PENJURIAN

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: PENJURIAN

Post  Administrator on Mon 04 Apr 2011, 00:31

Bapak2, bos2 dan rekan2...

Sepertinya kita harus kumpul bikin rapat lagi utk membahas masalah ini. Sy juga punya beberapa agenda lain yg harus dibicarakan.
Tulisan berupa masukan dari teman2 forum pastinya akan dicatat. Tapi sepertinya kurang efektif kalau kita hanya bicarakan lewat tulisan saja.

Kapan nih ada waktu ngumpul...???

Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Jhon Gultom on Mon 04 Apr 2011, 09:14

Administrator wrote:Bapak2, bos2 dan rekan2...

Sepertinya kita harus kumpul bikin rapat lagi utk membahas masalah ini. Sy juga punya beberapa agenda lain yg harus dibicarakan.
Tulisan berupa masukan dari teman2 forum pastinya akan dicatat. Tapi sepertinya kurang efektif kalau kita hanya bicarakan lewat tulisan saja.

Kapan nih ada waktu ngumpul...???

Smile

masukan dah cukup banyak tinggal ngumpulnya aja dah kalo gitu,... pirat

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  yudi kristanto on Mon 04 Apr 2011, 14:47

masalah penjurian memang agak riskan, beberapa kali latber dan kontes, juri2 belum satu persepsi dalam penilaian. sehingga berakibat ketidak puasan beberapa peserta yang merasa ayamnya "menang" tetapi dikalahkan. kalau peserta tersebut tidak berbesar hati,dia gak muncul lagi dan menilai negative forum ini. untuk kontes mendatang saya usul, SISTEM PENILAIAN "harus" sudah ada, uji cobanya bisa bulan ini di beberapa wilayah.

saya setuju dengan mas Admin untuk membicarakannya di minggu2 ini. yang sering terjadi, ketika mau membahas hanya beberapa orang yang datang. itupun banyak yang "pengembira" sedangkan orang2 yang "seharusnya" datang malah gak nongol. saya lebih cenderung untuk tidak terlalu ribet, tentukan kesepakatan sistem penilaiannya, kita laksanakan. kalau nanti ada yang kurang pas kita perbaiki lagi. minimal kita sudah melangkah.

yudi kristanto
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 11.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  jackone on Mon 04 Apr 2011, 19:37

Administrator wrote:Bapak2, bos2 dan rekan2...

Sepertinya kita harus kumpul bikin rapat lagi utk membahas masalah ini. Sy juga punya beberapa agenda lain yg harus dibicarakan.
Tulisan berupa masukan dari teman2 forum pastinya akan dicatat. Tapi sepertinya kurang efektif kalau kita hanya bicarakan lewat tulisan saja.

Kapan nih ada waktu ngumpul...???

Smile

sebaiknya memang begitu boss.

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  jackone on Mon 04 Apr 2011, 19:39

Jhon Gultom wrote:
Administrator wrote:Bapak2, bos2 dan rekan2...

Sepertinya kita harus kumpul bikin rapat lagi utk membahas masalah ini. Sy juga punya beberapa agenda lain yg harus dibicarakan.
Tulisan berupa masukan dari teman2 forum pastinya akan dicatat. Tapi sepertinya kurang efektif kalau kita hanya bicarakan lewat tulisan saja.

Kapan nih ada waktu ngumpul...???

Smile

masukan dah cukup banyak tinggal ngumpulnya aja dah kalo gitu,... pirat

mungkin juga begitu Pak ketua

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  masbro on Mon 04 Apr 2011, 20:23

maaf,hanya sekedar saran dari jauh yg mungkin tidak bisa ikut kumpul2 dengan rekan2 senior papaji semua..Mungkin akan lebih simpel jika sistem penjurian dibuat seperti Penilaian Tinju Pro..
Aturannya:
Juri 3 org = alasannya jelas,apabila si ayam tidak bisa menang mutlak dan dua juri memberi penilaian berbeda,maka juri ke 3 sebagai penentu
Sistem penilaian setiap ronde :
ayam unggul nilai 10
ayam asor 8
dinilai berimbang 9
terjadi Ko,atau Tko(dilorot pemilik) pada saat pertandingan maka penilaian diabaikan.

apabila pertandingan dilangsungkan 3 babak,ya tinggal ditotal aja keseluruhan nilainya oleh ketiga juri dengan nilai kemenangan angka maksimal 30 (ungul disemua ronde)..
Kriteria unggul disini harusnya mengabaikan teknik karena hanya skill semata tp harusnya telaknya sebuah pukulan dan efek yg ditimbulkan (misal waktu ngair juri dapat melihat wajah ayam tersebut).,Kalo ditinju pukulan angin atau menampar tentunya tidak dinilai,walaupun akumulasinya banyak,tp jab,hook dan strait yg telak kedagu dan wajahlah yg mendapat nilai.

Dengan 3 juri yg kompeten dan piawai menilai,sy pikir menilai ayam unggul dan asor ditiap babak sepertinya akn jauh lebih mudah daripada harus fokus menghitung detail jumlah pukulan,masuk atau tidaknya pukulan ayam dsb.Dan para penonton pun akan lebih memahami dan satu suara..

ini hanya saran saja,nudah2han jd bahan pertimbangan..salam










Very Happy Very Happy

masbro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 366
Join date : 28.10.10
Lokasi : jombang-mojokerto

Kembali Ke Atas Go down

PEDOMAN SINGKAT MENJADI JURI PADA KONTES AYAM PAPAJI

Post  Jagonantang on Fri 23 Dec 2011, 08:09

Selamat pagi friends,...
Setelah sudah sekian kali kita mengadakan latihan bersama maupun kontes, menguji coba kriteria penilaian yang sudah kita sepakati, hasilnya sungguh sangat menggembirakan.kalau nggak bisa disebut fantastik !
Meskipun pedoman/juklak untuk 'Penjurian' belum secara resmi terbit dan diberlakukan, namun kesadaran dan semangat guyub dan tanggung jawab bisa dapat menutup kekurangan dan menjadi jawabannya.
Tidak bisa dipungkiri, kekurangan personil juri, juga kekurang pahaman juri pada kriteria penilaian, apalagi kekurang jelian secara individu juri dalam melihat sebuah pertarungan sangatlah beragam.
Idealnya juri adalah seorang yang tahu dan berpengalaman dalam melihat sebuah pertarungan. Ini bisa didapat dari mereka yang menggeluti dunia perayam lagaan secara aktif dan berkesinambungan selama paling tidak tiga tahun. sehingga tidak terlalu sulit untuk menentukan mana pukulan dengan nilai 1, dan mana yang bernilai 2.

Ketidak tersedianya juri ideal spt diatas, sebenarnya bisa ditutup dengan pelatihan untuk mendapatkan kesamaan persepsi. juga penampilan juri yang berkesan cool, meyakinkan, sehingga dapat membuat percaya dan tenang si pemilik ayam yang dinilai.

Berikut adalah pedoman singkat untuk siapapun yang bersiap menjadi juri.
Seorang Juri dianggap siap dan baik dalam melakukan tugas adalah ;

# Sehat Jasmani / Rohani.
# Memahami kriteria penilaian yang berlaku (Ini nantinya bisa ditunjukan dengan mempunyai sertifikat Juri yang dikeluarkan oleh badan yang berwenang/ditunjuk)
# Netral, tidak mempunyai hubungan kepentingan pada salah satu kontestan.
# Berkonsentrasi, tidak melakukan komunikasi, baik secara langsung maupun selular dengan pihak manapun.
# Sepanjang laga berlangsung, tidak meninggalkan/melepaskan pandangannya pada objek yang dinilai. (walaupun saat membuat coretan pada form penilaian)
# Tidak diperkenankan merokok.
# Tidak mudah terpengaruh/terintimidasi kehadiran ataupun sorakan supporter/pemilik ayam yang sedang dinilai.
# Persiapkan kelengkapan Juri, spt ; form penilaian, ballpoint, dan timer.
# Membuat/mengisi form penilaian yang rapi, sehingga orang lain bisa mengerti. Ini perlu bila salah satu pihak ingin mengetahui catatan penilaian yang diperoleh jagoannya.

Sementara hanya ini yang bisa saya dapat dari beberapa kali kita mengadakan latber ataupun kontes.
Silahkan bila teman yang lain ada menambahkan saran masukannya. Untuk perbaikan dan kemajuan hobi ayam laga pada umumnya.

salam papaji.

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  sukarjo on Fri 23 Dec 2011, 09:18

Mari kita tunggu pendidikan dan pelatihan untuk juri....serta sosialisasi standarisasi penilaian.

sukarjo
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 263
Join date : 22.09.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Joko on Fri 23 Dec 2011, 10:32

jackone wrote:
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai

Banyaknya melancarkan pukulan dihitung berapa kali jago melancarkan
pukulan pada tiap rondenya, ronde pertama, dihitung setelah 2 menit
jago bertarung. Yang dimaksud pukulan disini adalah apapun dan
bagaimanapun yang merupakan bentuk serangan maupun pukulan tepat atau
tidak, berat maupun ringan, tapi mengena.

tidak tepat = tidak akurat, tidak sama dengan tidak mengena.

salam

ya... betul Om !
- Pukulan yang tidak mengena tdk ada nilai
ini tidak perlu di masukkan dalam penilaian/ tidak ada dalam kolom penilaian.
...hanya;
- Pukululan nilainya tetap 1 (keras atau lemah)
- Pukulan yang menyebabkan ayam sempoyongan/terhuyung2/terduduk tapi bangun lagi/kaya bebek, dll (terlihat jelas) nilainya 3.


Thanks,
[/quote]

Setuju sekali dan satu lagi dalam memasukkan penilaian jangan menunggu musuh tidak membalas baru nilai dimasukkan tapi setiap kali ayam memasukan pukulan langsung dijadikan nilai.

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  janto_pekalongan on Sun 25 Dec 2011, 07:10

Jagonantang wrote:Selamat pagi friends,...
Setelah sudah sekian kali kita mengadakan latihan bersama maupun kontes, menguji coba kriteria penilaian yang sudah kita sepakati, hasilnya sungguh sangat menggembirakan.kalau nggak bisa disebut fantastik !
Meskipun pedoman/juklak untuk 'Penjurian' belum secara resmi terbit dan diberlakukan, namun kesadaran dan semangat guyub dan tanggung jawab bisa dapat menutup kekurangan dan menjadi jawabannya.
Tidak bisa dipungkiri, kekurangan personil juri, juga kekurang pahaman juri pada kriteria penilaian, apalagi kekurang jelian secara individu juri dalam melihat sebuah pertarungan sangatlah beragam.
Idealnya juri adalah seorang yang tahu dan berpengalaman dalam melihat sebuah pertarungan. Ini bisa didapat dari mereka yang menggeluti dunia perayam lagaan secara aktif dan berkesinambungan selama paling tidak tiga tahun. sehingga tidak terlalu sulit untuk menentukan mana pukulan dengan nilai 1, dan mana yang bernilai 2.

Ketidak tersedianya juri ideal spt diatas, sebenarnya bisa ditutup dengan pelatihan untuk mendapatkan kesamaan persepsi. juga penampilan juri yang berkesan cool, meyakinkan, sehingga dapat membuat percaya dan tenang si pemilik ayam yang dinilai.

Berikut adalah pedoman singkat untuk siapapun yang bersiap menjadi juri.
Seorang Juri dianggap siap dan baik dalam melakukan tugas adalah ;

# Sehat Jasmani / Rohani.
# Memahami kriteria penilaian yang berlaku (Ini nantinya bisa ditunjukan dengan mempunyai sertifikat Juri yang dikeluarkan oleh badan yang berwenang/ditunjuk)
# Netral, tidak mempunyai hubungan kepentingan pada salah satu kontestan.
# Berkonsentrasi, tidak melakukan komunikasi, baik secara langsung maupun selular dengan pihak manapun.
# Sepanjang laga berlangsung, tidak meninggalkan/melepaskan pandangannya pada objek yang dinilai. (walaupun saat membuat coretan pada form penilaian)
# Tidak diperkenankan merokok.
# Tidak mudah terpengaruh/terintimidasi kehadiran ataupun sorakan supporter/pemilik ayam yang sedang dinilai.
# Persiapkan kelengkapan Juri, spt ; form penilaian, ballpoint, dan timer.
# Membuat/mengisi form penilaian yang rapi, sehingga orang lain bisa mengerti. Ini perlu bila salah satu pihak ingin mengetahui catatan penilaian yang diperoleh jagoannya.

Sementara hanya ini yang bisa saya dapat dari beberapa kali kita mengadakan latber ataupun kontes.
Silahkan bila teman yang lain ada menambahkan saran masukannya. Untuk perbaikan dan kemajuan hobi ayam laga pada umumnya.

salam papaji.
Hah,inilah point utamanya. Smile
karna sebagus apapun sistem penilaian yg di pakai,jika yg menilai (juri)nya bukan orng yg kompeten ya sama saja Smile

Salam persaudaraan Smile

janto_pekalongan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 135
Join date : 01.08.10
Age : 40
Lokasi : pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  hakim_sinchan on Sun 25 Dec 2011, 13:55

wah wah tambah hebat ni papaji, ayam tarung non JUDI POKOKE TAH, betul.

aq ada masukan, tambahan WASIT aja dulu? yg tugase ngebungkus jalu, timer, ngebenerin bungkus jalu yg lepas ditengah pertandingan, n ngeCUL kedua JAGO tiap memulai pertandingan < ngikut model thailand>.

standar pembungkus jalu juga harus jelas < apalagi buat yg jalune pendek >, wah repot kalo bungkus jalune nongol ga ketahuan dalam pertandingan? bisa kepukul KO ayam ku, ini wasit harus jeli.
seperti di olahraga tinju, bobot sarung tinju amatir n profesional jelas jelas beda bobot. mana yg mo d pake????
nah tugas juri jadi rada ringan kan? < tinggal konsentrasi mlototin jago yg lg tarung >

. monggo yg lain???

hakim_sinchan
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1199
Join date : 20.05.11
Age : 43
Lokasi : sate kasrun BUMIAYU 0818281585/bb 20f5ef47

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENJURIAN

Post  Sponsored content Today at 15:04


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik