAK CAMPUR SISA GERGAJI ini?, soalnya saya pernah beli dedak tapi terpaksa dibuang karena khawatir dedaknya ada campuran sisa gergajinya
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

salam

Bukannya ayamnya jadi tambah kuat mas..? kan otot ayam bisa sekeras kayu tapi juga selentur dahan....ke...ke...ke.... Laughing Laughing memang ada kasus semacam ini tetapi sebenarnya tidaklah sulit untuk membedakan antara dedak dengan serbuk gergajian dari baunya saja sudah bisa dibedakan juga dari bentuk butirannya....untuk lebih amannya jangan menjadikan dedak sebagai pakan utama melainkan cukup gunakan dedak sebagai salah satu bahan campuran pakan lain maka komposisi ini relatif lebih aman.....salam Wink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  zakkir man on Mon 21 Mar 2011, 20:48

Yuri_GG wrote:ngeri banget sih mas., kayu bwat makan ayam

bukan kayu mas tp sisa ampas gergaji dan sepintas mirip dedak, itulah manusia mas yuri, segala cara ditempuh untuk mendapatkan keuntungan tanpa peduli betapa ruginya orang yg mereka tipu.

zakkir man
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 117
Join date : 18.01.11
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  zakkir man on Mon 21 Mar 2011, 20:54

Hendro wrote:
zakkir man wrote:salam sejahtera.

akhir2 ini didaerah saya merebak isu makanan ayam murah meriah dan bergizi alias dedak DICAMPUR SISA GERGAJI....
hal tsb menimbulkan kepanikan tersendiri dikalangan pencinta ayam disini, katanya bisa menyebabkan kematian pada ayam padahal ayam gak kena penyakit, karena merusak saluran pencernaan....
adakah rekan2 PAPAJI yg bisa membantu saya bagaimana cara mengetahui DEDAK CAMPUR SISA GERGAJI ini?, soalnya saya pernah beli dedak tapi terpaksa dibuang karena khawatir dedaknya ada campuran sisa gergajinya
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

salam

Bukannya ayamnya jadi tambah kuat mas..? kan otot ayam bisa sekeras kayu tapi juga selentur dahan....ke...ke...ke.... Laughing Laughing memang ada kasus semacam ini tetapi sebenarnya tidaklah sulit untuk membedakan antara dedak dengan serbuk gergajian dari baunya saja sudah bisa dibedakan juga dari bentuk butirannya....untuk lebih amannya jangan menjadikan dedak sebagai pakan utama melainkan cukup gunakan dedak sebagai salah satu bahan campuran pakan lain maka komposisi ini relatif lebih aman.....salam Wink

trima kasih masukannya mas Hendro, sy harus lebih peka lagi dlm membedakan dedak aspal ini.....
ditunggu masukan dari rekan2 lain, semoga bisa membantu sy dan peternak lain...

salam

zakkir man
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 117
Join date : 18.01.11
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Administrator on Mon 21 Mar 2011, 21:04

Campurannya pakai air panas saja mas...

Kalau dedak asli, kena air panas akan tenggelam.
Kalau bubuk kayu, biasanya tetap ngambang.

CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  lost_champ on Mon 21 Mar 2011, 21:14

makasih bang infonya

BTW kamrin saya post "sertifikasi"
knp threadnya ilang bang???

VIVA LE PAPAJI

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  zakkir man on Mon 21 Mar 2011, 21:19

Administrator wrote:Campurannya pakai air panas saja mas...

Kalau dedak asli, kena air panas akan tenggelam.
Kalau bubuk kayu, biasanya tetap ngambang.

CMIIW

akhirnya solusi terbaik telah sy temukan, trima kasih mas Admin, sangat bermanfaat Very Happy Very Happy Very Happy

zakkir man
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 117
Join date : 18.01.11
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  zakkir man on Mon 21 Mar 2011, 21:25



Terakhir diubah oleh zakkir man tanggal Mon 21 Mar 2011, 22:06, total 1 kali diubah

zakkir man
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 117
Join date : 18.01.11
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Administrator on Mon 21 Mar 2011, 21:42

lost_champ wrote:makasih bang infonya

BTW kamrin saya post "sertifikasi"
knp threadnya ilang bang???

VIVA LE PAPAJI

sy juga bingung, koq hilang yaa?
Shocked

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  lost_champ on Mon 21 Mar 2011, 21:49

saya yang posting bang

tapi koq ilang c???
Shocked

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Bung Regar on Sun 08 May 2011, 19:21

Administrator wrote:Campurannya pakai air panas saja mas...

Kalau dedak asli, kena air panas akan tenggelam.
Kalau bubuk kayu, biasanya tetap ngambang.

CMIIW

Bagus sekali tips nya pak !
saya tambahin lagi, sblm dicoba ke ayam, dicobain dulu ke yang empunya ayam, kalo ga mati berarti aman dikonsumsi, lol! lol!

Bung Regar

Jumlah posting : 3
Join date : 08.05.11
Age : 33
Lokasi : Jl. Sei Putih No. 54/35 Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Soeto_81 on Mon 09 May 2011, 06:44

Bung regar hebat jg ya,klo saya ko ga doyan

Soeto_81
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 124
Join date : 14.04.10
Age : 35
Lokasi : Jln.Tentara pelajar no 6 01/09 kerep Ambarawa kab.semarang jawa tengah indonesia Asia planet bumi 085727057999

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  amrogen on Mon 09 May 2011, 09:37

Administrator wrote:
lost_champ wrote:makasih bang infonya

BTW kamrin saya post "sertifikasi"
knp threadnya ilang bang???

VIVA LE PAPAJI

sy juga bingung, koq hilang yaa?
Shocked

ndak usah bingung..lah yg postingnya aja lost champ..kekre

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  amrogen on Mon 09 May 2011, 09:38

amrogen wrote:
Administrator wrote:
lost_champ wrote:makasih bang infonya

BTW kamrin saya post "sertifikasi"
knp threadnya ilang bang???

VIVA LE PAPAJI

sy juga bingung, koq hilang yaa?
Shocked

ndak usah bingung..lah yg postingnya aja lost champ..kekre

apa udah overload x ,as Ary?


amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Tamu on Sat 28 May 2011, 14:32

zakkir man wrote:salam sejahtera.

akhir2 ini didaerah saya merebak isu makanan ayam murah meriah dan bergizi alias dedak DICAMPUR SISA GERGAJI....
hal tsb menimbulkan kepanikan tersendiri dikalangan pencinta ayam disini, katanya bisa menyebabkan kematian pada ayam padahal ayam gak kena penyakit, karena merusak saluran pencernaan....
adakah rekan2 PAPAJI yg bisa membantu saya bagaimana cara mengetahui DEDAK CAMPUR SISA GERGAJI ini?, soalnya saya pernah beli dedak tapi terpaksa dibuang karena khawatir dedaknya ada campuran sisa gergajinya
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

salam


Bener tu mas di daerah saya juga ada yang seperti itu..... jadi ngeri saya,......

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Gathot_Koco on Fri 24 Jun 2011, 10:25

zakkir man wrote:salam sejahtera.

akhir2 ini didaerah saya merebak isu makanan ayam murah meriah dan bergizi alias dedak DICAMPUR SISA GERGAJI....
hal tsb menimbulkan kepanikan tersendiri dikalangan pencinta ayam disini, katanya bisa menyebabkan kematian pada ayam padahal ayam gak kena penyakit, karena merusak saluran pencernaan....
adakah rekan2 PAPAJI yg bisa membantu saya bagaimana cara mengetahui DEDAK CAMPUR SISA GERGAJI ini?, soalnya saya pernah beli dedak tapi terpaksa dibuang karena khawatir dedaknya ada campuran sisa gergajinya
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

salam

wah sayang dibuang om...fermentasikan aja om dengan waktu yang agak lama insyA malahan sehat tu ayam.... Laughing Laughing Laughing

Gathot_Koco
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 19.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  rahmad on Fri 24 Jun 2011, 11:27

Gathot_Koco wrote:
zakkir man wrote:salam sejahtera.

akhir2 ini didaerah saya merebak isu makanan ayam murah meriah dan bergizi alias dedak DICAMPUR SISA GERGAJI....
hal tsb menimbulkan kepanikan tersendiri dikalangan pencinta ayam disini, katanya bisa menyebabkan kematian pada ayam padahal ayam gak kena penyakit, karena merusak saluran pencernaan....
adakah rekan2 PAPAJI yg bisa membantu saya bagaimana cara mengetahui DEDAK CAMPUR SISA GERGAJI ini?, soalnya saya pernah beli dedak tapi terpaksa dibuang karena khawatir dedaknya ada campuran sisa gergajinya
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

salam

wah sayang dibuang om...fermentasikan aja om dengan waktu yang agak lama insyA malahan sehat tu ayam.... Laughing Laughing Laughing



gimana cara memfermentasikan makanan ayam pak...?

biar ayam2 saya sehat2 semua hehehe Very Happy

rahmad
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 604
Join date : 12.04.11
Lokasi : Yogyakarta/Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Gathot_Koco on Fri 24 Jun 2011, 12:54

rahmad wrote:
Gathot_Koco wrote:
zakkir man wrote:salam sejahtera.

akhir2 ini didaerah saya merebak isu makanan ayam murah meriah dan bergizi alias dedak DICAMPUR SISA GERGAJI....
hal tsb menimbulkan kepanikan tersendiri dikalangan pencinta ayam disini, katanya bisa menyebabkan kematian pada ayam padahal ayam gak kena penyakit, karena merusak saluran pencernaan....
adakah rekan2 PAPAJI yg bisa membantu saya bagaimana cara mengetahui DEDAK CAMPUR SISA GERGAJI ini?, soalnya saya pernah beli dedak tapi terpaksa dibuang karena khawatir dedaknya ada campuran sisa gergajinya
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

salam

wah sayang dibuang om...fermentasikan aja om dengan waktu yang agak lama insyA malahan sehat tu ayam.... Laughing Laughing Laughing



gimana cara memfermentasikan makanan ayam pak...?

biar ayam2 saya sehat2 semua hehehe Very Happy

saya terapkan ilmu biologi dan kimia yang pernah saya pelajari pak waktu sma dulu....dengan berbekal mikroorganisme buatan / budidaya contoh ragi tape, tempe atau em4 yang keren saat ini tapi intinya sama untuk proses fermentasi, sehingga bahan organik kaya kayu ( serbuk ), daun dll jikalau tercampur dalam dedak bisa terproses secara baik oleh pencernaan ayam,,,dan juga membantu perkembangan mikroorganisme yang berguna / menguntungkan untuk cerna makanan pada ayam...tentunya dengan dosis dan takaran yang wajar...maaf kalau salah


Gathot_Koco
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 19.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: BAHAYA !!!!! dedak campur sisa gergaji !!!!!

Post  Sponsored content Today at 09:20


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik