bingung bedakan kelamin ayam saigon

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  masbro on Tue 19 Apr 2011, 22:37

mau tanya rekan2 papaji yg pengalaman rawat saigon,sy slalu bingung bedakan kelamin anakan saigon umur 2 bulanan..ga seperti bangkok yg mudah dibedakan, saigon kadang umur segitu belum berawis,jengger pun ga nyolok jantan betinanya..tengkyu sarannya
Very Happy Very Happy Very Happy

[URL=http://img535.imageshack.us/
ket : gambar mengutip dari iklan cak nur pasuruan

masbro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 366
Join date : 28.10.10
Lokasi : jombang-mojokerto

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  Aptanto WSS on Wed 20 Apr 2011, 05:13

sabro palapa wrote:mau tanya rekan2 papaji yg pengalaman rawat saigon,sy slalu bingung bedakan kelamin anakan saigon umur 2 bulanan..ga seperti bangkok yg mudah dibedakan, saigon kadang umur segitu belum berawis,jengger pun ga nyolok jantan betinanya..tengkyu sarannya
Very Happy Very Happy Very Happy

[URL=http://img535.imageshack.us/
ket : gambar mengutip dari iklan cak nur pasuruan

Memang untuk ayam saigon memebedakan jantan dan betinanya agak susah , namun pada usia 2 bulan bulu rawis udah tumguh sehingga baru ketahuan Jantan atau betinanya .

Kalau ternakan saya satelah sy amati beberapa generasi Usia 2 bulan bulu rawis pasti sudah tumbuh.

Aptanto WSS
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 31
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  masbro on Wed 20 Apr 2011, 09:54

APTANTO wrote:
sabro palapa wrote:mau tanya rekan2 papaji yg pengalaman rawat saigon,sy slalu bingung bedakan kelamin anakan saigon umur 2 bulanan..ga seperti bangkok yg mudah dibedakan, saigon kadang umur segitu belum berawis,jengger pun ga nyolok jantan betinanya..tengkyu sarannya
Very Happy Very Happy Very Happy

[URL=http://img535.imageshack.us/
ket : gambar mengutip dari iklan cak nur pasuruan

Memang untuk ayam saigon memebedakan jantan dan betinanya agak susah , namun pada usia 2 bulan bulu rawis udah tumguh sehingga baru ketahuan Jantan atau betinanya .

Kalau ternakan saya satelah sy amati beberapa generasi Usia 2 bulan bulu rawis pasti sudah tumbuh.

iya mas tanto,lha ini masalahnya punya temen sy itu sudah gede 2 bulanan lebih katanya,tp warna dasarnya hitam dan belum berawis jg,tp tingkah dan perawakan kayaknya dominan jantan..ada 12 ekor dan sy tertarik ingin ambil beberapa,tp sy bingung mau milihnya..hehehe..lha yg punya ayam aja juga bingung. Rolling Eyes Rolling Eyes

masbro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 366
Join date : 28.10.10
Lokasi : jombang-mojokerto

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  Tamu on Wed 20 Apr 2011, 10:19

bener kata mas tanto.. mendingan tunggu sampe rawis keluar aja

Sy jg ternak saigon dan biasanya umur 3-4 minggu anakannya sdh sold out Very Happy

sy sdh bilang kepada pelanggan, bahwa sy tdk bs menjamin jenis kelaminnya, tp mereka

tetap ngeyel maksa ngambil umur segitu... ( biar lbh murah) ya sudahlah, resiko tanggung sendiri


Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  cak nur on Wed 20 Apr 2011, 15:17

goes babe wrote:bener kata mas tanto.. mendingan tunggu sampe rawis keluar aja

Sy jg ternak saigon dan biasanya umur 3-4 minggu anakannya sdh sold out Very Happy

sy sdh bilang kepada pelanggan, bahwa sy tdk bs menjamin jenis kelaminnya, tp mereka

tetap ngeyel maksa ngambil umur segitu... ( biar lbh murah) ya sudahlah, resiko tanggung sendiri


He.he.he.. syukur pak Agus,....

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan jantan/ betinanya.
Dulu sudah pernah dibahas juga,.. tapi memang susah kalo tidak langsung praktek.
Yang kemarin dilihat dari bulu sayap, untuk DOC, ternyata tidak sama antara ayam Ras dan Bangkok.
Buktinya di rumah ada 3 tetasan, mulai pecah telor aku priksa,..semua tidak ada yang memiliki panjang sama, tapi malah banyak yang tidak sama panjang bulunya.

Cara pertama dan sudah diterapkan juga dipeternakan adalah dengan melilhat kelamin di anusnya.
ini bisa dilakukan waktu anak ayam umur mulai 1 hari.
Cara kedua : setelah keluar bulu (kira-kira umur 2-3 bulan) untuk yang tidak keluar bulu rawis, atau rawisnya kebetulan jragem (hitam) maka lihat bentuk bulu punggung diatas brutu.
Kalo lebar-lebar berarti betina, kalo lancip-sempit-sempit,.. berarti jantan.

selamat mencoba...

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  IJAL GATSMYR on Fri 17 Jun 2011, 15:55

kl ada yg jual anakan ayam saigon di palembang hub q y 085788175064

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 340
Join date : 07.06.11
Age : 28
Lokasi : PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  king war on Sun 03 Jul 2011, 23:30

bedain ayam ganoi jantan/betina masih khutuk gampang gan
liat aja: klo dia pipisnya jongkok berarti betina,klo pipisnya diri berarti jantan jkjkjkjkkkkkkk

king war
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 18.06.11
Lokasi : raya pandaan-tretes,km 6 prigen-jatim 081331027471

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  boejang on Mon 04 Jul 2011, 16:09

cak nur wrote:
goes babe wrote:bener kata mas tanto.. mendingan tunggu sampe rawis keluar aja

Sy jg ternak saigon dan biasanya umur 3-4 minggu anakannya sdh sold out Very Happy

sy sdh bilang kepada pelanggan, bahwa sy tdk bs menjamin jenis kelaminnya, tp mereka

tetap ngeyel maksa ngambil umur segitu... ( biar lbh murah) ya sudahlah, resiko tanggung sendiri


He.he.he.. syukur pak Agus,....

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan jantan/ betinanya.
Dulu sudah pernah dibahas juga,.. tapi memang susah kalo tidak langsung praktek.
Yang kemarin dilihat dari bulu sayap, untuk DOC, ternyata tidak sama antara ayam Ras dan Bangkok.
Buktinya di rumah ada 3 tetasan, mulai pecah telor aku priksa,..semua tidak ada yang memiliki panjang sama, tapi malah banyak yang tidak sama panjang bulunya.

Cara pertama dan sudah diterapkan juga dipeternakan adalah dengan melilhat kelamin di anusnya.
ini bisa dilakukan waktu anak ayam umur mulai 1 hari.
Cara kedua : setelah keluar bulu (kira-kira umur 2-3 bulan) untuk yang tidak keluar bulu rawis, atau rawisnya kebetulan jragem (hitam) maka lihat bentuk bulu punggung diatas brutu.
Kalo lebar-lebar berarti betina, kalo lancip-sempit-sempit,.. berarti jantan.

selamat mencoba...

berani jamin benar ga tuh cak? tar salah jangan jawab resiko ambil pitik loh heheheh

boejang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 290
Join date : 10.08.10
Age : 35
Lokasi : Tegal - jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  Aji Ristiawan on Mon 04 Jul 2011, 18:05

boejang wrote:
cak nur wrote:
goes babe wrote:bener kata mas tanto.. mendingan tunggu sampe rawis keluar aja

Sy jg ternak saigon dan biasanya umur 3-4 minggu anakannya sdh sold out Very Happy

sy sdh bilang kepada pelanggan, bahwa sy tdk bs menjamin jenis kelaminnya, tp mereka

tetap ngeyel maksa ngambil umur segitu... ( biar lbh murah) ya sudahlah, resiko tanggung sendiri


He.he.he.. syukur pak Agus,....

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan jantan/ betinanya.
Dulu sudah pernah dibahas juga,.. tapi memang susah kalo tidak langsung praktek.
Yang kemarin dilihat dari bulu sayap, untuk DOC, ternyata tidak sama antara ayam Ras dan Bangkok.
Buktinya di rumah ada 3 tetasan, mulai pecah telor aku priksa,..semua tidak ada yang memiliki panjang sama, tapi malah banyak yang tidak sama panjang bulunya.

Cara pertama dan sudah diterapkan juga dipeternakan adalah dengan melilhat kelamin di anusnya.
ini bisa dilakukan waktu anak ayam umur mulai 1 hari.
Cara kedua : setelah keluar bulu (kira-kira umur 2-3 bulan) untuk yang tidak keluar bulu rawis, atau rawisnya kebetulan jragem (hitam) maka lihat bentuk bulu punggung diatas brutu.
Kalo lebar-lebar berarti betina, kalo lancip-sempit-sempit,.. berarti jantan.

selamat mencoba...

berani jamin benar ga tuh cak? tar salah jangan jawab resiko ambil pitik loh heheheh


wkwkwkkw....loro y loro tp ojo ngono,,,,sampean kayanya korban salah kirim jenis ayam saigon mestine keh,,,,wah secara ora langsung sampean nyindir yah wkwkwk piss

Aji Ristiawan
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 404
Join date : 07.01.11
Lokasi : Jl,Raya Durensawit No.61 Kec. Lebaksiu-SLAWI

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  la ummasa on Mon 04 Jul 2011, 18:36

cak nur wrote:
He.he.he.. syukur pak Agus,....

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan jantan/ betinanya.
Dulu sudah pernah dibahas juga,.. tapi memang susah kalo tidak langsung praktek.
Yang kemarin dilihat dari bulu sayap, untuk DOC, ternyata tidak sama antara ayam Ras dan Bangkok.
Buktinya di rumah ada 3 tetasan, mulai pecah telor aku priksa,..semua tidak ada yang memiliki panjang sama, tapi malah banyak yang tidak sama panjang bulunya.

Cara pertama dan sudah diterapkan juga dipeternakan adalah dengan melilhat kelamin di anusnya.
ini bisa dilakukan waktu anak ayam umur mulai 1 hari.
Cara kedua : setelah keluar bulu (kira-kira umur 2-3 bulan) untuk yang tidak keluar bulu rawis, atau rawisnya kebetulan jragem (hitam) maka lihat bentuk bulu punggung diatas brutu.
Kalo lebar-lebar berarti betina, kalo lancip-sempit-sempit,.. berarti jantan.

selamat mencoba...
saya punya pengalaman yang sudah saya praktekkan sejak ternak ayam kampung, mudah-mudahan pengalaman ini masih bisa diterapkan pada ayam saigon maupun bangkok. tingkat kepercayaan pengetesan berkisar pada angka 99% (kalo salah berarti tingkat kepercayaannya hanya 1% Laughing Laughing Laughing)
cara menentukan jantan/betina:
ambil anak ayam umur 1 hari-1 bulanan, lalu genggam dan usap pangkal pinggangnya dan lepaskan. jika anak ayamnya mengepakkan kedua sayapnya seperti ayam betina dewasa yang habis dikawinin pacek maka besar kemungkinan anakan tersebut adalah betina. dan sebaliknya, jika anak ayamnya langsung lari maka besar kemungkinan dia jantan.
mohon maaf jika salah, mungkin yang para senior lebih tahu.
selamat mencoba.

salam,

la ummasa
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 621
Join date : 20.05.10
Lokasi : Depok

http://wn.com/laummasa

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  cak nur on Wed 06 Jul 2011, 12:36

la ummasa wrote:
cak nur wrote:
He.he.he.. syukur pak Agus,....

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan jantan/ betinanya.
Dulu sudah pernah dibahas juga,.. tapi memang susah kalo tidak langsung praktek.
Yang kemarin dilihat dari bulu sayap, untuk DOC, ternyata tidak sama antara ayam Ras dan Bangkok.
Buktinya di rumah ada 3 tetasan, mulai pecah telor aku priksa,..semua tidak ada yang memiliki panjang sama, tapi malah banyak yang tidak sama panjang bulunya.

Cara pertama dan sudah diterapkan juga dipeternakan adalah dengan melilhat kelamin di anusnya.
ini bisa dilakukan waktu anak ayam umur mulai 1 hari.
Cara kedua : setelah keluar bulu (kira-kira umur 2-3 bulan) untuk yang tidak keluar bulu rawis, atau rawisnya kebetulan jragem (hitam) maka lihat bentuk bulu punggung diatas brutu.
Kalo lebar-lebar berarti betina, kalo lancip-sempit-sempit,.. berarti jantan.

selamat mencoba...
saya punya pengalaman yang sudah saya praktekkan sejak ternak ayam kampung, mudah-mudahan pengalaman ini masih bisa diterapkan pada ayam saigon maupun bangkok. tingkat kepercayaan pengetesan berkisar pada angka 99% (kalo salah berarti tingkat kepercayaannya hanya 1% Laughing Laughing Laughing)
cara menentukan jantan/betina:
ambil anak ayam umur 1 hari-1 bulanan, lalu genggam dan usap pangkal pinggangnya dan lepaskan. jika anak ayamnya mengepakkan kedua sayapnya seperti ayam betina dewasa yang habis dikawinin pacek maka besar kemungkinan anakan tersebut adalah betina. dan sebaliknya, jika anak ayamnya langsung lari maka besar kemungkinan dia jantan.
mohon maaf jika salah, mungkin yang para senior lebih tahu.
selamat mencoba.

salam,

Ada benarnya juga itu,.. karena ada teman juga memakai cara itu.
Tapi pernah aku coba, sudah ketahuan jantan-betinanya. yang jantan aku perlakukan seperti itu,.. ternyata sama,.. ngepakkan sayap juga.... Very Happy Very Happy Very Happy

Untuk temen-temen yang kemarin pernah beli umur 1 bulanan,... memang ada yang kelolosan.. dikirain jantan,... (karena waktu lihat ada pentilnya kecil) ehh ternyata setelah gede,.. betina,.... scratch

sepertinya perlu lebih besar lagi untuk kepastian jantan-betinanya,..
atau orangnya yang harus belajar lagi......he.he.he.

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  la ummasa on Wed 06 Jul 2011, 12:53

cak nur wrote:
la ummasa wrote:
cak nur wrote:
He.he.he.. syukur pak Agus,....

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan jantan/ betinanya.
Dulu sudah pernah dibahas juga,.. tapi memang susah kalo tidak langsung praktek.
Yang kemarin dilihat dari bulu sayap, untuk DOC, ternyata tidak sama antara ayam Ras dan Bangkok.
Buktinya di rumah ada 3 tetasan, mulai pecah telor aku priksa,..semua tidak ada yang memiliki panjang sama, tapi malah banyak yang tidak sama panjang bulunya.

Cara pertama dan sudah diterapkan juga dipeternakan adalah dengan melilhat kelamin di anusnya.
ini bisa dilakukan waktu anak ayam umur mulai 1 hari.
Cara kedua : setelah keluar bulu (kira-kira umur 2-3 bulan) untuk yang tidak keluar bulu rawis, atau rawisnya kebetulan jragem (hitam) maka lihat bentuk bulu punggung diatas brutu.
Kalo lebar-lebar berarti betina, kalo lancip-sempit-sempit,.. berarti jantan.

selamat mencoba...
saya punya pengalaman yang sudah saya praktekkan sejak ternak ayam kampung, mudah-mudahan pengalaman ini masih bisa diterapkan pada ayam saigon maupun bangkok. tingkat kepercayaan pengetesan berkisar pada angka 99% (kalo salah berarti tingkat kepercayaannya hanya 1% Laughing Laughing Laughing)
cara menentukan jantan/betina:
ambil anak ayam umur 1 hari-1 bulanan, lalu genggam dan usap pangkal pinggangnya dan lepaskan. jika anak ayamnya mengepakkan kedua sayapnya seperti ayam betina dewasa yang habis dikawinin pacek maka besar kemungkinan anakan tersebut adalah betina. dan sebaliknya, jika anak ayamnya langsung lari maka besar kemungkinan dia jantan.
mohon maaf jika salah, mungkin yang para senior lebih tahu.
selamat mencoba.

salam,

Ada benarnya juga itu,.. karena ada teman juga memakai cara itu.
Tapi pernah aku coba, sudah ketahuan jantan-betinanya. yang jantan aku perlakukan seperti itu,.. ternyata sama,.. ngepakkan sayap juga.... Very Happy Very Happy Very Happy

Untuk temen-temen yang kemarin pernah beli umur 1 bulanan,... memang ada yang kelolosan.. dikirain jantan,... (karena waktu lihat ada pentilnya kecil) ehh ternyata setelah gede,.. betina,.... scratch

sepertinya perlu lebih besar lagi untuk kepastian jantan-betinanya,..
atau orangnya yang harus belajar lagi......he.he.he.
sependapat dengan cak nur. Tp jika kita sering latihan maka dengan cepat kita akan bisa memastikan jantan-betinanya. Jika kita menekan terlalu keras, jantanpun pasti akan mengepakkan sayap, namun jika kita mengusapnya dengan perasaan akan terlihat bedanya.
Selamat berlatih, teman-teman. Very Happy Very Happy Very Happy

la ummasa
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 621
Join date : 20.05.10
Lokasi : Depok

http://wn.com/laummasa

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  boejang on Wed 06 Jul 2011, 20:43





tuh babon yg waktu kecil dikirain jantan... yg betina asli kulit kepala item ma kakinya ada itemnya dibawa mas aji ristiawan sejak umur 2 bulan... andai ga salah kirim wahh bahagianya...
yahh resiko beli anakan.. klo banyak duit emang mending beli yg udah gede.. hehehe tak belajar ach biar pinterrr...

boejang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 290
Join date : 10.08.10
Age : 35
Lokasi : Tegal - jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  Aji Ristiawan on Wed 06 Jul 2011, 21:00

boejang wrote:



tuh babon yg waktu kecil dikirain jantan... yg betina asli kulit kepala item ma kakinya ada itemnya dibawa mas aji ristiawan sejak umur 2 bulan... andai ga salah kirim wahh bahagianya...
yahh resiko beli anakan.. klo banyak duit emang mending beli yg udah gede.. hehehe tak belajar ach biar pinterrr...

babon diaku dah gwede mas tar tak upload fotonya wis
wahh sisumpel dah gwede yah mass...
tp syg si supel namanya,yah kan di cengernya ada lubang yg dalem mas ky sumur wkwkwk

mas ,,cucu hammer sdh guede mas,,,d upload dong,,jantan brp mas,,tak tunggu yah

ini mas nyaine,,tp supel jg mas








Terakhir diubah oleh Aji Ristiawan tanggal Wed 06 Jul 2011, 21:35, total 5 kali diubah

Aji Ristiawan
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 404
Join date : 07.01.11
Lokasi : Jl,Raya Durensawit No.61 Kec. Lebaksiu-SLAWI

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  Administrator on Wed 06 Jul 2011, 21:06

Sedikit tambahan,
- Ayam jantan ruas kaki lebih besar dari betina. Yg betina ruas kaki lebih ramping.
Utk membedakannya perlu latihan. Maaf sy sulit menjelaskan krn butuh ayam sbg contoh.

- Utk jantan, area dibawah kuping agak botak sedikit. Sementara betina tertutup bulu.
Tapi ini tdk berlaku utk saigon botak.

- Jantan : Jengger berwarna merah muda. Betina : Jengger berwarna putih.

Ngga 100% bener sih... Minimal mendekati lah...
Razz


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  cak nur on Thu 07 Jul 2011, 12:40

Bisa dicoba saran dari bang Admin.

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  hakim_sinchan on Thu 07 Jul 2011, 22:45



wah dadi pengn punya gundul dr cak nur nih. dari mas suga gresik, dari mas tanto juga udah...... kapan ya bisa kebeli dari turunan barera atw cucu samurai nya cak nur.......

salam kenal cak nur . hakim bumiayu

hakim_sinchan
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1199
Join date : 20.05.11
Age : 43
Lokasi : sate kasrun BUMIAYU 0818281585/bb 20f5ef47

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  sekar_lati on Fri 08 Jul 2011, 14:33

Administrator wrote:Sedikit tambahan,
- Ayam jantan ruas kaki lebih besar dari betina. Yg betina ruas kaki lebih ramping.
Utk membedakannya perlu latihan. Maaf sy sulit menjelaskan krn butuh ayam sbg contoh.

- Utk jantan, area dibawah kuping agak botak sedikit. Sementara betina tertutup bulu.
Tapi ini tdk berlaku utk saigon botak.

- Jantan : Jengger berwarna merah muda. Betina : Jengger berwarna putih.

Ngga 100% bener sih... Minimal mendekati lah...
Razz

kalau ini sih methode yang saya pake dari dulu,memang sih g 100% bner,minimal 85% bner ...,tp saya belum pernah praktek pada saigon botak,karena saya ga suka sama saigon botak,
(Correct Me If I'm Wrong)

sekar_lati
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 57
Join date : 17.03.11
Age : 29
Lokasi : Pare,Kediri,Jawa Timur

http://barzah_666@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  Si Jems on Mon 31 Oct 2011, 20:26

la ummasa wrote:
cak nur wrote:
He.he.he.. syukur pak Agus,....

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan jantan/ betinanya.
Dulu sudah pernah dibahas juga,.. tapi memang susah kalo tidak langsung praktek.
Yang kemarin dilihat dari bulu sayap, untuk DOC, ternyata tidak sama antara ayam Ras dan Bangkok.
Buktinya di rumah ada 3 tetasan, mulai pecah telor aku priksa,..semua tidak ada yang memiliki panjang sama, tapi malah banyak yang tidak sama panjang bulunya.

Cara pertama dan sudah diterapkan juga dipeternakan adalah dengan melilhat kelamin di anusnya.
ini bisa dilakukan waktu anak ayam umur mulai 1 hari.
Cara kedua : setelah keluar bulu (kira-kira umur 2-3 bulan) untuk yang tidak keluar bulu rawis, atau rawisnya kebetulan jragem (hitam) maka lihat bentuk bulu punggung diatas brutu.
Kalo lebar-lebar berarti betina, kalo lancip-sempit-sempit,.. berarti jantan.

selamat mencoba...
saya punya pengalaman yang sudah saya praktekkan sejak ternak ayam kampung, mudah-mudahan pengalaman ini masih bisa diterapkan pada ayam saigon maupun bangkok. tingkat kepercayaan pengetesan berkisar pada angka 99% (kalo salah berarti tingkat kepercayaannya hanya 1% Laughing Laughing Laughing)
cara menentukan jantan/betina:
ambil anak ayam umur 1 hari-1 bulanan, lalu genggam dan usap pangkal pinggangnya dan lepaskan. jika anak ayamnya mengepakkan kedua sayapnya seperti ayam betina dewasa yang habis dikawinin pacek maka besar kemungkinan anakan tersebut adalah betina. dan sebaliknya, jika anak ayamnya langsung lari maka besar kemungkinan dia jantan.
mohon maaf jika salah, mungkin yang para senior lebih tahu.
selamat mencoba.

salam,

saya pernah juga mencoba yang seperti itu, dan hasilnya juga bnyak benernyaa, , , Very Happy

Si Jems
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 16.09.11
Age : 22
Lokasi : Karangnyar,Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

cara bedakan kelamin anak ayam

Post  ahanlim on Mon 12 Dec 2011, 10:06


cara bedakan kelamin anak ayam sayap kaya
kiri betina kanan jantan
Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy :

ahanlim

Jumlah posting : 9
Join date : 07.02.11
Age : 34

Kembali Ke Atas Go down

Re: bingung bedakan kelamin ayam saigon

Post  Sponsored content Today at 09:16


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik