PENJURIAN

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

PENJURIAN

Post  Jagonantang on Wed 30 Mar 2011, 23:36

Assalamualaikum ww.

Sudah sekian lama kita mengadakan pertemuan, yang pada ujungnya dan intinya selalu dibarengi uji kwalitas ternakan, berupa abar ayam muda. Abar yang pada awalnya bertajuk gebrak gembira, menjadi abar bareng/ abar bersama, disitulah kita pamer dan menguji ternakan kita masing masing.

Pada perkembangannya sekarang menjadi 'kontes tarung berjenjang', dan 'latihan bersama berpiagam.
Pesertanyapun sangat antusias, meski harus merelakan uang pendaftaran 50 ribu rupiah / jago.

ini sangat menggembirakan.
Namun dari pada itu, kita masih tetap terus berpikir untuk membuatkan suatu standar penilaian yang bisa meminimalisir kekecewaan bila salah satu harus menerima putusan kalah.
memang, menang dan kalah itu bagian dari permainan, tapi bila kita sepakat satu standar penilaian yang baku dan transparan maka kekalahan itu akan diterima dengan lapang dada.

selain keberadaan juri yang kapabel dibidang ini, juga kesamaan persepsi sangatlah perlu.

dibawah ini saya simpulkan point apa yang layak dinilai pada dua jago yang sedang bertarung.

Kriteria penilaian.

1. Banyaknya melancarkan pukulan
2. Akurasi pukulan
3. Bobot pukulan
4. Stamina

  • Banyaknya melancarkan pukulan dihitung berapa kali jago melancarkan pukulan pada tiap rondenya, ronde pertama, dihitung setelah 2 menit jago bertarung. Yang dimaksud pukulan disini adalah apapun dan bagaimanapun yang merupakan bentuk serangan maupun pukulan tepat atau tidak, berat maupun ringan, tapi mengena.
NILAI : 1

  • Akurasi pukulan adalah ketepatan jago dalam melancarkan pukulan pada sasaran.Sasaran yang dimaksud adalah dimana saja diseluruh tubuh lawan.
NILAI : 1

  • Bobot pukulan adalah beratnya pukulan, ditandai dengan akibat dari beratnyapukulan, bisa berakibat, jatuh terduduk, mbebek, koleng,kejiling, nglabak, dlsbnya.
NILAI : 1

  • Stamina bisa dilihat apabila berpengaruh pada performanya
NILAI : + atau - ( plus atau minus atau normal )

Form penilaian bisa dibuat seperti dibawah ini :


Point

Ronde

Banyaknya
pukulan

Akurasi
pukulan

Bobot
pukul

Stamina

Jumlah

1











2











3











Jumlah

























sekali jago memukul, jumlah nilainya antara 1 ~3 point.
satu partai butuh paling tidak 2 juri , idealnya sih 3 juri.
untuk mengurangi subjektifitas, gaya tarung tidak termasuk dalam kriteria penilaian.

contoh ; ayam gaya tarung atas, seolah mendikte bukan berarti suatu keunggulan.

ini baru kerangka sederhana, bila diterima, bisa segera kita praktekan pada uji coba sebelum gelaran yang sesungguhnya.
masukan dan usulan untuk kesempurnaan ditunggu terbuka.

salam papaji

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  SuhermanBarus on Thu 31 Mar 2011, 07:05

usulan bagus sekali,kebersamaan persepsi penilaian juri ini yg sangat penting,bila perlu di piagam ada ditulis jumlah perbandingan nilai,mutu wasit sanggat penting kerena dari 23 partai,kalau tidak salah 4 partai menang TKO,19 partai menang angkah,menang KO nol,asal ada niat memperbaiki mutu pasti maju,bravo papaji

SuhermanBarus
honorary member
honorary member

Jumlah posting : 85
Join date : 29.08.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  pacita on Thu 31 Mar 2011, 07:37

Setuju pak. Bisa dijadikan juklak juri ayam di turnamen resmi Papaji. sehingga standar sama dari pusat sampe daerah. Kl dah jadi juklak jangan lupa jurinya juga di training supaya benar2 fair dan standar. Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy
Monggo yang lainnya bisa sumbang saran.......

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  aliem on Thu 31 Mar 2011, 08:28

Klo gak salah dulu pernah dibahas masalah penilaian kontes/ekspedisi ayam laga... mungkin itu bisa dimatangkan lagi saja....
Klo g salah di topik ini : http://papaji.forumotion.com/t260-kongkou2-n-ekspedisi-kontes-seni-ayam-laga?highlight=penilaian+kontes


aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  teddy on Thu 31 Mar 2011, 08:36

setuju dan terus maju !!.

usulan : biar tidak bias dan jelas program-nya :
Dibuatkan/ditujuk tim perumus :
- jumlah 4-5 orang
- ditugasi memberikan rumusan tentang pen-juri-an
- ada batasan waktu kerjanya
- mendapatkan masukan dari papaji ataupun diluar
- tentunya dipilih yang cukup pengalaman, wawasan luas, bijak dll
- dll


salam,

++teddy

teddy
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 315
Join date : 22.08.08
Age : 71
Lokasi : Riung Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  legolas on Thu 31 Mar 2011, 08:50

saya sangat setuju dengan pak master jagonantang. ide2 beliau selalu brilian. tapi saya sangat sangat sangat kesusahan pada waktu mencari juri. jadi kalau bisa sekalian donk jurinya juga di bantu cari hehhehehehehe........

legolas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 941
Join date : 03.03.10
Lokasi : Cengkareng - jakarta barat

http://legolaz.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  amrogen on Thu 31 Mar 2011, 08:54

saran : nilai skala 100 pak .

contoh sederhana. :
1.si Ayam A menang kontes dg nilai 80
dg jumlah pukulan 350 x ( sepertinya cocok sebagai ayam jalu)
2. si Ayam R menang juga dg nilai 70
dg jumlah pukulan 68 x

kedua ayam sama2 menang tetapi dari segi spec. ayam A lebih baik.

hal ini juga bisa diterapkan pada ayam muda berpiagam, dimana disertakan juga spec. si Ayam.
sehingga dengan membaca spec. bisa ada gambaran kualitas si Ayam.

salam,





amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Hendro on Thu 31 Mar 2011, 09:15

amrogen wrote:saran : nilai skala 100 pak .

contoh sederhana. :
1.si Ayam A menang kontes dg nilai 80
dg jumlah pukulan 350 x ( sepertinya cocok sebagai ayam jalu)
2. si Ayam R menang juga dg nilai 70
dg jumlah pukulan 68 x

kedua ayam sama2 menang tetapi dari segi spec. ayam A lebih baik.

hal ini juga bisa diterapkan pada ayam muda berpiagam, dimana disertakan juga spec. si Ayam.
sehingga dengan membaca spec. bisa ada gambaran kualitas si Ayam.

salam,


Untuk usulan diatas saya kurang sependapat bukan karena tidak setuju tetapi akan lebih ribet dan karakter ayam juga tidak selalu konsisten semua bergantung dari kondisi ayam dan lawannya, bisa jadi ketika bertemu dengan lawan yang memang mudah didominasi akan terlihat istimewa tetapi ada kemungkinan jika bertemu dengan tipe lawan yang berbeda akan berubah pola mainnya ......mungkin jika untuk piagam sertifikasi memang harus disertakan spesifikasi ayam

Salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  j-angger on Thu 31 Mar 2011, 09:23

Untuk masalah kriteria penilaian saya percaya ja sama senior semua..... Saya juga sependapat dengan pak Bagyo ttg kualitas juri. Saran saya sebaiknya diadakan juga sertifikasi juri-nya juga

Salam

j-angger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 281
Join date : 30.06.10
Age : 40
Lokasi : gresik & blitar

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Jagonantang on Thu 31 Mar 2011, 10:41

dikopi dari tret lain, supaya nyambung,...


Kongkou2 n ekspedisi kontes seni ayam laga
1, 2by Tamu
sundul, remainder,....

topik ini dibuat ketika saya masih tergolek sakit di RS, waktu itu saya cuma bisa meng amini saja.
bahasan ini bagus, konsep penilaian oleh 'Tamu" bagus, dan lumaya ribet.

pada kenyataannya beberapa kali pelaksanaan, belum pernah dilakukan aturan penjurian yang otentik berdasar. setiap kali ujung2 nya selalu 'judge by sight' atau judge by withnes yang samar.
apapun hasilnya itu, kita selalu hepi hepi saja, prinsip nothing to loose dan saling menghargai saja yang menjadikan acara spt ini bertahan dan bahkan semakin ramai saja.

berangkat dari itu maka kita berusaha menyederhanakan, sekalian membuat kriteria apa yang pada intinya bisa dibakukan , sederhana, gampang dipahami dan langgeng.

salam

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  cahbagoes on Thu 31 Mar 2011, 11:09

wah jadi kayak tinju aja nih dibikinin aturannya.mantapf dah.....semakin pro.
maju terus papaji........... cheers cheers cheers

cahbagoes
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 64
Join date : 06.12.09
Lokasi : kendal jateng

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Jhon Gultom on Thu 31 Mar 2011, 13:14

legolas wrote:saya sangat setuju dengan pak master jagonantang. ide2 beliau selalu brilian. tapi saya sangat sangat sangat kesusahan pada waktu mencari juri. jadi kalau bisa sekalian donk jurinya juga di bantu cari hehhehehehehe........

tenang coy bulan depan bang yayang sm pak karno (alias mpu gandring kalo kt kang azis..hehehe..) gw usahain hadir kembali untuk bantu jadi juri lagi.

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  aylos on Thu 31 Mar 2011, 20:09

menurut saya penilaian bobot pukul adalah penilaian subyektif , rancu untuk juri , lebih bgs jumlah pukulan akurat / tepat kena , stamina ( ini terlihat / obyektif ).
trus gimana kalo ada aym pukul jarang ( 1 : 5 misalnya ) tapi sekali pukul lawan ngebebek , stamina jd loyo tapi kuat sp 3 ronde , apakah secara kumulatif pukul jd kalah atau jd seri, beda kalo KO jelas terlihat .. maaf pemula bnyk tanya ...

aylos
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 607
Join date : 27.06.10
Lokasi : semeru 108 bogor /08121110301

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Administrator on Thu 31 Mar 2011, 20:56

Sepertinya harus diadakan rapat lagi untuk membahas penjurian.

Sekedar review penjurian kontes kemarin. Kebetulan sy termasuk salah satu dewan juri.
Kriteria pemenang (berurutan) :
1. KO/TKO
2. RSC (refree stop contest)
3. Menyerah/diangkat.
4. Pengumpulan point.

Utk pengumpulan point :
- Penilaian didasarkan atas pukulan yg masuk/tepat mengena.
- Setiap pukulan masuk dapat point 1.
- Stamina tidak masuk hitungan. Krn kemarin ada ayam yg staminanya jelek, tapi teknik bagus dan terus2an memukul walau pukulan banyak yg miss.

Kendala dari hasil pemantauan lapangan :
- Ada ayam yg pukulnya 'setengah masuk' alias nyerempet atau hanya kena 1 kaki saja. Diberi point 1.
- Ayam yg pukulnya masuk dgn telak, diberi point 1 juga.
- Ayam yg mukul langsung 'nge-bebek' diberi point 1 juga.

Contoh kasus :
Ayam A teknik bagus, pukul banyak, tapi banyak yg meleset atau hanya kena setengah.
Sementara musuhnya (ayam B), sesekali memukul tapi kena telak dan kadang musuh sempoyongan.
Alhasil, ronde ke 2 si A, meskipun masih banyak memukul tapi sudah sangat kepayahan.
Hasil penjurian jadi sangat subjektif krn didasari point pukulan yg masuk. Ini merugikan si B.

Usulan :
- Ayam yg pukulnya 'setengah masuk' alias nyerempet atau hanya kena 1 kaki saja. Diberi point 1.
- Ayam yg pukulnya masuk dgn telak, diberi point 3.
- Ayam yg mukul langsung 'nge-bebek', budeg, ngelabak, diberi point 5.
- Utk stamina sepertinya tidak usah masuk hitungan.






Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  jackone on Thu 31 Mar 2011, 22:48

Jagonantang wrote:Assalamualaikum ww.

Sudah sekian lama kita mengadakan pertemuan, yang pada ujungnya dan intinya selalu dibarengi uji kwalitas ternakan, berupa abar ayam muda. Abar yang pada awalnya bertajuk gebrak gembira, menjadi abar bareng/ abar bersama, disitulah kita pamer dan menguji ternakan kita masing masing.

Pada perkembangannya sekarang menjadi 'kontes tarung berjenjang', dan 'latihan bersama berpiagam.
Pesertanyapun sangat antusias, meski harus merelakan uang pendaftaran 50 ribu rupiah / jago.

ini sangat menggembirakan.
Namun dari pada itu, kita masih tetap terus berpikir untuk membuatkan suatu standar penilaian yang bisa meminimalisir kekecewaan bila salah satu harus menerima putusan kalah.
memang, menang dan kalah itu bagian dari permainan, tapi bila kita sepakat satu standar penilaian yang baku dan transparan maka kekalahan itu akan diterima dengan lapang dada.

selain keberadaan juri yang kapabel dibidang ini, juga kesamaan persepsi sangatlah perlu.

dibawah ini saya simpulkan point apa yang layak dinilai pada dua jago yang sedang bertarung.

Kriteria penilaian.

1. Banyaknya melancarkan pukulan
2. Akurasi pukulan
3. Bobot pukulan
4. Stamina

  • Banyaknya melancarkan pukulan dihitung berapa kali jago melancarkan pukulan pada tiap rondenya, ronde pertama, dihitung setelah 2 menit jago bertarung. Yang dimaksud pukulan disini adalah apapun dan bagaimanapun yang merupakan bentuk serangan maupun pukulan tepat atau tidak, berat maupun ringan, tapi mengena.
NILAI : 1

  • Akurasi pukulan adalah ketepatan jago dalam melancarkan pukulan pada sasaran.Sasaran yang dimaksud adalah dimana saja diseluruh tubuh lawan.
NILAI : 1

  • Bobot pukulan adalah beratnya pukulan, ditandai dengan akibat dari beratnyapukulan, bisa berakibat, jatuh terduduk, mbebek, koleng,kejiling, nglabak, dlsbnya.
NILAI : 1

  • Stamina bisa dilihat apabila berpengaruh pada performanya
NILAI : + atau - ( plus atau minus atau normal )

Form penilaian bisa dibuat seperti dibawah ini :


Point

Ronde

Banyaknya
pukulan

Akurasi
pukulan

Bobot
pukul

Stamina

Jumlah

1











2











3











Jumlah










sekali jago memukul, jumlah nilainya antara 1 ~3 point.
satu partai butuh paling tidak 2 juri , idealnya sih 3 juri.
untuk mengurangi subjektifitas, gaya tarung tidak termasuk dalam kriteria penilaian.

contoh ; ayam gaya tarung atas, seolah mendikte bukan berarti suatu keunggulan.

ini baru kerangka sederhana, bila diterima, bisa segera kita praktekan pada uji coba sebelum gelaran yang sesungguhnya.
masukan dan usulan untuk kesempurnaan ditunggu terbuka.

salam papaji

Maaf pak Bagiyo,
klu pendapat saya;
hanya ada kolom pukulan dan Teknik.
pukulan hanya diberi poin lebih dari 2 jika efeknya menyebabkan lawan sempoyongan.
pukulan di beri 1 jika mengenai kepala atau leher atau badan

sistem ini krn juri harus berpikir cepat dan terus mengamati gerakan kaki ayam dan pengaruhnya, selain itu semua pukulan harus di beri nilai tak ada yang tdk berarti krn di anggap bisa menciderai lawan kecuali jika tdk mengena.
Pukulan ringan sekalipun bisa membutakan ayam... itulah inti dari penilaian... menurut saya.
....................
Teknik tetap harus di beri poin krn menurut sy yg banyak pukulan tentu tekniknya lebih baik dan poinnya hanya 1 tdk lebih... gaya apapun tekniknya.
dari awal sampai akhir teknik poinnya hanya 1
...................
Ayam yang secara perhitungan dan bagus teknik tarungnya bisa saja kalah jika terkena pukulan keras KO dan ayam yang awalnya unggul secara poin bisa saja terkejar jika lawan mempunyai pukulan yang efeknya lawan jdi sempoyongan
tetapi yang teknik unggul tetap mendapat poin 1 sementara yang punya pukulan tiba-tiba meng KO tekniknya tetap kosong. (contoh)
..................
Hiraki pukulan hanya ada dua;
- biasa atau keras(lawan tidak sempoyongan) (poin 1)
- Keras yang memberi efek sempoyongan/gontai (poin 2)
.................
Memang benar sangat diperlukan juri yang kapabel oleh karenanya perlu kriteria yang sedernaha dalam penilaian sehingga ketemu harga yang cocok.
Untuk itulah hanya ada dua kolom; pukulan dan teknik.
.....atau perlu uji tulis wk..wk..wk
"penjelasan mencerminkan pemahaman dan kejelian"

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  jackone on Thu 31 Mar 2011, 23:57

Hendro wrote:
amrogen wrote:saran : nilai skala 100 pak .

contoh sederhana. :
1.si Ayam A menang kontes dg nilai 80
dg jumlah pukulan 350 x ( sepertinya cocok sebagai ayam jalu)
2. si Ayam R menang juga dg nilai 70
dg jumlah pukulan 68 x

kedua ayam sama2 menang tetapi dari segi spec. ayam A lebih baik.

hal ini juga bisa diterapkan pada ayam muda berpiagam, dimana disertakan juga spec. si Ayam.
sehingga dengan membaca spec. bisa ada gambaran kualitas si Ayam.

salam,


Untuk usulan diatas saya kurang sependapat bukan karena tidak setuju tetapi akan lebih ribet dan karakter ayam juga tidak selalu konsisten semua bergantung dari kondisi ayam dan lawannya, bisa jadi ketika bertemu dengan lawan yang memang mudah didominasi akan terlihat istimewa tetapi ada kemungkinan jika bertemu dengan tipe lawan yang berbeda akan berubah pola mainnya ......mungkin jika untuk piagam sertifikasi memang harus disertakan spesifikasi ayam

Salam Smile

...maaf mas Hendro,
Menurut saya terlalu dini jika baru sekali di saksikan lalu di beri spesifikasi ayam tersebut, minimal 3x juara pada tingkat kontes itu pun jika sdh melalui abar-berpiagam.
Sehingga kekhawatiran akan perubahan pola main ayam tersebut bisa terjawab.
Klu syarat tersebut sudah di penuhi tetap harus melibatkan empunya ayam untuk memberi masukan saat akan mencantumkam spesifikasinya.

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  sasana on Sat 02 Apr 2011, 11:00

sekedar saran aja alangkah baiknya sebagai awal abar berpiagam penilaian yang dimasukan hanya akurasi dan kerasnya pukulan untuk sementara stamina dan teknik diabaikan.karena tujuan dari abar ini untuk mengetahui kapasitas dan mutu ayam itu sendiri.untuk kedepannya mungkin bisa lebih spesifik dan terperinci dalam penilaian.

sasana
kopral
kopral

Jumlah posting : 12
Join date : 24.12.10
Age : 33
Lokasi : poris plawad tangerang telp 087885083829

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  gerimis on Sun 03 Apr 2011, 00:57

Kalo mengacu pada pendapat bang jagonantang, kedepannya peserta lebih memilih menurunkan ayam2 gancang, meskipun bobot pukulanya tdk mumpuni. Bagaimana dengan ayam2 dengan bobot pukulannya dahsyat tapi tdk gancang. Saran aja, mungkin ga kalo rondenya di tambah?

Salam. Smile

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  jackone on Sun 03 Apr 2011, 05:42

Setiap partai/permainan lebih baik jika di dokumentasikan dalam bentuk rekaman video jika suatu saat mungkin di perlukan.

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  sasana on Sun 03 Apr 2011, 08:56

setuju bang jackone,dokumentasi bisa digunakan untuk acuan bila terjadi ketimpangan dalam pertarungan.dan juga perlu daitambahkan adanya pembentukan tim untuk dijadikan sebagai juri dan dimana juri disini benar bener profesional tidak mengenal kawan atau lawan sehingga hasil dari penjurian benar"memuaskan si empunya ayam

sasana
kopral
kopral

Jumlah posting : 12
Join date : 24.12.10
Age : 33
Lokasi : poris plawad tangerang telp 087885083829

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  ari delta on Sun 03 Apr 2011, 17:38

Hheemm... Agak repot jg ya... Tp kalo ayam teknik sederhana punya pukulan ampuh dan akurat cm frekwensi pukulan kurang, gak efektif dong jadinya.. Padahal bila berlaga d arena sesungguhnya ayam tsb punya rekor yg gak maen2..
Padahal mungkin nantinya ayam inipun akan turun d arena tsb.. Dan sbagian member Papaji jadi penyuplainya.. Gmn dong.. Jadi kayak kebalik aja.. Ayam juara arena kalangan mati kutu kalo harus ikut kontes dan mungkin sebaliknya dgn ayam juara kontes yg d terjunkan kearena kalangan.. Tp ini hanya persepsi kemungkinan dr saya.. Mungkin saja bisa lain faktanya.. Karena didunia ini apapun bisa terjadi.. He..He..Hee...

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Jagonantang on Sun 03 Apr 2011, 21:47

bagaimana bila perbandingan nilainya

banyaknya pukulan NILAI 1

akurasi NILAI 1

bobot/efek laangsung NILAI 1 dan 5

shingga satu kali pukul nilainya antara 1~7 .

ini untuk imbangan yang jagonya jarang mukul, tapi dipercaya punya pukulan berefek langsung.
ini yang orang bilang, mukul 5 kali dibales sekali impas ! 5 : 1

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  jackone on Sun 03 Apr 2011, 22:38

Jagonantang wrote:bagaimana bila perbandingan nilainya

banyaknya pukulan NILAI 1

akurasi NILAI 1

bobot/efek laangsung NILAI 1 dan 5

shingga satu kali pukul nilainya antara 1~7 .

ini untuk imbangan yang jagonya jarang mukul, tapi dipercaya punya pukulan berefek langsung.
ini yang orang bilang, mukul 5 kali dibales sekali impas ! 5 : 1

sorry Om Jago Smile
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai
- Pukululan nilainya tetap 1 (keras atau lemah)
- Pukulan yang menyebabkan ayam sempoyongan/terhuyung2/terduduk tapi bangun lagi/kaya bebek, dll (terlihat jelas) nilainya 3.
Jadi total nilai benar-benar banyaknya pukulan dan efeknya seketika.

Kita tidak perlu terpengaruh info atau bisikan tetapi yang dinilai adalah fakta(pukulan nyata).
Jika ada anggapan pukulan 1 x = 5 x menurut hemat saya kurang obyektif sebab dasarnya tidak
jelas. Kecuali ada alat pengukur yang bisa membaca kekuatan pukulan seekor ayam, mungkin anggapan tadi bisa dibenarkan.

Biarkan pukulan itu berbicara dengan cara kerja dan kemampuannya melumpuhkan lawan,
jika ternyata di lapangan terbukti ada pukulan 1x merontokkan lawan berarti masuk katagori "KO"
tetapi klau hanya terhuyung-huyung.... tetap saja masuk hitungan nilai 3 anggka.

Pukulan yang sekali-kali dan keras tetap bisa merusak dan melumpuhkan lawan yang mempunyai pukulan gancang/cepat. kecepatan/frekwensi akan menurun begitu pula akurasinya.
Tetapi jika pukulan sekali-kali yang keras tadi tidak mempengaruhi kecepatan dan akurasi lawan
maka yang banyak pukulannya(mengena) tentu jadi pemenang.

Oleh sebab itu menurut hemat saya penilaian hanya diadasarkan:
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai
- Pukululan nilainya tetap 1 (keras atau lemah)
- Pukulan yang menyebabkan ayam sempoyongan/terhuyung2/terduduk tapi bangun lagi/kaya bebek, dll (terlihat jelas) nilainya 3.


Spesifikasi lain/pendukung tidak mempengaruhi hasil penilaian.

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Jagonantang on Sun 03 Apr 2011, 22:47

jackone wrote:
Jagonantang wrote:bagaimana bila perbandingan nilainya

banyaknya pukulan NILAI 1

akurasi NILAI 1

bobot/efek laangsung NILAI 1 dan 5

shingga satu kali pukul nilainya antara 1~7 .

ini untuk imbangan yang jagonya jarang mukul, tapi dipercaya punya pukulan berefek langsung.
ini yang orang bilang, mukul 5 kali dibales sekali impas ! 5 : 1

sorry Om Jago Smile
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai
- Pukululan nilainya tetap 1 (keras atau lemah)
- Pukulan yang menyebabkan ayam sempoyongan/terhuyung2/terduduk tapi bangun lagi/kaya bebek, dll (terlihat jelas) nilainya 3.
Jadi total nilai benar-benar banyaknya pukulan dan efeknya seketika.

Kita tidak perlu terpengaruh info atau bisikan tetapi yang dinilai adalah fakta(pukulan nyata).
Jika ada anggapan pukulan 1 x = 5 x menurut hemat saya kurang obyektif sebab dasarnya tidak
jelas. Kecuali ada alat pengukur yang bisa membaca kekuatan pukulan seekor ayam, mungkin anggapan tadi bisa dibenarkan.

Biarkan pukulan itu berbicara dengan cara kerja dan kemampuannya melumpuhkan lawan,
jika ternyata di lapangan terbukti ada pukulan 1x merontokkan lawan berarti masuk katagori "KO"
tetapi klau hanya terhuyung-huyung.... tetap saja masuk hitungan nilai 3 anggka.

Pukulan yang sekali-kali dan keras tetap bisa merusak dan melumpuhkan lawan yang mempunyai pukulan gancang/cepat. kecepatan/frekwensi akan menurun begitu pula akurasinya.
Tetapi jika pukulan sekali-kali yang keras tadi tidak mempengaruhi kecepatan dan akurasi lawan
maka yang banyak pukulannya(mengena) tentu jadi pemenang.

Oleh sebab itu menurut hemat saya penilaian hanya diadasarkan:
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai
- Pukululan nilainya tetap 1 (keras atau lemah)
- Pukulan yang menyebabkan ayam sempoyongan/terhuyung2/terduduk tapi bangun lagi/kaya bebek, dll (terlihat jelas) nilainya 3.


Spesifikasi lain/pendukung tidak mempengaruhi hasil penilaian.


okay boss,....lets check it out !

- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai

Banyaknya melancarkan pukulan dihitung berapa kali jago melancarkan
pukulan pada tiap rondenya, ronde pertama, dihitung setelah 2 menit
jago bertarung. Yang dimaksud pukulan disini adalah apapun dan
bagaimanapun yang merupakan bentuk serangan maupun pukulan tepat atau
tidak, berat maupun ringan, tapi mengena.

tidak tepat = tidak akurat, tidak sama dengan tidak mengena.

salam

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  jackone on Sun 03 Apr 2011, 23:17

Jagonantang wrote:
jackone wrote:
Jagonantang wrote:bagaimana bila perbandingan nilainya

banyaknya pukulan NILAI 1

akurasi NILAI 1

bobot/efek laangsung NILAI 1 dan 5

shingga satu kali pukul nilainya antara 1~7 .

ini untuk imbangan yang jagonya jarang mukul, tapi dipercaya punya pukulan berefek langsung.
ini yang orang bilang, mukul 5 kali dibales sekali impas ! 5 : 1

sorry Om Jago Smile
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai
- Pukululan nilainya tetap 1 (keras atau lemah)
- Pukulan yang menyebabkan ayam sempoyongan/terhuyung2/terduduk tapi bangun lagi/kaya bebek, dll (terlihat jelas) nilainya 3.
Jadi total nilai benar-benar banyaknya pukulan dan efeknya seketika.

Kita tidak perlu terpengaruh info atau bisikan tetapi yang dinilai adalah fakta(pukulan nyata).
Jika ada anggapan pukulan 1 x = 5 x menurut hemat saya kurang obyektif sebab dasarnya tidak
jelas. Kecuali ada alat pengukur yang bisa membaca kekuatan pukulan seekor ayam, mungkin anggapan tadi bisa dibenarkan.

Biarkan pukulan itu berbicara dengan cara kerja dan kemampuannya melumpuhkan lawan,
jika ternyata di lapangan terbukti ada pukulan 1x merontokkan lawan berarti masuk katagori "KO"
tetapi klau hanya terhuyung-huyung.... tetap saja masuk hitungan nilai 3 anggka.

Pukulan yang sekali-kali dan keras tetap bisa merusak dan melumpuhkan lawan yang mempunyai pukulan gancang/cepat. kecepatan/frekwensi akan menurun begitu pula akurasinya.
Tetapi jika pukulan sekali-kali yang keras tadi tidak mempengaruhi kecepatan dan akurasi lawan
maka yang banyak pukulannya(mengena) tentu jadi pemenang.

Oleh sebab itu menurut hemat saya penilaian hanya diadasarkan:
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai
- Pukululan nilainya tetap 1 (keras atau lemah)
- Pukulan yang menyebabkan ayam sempoyongan/terhuyung2/terduduk tapi bangun lagi/kaya bebek, dll (terlihat jelas) nilainya 3.


Spesifikasi lain/pendukung tidak mempengaruhi hasil penilaian.


okay boss,....lets check it out !

- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai

Banyaknya melancarkan pukulan dihitung berapa kali jago melancarkan
pukulan pada tiap rondenya, ronde pertama, dihitung setelah 2 menit
jago bertarung. Yang dimaksud pukulan disini adalah apapun dan
bagaimanapun yang merupakan bentuk serangan maupun pukulan tepat atau
tidak, berat maupun ringan, tapi mengena.

tidak tepat = tidak akurat, tidak sama dengan tidak mengena.

salam

ya... betul Om !
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai
ini tidak perlu di masukkan dalam penilaian/ tidak ada dalam kolom penilaian.
...hanya;
- Pukululan nilainya tetap 1 (keras atau lemah)
- Pukulan yang menyebabkan ayam sempoyongan/terhuyung2/terduduk tapi bangun lagi/kaya bebek, dll (terlihat jelas) nilainya 3.


Thanks,

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Sponsored content Today at 21:25


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik